Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Compute Expert

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya



Pada tutorial Compute Expert ini, kita akan mempelajari penggunaan rumus CONCAT excel secara lengkap. Kita mulai bisa menggunakan rumus ini di excel sejak excel 2019 atau excel office 365.

Pada versi excel sebelumnya, kamu mungkin sudah mengenal CONCATENATE sebagai rumus yang digunakan untuk menggabungkan data-data ke dalam satu teks. CONCAT adalah versi CONCATENATE yang sudah lebih disempurnakan. Hal ini karena ia mampu melakukan beberapa hal yang CONCATENATE tidak mampu.

Penasaran ingin mengetahui lebih lanjut mengenai rumus CONCAT ini? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Fungsi CONCAT di Excel

Kita bisa menggunakan CONCAT untuk menggabungkan beberapa data ke dalam satu teks.



Hasil CONCAT

Hasil yang kita dapatkan dari CONCAT adalah sebuah teks yang berisi semua data yang kita berikan sebagai inputnya.



Versi Excel dari Mana Kita Bisa Menggunakan Rumus CONCAT Excel

Kita mulai bisa menggunakan CONCAT di excel sejak excel 2019.



Cara Penulisan dan Inputnya

Bentuk umum penulisan CONCAT di excel adalah sebagai berikut.

= CONCAT ( data1 , … )


Input data1, … di sana adalah semua data yang ingin kamu kombinasikan ke dalam satu teks menggunakan CONCAT. Kamu bisa memberikan inputnya dalam bentuk pengetikan data langsung, koordinat cell, atau cell range.

Jika kamu memberikan lebih dari satu input kepada CONCAT, maka jangan lupa untuk memisahkan mereka dengan menggunakan tanda koma ( , ).



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut adalah contoh implementasi dan hasil CONCAT di excel.

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi CONCAT di Excel

Seperti dapat kamu lihat di sana, kita menggunakan CONCAT untuk menggabungkan data kita per baris ke dalam satu teks. Kita hanya perlu memberikan input cell range di mana data yang ingin kita gabungkan berada dan CONCAT akan menggabungkan mereka.

Sangat simpel, bukan? Kemampuan menerima input cell range ini jugalah yang merupakan bentuk penyempurnaan CONCAT jika dibandingkan dengan CONCATENATE. Jika kita menggunakan CONCATENATE, maka ia hanya akan dapat menerima input pengetikan data langsung dan/atau koordinat cell.



Langkah Penulisan

Setelah kita mendiskusikan bentuk penulisan, input, dan contoh implementasi CONCAT, sekarang mari mendiskusikan langkah penulisannya. Langkah penulisan CONCAT di excel sebenarnya cukup simpel, seperti yang akan kamu lihat berikut ini.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil CONCATmu

    Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik CONCAT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan semua data/koordinat cell/cell range di mana data yang ingin kamu gabungkan ke dalam satu teks berada. Jangan lupa mengetikkan tanda koma ( , ) di antara input yang kamu berikan

    Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah kamu menginput semua data yang ingin kamu gabungkan ke dalam satu teks

    Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Langkah 6






Alasan Umum Mengapa CONCAT Memberikan Error/Hasil yang Salah

Mendapatkan hasil yang salah/error dari CONCATmu dan kamu bingung kenapa hal itu bisa terjadi?

CONCAT, seperti rumus lainnya di excel, dapat memberikan hasil yang salah/error jika kamu salah dalam penggunaannya. Ada banyak kemungkinan faktor yang dapat menyebabkan hal yang tidak diinginkan tersebut terjadi. Akan tetapi, beberapa faktor yang biasanya jadi penyebabnya adalah:
  • Ada beberapa nilai tidak terduga dalam input CONCATmu. Cell yang terlihat kosong mungkin berisi spasi atau terdapat data yang kamu tidak sadari yang ada dalam cell rangemu. Cek lagi CONCATmu dan pastikan asal dari bagian teks hasil penggabungan datamu tersebut!
  • Ada nilai error di antara input data yang kamu berikan kepada CONCAT. Nilai error apapun dalam input CONCATmu akan membuatmu mendapatkan hasil error juga dari CONCAT!
  • Memiliki ekspektasi adanya tanda pemisah seperti spasi atau koma dalam hasil CONCATmu? Jangan lupa bahwa CONCAT hanya memberikan hasil penggabungan datamu tanpa adanya tanda pemisah yang otomatis dimasukkannya sendiri. Jika kamu ingin menggunakan tanda pemisah, maka input mereka secara manual atau gunakan cara alternatif yang akan kita diskusikan nanti!

Evaluasi CONCATmu dengan mengecek poin-poin di atas jika kamu mendapatkan hasil yang salah/error!



CONCAT 2 Kolom atau Lebih di Excel

Jika kamu sudah mempelajari contoh implementasi CONCAT di bagian sebelumnya, maka kamu mungkin sudah memahami cara menggunakan CONCAT pada kolom. Kamu hanya perlu memasukkan input data yang ingin kamu kombinasikan dari kolom-kolom tersebut pada CONCAT.

Karena kita biasanya menggabungkan data kita per baris dalam kolom-kolom kita, maka kamu hanya perlu menuliskan CONCAT untuk baris pertama. Salin CONCAT yang kamu tuliskan ke sepanjang baris kolom-kolom tersebut dan kamu akan mendapatkan semua hasil CONCAT yang kamu butuhkan.

Berikut adalah salah satu contoh penggabungan data dari dua kolom menggunakan CONCAT.

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi CONCAT Pada Data 2 Kolom di Excel

Seperti tadi didiskusikan, kita hanya perlu memasukkan cell range baris kolom-kolom tersebut di mana data yang ingin kita gabungkan berada. Setelah kita menuliskan rumus CONCAT untuk baris yang pertama, salin ke bawah rumus tersebut untuk mendapatkan semua hasil penggabungan data kolomnya.

Namun, jika kita memerlukan tanda pemisah dalam hasil CONCAT kita, maka kita perlu menginput mereka secara manual. Implementasi input tanda pemisah pada CONCAT untuk data dari kolom-kolom di atas adalah sebagai berikut.

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi CONCAT Pada Data 2 Kolom dengan Tanda Pemisah di Excel

Karena tidak ada tanda pemisah pada cell range yang menjadi input CONCAT kita, kita harus menginput data kita menggunakan koordinat cell. Di antara input koordinat cell tersebut, kita ketikkan spasi ( “ “ ) secara langsung kepada CONCAT.

Lakukan hal tersebut pada penulisan CONCATnya, salin ia ke bawah, dan kita akan mendapatkan semua hasil CONCAT kolom yang kita butuhkan.



CONCAT dengan Tanda Pemisah di Excel: TEXTJOIN

CONCAT dapat menggabungkan data-data kita dalam sebuah cell range secara cepat dan mudah. Namun bagaimana jika cell range yang ingin kita gabungkan datanya cukup besar ukurannya dan kita menginginkan adanya tanda pemisah?

Menggunakan CONCAT dalam situasi ini bisa merepotkan karena kita perlu menginput cellnya satu demi satu jika kita ingin menggunakan tanda pemisah. Jika kita mempunyai kebutuhan seperti ini, maka kita sebaiknya menggunakan rumus lainnya dalam excel, TEXTJOIN.

TEXTJOIN dapat menggabungkan data-data dengan keberadaan tanda pemisah dengan mudah karena ia memiliki bagian input tanda pemisah tersendiri. Kamu bisa menggunakan rumus ini dari excel versi 2019 juga, sama seperti CONCAT.

Secara umum, cara menuliskan TEXTJOIN di excel adalah sebagai berikut.

= TEXTJOIN ( tanda_pemisah , abaikan_kosong? , data1 , … )


Kita masukkan input tanda pemisah kita terlebih dahulu pada TEXTJOIN sebelum kita memasukkan input apakah kita mengabaikan cell kosong atau tidak. Inputnya sendiri berbentuk nilai logika TRUE/FALSE untuk menentukan perilaku TEXTJOIN terhadap cell kosong yang menjadi inputnya.



Jika kita memberikan input TRUE, maka TEXTJOIN tidak akan melibatkan input cell kosong dalam proses penggabungan datanya. JIka FALSE, maka TEXTJOIN akan melibatkan mereka.

Setelah kedua input tersebut, kita juga memasukkan data yang ingin kita gabungkan menggunakan TEXTJOIN. Input data tersebut bisa dalam bentuk pengetikan data secara langsung, koordinat cell, atau cell range. Berikan tanda koma jika kita memasukkan lebih dari satu input pada bagian ini.

Untuk membuatmu memahami lebih baik mengenai penggunaan rumus TEXTJOIN ini, berikut adalah contoh implementasinya di excel.

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi TEXTJOIN di Excel

Pada contoh tersebut, kita menggunakan tiga kasus TEXTJOIN yang berbeda untuk menggabungkan nama-namanya. Pada baris pertama, kita menggunakan TEXTJOIN untuk menggabungkan nama-namanya secara normal dengan menggunakan spasi sebagai tanda pemisah kita ( “ “ ). Karena tidak ada cell kosong pada cell range yang kita jadikan input pada TEXTJOIN, input TRUE/FALSE tidak akan memberikan perbedaan.

Namun, ketika kita melihat baris kedua, ada cell kosong pada kolom nama tengahnya. Karena kita menggunakan FALSE pada TEXTJOIN kita di sana, TEXTJOIN akan melibatkan cell kosong dalam proses penggabungan datanya.

Sebagai hasilnya, kita mendapatkan teks kita dengan data kosong di antara nama awal dan nama akhirnya. TEXTJOIN juga memberikan tanda pemisah koma untuk data kosongnya pada hasil penggabungan data-data baris kedua tersebut.

Untuk baris ketiga sebenarnya hampir sama dengan baris kedua, tetapi kita menggunakan TRUE untuk TEXTJOINnya di sini. Oleh karena itu, TEXTJOIN mengabaikan cell kosong pada cell rangenya dan hanya menggabungkan cell yang berisi data. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan penggabungan nama awal dan nama akhir, yang dipisahkan dengan tanda koma!



CONCAT dengan Baris Baru Sebagai Tanda Pemisah: TEXTJOIN & CHAR(10)

Bagaimana jika kita ingin menggunakan baris baru sebagai tanda pemisah teks hasil penggabungan data kita? Adakah cara untuk melakukannya dengan mudah di excel?

Kamu sebaiknya tidak menggunakan CONCAT, terutama jika kamu ingin menggabungkan data-data dalam sebuah cell range dan cell rangenya cukup besar. Kamu sebaiknya menggunakan TEXTJOIN dengan bantuan rumus CHAR juga (karena kita tidak bisa mengetikkan baris baru sebagai tanda pemisah secara langsung ke dalam TEXTJOIN).

CHAR di excel akan membantumu mendapatkan sebuah karakter tergantung dari kode karakter yang kamu masukkan sebagai input ke dalamnya. Karena kode karakter baris baru adalah 10, itu berarti kamu harus memasukkan input CHAR(10) dalam TEXTJOINmu. Masukkan inputnya pada bagian input tanda pemisah di TEXTJOIN, tentunya.

Selanjutnya, kamu juga harus ingat untuk menyalakan pengaturan wrap text pada cell di mana kamu menuliskan TEXTJOIN CHARmu. Jika lupa, maka kamu tidak akan dapat melihat baris baru pada hasil penulisan rumusmu.

Sebagai ilustrasi, berikut adalah bentuk penulisan umum kombinasi TEXTJOIN dan CHAR untuk tujuan ini.

= TEXTJOIN ( CHAR ( 10 ) , abaikan_kosong? , data1 , … )


Dan berikut contoh implementasinya di excel.

Rumus CONCAT Excel: Fungsi, Contoh, dan Cara Menggunakannya - Screenshot Contoh Implementasi TEXTJOIN & CHAR(10) di Excel

Pada contoh tersebut, kita dapat lihat bahwa hasil TEXTJOIN kita mempunyai beberapa baris untuk tiap teks hasil penggabungan datanya. Ini karena kita memberikan input CHAR(10) sebagai input tanda pemisah pada TEXTJOIN kita!

Selain CHAR(10) sebagai inputnya, kita menuliskan sisa dari TEXTJOIN kita secara normal. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan hasil yang kita inginkan untuk teks kita!



Latihan

Setelah mempelajari penggunaan CONCAT di excel, sekarang saatnya mengerjakan latihan untuk mempraktekkan pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan kerjakan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya untuk mengecek jawabanmu atau ketika kamu butuh petunjuk mengenai bagaimana cara mengerjakan instruksinya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

  1. Satukan semua bilangan pada kolom A dan B menjadi satu teks!
  2. Satukan semua bilangan pada baris 4, 5, dan 9 menjadi satu teks!
  3. Satukan semua bilangan dari A3 sampai B5, D4, dan dari C8 sampai E10 menjadi satu teks!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • Apapun jenis data yang kamu gabungkan menggunakan CONCAT (angka, teks, atau jenis data lainnya), hasil akhir dari CONCAT selalu berjenis teks
  • Jika kamu memberikan input cell range, maka CONCAT akan menggabungkan datanya dengan urutan dari paling kiri atas sampai ke kanan bawah
  • Jika kamu menggunakan tanggal sebagai inputnya, maka CONCAT akan menggunakan angka serial excel dari tanggal tersebut pada hasil penggabungan datanya




Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert