Rumus AND Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai fungsi AND. Rumus AND excel berguna untuk memberikan penilaian akhir terhadap lebih dari satu evaluasi kondisi yang kita punya. Dengan menggunakan fungsi AND, maka semua evaluasi kondisi harus bernilai TRUE (benar) agar hasil akhirnya menjadi TRUE.


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi AND?


Dalam menggunakan formula IF pada perangkat spreadsheet ini, seringkali kita butuh evaluasi akhir terhadap lebih dari satu evaluasi kondisi sebagai bagian input untuk formula ini. Dalam hal itu, jika kita menggunakan cara penulisan biasa pada inputnya, maka akan sangat sulit untuk memasukannya secara benar sesuai keinginan kita tersebut karena keterbatasan cara penulisan manual untuk input di dalam perangkat spreadsheet ini.

Sebagai contoh di mana kita butuh penilaian akhir untuk lebih dari satu evaluasi kondisi pada formula IF, kita dapat melihat kondisi ketika ingin melihat status dari performa suatu wilayah yang merupakan salah satu konsentrasi bisnis dari perusahaan tempat kita bekerja. Mungkin terdapat lebih dari satu indikator untuk melihat apakah performa wilayah baik atau buruk. Jika kita memiliki data lengkap untuk masing masing indikator wilayah operasi bisnis tersebut dan kita ingin membuat suatu kolom khusus berisi penaksiran status performa dari masing masing wilayah, maka kita harus melihat berbagai indikator tersebut dibandingkan dengan standar perusahaan dalam menentukan apakah performa suatu wilayah baik atau buruk di mata perusahaan.

Jika misalkan keseluruhan indikator penilaian tersebut harus melewati suatu ambang batas minimum baru wilayah tersebut dianggap memiliki status performa baik, maka kita memerlukan suatu fungsi yang mampu menilai evaluasi dari berbagai indikator tersebut sebelum memberikan hasil penilaian akhirnya dalam bentuk status performa.

Pada kasus di mana semua evaluasi kondisi perlu memiliki hasil benar atau TRUE agar hasil akhirnya juga TRUE, maka kita perlu memahami cara penggunaan rumus AND excel. Fungsi AND ini akan membantu kita dalam memberikan penilaian akhir bagi berbagai indikator evaluasi kondisi dengan proses pemberian hasil akhir seperti yang dijabarkan tadi. Semuanya bernilai benar atau TRUE maka baru hasilnya adalah benar atau TRUE.


Apa Itu Rumus AND Excel?


Rumus AND excel adalah suatu formula dengan objektif penggunaan untuk memberikan evaluasi akhir terhadap lebih dari satu evaluasi kondisi dengan keseluruhannya bernilai TRUE maka baru ia akan memberikan hasil akhir TRUE. Jika satu saja salah atau bernilai FALSE, maka hasil akhirnya akan menjadi salah atau FALSE. Fungsi AND seringkali digunakan bersamaan dengan IF walau tidak menutup kemungkinan juga digunakan secara independen atau dengan formula lainnya di perangkat spreadsheet ini, terutama yang juga membutuhkan suatu evaluasi kondisi untuk menentukan hasil akhirnya.

Sedikit penjelasan mengenai input di dalam formula ini adalah sebagai berikut:


=AND(logical1, logical2, …)


Keterangan:
logical1, logical2, … = semua evaluasi kondisi yang ingin digabungkan untuk dilihat hasil nilai logika akhirnya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi AND?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menulis rumus AND excel. Fungsi AND membutuhkan input seluruh evaluasi kondisi yang ingin dievaluasi lagi untuk menghasilkan nilai akhir TRUE atau FALSE. TRUE akan dihasilkan jika semua input TRUE dan FALSE akan dihasilkan jika salah satu dari input bernilai FALSE.


Menggunakan Rumus AND Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus AND Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik AND (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus AND Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik semua evaluasi kondisi yang ingin diproses dipisahkan dengan tanda koma

    Rumus AND Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung jika semua evaluasi kondisimu sudah dimasukkan

    Rumus AND Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai dilakukan!

    Rumus AND Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah detail dalam tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu agar menjadi lebih mahir dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaan dan sudah yakin atas hasil yang kamu dapatkan!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Pelajari penggunaan formula IF terlebih dahulu di bagian lain blog Compute Expert ini sebelum menjawab pertanyaan berikut
  1. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel A terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!
  2. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel B terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!
  3. Bagaimana perbandingan indikator dari variabel C terhadap nilai di baris pertama sesuai dengan kolomnya? Berikan ‘OK’ jika semua indikatornya melebihi perbandingan nilainya tersebut dan ‘X’ jika tidak!

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Input pada fungsi AND juga dapat langsung dimasukkan dalam bentuk TRUE atau FALSE. Namun sangat jarang kita membutuhkan input langsung seperti ini dalam penggunaan rumus AND excel
  • Untuk penggunaan optimal dari fungsi AND, kamu perlu memahami cara penggunaan formula IF dan IF bertingkat pada perangkat spreadsheet ini. Jika kamu mau langsung mempelajarinya, terdapat juga tutorial untuk formula ini pada bagian lain dari blog Compute Expert ini!
  • Terdapat juga fungsi lain untuk memberikan hasil akhir dari input beberapa evaluasi kondisi yaitu OR. Pemberian hasil akhir pada OR adalah TRUE jika salah satu input menghasilkan TRUE dan FALSE jika semuanya FALSE. Cara penulisan formula OR ini mirip dengan rumus AND excel.




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert