Cara Enter Tulisan di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Enter Tulisan di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara enter tulisan di excel untuk membuat baris teks baru di dalamnya.

Ketika kamu menggunakan excel, mungkin terkadang kamu ingin memasukkan sebuah teks ke dalam sebuah cell. Jika kamu ingin membuat baris baru dalam input teksmu tersebut, maka kamu tidak bisa hanya menekan enter. Menekan enter di excel hanya akan membuat kursor cellmu berpindah ke cell di bawah tempatmu ingin memasukkan teksmu.

Jadi, apa yang harus kita lakukan supaya kita dapat enter dan membuat baris teks baru dalam teks kita? Di sini, kita akan mendiskusikan 4 cara yang kamu bisa gunakan untuk melakukan itu (ditambah satu cara alternatif yang mungkin bisa memberikan hasil yang sama untukmu).

Pelajari mereka semua dan pilih cara yang paling tepat digunakan dalam pekerjaan excelmu!

XLTools Banner Ads





Cara Enter Tulisan di Excel 1: Tombol Keyboard

Cara pertama yang kita diskusikan mungkin adalah cara yang paling umum digunakan orang untuk melakukan enter pada suatu teks di excel.

Tombol keyboard yang harus kita gunakan di sini adalah Alt + Enter (Control + Option + Return di Mac). Tekan tombol-tombol tersebut secara bersamaan ketika kamu sedang mengetikkan teksmu di excel dan kamu akan langsung berpindah ke baris baru!

Sebagai contoh, katakanlah kita mempunyai teks seperti ini di excel.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Data Teks untuk Contoh Cara Enter di Excel dengan Alt + Enter

Ini yang akan terjadi jika kita menekan Alt + Enter (Control + Option + Return di Mac) sebelum “Teks di Baris 2” di sana.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Enter di Excel dengan Alt + Enter

Simpel, bukan? Tekan tombol-tombol ini jika kamu ingin melakukan enter ketika kamu sedang mengetikkan teksmu dalam sebuah cell excel!



Cara Enter Tulisan di Excel 2: Rumus CHAR(10)

Bagaimana jika kamu ingin mendapatkan hasil teks dari rumusmu dengan baris-baris berbeda untuk beberapa bagian pada teks tersebut? Kamu tidak bisa menggunakan cara Alt + Enter untuk membuat baris baru dalam keadaan seperti itu, bukan?

Jangan takut karena excel menyediakan solusi juga untuk itu. Kita bisa menggunakan rumus CHAR dengan input 10 (13 jika kamu menggunakan excel versi 2016 atau sebelumnya di Mac) untuk melakukan enter dalam teks hasil rumusmu.

Tinggal masukkan rumus CHAR(10) tersebut pada bagian di mana kamu ingin melakukan enter dalam hasil teksmu.

Sebagai contoh, katakanlah kita ingin menggabungkan teks-teks berikut menggunakan CONCATENATE di excel.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Data Teks untuk Contoh Cara Enter di Excel dengan Rumus CHAR(10)

Apa yang harus kita lakukan jika kita ingin menaruh setiap teks yang digabungkan tersebut pada baris berbeda dalam teks hasil penggabungannya? Tinggal masukkan CHAR(10) sebelum kamu memasukkan input data yang ingin kamu pindahkan ke baris baru.

Pada contoh ini, CONCATENATE dengan input CHAR(10)nya menjadi seperti ini penulisannya.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Enter di Excel dengan Rumus CHAR(10)

Seperti dapat kamu lihat, dengan CHAR(10), kamu akan dapat melakukan enter pada hasil teksmu!



Cara Enter Tulisan di Excel 3: Aplikasi Editor Teks (Word, Notepad, dsb)

Dengan bantuan aplikasi editor teks, kamu juga bisa melakukan enter dalam teksmu di excel. Dalam sebuah editor teks, kamu bisa enter teksmu secara normal untuk membuat baris baru di dalam teksnya.

Kamu hanya perlu menyalin teks dalam cell excelmu, membuka sebuah aplikasi editor teks, dan menaruh teksmu di dalamnya. Buat baris-baris yang kamu inginkan dalam teksmu sebelum menyalin lagi teks tersebut dan menaruhnya di cell excelmu lagi. Teks tersebut akan sudah terbagi ke dalam baris-baris teks di dalam cell excelmu!

Perlu diingat bahwa kamu harus berada dalam mode edit cellmu sebelum kamu menaruh lagi teksmu di excel. Jika tidak, maka kamu akan menaruh teks tersebut ke baris-baris cell berbeda untuk setiap baris teks dalam teksmu.

Sebagai contoh implementasinya, katakanlah kita punya teks berikut yang ingin kita bagi bagian-bagiannya ke baris-baris teks yang berbeda.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Data Teks untuk Contoh Cara Enter di Excel dengan Aplikasi Editor Teks

Dalam menggunakan cara aplikasi editor teks ini, kita menyalin teks tersebut dan menaruhnya di aplikasi editor teks pilihan kita (Word dalam contoh ini). Kemudian, kita buat baris-baris dalam teks kita di sana menggunakan tombol enter.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Word untuk Enter Tulisan di Excel

Lalu, kita salin teks tersebut dari editor teksnya tersebut setelah kita membagi teksnya ke baris-baris yang kita butuhkan di sana. Kita menaruh lagi teks tersebut ke cell kita dalam mode edit dari cell tersebut. Teksmu akan sudah dibagi menjadi beberapa baris, sesuai dengan pembagian yang kamu lakukan pada aplikasi editor teksmu tadi!

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Enter di Excel Menggunakan Aplikasi Editor Teks



Cara Enter Tulisan di Excel 4: Find & Replace (Hanya untuk Windows)

Kamu juga bisa melakukan enter pada teksmu di excel dengan menggunakan fitur find & replace. Namun, kamu hanya bisa menggunakan cara ini jika excelmu ada di dalam OS Windows.

Untuk memahami cara ini dengan lebih mudah, perhatikan contoh berikut. Misalkan kita mau membuat baris-baris baru pada teks ini di excel.

XLTools Banner Ads

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Data Teks untuk Contoh Cara Enter di Excel Menggunakan Fitur Find & Replace

Kita ingin membuat baris-baris baru tersebut di tempat-tempat tertentu dalam teksnya (sebelum “Teks di Baris 2” dan “Teks di Baris 3”). Bagaimana kita dapat melakukannya dengan menggunakan fitur find & replace?

Pertama, kita tandai tempat-tempat dalam teksnya di mana kita ingin melakukan enter/membuat baris baru. Kamu dapat melakukan penandaannya menggunakan simbol apapun. Untuk contoh ini, kita gunakan tanda koma ( , ) untuk melakukan penandaannya.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Penandaan Tempat Baris Baru dalam Teks untuk Cara Enter di Excel Menggunakan Fitur Find & Replace

Setelah itu, kita sorot cell-cell di mana teks yang ingin kita enter berada. Lalu, klik dropdown Find & Select di tab Home excel dan pilih Replace….

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Lokasi untuk Mengakses Fitur Find & Replace di Excel

Pada boks teks Find what:, masukkan simbol yang tadi kamu gunakan sebagai tanda lokasi baris baru dalam teksmu. Dalam boks teks Replace with:, tekan tombol Ctrl + J pada keyboardmu. Tombol tersebut adalah shortcut untuk memasukkan karakter pemisah baris (line break) dari set karakter ASCII.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Pengaturan di Dialog Box Find & Replace untuk Cara Enter di Excel Menggunakan Fitur Find & Replace

Jika kamu ingin tetap memasukkan simbol yang kamu gunakan sebagai tanda baris baru dalam teksmu, lakukan ini. Masukkan simbol tersebut juga pada boks teks Replace with:.

Setelah itu, klik tombol Replace All lalu klik tombol Close. Kamu telah memasukkan baris-baris baru pada teksmu di mana tanda baris baru teksmu sebelumnya berada!



CONCAT/CONCATENATE dengan Menggunakan Enter Sebagai Pemisahnya

Jika kamu sudah memahami penjelasan cara kedua sebelumnya di atas, maka kamu seharusnya dapat memahami bagian ini dengan mudah. Kita menggunakan rumus CHAR(10) untuk menggabungkan beberapa data menjadi satu teks menggunakan CONCATENATE dengan enter sebagai tanda pemisahnya.

Jika kamu menggunakan excel 2019, maka kamu ingin mungkin menggunakan CONCAT sebagai rumus untuk menggabungkan data-datamu (CONCAT mulai bisa digunakan sejak excel 2019). Prinsip penggunaan CONCAT hampir sama dengan CONCATENATE (dengan pengecualian CONCAT bisa menerima input cell range sedangkan CONCATENATE tidak bisa).

Untuk menjadikan enter sebagai tanda pemisah hasil CONCAT/CONCATENATEmu, masukkan CHAR(10) dalam rumusmu tersebut. Masukkan ia di lokasi di mana kamu ingin enter memisahkan bagian dalam teks hasil rumusmu nanti.

Jangan lupa menyalakan pengaturan wrap text juga pada cell di mana kamu menuliskan rumus CONCAT/CONCATENATEmu. Jika kamu lupa, maka teksmu tidak akan menunjukkan hasil enter pada cellnya.

Sebagai ilustrasi, mari kita lihat screenshot di bawah ini.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Implementasi CONCATENATE dengan Rumus CHAR(10) di Excel

Di sini, kita ingin menggabungkan data-data kita dengan menggunakan enter sebagai tanda pemisah di antara mereka. Seperti dapat kamu lihat, kamu bisa melakukannya dengan mudah dengan mengkombinasikan CONCATENATE dan CHAR(10) (jika kamu ingin menggunakan CONCAT, maka penulisannya sama dengan CONCATENATE pada contoh ini).

Masukkan CHAR(10) di tempat yang benar dalam CONCATENATEmu dan semuanya akan berjalan lancar! Hasil teks dari CONCATENATEmu akan terbagi per baris di tempat yang kamu inginkan.



Cara Alternatif: Menggunakan Wrap Text

Selain menggunakan cara-cara yang telah didiskusikan, kamu juga bisa menggunakan wrap text untuk secara otomatis menambahkan baris baru dalam teksmu. Perbedaan cara ini dengan cara lainnya adalah kamu tidak menentukan lokasi baris-baris tersebut dalam teksmu. Ia bergantung pada lebar kolommu dan panjang teksmu jika kamu hanya menggunakan wrap text untuk menambahkan baris baru teksnya tersebut.

Implementasi wrap text juga sebenarnya cukup mudah. Sebagai contoh, misalkan kamu mempunyai teks berikut ini. Tinggal menyalakan wrap text pada cell teksnya tersebut dengan mengklik tombolnya pada tab Home ketika kamu ingin menggunakannya.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Wrap Text di Excel

Dengan melakukan hal tersebut, teksmu akan otomatis membagi barisnya sendiri menyesuaikan dengan lebar kolom tempatnya berada.

Cara Enter Tulisan di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Wrap Text di Excel

Jika kamu ingin menambahkan baris baru/enter teksmu secara manual, maka gunakanlah salah satu cara yang kita diskusikan sebelum ini!



Latihan

Setelah mempelajari cara enter di excel pada teksmu dengan menggunakan berbagai cara, sekarang mari mengerjakan latihan! Hal ini agar kamu dapat mempraktekkan pemahaman yang sudah kamu dapat sehingga kamu dapat lebih baik menggunakannya nanti!

Unduh file latihannya di bawah ini dan kerjakan sesuai petunjuk instruksinya berikut. Pelajari lagi langkah-langkah dari cara-cara yang sudah didiskusikan tadi jika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi:

Coba buat bentuk teks pada sheet A menjadi seperti contoh pada sheet B. Gunakan cara yang kamu inginkan dari beberapa cara yang sudah kamu pelajari tadi!

Bagaimana hasilnya? Bisakah kamu melakukan instruksinya?



Catatan Tambahan

Kamu sebaiknya menggunakan cara CHAR(10) setiap kali kamu membutuhkan pembagian baris teks dalam teks hasil rumusmu. Jika kamu sedang mengetikkan teksmu, maka gunakanlah cara Alt + Enter!

XLTools Banner Ads

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert