Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap bagaimana cara menggunakan rumus COUNTIF excel. Fungsi COUNTIF dapat membantumu ketika kamu ingin mencoba menghitung banyaknya data yang sesuai dengan sebuah kriteria tertentu.







Definisi Rumus COUNTIF Excel

COUNTIF adalah salah satu rumus perhitungan data di excel yang menggunakan sebuah kriteria sebagai dasar perhitungannya.



Fungsi COUNTIF

COUNTIF berguna untuk mendapatkan banyak data dalam suatu cell range yang memenuhi sebuah kriteria tertentu.



Hasil COUNTIF

Hasil dari COUNTIF adalah sebuah angka yang melambangkan banyak data dalam suatu cell range yang memenuhi sebuah kriteria tertentu.



Versi Excel di Mana COUNTIF Mulai Bisa Digunakan

COUNTIF mulai bisa digunakan oleh pengguna excel sejak excel 2003.



Cara Penulisan dan Input

Berikut bentuk umum penulisan COUNTIF di excel.

=COUNTIF(range, criteria)


Dan berikut sedikit penjelasan dari input yang perlu diberikan kepada COUNTIF.
  • range = cell range di mana kamu ingin menghitung banyak data yang sesuai dengan kriteriamu
  • criteria = kriteria perhitungan datamu



Contoh Penggunaan dan Hasil

Untuk lebih memahami mengenai COUNTIF, berikut akan diberikan dan dijelaskan contoh penggunaan rumus COUNTIF di excel.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh Implementasi COUNTIF di Excel

Pada contoh tersebut, dapat kita lihat bentuk penulisan dan hasil akhir dari COUNTIF. Kita menggunakan cell range di mana semua data kuantitas penjualannya berada sebagai tempat perhitungan datanya.



Kriteria yang digunakan untuk perhitungan data di sana adalah data kuantitas penjualan yang berjumlah lebih dari 5000. Oleh karena itu, kita memasukkan kriteria tersebut di COUNTIF dengan menuliskan “>5000” di bagian inputnya yang sesuai.

Masukkan input cell range dan kriterianya sesuai kebutuhan pengolahan datamu. Hasil perhitungan datamupun akan segera kamu dapatkan!



Penulisan Kriteria di COUNTIF

COUNTIF dapat menerima banyak bentuk penulisan untuk dijadikan sebagai kriterianya. Kriteria yang kamu harus tuliskan tentu saja tergantung dari seperti apa kebutuhan perhitungan datamu.

Untuk memberi gambaran kepadamu mengenai apa saja kriteria yang mungkin dituliskan di COUNTIF, berikut penjelasannya secara lengkap. Penjabarannya ini dibagi berdasarkan tipe data yang bisa dijadikan kriterianya.

Teks (tidak memperdulikan besar kecilnya huruf)
Contoh KriteriaPenjelasan
"Jim"Sama dengan “Jim”
“<>Jim”Tidak sama dengan “Jim”
“Jim*”Dengan awalan “Jim”
“*jim”Dengan akhiran “jim”
“J*m”Awalan “J” dan akhiran “m”
“Jim?”Awalan “Jim” dengan akhiran satu karakter apa saja
“?jim”Awalan satu karakter apa saja dengan akhiran “jim”
“J?m”Awalan “J”, satu karakter apa saja, dan akhiran “m”
“Jim~*”Sama dengan “Jim*”
“Jim~?”Sama dengan “Jim?”


Sedikit penjelasan mengenai simbol yang digunakan pada kriteria teks:
  • * = melambangkan karakter bebas dengan jumlah tidak terbatas
  • ? = melambangkan karakter bebas dengan jumlah 1
  • ~ = dipakai jika ingin menambahkan karakter * atau ? untuk kriterianya


Angka
Contoh KriteriaPenjelasan
70Sama dengan 70
“>70”Lebih dari 70
“<70”Kurang dari 70
“>=70”Lebih dari atau sama dengan 70
“<=70”Kurang dari atau sama dengan 70


Tanggal
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&DATE(2019,12,3)Lebih dari tanggal 3 Desember 2019


Tidak disarankan memasukkan kriteria tanggal dengan cara penulisan langsung (mis: “>3-12-2019”). Ini karena cara tersebut bisa membuat hasil COUNTIFmu salah dan tidak sesuai ekspektasi

Koordinat cell
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&B1Lebih dari nilai pada B1


Cell kosong/tidak kosong
Contoh KriteriaPenjelasan
“"Kosong
“<>"Tidak kosong



Langkah-langkah Penulisan

Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan rumus COUNTIF excel secara langkah per langkah.

Penjelasan langkahnya berikut akan disertai dengan contoh langkah penulisannya dalam bentuk screenshot untuk membantu mempermudah proses pembelajaranmu.


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil perhitungan datanya

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik COUNTIF (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan cell range tempat perhitungan banyak data berdasarkan kriterianya ingin dilakukan. Lalu, masukkan tanda koma ( , )

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan kriteriamu

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Selesai!

    Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Langkah 7




Alasan Utama Mengapa COUNTIFmu Menghasilkan Error/Salah Hitung

Menemui kesulitan mendapatkan hasil yang benar dari rumus COUNTIFmu? Terkadang hal ini bisa terjadi dan penyebabnya bisa bermacam-macam.



Namun, berdasarkan pengalaman kami, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab utama error/salahnya hasil dari penulisan suatu COUNTIF. Faktor-faktor tersebut adalah.
  • Salah bentuk penulisan kriteria. Faktor ini biasanya menjadi penyebab tersering suatu COUNTIF menjadi salah/error hasilnya. Pastikan penulisan kriteriamu sesuai dengan bentuk penulisan yang diterima oleh COUNTIF
  • Berusaha memasukkan lebih dari satu kriteria ke dalam COUNTIF. Jika kamu butuh menghitung banyak data yang memenuhi lebih dari satu kriteria, gunakan COUNTIFS. Penjelasan mengenai penggunaan rumus ini terdapat di bagian selanjutnya dari tutorial ini
  • Salah memasukkan cell range. Coba cek lagi input cell rangemu. Apakah semua tempat yang ingin kamu hitung datanya sudah ada di dalam cell rangenya tersebut?


Pastikan faktor-faktor penyebab hasil suatu COUNTIF menjadi salah tersebut tidak kamu lakukan!



COUNTIF Dengan Kriteria OR

Pernah menggunakan rumus OR di excel?

OR adalah suatu rumus yang dapat membantu mengevaluasi lebih dari satu kondisi/nilai logika di excel. Jika satu saja kondisi/nilai logika tersebut benar/TRUE, maka ia akan memberikan hasil akhir TRUE.

Bagaimana jika kita ingin melakukan hal seperti itu ketika menghitung data menggunakan COUNTIF? Kita mempunyai lebih dari satu kriteria untuk perhitungan data kita. Kita ingin semua data yang memenuhi paling tidak salah satu dari kriteria tersebut untuk dihitung banyaknya oleh COUNTIF.

Bisakah hal tersebut dilakukan?

Tentu saja bisa. Tetapi bukan dengan menggunakan OR dalam COUNTIF, melainkan dengan melakukan penambahan terhadap hasil-hasil dari COUNTIF sesuai jumlah kriteriamu. Setiap COUNTIF menghitung data untuk 1 kriteria sehingga kamu akan menghitung banyak data yang memenuhi paling tidak salah satu dari kriteriamu.

Secara umum, berikut bentuk penulisan COUNTIF dengan prinsip OR tersebut.

=COUNTIF(range, kriteria_1) + COUNTIF(range, kriteria_2) + COUNTIF(range, kriteria_3) …


Jika kamu mempunyai 2 kriteria, maka jumlahkan 2 COUNTIF. Jika 3, maka 3 COUNTIF, dan seterusnya. Cell range yang dimasukkan sendiri sama untuk semua COUNTIFnya. Ini dengan asumsi bahwa data yang ingin kamu hitung untuk semua kriterianya berada di tempat yang sama.

Untuk lebih jelas memahami implementasi COUNTIF dengan prinsip OR ini, berikut contoh implementasi dan hasilnya di excel.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh Implementasi COUNTIF Dengan Prinsip OR di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin menghitung banyak kuantitas penjualan bulanan yang jumlahnya lebih dari 7000 atau kurang dari 3000. Kita melakukannya dengan menggunakan prinsip penambahan COUNTIF, seperti yang dapat kamu lihat pada bentuk penulisan rumusnya.

Kita memasukkan setiap kriteria “ataunya” tersebut ke dalam COUNTIFnya masing-masing dengan input cell range yang sama (kolom kuantitas penjualan). Itu berarti satu COUNTIF dengan penulisan kriteria “>7000” dan satu COUNTIF lagi dengan penulisan kriteria “<3000”.

Tambahkan kedua COUNTIF tersebut dan kitapun mendapatkan hasil sesuai dengan yang kita inginkan! Kuantitas penjualan yang lebih dari 7000 atau kurang dari 3000 akan langsung kita ketahui banyaknya.



COUNTIF Dengan Kriteria AND: COUNTIFS

Bagaimana jika yang kita butuhkan untuk perhitungan banyak data sesuai kriteria kita adalah yang mirip dengan sifat AND? Dalam arti, kita hanya menghitung banyak data yang memenuhi semua kriteria yang kita punya.

Untuk kebutuhan tersebut, sebaiknya kita jangan menggunakan COUNTIF. Akan jauh lebih mudah jika kita menggunakan rumus saudaranya, yaitu COUNTIFS.

Fungsi dari rumus COUNTIFS sendiri sama persis dengan yang kita butuhkan di sini. Ia mampu membantu kita menghitung banyaknya data yang memenuhi lebih dari satu kriteria tertentu. Dengan menggunakan COUNTIFS, kita bisa melakukan COUNTIF dengan perhitungan data yang mirip dengan sifat AND tadi!

Secara penulisan, berikut bentuk umum dari COUNTIFS.

=COUNTIFS(cell_range_1, kriteria_1, …)


Pada COUNTIFS, kita memasukkan cell range dan kriterianya secara terus-menerus sampai semua kriteria kita sudah dimasukkan. Setiap input kriteria dalam COUNTIFS akan mengevaluasi cell range pasangannya saja.

Kita dapat memasukkan cell range yang sama atau berbeda untuk setiap kriterianya tergantung dari kebutuhan perhitungan data kita. Jika memasukkan cell range berbeda, maka pastikan semua input cell range COUNTIFSmu sejajar dan sama banyak cellnya.

Untuk lebih jelas memahami mengenai implementasi COUNTIFS ini, berikut contohnya di excel.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh Implementasi COUNTIF Dengan Prinsip AND di Excel

Di sini, kita menggunakan COUNTIFS untuk menghitung banyak kuantitas penjualan bulanan yang di atas 3000 dan di bawah 6000. Untuk itu, kita memasukkan cell range kuantitas penjualannya dua kali dengan input masing-masing kriteria tersebut setelah setiap input cell rangenya.

COUNTIFS akan menghitung banyak data yang memenuhi semua kriteria yang dimasukkan ke dalamnya. Jika satu saja kriterianya tidak lolos, maka data tersebut tidak akan dihitung oleh COUNTIFS.

Pada contoh tersebut, terlihat bahwa hasil perhitungan data yang memenuhi dua kriteria yang kita berikan adalah 3. Hal ini karena hanya terdapat 3 kuantitas penjualan bulanan di sana yang memenuhi semua kriteria kita (April, Mei, dan Agustus).



COUNTIF Untuk Menghitung Jumlah Duplikasi

Ingin menghitung berapa banyak data duplikasi yang kamu miliki dalam sebuah cell range? Kamu bisa melakukannya dengan menggunakan COUNTIF.

Bagaimana cara melakukannya? Pertama, kamu perlu membuat cell range bantuan yang mengidentifikasi data duplikasi dalam cell range yang ingin kamu hitung banyak data duplikasinya. Setelah itu, kamu hitung tanda identifikasi yang diberikan oleh cell range bantuan tersebut menggunakan COUNTIF untuk mendapatkan banyak data duplikasinya!



Sebagai contoh, misalkan kita punya kolom data nama seperti ini.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Data Untuk Contoh Implementasi COUNTIF Untuk Menghitung Duplikasi di Excel

Terlihat ada beberapa nama duplikasi pada kolom tersebut. Bagaimana cara menghitung banyak duplikasinya ini?

Pertama, kita buat kolom bantuan untuk COUNTIFnya seperti yang dijelaskan tadi untuk mengidentifikasi data duplikasinya. Untuk contoh kolom data nama tersebut, kolom bantuan beserta isinya akan menjadi seperti ini.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh COUNTIF di Kolom Bantuan Untuk Membantu Menghitung Data Duplikasi di Excel

Kolom “Penulisan Rumus di Kolom Bantuan” di sana hanya diadakan untuk membantumu melihat rumus yang digunakan pada kolom bantuannya (tidak perlu kamu buat juga kolom seperti itu ketika menghitung data duplikasi di excelmu).

Kita menggunakan COUNTIF juga untuk mengidentifikasi data duplikasinya. Pada contoh, terlihat bagaimana penulisan COUNTIF untuk keperluan tersebut dilakukan.

Proses dalam rumus COUNTIF tersebut dapat dijelaskan seperti ini. Kita memasukkan cell range kolom nama beserta kriteria nama yang sejajar dengan pada cell kolom bantuannya dalam COUNTIF kita.

Kita gunakan tanda $ pada input cell rangenya agar ia tidak bergeser ketika kita menyalin rumusnya ke semua cell di kolom bantuannya (Pada contoh ini, kita menuliskan rumus di kolom bantuannya sekali untuk data di baris paling atas. Setelah itu, kita salin rumus yang sudah kita tuliskan tersebut ke bawah agar jauh lebih cepat mendapatkan hasilnya).

Jika data tersebut terduplikasi pada kolom data namanya, maka hasil COUNTIFnya pasti akan lebih dari 1. Oleh karena itu, kita memasukkan “>1” di luar COUNTIFnya untuk mengecek hal tersebut dan menghasilkan nilai logika TRUE/FALSE. Jika TRUE, maka datanya terduplikasi dan jika FALSE, maka datanya tidak terduplikasi.

Kita melakukannya untuk semua nama di kolom data nama. Dengan hasil TRUE/FALSE tersebut, maka kita akan tahu mana data terduplikasi dan mana yang tidak. Kita juga bisa menghitung banyak data duplikasinya dengan menggunakan COUNTIF pada kolom bantuannya tersebut.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh COUNTIF Untuk Menghitung Data Duplikasi di Excel

Kriteria COUNTIF yang menghitung banyak duplikasinya tersebut adalah TRUE (karena identifikasi data duplikasinya di kolom bantuan menggunakan TRUE tersebut).

Dengan melakukan semua hal itu, maka kita bisa mendapatkan banyak data duplikasi dalam cell range kita dengan relatif mudah!



COUNTIF Untuk Menghitung Jumlah Data Unik

Bagaimana jika kita ingin menghitung jumlah data unik dalam suatu cell range menggunakan COUNTIF? Caranya mirip dengan perhitungan data duplikasi tadi. Hanya saja, kita perlu sedikit memodifikasi rumus pada kolom bantuannya agar bisa melakukan perhitungan data uniknya tersebut.

Untuk jelasnya, perhatikan contoh berikut. Misalkan, kita menggunakan data kolom nama yang sama dengan yang dipakai untuk contoh menghitung jumlah data duplikat tadi.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Data Untuk Contoh Implementasi COUNTIF Untuk Menghitung Data Unik di Excel

Bagaimana menghitung jumlah data unik pada kolom data namanya tersebut? Pertama, kita buat kolom bantuan untuk membantu perhitungannya tersebut. Kemudian, kita isi kolom bantuan tersebut dengan rumus COUNTIF seperti ini.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh COUNTIF di Kolom Bantuan Untuk Membantu Menghitung Data Unik di Excel

Untuk perhitungan data unik, kita menggunakan input cell range yang mengikuti sampai di mana data kolom namanya sudah dihitung. Kita melakukan ini agar kita bisa mengidentifikasi data unik dari duplikasinya pada kolom data nama tersebut (data yang terduplikasi pada kolom data namanya terhitung sebagai 1 data unik, berapa kalipun datanya diduplikasi).

Input cell range yang mengikuti sampai mana perhitungannya tersebut sudah dilakukan dimasukkan dengan menggunakan tanda $ pada cell awal cell rangenya. Cell akhir cell rangenya tidak kita berikan tanda $ agar ia bisa mengikuti sampai di mana perhitungannya tersebut.

Untuk persyaratan TRUE/FALSE dari COUNTIF di kolom bantuannya sendiri, kita menggunakan “=1”. Hal ini karena data unik akan terhitung sebagai 1 oleh COUNTIFnya (Jika data duplikasi, maka akan terhitung 2, 3, dan seterusnya oleh COUNTIF. Hal ini karena memang sudah ada lebih dari satu nama dalam input cell rangenya).

Penulisan COUNTIF di kolom bantuannya tersebut membuat kita mampu mengidentifikasi data uniknya dari hasil TRUE/FALSE penulisan rumus kita tersebut. Untuk menghitung banyak data uniknya, kita tinggal menghitung berapa banyak TRUE pada kolom bantuannya tersebut menggunakan COUNTIF.

Fungsi/Rumus COUNTIF Excel: Kegunaan, Contoh, dan Cara Menggunakan - Screenshot Contoh COUNTIF Untuk Menghitung Data Unik di Excel

Data nama unik pada kolom data namanyapun sudah kita dapatkan! Lakukan hal seperti ini juga ketika kamu ingin menghitung banyak data unik di excelmu.



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan COUNTIF, sekarang saatnya mengerjakan latihan berikut. Hal ini agar kamu dapat semakin memperdalam pemahamanmu mengenai implementasi rumus ini di excel!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan rumus COUNTIF untuk menjawab setiap pertanyaan berikut:
  1. Berapa kali “Adi” muncul di dalam kolom pertama?
  2. Berapa jumlah cell kosong pada kolom kedua?
  3. Berapa data angka pada kolom ketiga?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • COUNTIF tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dalam perhitungan datanya
  • Jika kamu menggunakan kriteria teks pada COUNTIF, maka jumlah maksimum karakter dalam teksnya tersebut adalah 255 karakter
  • COUNTIF tidak bisa digunakan untuk menghitung data di workbook yang berbeda jika workbook tersebut ditutup




Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert