Cara Membuat Grafik di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Membuat Grafik di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai cara membuat grafik di excel. Sebuah grafik dapat membantumu memvisualisasikan data yang kamu olah dengan lebih baik.

Visualisasi data adalah suatu hal penting untuk dikuasai jika kita bekerja dengan data, terutama untuk data yang kompleks. Ia dapat membuat hasil pengolahan data kita menjadi lebih mudah untuk dimengerti dan didapatkan arti pentingnya.

Karena excel utamanya adalah alat bantu untuk mengolah data, menguasai proses visualisasi data di dalamnya menjadi hal yang esensial untuk dilakukan. Memahami bagaimana cara membuat grafik dengan baik akan sangat membantumu dalam hal ini.

Apakah kamu siap mempelajari cara membuat grafik di excel? Baca semua bagian dari tutorial ini!







Cara Membuat Grafik di Excel: Langkah-Langkahnya

Cara membuat grafik simpel untuk merepresentasikan datamu di excel sebenarnya cukup mudah. Cukup mengikuti langkah-langkah di bawah ini untuk melakukannya!

  1. Sorot cell range yang datanya ingin kamu buatkan grafik. Datamu tersebut sebaiknya berbentuk baris/kolom yang sejajar dan sama besarnya untuk proses pembuatan grafik yang lebih mudah. Adanya header baris/kolom tersebut seharusnya juga membantu dalam melabeli datamu secara otomatis pada grafiknya

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Pergi ke tab Insert dan lihat area grafik di sana

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Klik dropdown jenis grafik yang kamu ingin gunakan dan pilih salah satu dari daftar yang muncul

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Selesai! Kamu sudah membuat grafik dari datamu!

    Jika kamu perlu merubah tampilan grafikmu, sorot grafiknya dan pergi ke tab Chart Design/Layout. Atur tampilannya sesuai dengan yang kamu inginkan untuk grafikmu dari sana.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Langkah 4




Jenis Grafik/Chart/Diagram di Excel dan Kapan Saat yang Pas untuk Menggunakan Mereka

Tidak terlalu sulit untuk membuat grafik dari datamu di excel, bukan? Namun, kamu mungkin merasa bingung ketika memilih jenis grafik mana yang paling baik untuk merepresentasikan data yang kamu punya.

Untuk membantumu, kita akan mendiskusikan jenis-jenis grafik di excel dan kapan secara umumnya kita harus menggunakan suatu jenis tertentu. Semoga hal ini bisa membantumu dalam memilih grafik terbaik untuk menampilkan datamu!

  • Batang (Column)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk batang vertikal. Jenis grafik ini sebaiknya digunakan jika kamu ingin membandingkan kuantitas kategori-kategori datamu secara vertikal.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Batang (Column) Excel


  • Garis (Line)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk garis horizontal yang bergerak dari kiri ke kanan. Kamu juga bisa memberikan titik poin datamu pada garis-garis tersebut jika kamu mau. Ini adalah jenis grafik yang bisa kamu gunakan jika kamu ingin menunjukkan suatu bentuk perkembangan dari kuantitas datamu (misalnya untuk menampilkan data yang dikelompokkan per periode).

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Garis (Line) Excel


  • Lingkaran (Pie)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu sebagai bagian-bagian dari sebuah lingkaran. Jenis grafik ini baik digunakan jika kamu ingin membandingkan proporsi kuantitas kategori datamu dalam total persentase 100%.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Lingkaran (Pie) Excel


  • Bar
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk batang horizontal. Ini adalah jenis grafik yang baik digunakan jika kamu ingin membandingkan kuantitas kategori-kategori datamu secara horizontal.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Bar Excel


  • Area
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk isian area. Jenis grafik yang baik digunakan jika kategori datamu bisa dianggap saling tumpang tindih satu sama lain dalam hal kuantitas mereka (contoh: keuntungan cabang perusahaan dibandingkan dengan keuntungan keseluruhan perusahaan). Terlebih juga, kamu ingin menunjukkan “kontribusi” kuantitas dari kategori suatu data terhadap kuantitas kategori lainnya dalam grafikmu.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Area Excel




  • Sebaran X Y (X Y (Scatter))
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk titik yang diposisikan tergantung dari angka-angka yang terkait dengan mereka. Ini adalah jenis grafik yang baik digunakan jika kamu ingin melihat distribusi dan korelasi antara satu datamu dengan yang lainnya.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Sebaran X Y (X Y Scatter) Excel


  • Saham (Stock)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk batang lilin seperti yang sering kamu lihat pada analisis saham. Gunakan jenis grafik ini jika kamu mempunyai beberapa kuantitas data untuk satu kategori dan kamu ingin melihat jarak di antara mereka. Kamu juga ingin membandingkan jarak tersebut di antara semua kategorinya.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Saham (Stock) Excel


  • Permukaan (Surface)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk proporsi area. Jenis grafik ini baik digunakan jika kamu ingin membandingkan ukuran area cakupan kuantitas kategori datamu.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Permukaan (Surface) Excel


  • Donat (Doughnut)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk seperti donat. Kamu bisa menggunakan jenis grafik ini jika kamu ingin melihat proporsi kuantitas datamu dalam persentase 100%. Kegunaan jenis grafik ini hampir sama dengan diagram lingkaran, walaupun bentuknya agak sedikit berbeda.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Donat (Doughnut) Excel


  • Gelembung (Bubble)
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk lingkaran yang berbeda-beda ukurannya, tergantung dari besaran kuantitasnya. Kamu sebaiknya menggunakan jenis grafik ini jika kamu ingin membandingkan korelasi, distribusi, dan kuantitas datamu secara bersamaan.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Gelembung (Bubble) Excel


  • Radar
    Sebuah grafik yang menampilkan datamu dalam bentuk jangkauan dari sebuah titik tengah ke arah-arah yang berbeda per kategori datamu. Jenis grafik ini baik digunakan jika kamu ingin membandingkan kuantitas kategori-kategori datamu dalam skala tertentu.

    Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Pilihan Grafik Radar Excel



Elemen Penting Grafik di Excel

Sebuah grafik di excel memiliki beberapa elemen yang sebaiknya kamu pahami jika kamu ingin secara optimal memvisualisasikan datamu dengannya. Kemudahan pemahaman grafikmu dapat meningkat secara signifikan jika kamu memilih elemen grafik yang benar untuk ditampilkan.

Untuk itu, berikut daftar elemen-elemen grafik excel dengan deskripsinya agar kamu dapat memahami mereka secara lengkap. Kamu dapat mengakses pengaturan mereka pada grafikmu dengan menyorot grafikmu tersebut dan pergi ke tab Chart Design atau Layout (tergantung dari versi excelmu). Di situ, pilih menu elemen grafik.

Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Elemen Grafik Excel
  1. Sumbu (axis): kategori/range pengukuran dari sumbu x dan y (jika grafikmu mempunyai sumbu)
  2. Judul sumbu (axis title): tema utama sumbu x dan y dari grafikmu (jika grafikmu mempunyai sumbu)
  3. Judul grafik (chart title): rangkuman dari konten grafik
  4. Label data (data label): informasi kuantitas kategori datamu
  5. Tabel data (data table): data yang kamu gunakan sebagai sumber data grafikmu dalam bentuk tabel ringkas
  6. Bar error (error bar): ilustrasi margin kesalahan kuantitas kategori datamu
  7. Garis kisi (gridline): garis vertikal dan/atau horizontal yang berfungsi sebagai latar belakang grafikmu. Ia membuat perbandingan kuantitas kategori datamu menjadi lebih mudah dilihat
  8. Legenda (legend): informasi mengenai data apa yang konten grafikmu perlihatkan (biasanya diambil dari header datamu)
  9. Garis tren (trendline): garis yang mengilustrasikan fluktuasi kuantitas dari satu kategori data ke kategori data lainnya



Cara Mengganti Jenis Grafik di Excel

Setelah membuat grafik dari datamu dan melihat bentuknya, kamu mungkin berpikir jenis grafik yang kamu pilih salah. Ia tidak menampilkan datamu dengan cara seperti yang kamu inginkan.

Adakah cara untuk mengganti jenis grafik yang sudah kamu buat? Ya, excel sebenarnya menyediakan sebuah menu untuk itu. Klik menunya dari tab Chart Designmu dan pilih jenis grafik yang kamu inginkan!

Untuk mengilustrasikan implementasi caranya, katakanlah kita ingin mengganti jenis grafik di bawah ini menjadi grafik garis.

Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Grafik untuk Contoh Implementasi Cara Mengganti Jenis Grafik di Excel

Bagaimana cara kita melakukannya? Kita tinggal sorot grafiknya dulu, pergi ke tab Chart Design, dan klik tombol Change Chart Type.

Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Change Chart Type di Excel

Pilih jenis grafik yang kamu ingin implementasikan pada grafikmu. Setelah itu, grafikmu akan berubah menjadi jenis grafik yang kamu pilih.

Cara Membuat Grafik di Excel - Screenshot Contoh Hasil Mengganti Jenis Grafik di Excel



Latihan

Setelah mempelajari cara membuat grafik di excel, mari kerjakan latihan pada bagian tutorial ini! Ini agar kamu dapat memahami praktek dari apa yang sudah kamu pelajari secara lebih baik!

Unduh file latihannya dan lakukan semua instruksi di bawah ini. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Lakukan setiap instruksi di bawah ini pada sheet yang sesuai dengan nomor instruksinya! (1=Sheet1, 2=Sheet2, and 3=Sheet3)
  1. Buat grafik untuk visualisasi datanya! Pilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang kamu punya di sana!
  2. Buat grafik untuk visualisasi datanya! Tambahkan legenda dan label data pada isi grafiknya! Pilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang kamu punya di sana!
  3. Buat grafik untuk visualisasi datanya! Hapus garis kisi & label sumbu y dan tambahkan garis tren pada grafiknya! Pilih jenis grafik yang paling sesuai dengan data yang kamu punya di sana!


Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jenis grafik yang paling sering digunakan untuk memvisualisasikan data mungkin adalah grafik batang, grafik lingkaran, dan grafik garis.



Tutorial lainnya yang sebaiknya kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert