Rumus Akar Kuadrat di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Rumus Akar Kuadrat di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menghitung akar kuadrat dengan menggunakan berbagai cara penulisan rumusnya di excel.

Ketika mengolah suatu data angka di excel, proses perhitungan akar kuadrat adalah suatu proses yang terkadang kita perlu lakukan. Terdapat beberapa cara yang bisa diimplementasikan untuk melakukan proses perhitungan tersebut di excel. Kamu sebaiknya paling tidak menguasai salah satu dari mereka agar kamu dapat mengolah data-data angkamu secara lebih optimal.

Mau tahu apa saja cara-cara menghitung akar kuadrat di excel dan bagaimana cara pengimplementasian mereka? Pelajari tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Akar Kuadrat Adalah…

Akar kuadrat adalah proses perhitungan akar tingkat dua. Ia adalah kebalikan dari proses perhitungan kuadrat.

Bentuk penulisan standar dari perhitungan akar kuadrat adalah seperti ini.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Bentuk Penulisan Standar Akar Kuadrat

X di situ adalah angka yang ingin kita akar kuadratkan.

Jika kita mengkuadratkan suatu angka, itu berarti kita mengalikan angka tersebut dengan dirinya sendiri untuk mendapatkan hasil kuadratnya. Jika kita mengakar kuadratkan suatu angka, kita berusaha mengetahui angka apa yang jika dikalikan dengan dirinya sendiri akan menghasilkan angka tersebut.

Sebagai contoh, katakanlah kita ingin mengakar kuadratkan angka 9. Itu berarti kita mencoba mengetahui angka apa yang dikalikan dengan dirinya sendiri akan menghasilkan 9. Jawabannya di sini adalah 3 (karena 3 kali 3 sama dengan 9).

Mungkin sulit untuk melakukan perhitungan akar kuadrat dari suatu angka secara manual. Di excel, kita bisa menggunakan beberapa cara untuk melakukan perhitungan tersebut secara otomatis!

Ada tiga cara perhitungan akar kuadrat di excel yang akan kita diskusikan di tutorial ini. Cara pertama mungkin adalah cara yang paling simpel, yaitu dengan menggunakan rumus SQRT.



Rumus Akar Kuadrat di Excel 1: SQRT

SQRT adalah rumus yang excel sediakan khusus untuk mengakar kuadratkan suatu angka. Tinggal masukkan angka yang ingin kamu akar kuadratkan sebagai inputnya dan kamu akan langsung mendapatkan hasilnya.

Karena ia hanya membutuhkan angkamu sebagai input, bentuk penulisan umum dari SQRT menjadi seperti ini.

= SQRT ( angka_untuk_diakar_kuadratkan )


Simpel, bukan? Dan berikut contoh implementasi dari rumus ini di excel.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi SQRT

Seperti bisa kamu lihat, kita hanya perlu memasukkan input angka yang ingin kita akar kuadratkan ke SQRT. Lakukan itu dan kita akan langsung mendapatkan hasil perhitungan akar kuadrat kita!



Rumus Akar Kuadrat di Excel 2: POWER

Cara lain untuk menghitung akar kuadrat di excel adalah dengan menggunakan rumus POWER. Cara ini sedikit lebih rumit daripada cara dengan menggunakan rumus SQRT sebelumnya.

POWER adalah rumus yang excel sediakan untuk menghitung pangkat dari suatu angka. Namun, karena akar adalah kebalikan dari pangkat, kita juga bisa menggunakannya untuk menghitung suatu akar kuadrat. Tinggal masukkan input pangkat setengah ke dalam POWER (karena akar kuadrat adalah kebalikan dari kuadrat, kita gunakan kebalikan pangkat dari kuadrat (2), yakni setengah (1/2)) dan kamu akan mendapatkan hasil perhitungan akar kuadratmu.



Berdasarkan hal tersebut, berikut bentuk penulisan umum dari POWER di excel untuk menghitung akar kuadrat dari suatu angka.

= POWER ( angka_untuk_diakar_kuadratkan , 1/2 )


Tinggal masukkan input angka yang ingin kita akar kuadratkan dan juga angka setengah ke dalam POWER. Kamu bisa juga memasukkan bentuk desimal dari setengah (0,5) sebagai input pangkatnya jika kamu mau

Kamu bisa melihat contoh implementasi POWER untuk menghitung akar kuadrat di excel di bawah ini. Di sini, kita menggunakan data angka yang sama dengan yang kita gunakan untuk contoh implementasi rumus SQRT sebelumnya.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi POWER

Seperti bisa kamu lihat, kita mendapatkan hasil yang sama juga dengan yang didapatkan dari SQRT dengan menggunakan POWER. Hal ini karena kita memasukkan setengah sebagai input pangkat dari rumus POWER kita. Input tersebut membuatnya mengakar kuadratkan angka kita, bukan memangkatkannya.



Rumus Akar Kuadrat di Excel 3: Tanda Sisipan (^)

Cara terakhir ini juga memanfaatkan prinsip akar adalah kebalikan dari perhitungan pangkat. Karena kita bisa menggunakan tanda sisipan (^) untuk memangkatkan suatu angka, itu berarti kita juga bisa menggunakannya untuk menghitung akar kuadrat.

Seperti rumus POWER sebelumnya, kita juga menggunakan setengah sebagai input pangkat dalam penulisan kita di sini. Berikut bentuk penulisan umum perhitungan akar kuadrat di excel dengan menggunakan simbol sisipan.

= angka_untuk_diakar_kuadratkan ^ ( 1 / 2 )


Kita gunakan tanda kurung di sini agar proses perhitungan pangkatnya tidak mendahului pembagian satu dengan dua yang dilakukan untuk tingkat pangkatnya. Jika kamu tidak ingin menggunakan tanda kurung, kamu bisa memasukkan 0,5 sebagai input pangkatmu.

Berikut contoh implementasi dari cara ini di excel.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Cara dengan Tanda Sisipan untuk Menghitung Akar Kuadrat di Excel

Tinggal tuliskan tanda sama dengan, angka yang ingin kamu akar kuadratkan, simbol sisipan, dan angka setengah. Kamu akan langsung mendapatkan hasil perhitungan akar kuadratmu!



Cara Menghitung Akar ke-n di Excel

Jika kamu ingin menghitung akar dengan tingkatan lainnya, maka kamu bisa menggunakan POWER atau simbol sisipan. Tinggal bagi satu dengan tingkat akar yang kamu inginkan dan jadikan proses pembagiannya tersebut sebagai input pangkatmu ketika kamu menuliskan mereka.

Secara umum, berikut bentuk penulisan POWER dan simbol sisipan untuk menghitung akar ke-n di excel.

POWER

= POWER ( angka_untuk_diakarkan , n )


Simbol sisipan

= angka_untuk_diakarkan ^ ( 1 / n )


Mirip dengan bentuk penulisan dari perhitungan akar kuadrat, bukan? Huruf n di sini adalah tingkatan akar yang kamu inginkan dalam proses perhitunganmu.

Untuk lebih memahami konsepnya, berikut contoh implementasinya di excel.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Contoh Implementasi POWER dan Cara Tanda Sisipan untuk Menghitung Akar Ke-n di Excel



Cara Menuliskan Simbol Akar Kuadrat di Excel

Perlu menuliskan simbol akar kuadrat dan bukan melakukan perhitungannya?

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memasukkan simbol akar kuadrat di excel. Kita akan diskusikan tiga dari cara-cara tersebut: menu Insert Symbol, rumus UNICHAR, dan tombol Alt.



Cara pertama adalah dengan menggunakan menu Insert Symbol. Sayangnya, cara ini kelihatannya hanya bisa diimplementasikan oleh kamu yang menggunakan OS Windows. Mac sepertinya belum memiliki simbol akar kuadrat untuk dimasukkan dari menunya tersebut.

Jika kamu adalah pengguna Windows, maka pergi ke tab Insert dan klik tombol Symbol di sana.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Lokasi Tab Insert dan Tombol Symbol

Di dialog box yang muncul, pastikan kamu berada di tab Symbols. Pada bagian atas dialog boxnya, pilih (normal text) di dropdown Font dan Mathematical Operators di dropdown Subset.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Lokasi Tab Symbols, Pilihan (normal text) Dropdown Font, dan Pilihan Mathematical Operators Dropdown Subset

Lalu, di bagian bawah dialog boxnya, pilih Unicode (hex) di dropdown from dan ketikkan 221A di boks teks Character code. Ini akan membuatmu otomatis memilih simbol akar kuadrat dari semua pilihan simbol yang ada di dialog boxnya.

Rumus Akar Kuadrat di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Unicode (hex) Dropdown From, Boks Teks Character Code dengan Isi 221A, dan Simbol Akar Kuadrat

Klik ganda simbol akar kuadratnya atau klik tombol Insert di dialog boxnya. Excel akan langsung memasukkan simbol akar kuadratnya ke dalam cell aktifmu!

Cara lainnya yang bisa kamu coba adalah dengan menggunakan rumus UNICHAR. Rumus ini mulai bisa kamu gunakan sejak excel 2013.

Jika kamu memiliki versi excel yang tepat, kamu tinggal mengetikkan rumus ini di cellmu untuk mendapatkan sebuah simbol akar kuadrat.

= UNICHAR ( 8730 )


Angka 8730 di sini adalah input kode dari UNICHAR agar ia memberikan hasil simbol akar kuadrat untuk kita. Kamu bisa menggunakan simbol dan (&), CONCATENATE, CONCAT, atau TEXTJOIN jika kamu ingin menambahkan sesuatu ke penulisan simbol akar kuadratnya (misalnya, untuk mengetikkan “9=3” setelah simbol akar kuadratnya, kamu bisa menuliskan seperti ini: =UNICHAR(8730)&9&”=“&3)).

Cara terakhir adalah dengan menggunakan tombol Alt. Kamu bisa mengimplementasikan cara ini jika kamu memiliki keyboard dengan keypad numerik.

Keypad numerik adalah sebuah keypad yang berisi angka-angka. Ia biasanya terdapat di area sebelah kanan keyboardmu (bukan keypad angka biasa di sebelah atas keyboardmu).

Jika kamu mempunyai keypad tersebut, maka pastikan NumLockmu menyala untuk menggunakan cara ini. Setelah memastikan hal tersebut, tekan dan tahan tombol Alt sambil menekan tombol 2, 5, dan 1 di keypad numerikmu. Kamu akan langsung memasukkan simbol akar kuadrat ke cell aktifmu saat ini!

Jadi, cara penulisan simbol akar kuadrat mana yang kamu ingin gunakan dari ketiga cara tersebut?



Latihan

Setelah mempelajari cara-cara mengaplikasikan rumus akar kuadrat di excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memperdalam pemahamanmu mengenai penggunaan caranya.

Unduh file latihan berikut dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaan latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab di cell berwarna abu-abu yang sesuai dengan nomor pertanyaannya!
  1. Berapa hasil dari implementasi ketiga cara perhitungan akar kuadrat di excel pada angka pertama?
  2. Berapa hasil dari implementasi ketiga cara perhitungan akar kuadrat di excel pada angka kedua?
  3. Berapa hasil dari implementasi ketiga cara perhitungan akar kuadrat di excel pada angka ketiga? Bulatkan hasilnya ke dua angka di belakang koma! (Pelajari cara membulatkan angka di excel dengan mengunjungi tutorial ini!)

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Kamu tidak bisa mengakar kuadratkan sebuah bilangan negatif. Hal ini karena tidak ada proses perkalian suatu angka dengan angka itu sendiri yang menghasilkan sebuah bilangan negatif. Kamu akan mendapatkan error #NUM jika kamu mencoba mengakar kuadratkan suatu bilangan negatif di excel.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert