Fungsi PRODUCT Pada Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus perkalian di excel yaitu PRODUCT. Rumus ini berguna untuk memberikan hasil perkalian dari semua input angka yang kamu berikan untuk rumusnya.


Mengapa Kita Perlu Mempelajari Rumus Perkalian di Excel: PRODUCT?


Perkalian merupakan suatu proses kalkulasi yang cukup banyak digunakan dalam mengolah data numerik pada spreadsheet. Dalam prosesnya, adakalanya kita harus mengalikan banyak angka secara sekaligus. Pada kondisi ini, tentunya akan merepotkan jika kita harus menuliskan rumusnya secara manual pada spreadsheet. Hal ini karena kita harus menuliskan angka atau memasukkan koordinat cell tempatnya berada secara satu per satu.

Sebagai contoh kasus kebutuhannya, bayangkan jika kita sedang melakukan prioritisasi terhadap proyek yang ingin dikerjakan oleh perusahaan kita. Prioritisasi dilakukan berdasarkan banyak faktor dan masing-masing dari setiap faktor tersebut pada masing-masing proyek sudah dikuantifikasi terlebih dahulu. Kuantifikasi dilakukan agar datanya lebih mudah diolah dalam spreadsheet. Jika ingin mendapatkan penilaian total terhadap semua faktor, maka kita perlu mengalikan sebagian atau seluruh dari angka kuantifikasi setiap faktor. Hal ini agar kita mendapatkan gambaran menyeluruh mengenai proyek mana yang menjadi prioritas. Selain itu, proses tersebut bisa membuat kita mendapatkan juga hasil urutan prioritisasi proyeknya secara lengkap.

Hal tersebut tentu akan sulit dilakukan dengan penulisan rumus perkalian secara manual . Ini mengingat banyaknya angka untuk dikalikan per proyek. Selain itu, mungkin saja banyak proyek yang perlu dihitung hasil kalkulasi dari faktor-faktornya tersebut.

Untuk melakukan proses kali secara cepat terhadap semua data numerikmu, maka kamu dapat menggunakan rumus perkalian di excel yaitu PRODUCT. Rumus perkalian di excel ini akan membantumu melakukan kali secara cepat dengan memasukkan semua angka untuk dikalikan di dalamnya. Sangatlah berguna ketika kamu sering melakukan proses analisis yang berhubungan dengan kalkulasi jenis ini pada spreadsheet.


Apa Itu Fungsi PRODUCT Pada Excel?


Fungsi PRODUCT pada excel adalah suatu rumus perkalian di excel dengan tujuan penggunaan mendapatkan hasil kali lebih dari satu digit pada spreadsheet. Biasanya semua digit untuk dikalikan oleh rumus ini berada di dalam suatu cell range tertentu.

Penjelasan umum mengenai input dari rumus perkalian excel ini adalah sebagai berikut:


=PRODUCT(number1, number2, …)


Keterangan:
number1, number2, … = semua angka yang ingin dikalikan


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi PRODUCT Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus perkalian di excel yaitu PRODUCT. Rumus kali di excel ini hanya membutuhkan input semua data numerik atau koordinat cell berisi data numeriknya. Semua data tersebut kemudian dikalikan oleh PRODUCT dan didapatkan hasil proses kalkulasinya.


Menggunakan Fungsi PRODUCT Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil prosesnya

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik PRODUCT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan angka atau koordinat cell atau cell range tempat angka yang ingin kamu proses berada, Masukkan tanda koma ( , ) di antara mereka.

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua yang ingin dikalikan sudah dimasukkan

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses perhitungan selesai!

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah-langkah menggunakan rumus perkalian di excel di atas, sekarang saatnya kamu mempraktekkan semua pemahamanmu dengan mengerjakan latihan!

Unduh file latihannya dari link berikut dan lakukan semua instruksinya. Unduh juga file kunci jawaban untuk mencocokkan hasil penjawabanmu jika kamu sudah selesai. Atau mungkin ketika kamu butuh petunjuk bagaimana cara menyelesaikan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

  1. Dapatkan hasil perkalian dari isi cell A2 sampai C8!
  2. Dapatkan hasil perkalian dari isi cell E5 sampai G9!
  3. Dapatkan hasil perkalian dari isi cell H7 sampai J9!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika dalam input cell range formula ini terdapat data teks, maka prosesnya akan mengabaikannya

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-1

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1-2

  • Jika dalam input cell range formula ini terdapat data tanggal, maka prosesnya akan mengalikannya juga. Ini dilakukan dengan memperhitungkan bilangan serial dari tanggal tersebut

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-1

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2-2

  • Jika dalam input cell range formula ini terdapat data error, maka prosesnya akan menghasilkan error

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-1

    Fungsi PRODUCT Pada Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3-2

  • Mungkin kamu ingin mempelajari cara manual menuliskan rumus excel perkalian (yang mungkin lebih praktis digunakan jika bilangan untuk dikalikannya sedikit). Kamu bisa melakukannya dengan mengunjungi bagian lain dari tutorial Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert