Cara Membuat Tabel di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Membuat Tabel di Excel



Di tutorial ini, kita akan mempelajari mengenai cara membuat tabel di excel secara lengkap. Kita juga akan mendiskusikan cara menggunakan tabel tersebut untuk mengelola dan memproses datamu secara optimal.

Tabel excel bisa menjadi fitur yang krusial untuk kamu gunakan ketika kamu bekerja di excel. Jika kamu ingin mengorganisasi datamu dengan jauh lebih baik, maka kamu sebaiknya tahu cara mengaplikasikan tabel pada data-datamu secara efektif.

Ingin memahami lebih jauh mengenai fitur tabel di excel? Kita akan mendiskusikan segala hal yang perlu kamu ketahui tentang fitur excel tersebut di sini!







Pengertian Tabel di Excel Adalah…

Tabel excel adalah suatu fitur excel yang membuatkan kelompok khusus untuk data-data dalam suatu cell range. Kita bisa menjalankan beberapa fungsi spesial secara eksklusif terhadap data-data yang kita kelompokkan dalam suatu tabel tersebut.

Kamu bisa lihat seperti apa bentuk tabel excel dalam screenshot di bawah ini.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Tabel Excel



Fungsi/Manfaat Tabel di excel

Dengan menggunakan tabel excel, kita bisa:
  • Memberikan perbedaan tampilan yang jelas antara suatu kelompok data dengan data lainnya di luar kelompok tersebut
  • Mengolah data-data dalam suatu kelompok data dengan jauh lebih cepat menggunakan beberapa fitur khusus
  • Mereferensikan bagian tabel kita dengan lebih mudah ketika kita menuliskan suatu rumus di excel



Jenis Tabel di Excel

Secara umum, ada tiga jenis tabel yang biasa kita gunakan di excel. Tabel yang kita buat dengan menggunakan fitur tabel excel termasuk salah satu dari jenis tabel tersebut.

Berikut ketiga jenis tabelnya beserta sedikit penjelasan mengenai setiap dari mereka.
  • Tabel simpel (atau tabel “cell abu-abu”): tabel yang kita buat secara normal dalam sebuah cell range (tanpa mengaplikasikan fitur tabel excel kepadanya)
  • Tabel excel: tabel yang kita buat menggunakan fitur tabel excel. Kita biasanya menggunakannya untuk mengelompokkan data secara eksklusif dan untuk menjalankan beberapa fungsi spesial pada data-data di kelompok tersebut
  • Tabel pivot: tabel yang kita buat menggunakan fitur tabel pivot. Kita biasanya menggunakannya untuk mengelola, menganalisis, dan mendapatkan pemahaman dari data-data yang kita punya secara lebih mudah dan cepat

Di tutorial ini, kita akan fokus mendiskusikan tabel yang kita buat menggunakan fitur tabel excel. Hal ini karena tabel inilah yang banyak orang maksud ketika mereka berbicara tentang pembuatan tabel di excel.

Untuk lebih memahami mengenai perbedaan jenis tabel yang ada di excel, lihat contoh tabel simpel dan tabel pivot di bawah ini.

Tabel simpel

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Tabel Simpel di Excel

Tabel pivot

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Tabel Pivot



Contoh Tabel di Excel

Mari kita lihat dan diskusikan contoh tabel excel yang sebelumnya telah kita lihat adi.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Tabel Excel

Ketika kita mengaplikasikan fitur tabel pada sebuah cell range, Excel akan memberikan warna yang berbeda untuk baris genap dan ganjilnya. Tombol sort & filter juga akan muncul di header tabelmu seperti dapat kamu lihat pada screenshot di atas.

Ketika suatu cell range sudah berbentuk tabel, kita bisa memanfaatkan fitur-fitur khusus untuk tabel data tersebut. Kita bisa mengurutkan, memfilter, menghilangkan data duplikat, menambahkan slicer, membuat tabel pivot, dan beberapa fitur lainnya. Kita juga bisa merubah tampilan template tabelnya dan menggunakan rumus untuk memproses tabel datanya secara cepat.



Dan lagi, kita bisa menamai tabelnya dengan menggunakan nama yang kita inginkan. Ketika kita ingin mereferensikan data-data pada tabel tersebut, kita bisa menggunakan nama tabel kita untuk melakukannya.

Ketika kita menginput data pada kolom/baris di dekatnya, tabel excel bisa memperluas dirinya sendiri dan memasukkan data tersebut ke dalamnya.



Cara Membuat Tabel di Excel: Langkah per Langkah

Mau tahu cara mengaplikasikan fitur tabel ke sebuah cell range? Berikut langkah-langkah simpel namun detail untuk melakukannya.

  1. Persiapkan cell range yang ingin kamu konversikan menjadi tabel. Kamu sebaiknya sudah memisahkan data-datanya ke dalam bentuk kolom dan baris dan akan lebih baik jika terdapat header

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Sorot cell range yang ingin kamu jadikan tabel

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Pergi ke tab Insert dan klik tombol Table

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Pastikan koordinat cell rangemu sudah dimasukkan ke dalam boks teks dialog box yang muncul. Centang/hilangkan centang di boks centang “My table has headers” dengan melihat terlebih dahulu apakah cell rangemu memiliki header atau tidak

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Klik OK

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Selesai!

    Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Langkah 6




Mengapa Tabel Saya Tidak Memperluas Dirinya Sendiri Ketika Ada Input Data yang Baru?

Secara default, tabel excel otomatis memperluas dirinya sendiri tiap kali ada data yang kamu masukkan di sebelah kanan atau bawahnya.

Jika tabelmu tidak melakukan itu, maka kamu mungkin sudah merubah pengaturan defaultnya tersebut tanpa kamu sadari. Jika mau, kamu bisa mengembalikan pengaturan defaultnya tersebut dengan menjalankan langkah-langkah sebagai berikut.

Pertama, klik File dan lalu Options (Untuk Mac, klik Excel dan lalu Preferences…).

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan File dan Options di Excel

Di dialog box yang muncul, pilih Proofing di bagian sebelah kiri dialog boxnya. Lalu, klik tombol AutoCorrect Options dalam menu Proofingnya di sebelah kanan (klik tombol Table & Filters button di Mac)

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Proofing dan Tombol AutoCorrect Options

Di dialog box lainnya yang muncul, pergi ke tab AutoFormat as You Type. Pastikan terdapat tanda centang di boks centang Include new rows and columns in table (Di Mac, centang boks centang Automatically expand tables),

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab AutoFormat as You Type dan Boks Centang Include new rows and columns in table

Klik OK dan OK. Sekarang, tabelmu seharusnya akan memperluas dirinya sendiri secara otomatis jika kamu memasukkan data baru di dekatnya.



Cara Mengurutkan dan Menyeleksi (Sort & Filter) Data dalam Tabel Excel

Karena tombol sort & filter biasanya muncul pada header tabelmu setelah kamu membuat sebuah tabel, ini seharusnya mudah.

Tinggal klik tombol sort & filter di header yang ingin kamu jadikan referensi proses pengurutan dan seleksi datamu. Pilih proses pengurutan/penyeleksian data yang ingin kamu lakukan dari pilihan-pilihan yang muncul.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Proses Pengurutan dan Penyeleksian Data di Tabel Excel

Tabelmu akan menampilkan datanya tergantung dari proses pengurutan/penyeleksian data yang kamu pilih! Pada contoh, kita mengurutkan tabelnya berdasarkan urutan kecil ke besar dari kolom kuantitas terjual.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Data di Tabel Excel



Cara Mendapatkan Total Angka-angka dalam Tabel Excel

Perlu mendapatkan jumlah dari angka-angka di kolom tabelmu? Jumlah tersebut akan mudah didapatkan dengan memanfaatkan fitur yang tabel excel punyai.

Tinggal aktifkan fitur total row dalam tabelmu. Taruh kursor cellmu di mana saja dalam tabelmu dan pergi ke tab Table di ribbon excel. Lalu, centang boks centang Total Row di dalam tabnya.



Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Table dan Boks Centang Total Row di Excel

Excel akan langsung menambahkan sebuah baris yang menjumlahkan angka-angka dalam tabelmu per kolom!

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Aplikasi Total Row untuk Menjumlahkan Angka di Tabel Excel



Rumus dalam Tabel Excel

Jika kamu ingin mengolah data-data di kolom-kolom tabelmu, kamu bisa lebih mudah melakukannya dengan menggunakan fitur total row. Selain penjumlahan, total row juga bisa merata-ratakan, menghitung, serta mengaplikasikan rumus-rumus lainnya ke data-data dari suatu kolom tabelmu.

Tinggal tempatkan kursor cellmu pada cell total row di kolom yang datanya ingin kamu olah. Kemudian, klik dropdown yang ada di sana dan pilih rumus yang ingin kamu aplikasikan.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Pilihan Dropdown Total Row di Tabel Excel

Jika kamu ingin mengaplikasikan sebuah rumus pada tabel datamu per baris secara cepat, lakukan ini. Ketikkan rumusmu di kolom yang berada persis di sebelah kanan dari tabelmu.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Pengetikkan Rumus di Tabel Excel

Setelah kamu menekan enter sesudah kamu selesai menuliskan rumusmu, Excel akan otomatis mengaplikasikan rumus tersebut ke semua baris dari tabel datamu.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengetikkan Rumus di Tabel Excel



Cara Menamakan/Mengganti Nama Tabel di Excel

Excel menjadikannya sangat mudah untuk menamakan/mengganti nama tabel di excel. Tinggal tempatkan kursor cellmu di dalam tabelmu, dan pergi ke tab Table terlebih dahulu. Lalu, ketikkan nama yang kamu inginkan untuk tabelmu di boks teks Table Name di sebelah kiri.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Table dan Boks Teks Nama Tabel di Excel

Melakukan hal itu akan menamakan/mengganti nama tabelnya untukmu! Kamu bisa menggunakan nama tabelmu tersebut ketika kamu ingin mereferensikan data dalam tabel tersebut nanti.



Cara Mereferensikan Kolom Tabel Excel dalam Sebuah Rumus Excel

Salah satu kesempatan di mana kita bisa mereferensikan nama tabel kita adalah ketika kita sedang menuliskan rumus yang mereferensikan kolom tabelnya. Untuk ini, kita tinggal mengetikkan nama tabel dan header kolomnya di dalam tanda kurung kotak. Proses mereferensikan data bisa menjadi lebih simpel bagimu dengan melakukan hal ini!

Untuk mempermudah pemahamanmu, bentuk penulisan umum ketika kita mereferensikan tabel kolom dalam suatu rumus adalah seperti ini.

nama_tabel[nama_kolom_tabel]


Berikut contoh di mana kita mereferensikan sebuah kolom dari suatu tabel dalam penulisan COUNTIF.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Penggunaan COUNTIF Menggunakan Referensi Kolom Tabel Excel

Dalam contoh tersebut, kita ingin menghitung banyak produk yang memiliki kuantitas terjual lebih dari 30.000. Untuk ini, kita perlu mereferensikan data-data pada tabel kita.

Seperti dapat kamu lihat pada penulisan rumusnya, kita mereferensikan kolom kuantitas terjual di sana dengan menuliskan Tabel1[Kuantitas Terjual]. Penulisan tersebut terdiri dari nama tabel dan nama kolom (dari header kolomnya). Dengan menggunakan penulisan ini, kita bisa mendapatkan hasil COUNTIF tanpa ada masalah!

Ini seharusnya membuat kita menjadi lebih mudah ketika kita mempunyai sebuah tabel yang besar ukurannya dan kita perlu mereferensikan beberapa kolomnya.



Cara Mencetak/Print Tabel Excel Saja dari Worksheetmu (Hanya untuk Windows)

Perlu mencetak tabel excelmu saja tanpa disertai hal lainnya dari worksheetmu? Kamu bisa melakukan ini dengan menggunakan tombol perintah Print List!

Excel tidak menyediakan akses ke tombol perintah ini secara default di ribbon atau quick access toolbarnya. Kamu harus menyediakannya sendiri dengan mengkustomisasi ribbon/quick access toolbarmu terlebih dahulu. Sebagai catatan, kamu hanya bisa menambahkan tombol perintah ini di OS Windows karena excel tidak menyediakannya untuk Mac.



Bagaimana cara menambahkan tombolnya? Pertama, klik kanan ribbon excelmu dan pilih Customize Quick Access Toolbar…/Customize the Ribbon… (tergantung di mana kamu ingin menaruh tombolnya).

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Customize Quick Access Toolbar…/Customize the Ribbon… di Excel

Pada contoh ini, kita tambahkan tombolnya di ribbon kita. Pada dialog box yang muncul, kita pertama harus menambahkan grup baru di dalam salah satu tab ribbon kita. Hal ini karena kita hanya bisa menambahkan tombol tersebut di grup tab ribbon yang kita buat sendiri.

Untuk menambahkan grupnya, klik tab di mana kita ingin menambahkan grupnya tersebut di sebelah kanan dialog boxnya. Pada contoh ini, kita akan menambahkannya di tab Home. Lalu, klik tombol New Group di bawah.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tombol New Group di Dialog Box Customize Ribbon di Excel

Excel akan membuatkan grup barunya di bagian paling bawah dari tab yang kita pilih.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Hasil Klik Tombol New Group di Dialog Box Customize Ribbon

Beri nama grup tersebut dengan klik kanan di atasnya dan pilih Rename.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Rename dari Grup Tab di Dialog Box Customize Ribbon

Pada contoh ini, kita menamai grup kita “Special Print”. Setelah selesai memberikannya nama, sorot grupnya tersebut dengan mengkliknya. Kita akan berpindah ke bagian sebelah kiri dari dialog boxnya.

Klik dropdown Choose commands from the di bagian sebelah kiri tersebut. Pilih Commands Not in the Ribbon dari list dropdownnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Commands Not in the Ribbon di Dropdown Choose Commands from the

Temukan tombol Print List di daftar tombol perintah di bagian sebelah kiri dialog boxnya setelah kamu memilih dari dropdownnya. Lalu, klik tombolnya untuk menyorotnya dan klik tombol Add >> di bagian tengah dialog boxnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Print List dan Tombol Add >> di Dialog Box Customize Ribbon di Excel

Excel akan menambahkan tombolnya di grup yang baru saja kamu buat! Klik OK dan tombolnya akan ada di tab dan grup yang kamu pilih.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Lokasi Tombol Print List setelah Ditambahkan di Excel

Tombol tersebut akan membuatmu hanya mencetak tabel yang kamu inginkan dari worksheetmu. Untuk menggunakan tombolnya, tinggal tempatkan kursor cellmu di dalam tabelmu dan klik tombolnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Tombol Print List di Excel



Cara Menggeser Tabel di Excel

Sebenarnya tidak terlalu sulit jika kamu ingin menggeser sebuah tabel di excel. Cukup lakukan dengan cara seperti jika kamu memindahkan suatu cell range di excel.

Tempatkan kursor cellmu dalam tabelmu dan pindahkan pointermu ke sisi sebelah luar tabelnya. Pindahkan sampai pointermu berubah bentuk menjadi simbol tangan seperti ini.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Simbol Tangan untuk Menggeser Tabel Excel

Lalu, klik dan drag pointermu ke tempat di mana kamu ingin menggeser tabelmu. Kamu akan dapat memindahkan tabelmu dengan cara seperti itu!



Cara Menggunakan Table Styles untuk Merubah Tampilan Tabel Excel (Cara Mewarnai Tabel di Excel)

Tidak terlalu sulit juga jika kamu ingin merubah tampilan tabel excelmu. Tinggal gunakan fitur table styles yang excel sediakan untukmu.

Tempatkan kursor cellmu di dalam tabel yang ingin kamu ubah tampilannya dan kemudian pergi ke tab Table. Lalu, pilih tampilan tabel yang sesuai dengan preferensimu dari pilihan-pilihan yang ada di scroll bar di sebelah kanan.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Table dan Scroll Bar Table Styles di Excel

Jika kamu ingin menyamakan semua warna barismu, kamu tinggal menghilangkan tanda centang di boks centang Branded Rows di dalam tabnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Boks Centang Banded Rows di Excel

Untuk merubah warna tabelnya di luar dari apa yang excel sediakan dalam fitur table stylesnya, kamu harus melakukannya secara manual. Sorot bagian tabel yang ingin kamu ubah warnanya dan lalu pergilah ke tab Home. Lalu, klik dropdown tombol fill di sana dan pilih warna yang kamu inginkan.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Fill untuk Mewarnai Tabel Excel

Seperti yang kamu lakukan ketika kamu ingin mewarnai cell dalam worksheetmu!



Cara Membuat dan Menebalkan Garis Border Tabel di Excel

Jika kamu ingin mengkustomisasi garis border pada tabelmu, lakukan dengan cara seperti jika kamu mengkustomisasi garis border cellmu.



Sorot cell range dalam tabelmu yang ingin kamu ubah tampilan garis bordernya. Lalu, pergi ke tab Home dan klik dropdown tombol border. Kamu bisa memilih pengaturan garis border yang sudah tersedia di sana, menggambar garisnya sendiri, atau mengkustomisasinya dengan mengklik More Borders…

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home dan Dropdown Tombol Border di Excel

Jika kamu memutuskan mengklik More Borders…, maka kamu bisa mengkustomisasi garis bordermu dengan lebih bebas. Pada bagian sebelah kiri dari dialog box yang muncul, kamu bisa memilih gaya/ketebalan dan warna garis yang kamu inginkan.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Bagian Kiri Dialog Box Format Cell Border di Excel

Setelah kamu menentukan garis yang kamu inginkan, tambahkan garisnya di sebelah kanan dialog boxnya. Klik pada salah satu presets atau di dalam menu border di bawahnya. Kamu juga bisa menghilangkan garis border yang kamu ingin hilangkan dengan melakukan hal ini.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Bagian Kanan Dialog Box Format Cell Border di Excel

Setelah selesai, klik OK. Tampilan garis border di bagian tabel yang kamu sorot telah berubah menjadi seperti yang kamu inginkan.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Membuat dan Menebalkan Garis Border Tabel Excel



Cara Memperbesar/Memperkecil Tabel di Excel

Untuk memperbesar/memperkecil ukuran tabel di excel, perhatikan tanda kecil di sebelah kanan bawah tabelmu.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tanda Kecil di Sebelah Kanan Bawah Tabel Excel

Pindahkan pointermu ke tempat tandanya tersebut sampai pointermu berubah bentuk.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Pointer untuk Memperkecil/Memperbesar Ukuran Tabel Excel

Klik dan drag sampai kamu mendapatkan ukuran tabel yang kamu inginkan. Lepas dragmu dan kamu telah merubah ukuran tabelmu!

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Memperkecil/Memperbesar Ukuran Tabel Excel



Cara Menggabungkan Tabel di Excel

Apakah kamu mempunyai lebih dari satu tabel dan kamu ingin menggabungkan data-data mereka? Jika kamu ingin menggabungkan barisnya dan tabelmu mempunyai header yang sama, kamu tinggal melakukan proses copy dan paste.

Namun, jika kamu ingin mengkombinasikan kolom-kolomnya, maka kamu harus mempunyai satu kolom yang sama dalam kedua tabelnya. Kolom ini akan bertindak sebagai jembatan penghubung dalam proses kombinasi tabelnya. Data-data pada setiap baris dalam kolomnya juga sebaiknya unik.

Jika kamu mempunyai kolom seperti itu, kamu bisa mengkombinasikan tabelmu menggunakan INDEX MATCH. Kita menggunakan INDEX MATCH untuk berjaga-jaga jika data pada kolom yang sama di kedua tabelnya tersebut tidak sama urutannya. Bentuk penulisan INDEX MATCH untuk tujuan ini adalah sebagai berikut.

= INDEX ( kolom_yang_ingin_dikombinasikan , MATCH ( nilai_referensi_di_tabel_1 , kolom_yang_sama_di_tabel_2 , 0 ) , 1 )


Tempatkan rumus INDEX MATCH di tabel yang menjadi tempatmu menaruh kombinasi data dari tabel-tabelmu. Tempatkan di satu kolom dan dalam setiap baris dari kolom tersebut.

Untuk input cell range INDEX, kita masukkan kolom tabel kedua (tabel yang datanya kita tarik ke tabel pertama untuk dikombinasikan) yang ingin kita gabungkan.

Dalam rumus MATCH di dalam INDEX, kita masukkan nilai referensi untuk menarik data dari tabel yang kedua. Nilai referensinya adalah nilai cell yang paralel dengan cell di mana kita menaruh rumus INDEX MATCH kita. Nilainya harus diambil dari kolom yang sama di tabel pertama dan keduanya.

Kita juga masukkan cell range kolom yang sama dari tabel kedua dan 0 untuk mode pencarian sama persis di dalam MATCH. Dengan melakukan itu, kita bisa menarik data yang benar dari kolom yang ingin kita gabungkan ke tabel yang pertama. Kemudian, kita masukkan input 1 ke dalam INDEX kita karena kita hanya memasukkan satu kolom sebagai input cell range INDEXnya.

Jika kamu menuliskan INDEX MATCH dengan pola seperti itu, kamu akan bisa menggabungkan tabelmu dengan mudah! Karena tabel excel akan menyalin rumus yang kita tuliskan ke semua barisnya, kita hanya perlu menuliskan INDEX MATCH kita sebanyak sekali.

Untuk mengilustrasikan konsep INDEX MATCH yang sudah didiskusikan, katakanlah kita mempunyai dua tabel berikut yang ingin kita gabungkan. Kita menaruh mereka di sheet yang berbeda dalam workbook excel kita.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Tabel 1 untuk Contoh Implementasi Penggabungan Tabel di Excel

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Tabel 2 untuk Contoh Implementasi Penggabungan Tabel di Excel

Kita ingin menggabungkan kolom kuantitas dalam proses pengiriman dari tabel kedua ke tabel pertama. Karena kedua tabel mempunyai kolom produk, kita bisa menggunakan INDEX MATCH untuk menggabungkan mereka.

Tuliskan INDEX MATCH di sebelah kanan tabel tempatmu ingin menempatkan hasil kombinasi tabel-tabelmu. Gunakan bentuk penulisan yang tadi kita diskusikan.

Ingat bahwa tabel excel akan menyalinkan rumus yang kita tulis di sebelah kanannya ke semua barisnya. Ketika kita selesai menuliskan satu rumus INDEX MATCH untuk proses penggabungan tabelnya dan menekan enter, kita mendapatkan hasil seperti ini.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Hasil Penggabungan Tabel Excel Menggunakan INDEX MATCH

Kita telah menggabungkan data yang kita inginkan dari kedua tabelnya tersebut! Selanjutnya, kita tinggal memformat sedikit kolom tempat data kombinasinya tersebut ditempatkan sehingga ia menjadi bagian seutuhnya dari tabel tempatnya berada!

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Format Kolom Hasil Penggabungan Tabel Excel



Cara Mengunci Tabel di Excel

Untuk mengunci sebuah tabel di excel, kita harus melakukan apa yang kita lakukan jika kita ingin mengunci cell di excel. Ini berarti kita perlu memastikan kita mengaktifkan mode penguncian dari cell range tabel kita dan, selanjutnya, kita harus memproteksi sheet kita.

Tahukah kamu bagaimana cara melakukan hal tersebut? Berikut langkah-langkahnya jika kamu belum.

Pertama, sorot cell range tabelmu. Klik kanan di atasnya dan pilih Format Cells….

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Pilihan Format Cells... Setelah Klik Kanan di Atas Tabel Excel

Dalam dialog box yang muncul, pergi ke tab Protection. Di tab tersebut, pastikan boks centang Locked di sana tercentang. Setelah itu, klik OK.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Boks Centang Locked di Tab Protection Dialog Box Format Cells Excel

Sekarang, kita hanya perlu memproteksi worksheet di mana tabelnya berada. Untuk melakukan itu, klik kanan tab sheetnya di bawah kiri dan pilih Protect Sheet….

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Pilihan Protect Sheet... Setelah Klik Kanan di Atas Tab Sheet Excel

Masukkan password jika kamu mau, dua kali di boks teks yang disediakan di dalam dialog box yang muncul. Excel akan meminta password tersebut jika nantinya kamu ingin membuka proteksi sheetmu. Jangan ketikkan apapun ke dalam boks teksnya jika kamu tidak ingin ada password.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Boks Teks untuk Memasukkan Password di Dialog Box Protect Sheet Excel

Atur apa yang diperbolehkan dan tidak diperbolehkan di worksheet terproteksinya di bagian bawah dialog boxnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Pengaturan Proteksi Sheet di Dialog Box Protect Sheet Excel

Setelah pengaturannya selesai, klik OK. Dengan melakukan langkah-langkah tersebut, kamu telah mengunci tabelmu!



Jika kamu ingin membuka kunci tabelmu, kamu hanya tinggal membuka kunci sheetnya. Dan jika kamu ingin mengunci hanya tabelnya saja, kamu harus menonaktifkan mode penguncian dari cell-cell lainnya (untuk menyorot semua cell secara cepat untuk mengatur mode penguncian mereka, kamu bisa menekan tombol Ctrl + A di keyboardmu)



Cara Menghapus Format Tabel di Excel

Ingin menghapus format tabelmu tapi tetap ingin mengaplikasikan fitur tabelnya? Tidak perlu katakan apapun lagi, kami akan memberikan caranya untukmu!

Untuk melakukan hal tersebut, pertama-tama, tempatkan kursor cellmu di manapun di dalam tabelmu. Lalu, pergi ke tab Table di ribbonmu.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Lokasi Kursor Cell di Tabel Excel dan Tab Table

Di scroll bar table styles, klik tombol tanda panah ke bawah.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Tanda Panah ke Bawah Table Styles Excel

Di dialog box yang muncul, klik Clear.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Pilihan Clear di Dialog Box Table Styles Excel

Dengan melakukan hal itu, kamu telah menghapus format tabelmu, tapi tabelmu tetap akan ada di sana!



Cara Menghapus Tabel di Excel

Apakah kamu hanya ingin mengkonversi tabelmu kembali ke cell range normal atau kamu ingin menghapus isinya juga? Kita akan mendiskusikan cara melakukan keduanya secara terpisah di bawah.

Pertama, mari diskusikan cara mengkonversikan tabel kembali menjadi cell range normal. Tempatkan kursor cellmu di manapun di dalam tabelmu dan pergi ke tab Table. Di tab Table tersebut, klik tombol Convert to Range.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Table dan Tombol Convert to Range

Pilih Yes di dialog box yang muncul.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Pilihan Yes Dialog Box Convert to Range

Kamu akan langsung mengkonversikan tabelmu kembali menjadi cell range normal!

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Hapus Tabel Excel

Mudah, bukan? Bagaimana jika kamu ingin menghapus isi tabelnya juga? Cara melakukan itupun sama mudahnya.

Pertama, sorot cell range tabelmu. Lalu, pergi ke tab Home dan klik tombol dropdown Clear di sana. Pilih Clear All dari list dropdownnya.

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Clear, dan Pilihan Clear Allnya di Excel

Dengan melakukan itu, kamu telah menghapus tabelmu bersama dengan isinya!

Cara Membuat Tabel di Excel - Screenshot Contoh Hasil Hapus Tabel Excel Beserta Isinya



Latihan

Setelah kamu mempelajari secara lengkap bagaimana cara membuat tabel di excel dengan bentuk yang kamu inginkan, mari mengerjakan sebuah latihan! Latihan ini agar kamu dapat mempertajam pemahamanmu mengenai fitur tabel excel.

Unduh file latihannya dan lakukan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung mengenai apa yang harus dilakukan setelah membaca instruksi latihannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

  1. Aplikasikan fitur tabel excel ke cell range di sheet1 dan sheet2! Ubah tampilan tabelnya menjadi sesuai dengan keinginanmu!
  2. Kombinasikan data kedua tabelnya di sheet1!
  3. Rata-ratakan nilai tes 1 dan 2 serta dapatkan nilai standar deviasi dari nilai tes 3! Gunakan fitur total row tabel excel untuk mendapatkan jawabanmu!

Kamu bisa menggunakan tabel dari latihan ini untuk mencoba fitur tabel excel lainnya yang kamu ingin coba!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu sering menggunakan sebuah cell range dengan kolom-kolomnya sebagai referensi rumusmu, kamu sebaiknya mengaplikasikan fitur tabel excel terhadapnya. Melakukan hal itu akan memudahkanmu memasukkan input cell rangenya dan mereferensikan data baru yang kamu masukkan di cell rangenya nantinya.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert