Rumus IF OR




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai kombinasi rumus IF OR pada excel. Mengingat OR menghasilkan nilai logika TRUE atau FALSE dalam penggunaannya dan ia dapat membantu mengevaluasi lebih dari satu kriteria milik kita, maka ia akan sangat berguna pada waktu tertentu ketika dikombinasikan ke dalam formula IF. Penjelasan mengenai penggabungan ini akan diberikan secara detail di bagian-bagian selanjutnya.


Mengapa Perlu Mempelajari Kombinasi Rumus IF OR?


Ketika melakukan penulisan formula yang menghasilkan sesuatu berdasarkan input evaluasi kondisi di dalamnya, adakalanya kita tidak bisa melakukan penulisan secara standar karena input kondisi untuk proses evaluasi tersebut diperlukan lebih dari satu kondisi dan harus diproses secara bersamaan. Untuk melakukannya, dibutuhkan bantuan dari formula lainnya agar hasil yang didapatkan dapat menjadi sesuai dengan kebutuhan kita.

Sebagai contoh dari situasi ini adalah ketika kita sedang memeriksa data mesin produksi untuk menentukan mesin dengan kebutuhan perbaikan sesegera mungkin. Hal ini ditentukan dari, misalnya, jika mesin tersebut mengalami kejadian kerusakan dalam satu minggu terakhir. Ketika mengecek data satu per satu untuk melihat apakah ada kejadian kerusakan dalam satu minggu terakhir dari masing-masing mesin, maka kita bisa menggunakan spreadsheet demi mengevaluasi kondisi secara keseluruhan dari setiap mesin dan menandainya jika ada satu saja kejadian kerusakan dijumpai dalam data tersebut untuk merekomendasikan perbaikan pada mesin tersebut.

Permasalahannya adalah agak sulit menuliskan secara manual jika terdapat lebih dari satu kondisi harian dari setiap mesin untuk dievaluasi demi menentukan status perbaikan secepat mungkin dari seluruh mesinnya tersebut.

Untuk menghadapi kasus di atas, di mana mungkin diperlukan sesuatu yang bisa membantu mengevaluasi lebih dari satu kondisi dengan syarat jika satu kondisi saja bernilai benar maka akan menghasilkan suatu nilai tertentu, maka kamu bisa menggunakan penggabungan formula IF OR untuk membantumu. Kombinasi ini akan membantu dalam memberikan hasil sesuai ketentuan kita berdasarkan hasil proses evaluasi lebih dari satu kondisi. Sangat bermanfaat untuk dipelajari bagaimana cara menggunakan penggabungannya jika kamu sering berurusan dengan berbagai bentuk logika evaluasi kondisi dalam pemrosesan datamu di spreadsheet.


Apa Itu Kombinasi Rumus IF OR Dalam Excel?


Kombinasi rumus IF OR adalah suatu penyatuan dua formula untuk memberikan hasil sesuai ketentuan kita berdasarkan evaluasi lebih dari satu kondisi dengan suatu hal dihasilkan jika evaluasi akhirnya adalah TRUE dan hal lainnya jika FALSE.

Penggabungan rumus ini sering digunakan ketika butuh untuk mengevaluasi lebih dari satu indikator dalam pengolahan data untuk mendapatkan suatu hasil tertentu sesuai dengan keinginanmu.

Penjelasan umum mengenai input pada kedua formula ini adalah sebagai berikut:

=IF(logical_test, value_if_true, value_if_false)


Keterangan:
  • logical_test = kondisi untuk dievaluasi
  • value_if_true = hasilnya jika terevaluasi benar
  • value_if_false = hasilnya jika terevaluasi salah


=OR(logical1, logical2, …)


Keterangan:
logical1, logical2, … = semua kondisi yang ingin dievaluasi dan ditentukan nilai logika akhirnya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus IF OR?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara menuliskan rumus IF OR. Penggabungan ini sendiri membutuhkan input seperti masing-masing dari rumusnya: semua kondisi untuk dievaluasi, hasil jika evaluasi finalnya adalah TRUE, dan hasil jika FALSE.


Menggunakan Fungsi IF Pada Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik IF (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik OR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik semua kondisi yang ingin diproses dipisahkan dengan tanda koma ( , )

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung jika semua kondisimu sudah dimasukkan lalu masukkan tanda koma

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 5

  6. Ketik isi cell bila salah satu kondisi tersebut terevaluasi benar lalu masukkan tanda koma

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 6

  7. Ketik isi cell bila semua kondisi tersebut terevaluasi salah

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 7

  8. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 8

  9. Tekan tombol Enter
  10. Proses selesai!

    Rumus IF OR - Screenshot Langkah 10



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan kombinasi formulanya dalam excel, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file latihan dari link dan jawab pertanyaan berikut. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab pertanyaannya dan sudah yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan kombinasi fungsi IF OR untuk menjawab semua pertanyaannya.
  1. Sebuah produk dapat dikatakan bisa dijual pada wilayah A jika ia dapat terjual > 40000 A1, > 35000 A2, atau > 45000 A3. Coba cek potensi penjualan setiap produk untuk wilayah tersebut dan tuliskan hasil pengecekanmu dengan mengisi “Bisa” atau “Tidak Bisa” pada kolom yang disediakan!
  2. Sebuah produk dapat dikatakan bisa dijual pada wilayah B jika ia dapat terjual > 80000 B1, > 82000 B2, atau > 90000 B3. Coba cek potensi penjualan setiap produk untuk wilayah tersebut dan tuliskan hasil pengecekanmu dengan mengisi “Bisa” atau “Tidak Bisa” pada kolom yang disediakan!
  3. Sebuah produk bisa dijual jika ia memiliki potensi penjualan di salah satu wilayah, A atau B. Coba cek bisa tidaknya setiap produk dijual perusahaan dengan mengisi “Bisa” atau “Tidak Bisa” pada kolom yang disediakan!

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Alternatif OR dalam kombinasi formula dengan IF yang mungkin bisa dipakai untuk mendapatkan hasil evaluasi lebih dari satu kondisi adalah AND (menghasilkan TRUE jika semua kondisinya TRUE). Cara penggunaannya dapat kamu pelajari di bagian lain tutorial Compute Expert!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert