Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai penggunaan rumus OR excel.

Dalam excel, kita terkadang perlu mendapatkan nilai logika hasil penggabungan dari beberapa kondisi logika. OR dapat membantu kita mendapatkannya asalkan proses pengombinasian uniknyalah yang memang kita butuhkan.

Ingin tahu lebih jauh mengenai penggunaan rumus yang satu ini di excel? Pelajari selengkapnya di tutorial OR ini!







Fungsi OR Pada Excel

Kita bisa menggunakan OR untuk mendapatkan nilai logika hasil kombinasi dari beberapa kondisi logika. OR akan menghasilkan TRUE jika paling tidak salah satu dari kondisi logika tersebut bernilai TRUE dan FALSE jika semuanya bernilai FALSE.



Hasil OR

Hasil yang kita dapatkan dari OR adalah nilai logika TRUE atau FALSE tergantung dari input kondisi logika apa yang kita berikan.



Versi Excel dari Mana Kita Bisa Menggunakan OR

Kita mulai bisa menggunakan OR sejak excel versi 2003.



Cara Penulisan dan Input

Secara umum, kamu dapat menuliskan OR di excel dengan bentuk seperti ini.

= OR ( kondisi_logika1 , [ kondisi_logika2 ] , … )


Input OR adalah semua kondisi logika yang kamu ingin kombinasikan untuk mendapatkan nilai logikamu. Kamu bisa memasukkan sampai 255 kondisi logika ke dalam OR.

Kamu juga bisa memasukkan nilai logika TRUE atau FALSE secara langsung walaupun hal ini jarang dilakukan. OR akan menghasilkan TRUE jika salah satu inputnya memiliki nilai TRUE. Selain itu, ia akan menghasilkan FALSE jika semua inputnya bernilai FALSE.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut adalah contoh implementasi dan hasil dari OR di excel.

Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi OR di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin mendapatkan hasil lulus/tidak lulus (TRUE/FALSE) dari masing-masing baris nilai tes. Syarat kelulusannya adalah paling tidak salah satu dari ketiga nilai tesnya harus lebih dari batas minimum yang ditentukan (80).

Untuk kondisi ini, akan ideal jika kita menggunakan OR untuk mendapatkan hasil lulus/tidak lulusnya.

OR akan menghasilkan TRUE jika paling tidak salah satu dari input kondisi logikanya adalah TRUE dan FALSE jika semuanya FALSE. Untuk contoh ini, kita memasukkan input kondisi di mana semua nilai tesnya yang harus di atas 80. Kita menuliskan sesuatu seperti “nilai_tes>80” untuk setiap input kondisi logikanya.

Kita memasukkan semua nilai tes per baris dalam penulisan rumus OR kita. Sebagai hasil penulisan tersebut, kita mendapatkan hasil lulus/tidak lulus kita dalam bentuk nilai logika TRUE/FALSE.



Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan cara penulisan, input, dan contoh OR, sekarang mari kita mendiskusikan langkah penulisannya. Jika kamu sudah mempelajari tutorialnya sampai ke poin ini, maka kamu seharusnya dapat memahami langkah-langkah berikut dengan jauh lebih mudah!

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil ORnya

    Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik OR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan semua kondisi logika yang ingin kamu kombinasikan untuk mendapatkan nilai logikamu. Ketikkan tanda koma ( , ) di antara input kondisi logikamu

    Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung ketika semua kondisi logikanya sudah dimasukkan

    Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 6






OR untuk IF dengan Beberapa Kondisi Logika: IF OR

Karena OR menghasilkan nilai logika TRUE/FALSE, kita biasanya menggunakannya sebagai input dalam rumus IF kita. Hal ini karena IF memang membutuhkan input seperti itu dan kita jarang menggunakan nilai logika sebagai hasil akhir dalam excel.

Karena kita biasanya hanya dapat memasukkan input satu kondisi logika dalam IF, maka OR dapat membantu kita memasukkan lebih dari satu. Kita juga bisa menggunakan AND untuk hal tersebut walaupun ia memiliki pemrosesan yang sangat berbeda dari OR (AND akan menghasilkan TRUE jika semua input kondisi logikanya TRUE. Ia akan menghasilkan FALSE jika tidak seperti itu).

Untuk membuat OR menjadi input di dalam IF, berikut bentuk penulisan umum dari kombinasi kedua rumus ini.

= IF ( OR ( kondisi_logika1 , [ kondisi_logika2 ] , … ) , hasil_jika_true , hasil_jika_false )


Dalam kombinasi IF OR, kita memasukkan input OR ke dalam bagian input pertama dari IF. Bagian tersebut adalah bagian input kondisi logika dari IF.

Kita memasukkan semua kondisi logika yang ingin kita kombinasikan dalam IF kita ke dalam OR. Dari OR tersebut, kita akan mendapatkan nilai logika TRUE atau FALSE. Nilai logika tersebut akan menentukan apakah kita akan mendapatkan hasil TRUE atau FALSE dari IF kita.

Untuk memahami konsepnya dengan lebih jelas, berikut sebuah contoh implementasi IF OR di excel.

Rumus OR Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi IF OR di Excel

Di sini, kita menggunakan data yang sama seperti yang kita gunakan pada contoh implementasi rumus OR kita sebelumnya. Namun, sekarang kita ingin mendapatkan kata-kata lulus/tidak lulus pada setiap baris nilai tesnya, bukan hanya TRUE/FALSE.

Untuk itu, kita perlu menggunakan IF dengan OR. Seperti sebelumnya dijelaskan, untuk melakukan kombinasinya, kita mengetikkan OR sebagai input kondisi logika IF kita.

Kita memasukkan semua kondisi logika nilai tes pada setiap barisnya (nilai_tes>80) ke dalam OR kita. Setelah itu, kita memasukkan hasil IF jika hasil ORnya adalah TRUE dan jika hasil ORnya adalah FALSE. Pada contoh ini, itu berarti kita memasukkan teks “lulus” untuk hasil TRUE dan teks “tidak lulus” untuk hasil FALSEnya.

Kita menuliskan rumus IF OR kita seperti itu dan hasilnya adalah seperti yang dapat kamu lihat pada screenshot contohnya! Kita mendapatkan hasil lulus/tidak lulusnya secara benar dari setiap IF OR yang kita tuliskan.



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus OR excel, sekarang mari mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file latihan dari link berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaannya dan ingin mengecek hasil pekerjaanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Pada sebuah sekolah di mana persyaratan beasiswanya sangat ketat...
  1. Siswa akan lulus dari grup tes 1 jika ia mendapatkan nilai >=90 di paling tidak salah satu tes grup tersebut. Coba periksa lulus atau tidaknya setiap siswa pada grup tes 1 dan tulis hasill pemeriksaanmu dalam kolom yang tersedia! Gunakan TRUE atau FALSE sebagai isi masing-masing cell dari kolom tersebut untuk memberikan jawabanmu!
  2. Siswa akan lulus dari grup tes 2 jika ia mendapatkan nilai >=95 di paling tidak salah satu tes grup tersebut. Coba periksa lulus atau tidaknya setiap siswa pada grup tes 2 dan tulis hasil pemeriksaanmu dalam kolom yang tersedia! Gunakan TRUE atau FALSE sebagai isi masing-masing cell dari kolom tersebut untuk memberikan jawabanmu!
  3. Siswa akan mendapatkan beasiswa jika ia lulus di grup tes 1 atau 2. Coba periksa status dapat atau tidaknya beasiswa untuk setiap siswa dan tulis hasilnya dalam kolom yang tersedia! Gunakan “Beasiswa” atau “Tidak Beasiswa” sebagai isi masing-masing cell kolom tersebut untuk memberikan jawabanmu!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • OR tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dalam pemrosesannya
  • Jika kita memasukkan teks atau cell kosong saja ke dalam OR, rumus ini akan mengabaikannya




Tutorial lainnya yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert