Cara Mencari Nama di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Mencari Nama di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai cara mencari nama di excel.

Nama merupakan salah satu jenis data yang sering disimpan dan diolah dalam excel. Terkadang, mungkin kita merasa kesulitan menemukan data nama yang kita perlukan untuk proses pengolahan dan analisis data kita. Dengan mempelajari tutorial ini sampai selesai, maka kamu akan memahami secara lengkap bagaimana melakukan proses pencarian tersebut secara mudah dan cepat!







Cara Mencari Nama di Excel 1: Fitur Find

Cara pertama mencari nama di excel yang kita bahas di sini adalah dengan memanfaatkan fitur Find. Fitur ini dapat membantu kita mencari lokasi berbagai macam data yang kita perlukan dalam lembar kerja excel, bukan hanya nama saja.

Jika ingin menggunakannya untuk mencari nama, maka cara menggunakan fitur inipun sebenarnya cukup mudah. Pertama, kamu harus mengaktifkan dialog box dari fitur find ini. Untuk melakukannya, tekan tombol Ctrl + F secara bersamaan atau klik tombol Find & Select pada tab Home dan pilih Find…

Untuk lebih jelasnya mengenai lokasi tombol Find & Select di tab Home dan pilihan Find… nya, silahkan lihat screenshot berikut.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Find & Select dan Pilihan Find...nya di Excel

Setelah dialog boxnya muncul, ketikkan nama yang ingin kamu cari pada boks teks yang tersedia. Kemudian, klik tombol Find Next.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Dialog Box Fitur Find di Excel

Excelpun akan langsung memindahkan kursor cellmu ke cell tempat di mana nama yang kamu cari berada!

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Hasil Menggunakan Fitur Find Untuk Mencari Nama di Excel

Kamupun sudah menemukan data nama yang kamu cari!

Jika kamu ingin menemukan tempat lainnya di mana nama tersebut berada (jika ada lagi), tekan tombol Find Next lagi. Jika ingin mencari nama yang lain, maka kamu tinggal mengisikan nama lainnya tersebut di boks teks dialog box Findnya.



Cara Mencari Nama di Excel 2: Filter

Bagaimana jika kita memiliki suatu tabel berisi banyak data nama dan kita ingin memunculkan satu nama dari tabel tersebut? Satu nama tersebut muncul beberapa kali dalam tabelnya dan kita ingin memunculkan mereka secara bersamaan.

Bisakah hal tersebut dilakukan? Tentunya bisa, dengan menggunakan fitur Filter excel!



Bagaimana cara menggunakan fitur Filter excel ini untuk hal tersebut? Pertama, kamu aktifkan fitur Filter pada tabel datamu di excel dengan memilih Filter dari dropdown Sort & Filter di tab Home. Lakukan itu ketika kursor cellmu berada di dalam cell range dari tabel datamu tersebut.

Lokasi dari tombol Filter tersebut sendiri dapat kamu lihat juga pada screenshot di bawah ini.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Filter di Excel

Setelah kamu mengklik Filter tersebut, maka akan muncul tombol dropdown pada header-header dari tabel datamu seperti ini.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Tombol Dropdown yang Muncul Pada Header Setelah Kita Mengklik Tombol Filter di Excel

Jika kamu ingin menghilangkan tanda ini setelah selesai mencari namamu, maka kamu tinggal klik tombol Filternya lagi.

Untuk mulai mencari namanya, klik tombol dropdown di header kolom namamu. Setelah itu, hilangkan tanda centang di (Select All) agar tabel datamu tidak menampilkan data nama apapun terlebih dahulu. Kemudian, klik checkbox nama yang ingin kamu cari di sana agar semua data dari nama tersebut dimunculkan excel di tabel datamu.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Pengaturan Filter Untuk Mencari Nama di Excel

Tutup dialog box filternya dengan mengklik tanda X di bagian atas dialog box tersebut. Kamupun akan mendapatkan semua instansi dari nama yang ingin kamu cari dalam tabel datamu!

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Hasil Penggunaan Fitur Filter Untuk Mencari Nama di Excel

Jika kamu ingin mengembalikan tabel datamu seperti semula, kamu tinggal klik dropdown di header kolom namanya lagi. Kemudian, centang checkbox (Select All) dengan mengkliknya.



Cara Mencari Nama yang Sama di Excel (Duplikasi)

Ketika mencari data nama di excel, terkadang kita perlu mengidentifikasi data nama yang sama atau terduplikasi. Mungkin kita perlu menghapus data nama yang sama tersebut. Atau mungkin kita perlu mengetahui berapa kali nama tersebut berulang untuk keperluan analisis data kita.

Jika ini yang kamu perlukan, maka kamu bisa menggunakan kombinasi IF dan COUNTIF untuk membantumu mengidentifikasi nama-nama duplikasi tersebut.

Secara umum, cara penulisan IF dan COUNTIF untuk tujuan tersebut adalah sebagai berikut.

=IF(COUNTIF(cell_range_kolom_nama, nama)>1, nama)


Dalam penulisan IF dan COUNTIF tersebut, kita memasukkan COUNTIFnya ke dalam IF kita. COUNTIF tersebut berguna untuk mengecek adanya duplikasi nama dan jika ada duplikasi, maka kita menggunakan namanya sebagai tanda pengenal duplikasinya tersebut. Kita tidak memasukkan input hasil FALSE dalam IFnya karena tidak ada masalah jika IF hanya menghasilkan kata FALSE untuk hasilnya tersebut.

Kita menuliskan rumus ini dalam sebuah kolom bantuan yang ukurannya sama dengan kolom nama kita. Kolom bantuan dan nama tersebut sebaiknya sejajar satu sama lainnya untuk mempermudah proses identifikasi duplikasi namanya.

Untuk lebih jelasnya mengenai cara menggunakan IF dan COUNTIFnya ini, mari simak implementasinya di contoh berikut. Misalkan, kita mempunyai data seperti ini.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Data Untuk Implementasi IF COUNTIF Dalam Mencari Duplikasi Nama di Excel

Kita ingin mengetahui semua nama yang sama/ganda/terduplikasi di sana. Bagaimana caranya?

Pertama, kita siapkan dulu kolom bantuan untuk proses ini, di mana kita akan menuliskan kombinasi IF dan COUNTIF kita. Untuk mudahnya, kita dapat menaruhnya di sebelah dari kolom nama kita seperti ini.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Lokasi Kolom Bantuan Untuk Mencari Duplikasi Nama di Excel

Setelah diadakan kolom bantuannya, kita tuliskan IF dan COUNTIF kita di sana. Penulisannya mengikuti bentuk yang sudah dijelaskan tadi.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Penulisan dan Hasil IF COUNTIF Untuk Mencari Duplikasi Nama di Excel

Agar kamu lebih jelas melihat rumus yang dituliskan di kolom bantuannya tersebut, silahkan lihat kolom penulisan rumus di sebelah kanan.

Proses yang terjadi dalam rumusnya sendiri dapat dijelaskan sebagai berikut. COUNTIF di sana berperan sebagai pengecek apakah data nama yang sejajar dengan tempat IF COUNTIFnya dituliskan memiliki duplikasi atau tidak.

Kita memasukkan input cell range tempat seluruh data namanya berada di sana dengan kriteria perhitungannya adalah data nama yang sejajar tersebut. Terdapat tanda dollar ($) di input cell rangenya karena kita ingin menyalin rumus ini nanti ke bawah. Kita tidak ingin koordinat cell rangenya tersebut bergeser ketika proses penyalinannya dilakukan.

Jika terdapat duplikasi dari namanya di sana, maka hasil COUNTIFnya akan menjadi lebih dari 1. Oleh karena itu, kita memasukkan syarat bahwa hasil COUNTIFnya lebih dari 1 di IFnya tersebut. Jika benar/TRUE, maka ada duplikasi dan jika salah/FALSE, maka berarti tidak ada duplikasi.

Untuk input hasil TRUE dalam IFnya sendiri, kita memasukkan nama yang kita cek. Hal ini agar kita dapat langsung tahu nama yang terduplikasi tersebut, sekaligus juga sebagai tanda pengenal unik bagi namanya.

Untuk hasil FALSEnya, kita hanya perlu tanda bahwa nama tersebut tidak memiliki duplikasi. Kita tidak memasukkan apapun di sana sebagai input maka nanti IF akan memberikan FALSE jika memang tidak ada duplikasi. Hal ini seperti yang kamu lihat dari hasil pengecekan nama “Harlan Landolf” di contohnya di atas.



Setelah selesai menuliskan IF COUNTIFnya tersebut, kita salin rumusnya ke bawah agar kita bisa mengecek kemungkinan duplikasi semua data namanya. Untuk contohnya tersebut, hasil penyalinannya menjadi seperti ini.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Hasil IF COUNTIF Untuk Mengecek Duplikasi Nama di Excel

Dari sana, kita bisa melihat bahwa data nama yang terduplikasi adalah Normina Maggie dan Langdon Leo!



Cara Mencari Nama di Excel Dengan Suatu Referensi Pencarian: VLOOKUP/INDEX MATCH

Mempunyai referensi pencarian yang ingin kamu gunakan untuk mencari suatu nama di excel?

Mungkin kamu tahu detail soal nama yang ingin kamu cari dan kamu ingin menemukan data namanya berdasarkan detail tersebut. Kamu bisa melakukannya di excel dengan menggunakan rumus pencarian VLOOKUP atau INDEX MATCH.

Untuk VLOOKUP, berikut bentuk penulisannya secara umum.

=VLOOKUP(referensi_pencarian_nama, cell_range, urutan_kolom_nama, [TRUE/FALSE])


Input metode pencarian TRUE/FALSE dalam VLOOKUPnya tergantung dari sifat pencarian referensi nilai pencarianmu yang kamu inginkan. Jika referensinya berupa angka dan pencariannya bisa dilakukan dengan nilai terkecil terdekat dari referensinya tersebut, maka masukkan TRUE. Jika referensinya harus dicari sama persis, maka masukkan FALSE. Jika tidak diberikan input apapun di sini, maka inputmu akan dianggap sebagai TRUE.

Jika kamu menggunakan VLOOKUP, maka pastikan referensi pencarian berada di kolom pertama dari cell range tempatmu mencari namanya.

Untuk INDEX MATCH, bentuk penulisan kurang lebih adalah seperti ini.

=INDEX(cell_range, MATCH(referensi_pencarian_nama, kolom_tempat_pencarian_referensi, [-1/0/1]), urutan_kolom_nama)


Di sini diasumsikan kita harus menemukan suatu baris dalam cell rangenya untuk menemukan data namanya. Untuk itu, kita taruh MATCHnya pada input posisi baris dari INDEX.

Dalam MATCHnya sendiri, input metode pencariannya bisa -1/0/1 tergantung dari proses pencarian yang ingin kamu lakukan dengan referensinya tersebut. Berikut sedikit penjelasan dari masing-masing opsi input metode pencariannya tersebut.

InputSifat PencarianPenjelasan
-1KisaranPertama, MATCH akan mencari data yang sama persis dengan data yang kamu ingin cari. Jika tidak ditemukan, maka ia akan mencari data lebih kecil terdekat dengan data yang kamu cari. Jika kamu menggunakan input ini, maka cell range baris/kolommu harus diurutkan datanya dari kecil ke besar.
0Sama persisPertama, MATCH akan mencari data yang sama persis dengan data yang kamu ingin cari. Jika tidak ditemukan, maka ia akan menghasilkan error #N/A.
1KisaranPertama, MATCH akan mencari data yang sama persis dengan data yang kamu ingin cari. Jika tidak ditemukan, maka ia akan mencari data lebih besar terdekat dengan data yang kamu cari. Jika kamu menggunakan input ini, maka cell range baris/kolommu harus diurutkan datanya dari besar ke kecil.


Jika kamu tidak memasukkan input apapun di sini, maka inputmu akan dianggap 1.

Agar lebih jelasnya mengenai VLOOKUP/INDEX MATCH ini, berikut contoh penggunaannya untuk mencari nama di excel.

Cara Mencari Nama di Excel - Screenshot Contoh Implementasi VLOOKUP/INDEX MATCH Untuk Mencari Nama Dengan Referensi di Excel

Pada contoh tersebut, kita dapat lihat bagaimana penggunaan VLOOKUP dan INDEX MATCH menghasilkan hasil yang sama. Di sini, kita menggunakan pekerjaan “dokter” sebagai referensi pencarian untuk data namanya. Karena referensinya adalah teks, kita menggunakan metode pencarian sama persis, baik untuk VLOOKUP maupun untuk INDEX MATCH.

Tuliskan rumusmu dan masukkan input dari rumus yang kamu gunakan dengan benar. Dengan begitu, maka kamu akan mendapatkan nama yang kamu cari dengan akurat dan cepat!



Latihan

Setelah mempelajari mengenai cara mencari nama di excel secara lengkap, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Hal ini agar kamu dapat semakin memahami metode-metode pencarian nama yang telah diajarkan tadi.

Unduh file latihannya dan jalankan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya juga jika kamu sudah selesai. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjalankan instruksinya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Lakukan setiap instruksi berikut pada masing-masing sheetnya yang sesuai!
  1. Sheet1: Dengan fitur filter, coba cari tiap entri data dengan nama “Rudy Kourtney”!
  2. Sheet2: Dengan menggunakan IF dan COUNTIF, coba identifikasi nama ganda pada tabel data tersebut! Tandai baris data yang memiliki nama ganda dengan warna cell kuning!
  3. Sheet3: Coba cari data nama dari tabel di sebelah kiri dengan informasi yang diberikan di tabel sebelah kanan! Cari dengan menggunakan rumus VLOOKUP/INDEX MATCH


Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu ingin mencari lagi nama yang kamu ketikkan di dialog box Find namun dialog boxnya sudah ditutup, tekan Shift + F4 (Command + G di Mac). Dengan menggunakan shortcut tersebut, kamu tidak perlu repot-repot membuka lagi dialog boxnya untuk mencari nama tersebut!



Tutorial lainnya untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert