Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Compute Expert

Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan





Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari dengan lengkap mengenai penggunaan fungsi AND pada excel.

Ketika kita butuh memproses beberapa kondisi logika untuk mendapatkan nilai kombinasi logikanya, sangatlah merepotkan jika kita melakukannya secara manual. AND dapat membantu kita memproses mereka secara cepat, selama pemrosesan uniknyalah yang memang kita perlukan.

Ingin tahu lebih jauh mengenai rumus ini dan bagaimana cara penggunaannya di excel? Baca semua bagian dari tutorial ini!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Kegunaan Fungsi AND pada Excel

Kita bisa menggunakan AND untuk mendapatkan nilai kombinasi dari lebih dari satu kondisi logika. Ia akan menghasilkan TRUE jika semua kondisi logikanya benar dan FALSE jika tidak seperti itu.



Hasil AND

Kita akan mendapatkan nilai logika TRUE/FALSE dari AND, tergantung dari benar/tidaknya semua kondisi logika yang menjadi inputnya.



Versi Excel dari Mana Kita Bisa Menggunakan Rumus AND Excel

Kita bisa menggunakan AND sejak excel versi 2003.



Cara Penulisan dan Input

Inilah bentuk penulisan umum dari rumus AND di excel.

= AND ( kondisi_logika_1 , kondisi_logika_2 , … )


Dalam AND, kita memasukkan semua kondisi logika dari mana kita ingin mendapatkan nilai kombinasi logika kita. Kita memisahkan input-input kondisi logika tersebut dengan tanda koma ( , ).



Contoh Penulisan dan Hasil

Berikut adalah contoh implementasi dan hasil AND di excel.

Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi AND di Excel

Dalam contoh tersebut, kita mencoba mencari tahu hasil lulus/tidak lulusnya dari setiap baris nilai tes. Jika semua nilai tesnya di atas 70, maka baris tersebut dianggap lulus. Di lain pihak, jika salah satu dari nilai tesnya tidak di atas 70, maka baris itu dianggap tidak lulus.

Untuk mendapatkan hasil lulus/tidak lulus dari semua baris nilai tesnya secara cepat, kita gunakan rumus AND.

Seperti kamu lihat pada contohnya, kita memasukkan semua kondisi logika nilai tes kita dalam AND per baris. Karena persyaratannya adalah di atas 70 untuk semua nilai tes, kita membuat input kondisi logikanya seperti itu semua (nilai_tes>70).

Kita memisahkan input kondisi logika kita menggunakan tanda koma seperti yang sudah didiskusikan sebelumnya.

Tulis ANDnya dengan benar dan kita akan mendapatkan nilai kombinasi semua kondisi logika yang kita masukkan sebagai inputnya secara cepat!



Langkah Penulisan

Berikutnya, kita akan melihat bagaimana cara menuliskan rumus AND di excel dari awal sampai akhir. Langkah-langkah penulisannya sebenarnya cukup simpel seperti yang bisa kamu lihat berikut ini.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik AND (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan semua kondisi logika yang ingin kamu dapatkan nilai kombinasi logikanya. Pisahkan mereka dengan tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung jika semua input kondisi logikamu sudah dimasukkan

    Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 6



Learn Excel Dashboard Course


AND untuk IF dengan Beberapa Kondisi Logika: IF AND

Karena hasil dari AND adalah nilai logika TRUE/FALSE, kita biasanya tidak menggunakannya sendiri. Kita biasanya menggunakannya sebagai input dari kondisi logika sebuah rumus IF.

Jika kamu sudah memahami rumus IF, maka kamu pasti tahu bahwa IF membutuhkan input kondisi logika yang menghasilkan sebuah nilai logika. Nilai logika tersebut akan menentukan hasil seperti apakah yang akan IF berikan kepada kita.

Namun, dalam penulisan normalnya, IF hanya dapat diisi oleh satu kondisi logika. Jika kamu menginginkan nilai hasil kombinasi dari beberapa kondisi logika, maka kamu harus menggunakan AND dalam IFmu (atau OR jika kamu membutuhkan pemrosesan yang berbeda untuk kombinasi kondisi logikamu).

Cara menuliskan IF dengan AND di excel biasanya adalah sebagai berikut.

= IF ( AND ( kondisi_logika_1 , kondisi_logika_2 , … ) , hasil_jika_true , hasil_jika_false )


Seperti yang kita diskusikan sebelumnya, kita memasukkan AND sebagai input kondisi logika IF. AND tersebut akan membantu mengkombinasikan beberapa kondisi logika untuk menentukan hasil akhir dari IF kita.

Jika semua kondisi logikanya bernilai TRUE, maka IF akan memberikan hasil TRUEnya. Selain itu, IF akan memberikan hasil FALSEnya.

Untuk memahami lebih dalam mengenai implementasi IF AND di excel, lihat screenshot di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi IF AND di Excel

Kita kembali ke contoh nilai tes yang sudah kita bahas sebelumnya dan menambahkan IF untuk menentukan hasilnya di sana. Jika semua nilai tes di atas 70, maka kita menginginkan tanda “lulus”. Jika selain kondisi itu yang terjadi, maka kita menginginkan tanda “tidak lulus”.

Untuk memberikan semua tanda “lulus”/“tidak lulus” tersebut ke semua baris nilai tesnya, kita memasukkan AND ke dalam rumus IF kita. AND tersebut berisi kondisi logika dari setiap nilai tes dalam satu baris. Setiap dari mereka harus di atas 70.

Kita memasukkan tanda “lulus”nya sebagai hasil TRUE dari IF dan tanda “tidak lulus”nya sebagai hasil FALSE.

Tuliskan IF ANDnya seperti itu dan kita akan mendapatkan hasil yang kita butuhkan!


Alternatif AND: Kalikan Kondisi Logikamu

Jika kamu tidak mau menggunakan AND untuk mengkombinasikan kondisi logikamu, kamu bisa menggunakan cara alternatif ini. Cara ini memanfaatkan fakta bahwa TRUE juga dianggap sebagai angka 1 di excel dan FALSE sebagai angka 0.

Dapatkah kamu menebak apa yang akan kita lakukan dengan memanfaatkan fakta tersebut? Kita dapat mengalikan kondisi logika yang kita punya untuk meniru proses dari AND dikarenakan adanya fakta tersebut!

Dalam penulisannya, kita bisa mengilustrasikan cara alternatif ini secara umum sebagai berikut.

= ( kondisi_logika_1 ) * ( kondisi_logika_2 ) * …


Setiap kondisi logika yang kita tuliskan akan menghasilkan nilai logika TRUE atau FALSE. Karena TRUE adalah 1 dan FALSE adalah 0 di excel, mengalikan semua nilai logika tersebut akan memberikan kita hasil seperti AND.

Jika mereka semua bernilai TRUE (atau 1), maka proses perkaliannya akan menghasilkan 1 (atau TRUE). Di lain pihak, jika salah satu dari mereka bernilai FALSE (atau 0), maka proses perkaliannya akan menghasilkan 0 (atau FALSE). Ini karena semua angka yang kita kalikan dengan 0 pastinya akan menghasilkan 0 juga.

Hasil tersebut sama seperti yang kita dapatkan dari AND, bukan? Kita menambahkan tanda kurung yang melingkupi setiap kondisi logikanya untuk membuat mereka dijalankan terlebih dahulu sebelum menjalankan proses perkaliannya. Hal ini untuk memastikan prosesnya akan berjalan sesuai dengan yang kita inginkan.

Sebagai catatan, jika kamu hanya menuliskan perkalian tersebut dalam cellmu, maka kamu akan mendapatkan hasil berupa angka (1 atau 0, tergantung dari hasil akhir perkalian nilai logikanya apakah TRUE atau FALSE). Namun, jika kamu menuliskan perkalian kondisi logikanya tersebut dalam IF, maka ia akan bekerja seperti layaknya rumus IF AND!

Untuk contoh implementasi dari cara alternatif ini, lihat screenshot di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus AND Pada Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi Perkalian Kondisi Logika di Excel

Kita menggunakan contoh IF AND yang tadi di sini untuk mengilustrasikan kesamaannya dengan jika kita menggunakan perkalian kondisi logika. Seperti dapat kamu lihat, hasil dari kedua cara tersebut sama!

Di sini, kita mengalikan kondisi logikanya dengan menggunakan pola penulisan seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya. Semua nilai tes dalam suatu baris dibandingkan dengan nilai minimumnya sebelum kita memasukkan mereka ke dalam tanda kurung. Setelah itu, kita mengalikan mereka menggunakan tanda bintang ( * ).

Kita menuliskan rumus IFnya dengan normal, hanya mengganti input AND dengan perkalian kondisi logika. Sebagai hasilnya, kita juga mendapatkan tanda “lulus” atau “tidak lulus” secara akurat dari hasil penulisan rumus kita.


Latihan

Setelah kamu mempelajari penggunaan rumus AND di excel secara lengkap, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Ini agar kamu bisa semakin memperdalam pengetahuan mengenai implementasi rumus ANDmu di excel!

Unduh file latihan dari link berikut dan jawab pertanyaan-pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah yakin dengan hasilmu ketika menjawab semua pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel A terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!
  2. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel B terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!
  3. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel C terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • Kita dapat memasukkan nilai logika TRUE atau FALSE secara langsung sebagai input rumus AND kita, walaupun hal ini jarang dilakukan
  • Jika kita memasukkan input teks atau cell kosong, AND akan mengabaikannya
  • AND tidak membedakan huruf besar dan huruf kecil dalam pemrosesannya




Tutorial lainnya yang sebaiknya kamu pelajari:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert