Cara Menambahkan Rp di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menambahkan Rp di Excel



Dalam bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara menambahkan Rp di excel untuk suatu data angka. Secara singkatnya, hal ini bisa dilakukan dengan memanfaatkan menu Number Format spreadsheet.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menambahkan Rp di Excel?


Pada pengolahan data yang berhubungan dengan kalkulasi uang, seringkali kita ingin menambahkan tanda Rp ke dalam setiap angka perlambang suatu jumlah uang agar bisa lebih pas tampilannya serta lebih mudah untuk dikenali jenis datanya. Hal ini terkadang penting dilakukan agar nampak jelas bahwa data yang sedang kita olah tersebut serta hasil dari pengolahannya merupakan bilangan terkait dengan kebutuhan finansial.

Contoh paling jelas mungkin terdapat dalam bagian akuntansi atau pembukuan suatu perusahaan. Pada bagian perusahaan tersebut, data paling sering untuk diolah tentunya berhubungan dengan fungsi inti dari bagian tersebut yaitu finansial dan uang. Jika sering menggunakan spreadsheet dalam pengolahan datanya, maka akan lebih baik jika tampilan proses pengolahannya serta hasilnya ditunjukkan dalam bentuk rupiah. Tentunya hal ini akan menjadikan setiap datanya lebih enak dilihat mata dan juga orang lain akan lebih mudah membacanya ketika data tersebut perlu digunakan sebagai bahan pertimbangan tertentu yang berdampak pada keuangan perusahaan.

Mungkin kita terpikir melakukan penambahan tulisan simbol Rp tersebut secara manual pada setiap angka uang milik kita. Namun tentunya akan sangat merepotkan jika datanya banyak dan belum lagi memperhitungkan bahwa penambahan teks simbol secara manual tersebut akan merubah jenis datanya menjadi teks sehingga tidak akan bisa dikalkulasikan secara langsung dengan angka lainnya di dalam spreadsheet. Hal ini dikarenakan kalkulasi dengan menggunakan jenis data teks akan menghasilkan error.

Untuk membantu mensolusikan kebutuhan tersebut, maka terdapat cara perubahan format angka ke suatu mata uang yang dapat kamu manfaatkan dalam excel. Perubahan tersebut bisa dilakukan secara sekaligus terhadap banyak cell. Hal ini tentunya akan sangat menghemat waktu serta mempermudahmu dalam proses pengolahan angka pada setiap cell sesuai kebutuhanmu. Memahami cara menambahkan mata uang di excel menjadi sangat berguna jika kamu perlu berurusan dengan data yang berhubungan dengan uang pada suatu spreadsheet tertentu.


Apa Itu Cara Menambahkan Rp Pada Excel?


Cara menambahkan rp pada excel adalah suatu fungsi spreadsheet untuk menambahkan lambang mata uang dalam suatu data angka pada cell dengan cara mengubah format angkanya. Perubahan format tersebut dilakukan dengan memanfaatkan fungsi Number Format dari perangkat lunak ini.


Bagaimana Cara Menambahkan Rupiah di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai langkah per langkah cara menambahkan rp di excel. Cara yang dijabarkan berikut ini adalah dengan menggunakan fungsi Number Format pada tab Home dari perangkat lunak ini atau melalui menu Format Cells ketika mengklik kanan suatu cell.


Cara Menambahkan Rp di Excel

  1. Sorot cell tempat angka untuk dikonversikan menjadi nilai mata uang berada

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Klik kanan cell tersebut dan pilih Format Cells… atau klik Dropbox Number Format pada tab Home dan pilih More Number Formats

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 2-1

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Sorot Currency atau Accounting

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Pilih Rp dalam dropdown Symbol

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Pilih Decimal Places sesuai keinginanmu untuk angkanya

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Klik Ok

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Proses selesai!

    Cara Menambahkan Rp di Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu mempelajari cara menambahkan rp di excel pada data angkamu, sekarang saatnya kamu mengerjakan latihan berikut untuk semakin mempertajam pemahamanmu!

Unduh file latihannya dan kerjakan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai dan ingin mengecek jawabanmu atau jika kamu bingung cara melakukan instruksinya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi: Tambahkan simbol rupiah dalam setiap angka. Perhatikan spesifikasi instruksi penambahan setiap nomor
  1. Ubah angka pertama menggunakan format Currency! Seperti apa hasilnya?
  2. Ubah angka kedua menggunakan format Accounting! Seperti apa hasilnya?
  3. Ubah format cell kosong di baris ketiga menggunakan format Currency dan dua digit desimal lalu isi dengan angka 100000!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Pemilihan accounting atau currency untuk format cell memiliki perbedaan penempatan tanda Rpnya. Currency akan menempatkannya tepat depan angka sedangkan Accounting akan menempatkannya di ujung kiri dari cell tersebut.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert