Rumus INDIRECT Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus INDIRECT excel. Rumus ini berguna untuk mendapatkan referensi koordinat cell dari bentuk data teksnya yang kemudian bisa digunakan dalam penulisan formulamu.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus INDIRECT Excel?


Dalam melakukan pengolahan data pada spreadsheet, seringkali kita perlu menuliskan formula agar bisa melakukan proses kalkulasi atau analisis secara jauh lebih cepat terhadap data. Pada saat penulisannya, kita seringkali membutuhkan koordinat cell sebagai referensi di dalamnya. Namun, koordinat tersebut terkadang tidak bisa dimasukkan secara langsung dan perlu dituliskan dalam bentuk teks terlebih dahulu agar bisa diakukan analisis data sesuai kebutuhan.

Sebagai contoh adalah ketika kita sedang melakukan analisis data untuk menganalisis dan memutuskan kegiatan promosi yang diperlukan oleh suatu produk pada wilayah tertentu. Dalam hal ini, terkadang kita memerlukan data mengenai histori performa produk tersebut pada wilayahnya seperti berapa banyak penjualan selama periode tertentu atau data yang berhubungan dengan kegiatan promosi yang sudah dilakukan sebelumnya untuk produk tersebut. Namun, karena kompleksitas data pada spreadsheet, mungkin ada kalanya lebih sulit menuliskan koordinat cell secara langsung sesuai kebutuhan pada formula dan lebih cepat jika menuliskannya dengan bantuan rumus pencarian data seperti MATCH untuk mendapatkan angka kolom dan baris dari koordinat cell tersebut sesuai dengan kebutuhan dalam formula.

Proses konversi teks tersebut tentunya tidak bisa kamu lakukan secara manual karena spreadsheet tidak mempunyai kapabilitas tersebut. Untuk membantumu dalam melakukan perubahan penulisan teks koordinat cell menjadi bentuk referensi dalam formula, maka kamu bisa menggunakan fungsi INDIRECT.

Fungsi ini akan membantumu untuk menjadikan data teks menjadi referensi cell sesuai kebutuhanmu dalam analisis data. Akan sangat berguna jika kamu memang sedang membutuhkan proses konversi tersebut yang biasanya memang banyak ditemui kebutuhannya dalam analisis data tingkat lanjut pada spreadsheet.


Apa Itu Rumus INDIRECT Excel?


Rumus INDIRECT excel adalah rumus dengan tujuan penggunaan mendapatkan bentuk referensi dari teks koordinat cell untuk digunakan dalam suatu formula. Fungsi ini seringkali digunakan jika kamu belum mengetahui pasti mengenai referensi koordinat cell untuk digunakan dan butuh melakukan proses pengolahan terlebih dahulu untuk mendapatkannya.

Secara umum, penjelasan mengenai input pada fungsi ini adalah sebagai berikut:


=INDIRECT(ref_text, a1)


Keterangan:
  • ref_text = bentuk teks koordinat cell yang akan dijadikan referensi
  • a1 = opsional. TRUE atau FALSE untuk memberitahu bentuk teks yang ingin dijadikan referensi, A1 atau R1C1



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus INDIRECT Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana penulisan fungsi INDIRECT dilakukan. Ia membutuhkan satu input wajib yaitu teks dari koordinat cell dan input opsional yaitu pilihan bentuk teks inputnya.


Menggunakan Rumus INDIRECT Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik INDIRECT (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik bentuk teks koordinatnya / koordinat cell di mana bentuk teks tersebut berada setelah buka kurung

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Opsional: ketik tanda koma ( , ) dan masukkan TRUE atau FALSE sebagai bentuk teks yang ingin diubah. TRUE berarti A1 dan FALSE berarti R1C1. Jika kamu tidak memasukkan input di sini, maka akan dianggap TRUE

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Prosesnya selesai!

    Rumus INDIRECT Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu memahami mengenai cara menggunakan formulanya di atas, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file latihannya dan kerjakan semua soalnya. Unduh file kunci jawabannya untuk mencocokkan jika kamu sudah selesai mengerjakan latihannya atau gunakan jika justru kamu bingung mengenai cara menjawabnya!

Link untuk file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

  1. Referensikan isi cell B3 pada C3!
  2. Jumlahkan referensi B4 dengan B3!
  3. Kalikan referensi B5 dengan B4!

Link untuk file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Formula INDIRECT sering dikombinasikan dengan ADDRESS karena ADDRESS mampu menghasilkan koordinat cell berbentuk teks dari angka baris dan kolom yang dimasukkan ke dalamnya. Pelajari ADDRESS juga jika kamu ingin menggunakan INDIRECT secara optimal!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert