Rumus AVERAGE Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari cara menggunakan rumus AVERAGE excel dalam rangka mencari rata rata di perangkat spreadsheet ini. Fungsi AVERAGE memiliki cara pemakaian yang cukup mudah yaitu dengan memasukkan semua digit yang ingin kamu kalkulasi ke dalam formulanya untuk mendapatkan hasilnya.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE?


Dalam mengolah angka di perangkat spreadsheet, seringkali kita perlu untuk mencari rata rata dari beberapa atau semua digit milik kita. Dalam kasus seperti ingin mencari tahu bagaimana gambaran performa secara keseluruhan dari produk perusahaan pada suatu segmen dalam jangka waktu tertentu atau melihat berapa biasanya suatu cabang dari bisnis kita menghasilkan keuntungan dalam satu hari di suatu wilayah, maka pendekatan seperti pencarian rata rata dari semua produk milik kita untuk kasus pertama atau digit median keuntungan semua cabang perusahaan kita di wilayah itu akan menjadi hasil yang perlu kita dapatkan demi melakukan analisis lebih lanjut dari perolehan data tersebut.

Dalam hal ini, tersedia rumus AVERAGE excel yang dapat digunakan demi mempermudah proses kalkulasi kita. Fungsi AVERAGE ini sendiri sangat mudah untuk dipelajari dan dipraktekkan sehingga diharapkan dapat membuat pekerjaan kita semakin efektif dan efisien secara signifikan ketika mengolah digit digit milik kita dalam alat bantu ini.


Apa Itu Rumus AVERAGE Excel?


Rumus AVERAGE excel adalah formula dasar dalam perangkat spreadsheet ini dengan objektif penggunaan untuk mencari angka tengah dari beberapa atau semua data digit milik kita. Untuk menggunakannya, kita hanya perlu memasukkan semua angka yang ingin kita proses ke fungsi AVERAGE ini. Formula ini sendiri merupakan fungsi dasar dalam pencarian rata rata. Jika kamu ingin mencari hasilnya menggunakan input digit dengan kondisi tertentu, maka kamu bisa menggunakan AVERAGEIF dan AVERAGEIFS untuk membantumu. Tutorial bagaimana cara memakai kedua formula tersebut juga terdapat di bagian tutorial lain pada blog ini.

Sedikit penjelasan mengenai input di dalam rumus ini adalah sebagai berikut:


=AVERAGE(number1, number2, …)


Keterangan:
number1, number2, … = semua angka yang ingin kamu hitung rata-ratanya


Bagaimana Cara Menggunakan Fungsi AVERAGE?


Berikut akan dijelaskan langkah per langkah mengenai cara menggunakan rumus AVERAGE excel. Dalam penggunaan fungsi AVERAGE ini, kita perlu menyiapkan digit untuk dikalkulasikan mediannya terlebih dahulu, baik dengan menaruhnya di dalam cell maupun dengan memasukkannya langsung nanti ketika menuliskan formulanya.


Menggunakan Rumus AVERAGE Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses perhitungan

    Rumus AVERAGE Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik AVERAGE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus AVERAGE Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat angka yang ingin kamu proses berada setelah tanda buka kurung dengan tanda koma ( , ) di antara angka angka atau koordinat koordinat cell tersebut atau drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah jika tempat angka angka yang kamu ingin proses saling berdekatan

    Rumus AVERAGE Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua angka atau koordinat cell berisi angka sudah dimasukkan

    Rumus AVERAGE Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai dilakukan!

    Rumus AVERAGE Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari tutorial di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu mengenainya melalui latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan perhitungan dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pemahaman yang kamu miliki dari tutorial di atas:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil kalkulasi median untuk cell B1:B10?
  2. Berapa hasil kalkulasi median untuk cell C1:C10?
  3. Berapa hasil kalkulasi median untuk cell D1:D10?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Dalam menggunakan formula ini, drag kursor cell dan pemasukan angka atau koordinat cell dengan pemisahan tanda koma dapat digabungkan dalam satu penulisan
  • Jika kamu mau, koordinat cell berdekatan untuk fungsi AVERAGE juga dapat kamu tuliskan manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) untuk koordinat cell paling kiri atas dan koordinat cell paling kanan bawah (contoh penulisan: B1:D25)
  • Terdapat beberapa cara lainnya untuk mencari angka median di perangkat spreadsheet ini yaitu dengan menggunakan cara manual tanda garis miring ( / ), formula AVERAGEIF, dan AVERAGEIFS. Metode metode tersebut dapat kamu pelajari cara penggunaannya pada bagian lainnya di blog tutorial Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert