Cara Menggunakan Freeze Panes


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menggunakan Freeze Panes



Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari fungsi freeze panes pada excel. Mengetahui bagaimana cara menggunakan freeze panes berguna jika kamu sering melihat banyak data secara langsung dalam perangkat spreadsheet ini dan data tersebut berada dalam tabel dengan banyak baris dan kolom. Dalam melakukannya, terkadang akan sangat memudahkan jika kita dapat mengunci bagian tertentu dari tabel tersebut dalam rangka melihat datanya dengan lebih mudah.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menggunakan Freeze Panes?


Melihat data pada tabel dalam perangkat spreadsheet terkadang merupakan sebuah aktivitas melelahkan untuk dilakukan. Terlebih jika data tersebut terdiri dari banyak entri dengan berbagai kolom/baris. Jika kondisinya seperti itu, tentunya akan sedikit mempersulit kita ketika ingin melihat beberapa bagian tertentu dalam tabel tersebut untuk melakukan suatu proses analisis terhadap kumpulan data tersebut.

Contoh mudahnya adalah seperti ketika kita ingin menelusuri apa yang kita punyai dalam tabel perangkat spreadsheet pada baris entri kepuluhan ribu atau ratusan ribu. Dalam menelusuri tabel ini, kita sebaiknya tahu persis header dari masing masing kolom agar dapat memahami jenis data apa yang sedang dilihat dan terdapat pada suatu entri data. Namun akan sangat merepotkan ketika kita harus bolak balik ke baris paling atas (tempat header biasanya terletak) dan kembali ke lagi baris di mana data tersebut berada demi mencocokkan keterangan headernya dengan isi dari entri tersebut agar dapat melakukan suatu analisis akurat.

Untuk menjawab keperluan tersebut, maka excel menyediakan fungsi freeze panes. Fitur ini berguna untuk mengunci suatu koordinat cell, kolom, atau baris agar bisa selalu dilihat ke manapun kamu melakukan scroll di dalam tabel pada perangkat spreadsheet ini. Hal tersebut tentunya sangat berguna untuk melihat dan menganalisis koleksi entri data di mana terdapat banyak baris dan kolom dalam tabelnya.


Apa itu Fungsi Freeze Panes?


Fungsi freeze panes adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan untuk membekukan suatu bagian dari perangkat spreadsheet agar dapat terus dilihat ke manapun dilakukan scroll pada spreadsheet. Proses penguncian yang dilakukan oleh fitur ini sering digunakan jika kamu memiliki suatu tabel data dengan berbagai kolom serta barisnya di dalam perangkat spreadsheet ini.


Bagaimana Cara Menggunakan Freeze Panes?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menggunakan freeze panes. Cara penggunaan fungsi ini cukup mudah karena kamu hanya perlu menempatkan kursormu terlebih dahulu ke batasan kuncian sebelum mengakses fiturnya pada perangkat spreadsheet ini. Lebih detailnya adalah sebagai berikut


Cara Utilisasi Fungsi

  1. Tempatkan kursormu di cell yang menjadi batas penguncianmu (mis: jika kamu ingin mengunci dua baris paling atas dan tiga kolom paling kiri, maka tempatkan kursormu di cell D3)

    Cara Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 1

  2. Pergi ke Tab View dan pilih fungsi Freeze Panes

    Cara Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 2

  3. Proses penguncian berhasil! Silahkan kamu melakukan scroll horizontal atau vertikal untuk melihat hasilnya!

    Cara Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 3

  4. Jika ingin menonaktifkan pengunciannya, maka klik Unfreeze Panes pada Tab View

    Cara Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 4



Latihan


Setelah mempelajari cara menggunakan freeze panes di atas, kamu dapat melatih pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file dari link berikut dan lakukan instruksi di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai dan yakin atas hasilnya!

Instruksi:

Kunci bagian hitam pada ketiga sheet! Tes dengan melakukan scroll pada ketiga sheet tersebut

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Terdapat pilihan Freeze Top Row atau First Column jika kamu ingin langsung membekukan baris atau kolom pertama secara cepat

    Cara Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Catatan Tambahan 1

  • Fungsi freeze panes pada saat ini hanya bisa mengunci baris dan kolom dari paling atas dan paling kiri. Fungsi ini belum bisa mengunci dari paling bawah dan paling kanan




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert