Rumus Excel ROUNDDOWN




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai cara membulatkan angka di excel menggunakan rumus excel ROUNDDOWN. Cara membulatkan angka di excel menggunakan formula ini sendiri lebih ditujukan untuk mengurangi jumlah desimal dengan cara melakukan pembulatan ke bawah.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Membulatkan Angka di Excel Menggunakan ROUNDDOWN?


Jumlah desimal adalah salah satu hal yang seringkali diperhatikan dalam mengolah data digit di dalam perangkat spreadsheet. Kita terkadang perlu untuk mengurangi jumlah desimal pada suatu digit agar lebih mudah dalam membacanya sekaligus juga agar proses pengolahan data selanjutnya dapat dilakukan lebih lancar dengan digit tersebut.

Contoh sederhananya, bayangkan jika kita ingin menentukan diskon suatu produk dari harga jualnya atau menentukan alokasi target produksi berdasarkan jumlah shift pabrik. Dalam kedua kasus tersebut, setelah mendapatkan hasil perhitungan melalui proses kalkulasi berdasarkan digit dari beberapa faktor, terkadang kita perlu melakukan pembulatan agar angka yang didapatkan tersebut bisa dijadikan patokan lebih jelas untuk kedua hal tersebut serta mungkin dapat digunakan untuk pengolahan data fase berikutnya. Jumlah desimal dalam digit hasil perhitungan juga sebaiknya dibulatkan ke bawah dalam kedua kasus tersebut agar diskon tidak melebihi target keuntungan minimal yang mungkin kita punyai pada kasus pertama dan target produksi tidak melebihi alokasi jam dalam jumlah shift pada kasus kedua.

Untuk mempermudah proses pembulatan ke bawah, terdapat cara membulatkan angka di excel dengan menggunakan rumus excel ROUNDDOWN. Dalam menggunakannya sebagai cara membulatkan angka di excel, kita hanya perlu memasukkan digit yang ingin diproses jumlah desimalnya serta berapa banyak keinginan jumlah digit desimal kita untuk kemudian dilakukan proses pembulatan oleh rumus excel ROUNDDOWN ini.


Apa Itu Rumus Excel ROUNDDOWN?


Rumus excel ROUNDDOWN adalah suatu formula yang digunakan sebagai cara membulatkan di excel untuk jumlah desimal suatu numeral tertentu dengan proses pembulatan ke bawah. ROUNDDOWN ini sendiri seringkali digunakan jika kita telah mendapatkan hasil dari proses pembagian, kalkulasi persentase, atau perhitungan lainnya yang mana kita perlu hasil tersebut untuk dibulatkan ke bawah demi keperluan tertentu, seperti contoh dua kasus yang dijelaskan sebelumnya.

Berikut sedikit penjelasan mengenai input dalam formula ini:


=ROUNDDOWN(number, num_digits)


Keterangan:
  • number = angka yang ingin kamu bulatkan desimalnya ke bawah
  • num_digits = banyak digit desimal untuk hasil pembulatannya



Bagaimana Cara Membulatkan Angka di Excel Dengan Formula ROUNDDOWN?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara membulatkan angka di excel dengan rumus excel ROUNDDOWN. Formula ini sendiri relatif mudah dipakai dan penggunaannya mirip dengan fungsi pembulatan lainnya yang terdapat pada perangkat spreadsheet ini seperti ROUND dan ROUNDUP.


Menggunakan Rumus Excel ROUNDDOWN


  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ROUNDDOWN (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka / koordinat cell di mana angka yang ingin kamu proses berada setelah buka kurung lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan bilangan permintaan jumlah digit desimal / koordinat cell tempat masukan permintaan jumlah digit desimal untuk proses

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah langkah dari tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link yang tersedia dan jawab pertanyaan berikut. Silahkan unduh dan lihat jawabannya jika kamu sudah menyelesaikannya semua pertanyaan dari latihannya dan yakin dengan hasilmu!

Link unduh file untuk latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan ke bawah 5 digit desimal?
  2. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan ke bawah tanpa digit desimal?
  3. Berapa hasilnya jika dilakukan pembulatan ke bawah untuk kelipatan 100? (lihat catatan tambahan untuk cara melakukannya!)

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Untuk masukan jumlah digit desimal yang diminta, jika kamu memasukkan nilai negatif pada bagian tersebut, maka hasilnya adalah sebagai berikut:
    • (-1) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 10 terdekat
    • (-2) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 100 terdekat
    • (-3) akan memproses bilangan ke digit kelipatan 1000 terdekat
    • Dan seterusnya
  • Untuk menambah atau mengurangi angka di belakang koma hanya tampilannya saja, kamu dapat menggunakan menu increase decimal/decrease decimal dari tab Home setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasilnya berada

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Tips Desimal 1



    Atau klik kanan setelah menempatkan kursor pada cell tempat hasil yang ingin diubah jumlah angka belakang komanya berada, pilih Format Cells, dan pada Tab Number pilih Number untuk kemudian mengganti nilai dari Decimal places sesuai dengan jumlah angka di belakang koma yang kamu inginkan sebelum klik OK

    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Tips Desimal 2-1



    Rumus Excel ROUNDDOWN - Screenshot Tips Desimal 2-2



    Namun perlu diingat cara ini hanya merubah tampilan desimal dari hasil, bukan nilainya.
  • Jika kamu membutuhkan cara membulatkan angka di excel lainnya (bukan ke bawah), kamu dapat menggunakan formula lainnya dalam perangkat spreadsheet ini seperti ROUND dan ROUNDUP. Tutorial mengenai cara penggunaannya dapat kamu pelajari pada bagian lainnya di blog tutorial Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert