Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Compute Expert

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari cara freeze excel menggunakan freeze panes secara lengkap.

Jika kita terus menginput dan mengolah data, maka tabel data kita di excel akan terus menjadi lebih besar. Mungkin akan sampai ke poin di mana menjadi merepotkan menscroll tabel data tersebut untuk melihat isinya.

Kita mungkin, sebagai contoh, ingin melihat header tabel data kita secara terus-menerus. Akan tetapi, kita jadi harus bolak-balik pada tabelnya tersebut untuk melakukan hal itu karena ukuran tabelnya yang besar.

Di situasi seperti inilah di mana fitur freeze panes excel dapat membantu kita. Mau tahu lebih banyak mengenai fitur ini dan bagaimana cara freeze excel secara optimal menggunakan freeze panes? Baca tutorial ini sampai habis!







Freeze Panes Adalah…

Freeze panes adalah sebuah fitur yang excel sediakan untuk “membekukan” baris dan/atau kolom dari worksheet kita. Ini agar baris dan/atau kolom tersebut tetap bisa dilihat oleh kita ke manapun kita scroll.



Fungsi/Kegunaan dari Freeze Panes

Freeze panes dapat membantu membuat baris dan/atau kolom tertentu tetap dapat kita lihat ke manapun kita pergi dalam sebuah worksheet. Biasanya, kita menggunakan fitur ini untuk tetap dapat melihat header baris/kolom dari tabel data kita di excel.



Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes: Langkah per Langkah

Berikut adalah langkah per langkah menggunakan freeze panes di excel. Mereka sebenarnya cukup simpel asalkan kamu sudah memahami cara menggunakan fitur freeze panes ini.

Kita akan mendiskusikan setiap langkahnya dengan contoh screenshot untuk membuatmu memahami dengan lebih mudah.

  1. Tempatkan kursor cellmu pada satu cell di luar baris dan kolom yang ingin kamu kunci (mis: untuk mengunci dua baris paling atas dan tiga kolom paling kiri, maka tempatkan kursor cellmu di cell D3)

    Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 1

  2. Pergi ke Tab View dan klik tombol Freeze Panes di sana

    Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 2

  3. Proses penguncian berhasil! Sekarang baris-baris dan kolom-kolom yang kamu kunci akan selalu terlihat ke manapun kamu scroll di dalam worksheet tersebut

    Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Langkah 3




Cara Freeze Baris Paling Atas Agar Tidak Bergerak

Jika kamu sudah memahami penjelasan pada bagian sebelumnya, kamu mungkin sudah tahu sekarang bagaimana cara freeze baris paling atas di excel.

Pertama, tempatkan kursor cellmu di cell A2 atau sorot baris kedua dari worksheetmu. Lalu, klik tombol Freeze Panes pada tab View. Untuk lebih simpelnya, kamu juga bisa mengklik saja tombol Freeze Top Row pada tab View.

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Lokasi Tombol Freeze Top Row di Excel

Lakukan salah satu dari dua cara tersebut dan baris paling atas dari worksheetmu akan dapat terlihat ke manapun kamu scroll!



Cara Freeze Kolom Pertama Agar Tidak Bergerak

Untuk freeze kolom pertama (paling kiri) di excel, tempatkanlah kursor cellmu di B1 atau sorot kolom kedua. Lalu, klik tombol Freeze Panes. Alternatifnya, kamu juga bisa mengklik tombol Freeze First Column di tab View.

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Lokasi Tombol Freeze First Column di Excel

Lakukan itu dan excel akan mengunci tampilan kolom paling kiri dari worksheetmu!



Cara Freeze Lebih dari Satu Baris Agar Tidak Bergerak

Jika kamu mau freeze lebih dari satu baris di excel, tempatkan kursor cellmu di kolom A. Tempatkan ia di satu baris di bawah baris paling bawah yang ingin kamu freeze. Alternatifnya, kamu juga bisa menyorot baris di bawah baris paling bawah tersebut.



Setelah itu, klik tombol Freeze Panes pada tab View. Kamu telah mengunci lebih dari satu baris di excel sekarang, yang akan terus terlihat ke manapun kamu scroll di worksheetmu.



Cara Freeze Lebih dari Satu Kolom Agar Tidak Bergerak

Cara freeze lebih dari satu kolom di excel hampir sama dengan cara freeze lebih dari satu baris tadi. Hanya saja, kali ini semua sudut pandangnya adalah dari sudut pandang kolom.

Tempatkan kursor cellmu di baris pertama, satu kolom di sebelah kanan kolom paling kanan yang ingin kamu freeze. Selain itu, kamu juga bisa menyorot kolom di sebelah kanan kolom paling kanan tersebut.

Setelah itu, klik tombol Freeze Panes di tab View. Melakukan itu akan mengunci kolom-kolom yang masih ingin kamu lihat ke manapun kamu scroll di worksheet tersebut!



Cara Freeze Baris dan Kolom Secara Bersamaan/Freeze Cell

Bagaimana jika kamu ingin freeze baris dan kolom secara bersamaan? Jika kamu sudah membaca instruksi cara freeze excel menggunakan freeze panes sebelumnya, maka mungkin kamu punya dugaan tersendiri mengenai hal ini.

Pertama, tempatkan kursor cellmu satu cell di luar baris dan kolom yang ingin kamu freeze. Sebagai contoh, jika kamu ingin mengunci lima baris dan dua kolom, maka tempatkan kursor cellmu di cell C6.

Lalu, pergi ke tab View dan klik tombol Freeze Panes. Kamu sudah mengunci baris-baris dan kolom-kolom yang kamu inginkan!



Freeze Panes Excel Tidak Berfungsi dengan Baik? Kemungkinan Penyebab & Solusi

Fitur freeze panes tidak bekerja sesuai dengan cara yang kamu inginkan? Ada beberapa kemungkinan alasan mengapa hal itu bisa terjadi. Namun salah satu alasan ini yang kelihatannya paling mungkin menjadi penyebab hal tersebut.

  • Penyebab: Kamu menempatkan kursor cellmu di tempat yang salah sebelum kamu mengklik tombol Freeze Panesnya. Atau mungkin kamu menyorot baris atau kolom yang salah. Ini menyebabkan freeze panes mengunci baris dan/atau kolom yang salah untukmu.
    Solusi: Pastikan kursor cell/penyorotan kolom/barismu persis di luar baris-baris dan/atau kolom-kolom yang ingin kamu freeze. Lalu, coba klik tombol Freeze Panesnya lagi.

  • Penyebab: Kamu tidak ingin mengunci baris-baris teratas dan/atau kolom-kolom paling kiri dalam worksheetmu. Kamu ingin mengunci baris-baris/kolom-kolom/cell-cell yang lain. Namun, sayangnya, freeze panes tidak dapat melakukan hal itu untukmu.
    Solusi: Gunakan cara yang akan kita diskusikan nanti di tutorial ini (split view).

  • Penyebab: Kamu tidak dapat mengklik tombol Freeze Panes di tab Viewmu. Ini dapat terjadi jika kamu masih berada dalam mode edit cellmu atau ketika worksheetmu terkunci.
    Solusi: Keluar dari mode edit cellmu dengan menekan tombol Esc dan coba buka kunci dari worksheetmu jika ia memang terkunci.

Implementasikan ketiga poin tersebut dan freeze panesmu seharusnya jadi dapat bekerja sesuai dengan cara yang kamu inginkan!



Cara Unfreeze Excel

Sudah selesai freeze baris dan/atau kolommu dan sekarang kamu ingin unfreeze mereka? Kamu bisa melakukannya dengan cukup mudah di excel.

Pergi ke tab View. Lalu, klik tombol Unfreeze Panes, yang lokasinya berada di mana tombol Freeze Panesmu sebelumnya berada.

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Lokasi Tombol Unfreeze Panes di Excel

Lakukan hal itu dan kamu akan unfreeze baris dan/atau kolom di worksheetmu.



Cara Freeze Excel Selain Baris-baris Teratas dan Kolom-kolom Paling Kiri

Bagaimana jika kamu ingin membuat cell-cell selain baris teratas dan kolom paling kiri dapat terlihat ke manapun kamu scroll? Bisakah kita melakukan hal tersebut menggunakan freeze panes?

Sayangnya, freeze panes hanya dapat mengunci baris-baris teratas dan kolom-kolom paling kiri di worksheetmu. Namun, kamu bisa meniru apa yang ingin kamu lakukan tersebut menggunakan tombol Split di tab View.

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Lokasi Tombol Split di Excel

Klik tombolnya dan tampilan worksheetmu akan terbagi menjadi empat bagian. Jika kamu scroll salah satu bagiannya, maka bagian-bagian lainnya akan tidak bergeser dan akan tetap terlihat. Dengan begitu, ini akan sama saja seperti jika kamu mengunci cell-cell pada bagian-bagian lainnya tersebut.

Cara Freeze Excel Menggunakan Freeze Panes - Screenshot Contoh Hasil Split View di Excel

Jika kamu sudah selesai mengunci cellmu, klik tombol Splitnya lagi untuk mengembalikan worksheetmu ke tampilan normalnya.



Latihan

Setelah mempelajari cara freeze excel menggunakan freeze panes di atas, latih pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file latihannya dari link berikut dan lakukan instruksi di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi:

Kunci bagian berwarna hitam pada ketiga sheet! Tes hasil penguncianmu dengan melakukan scroll pada masing-masing dari ketiga sheet tersebut.

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Jika kamu menggunakan OS Windows, maka kamu bisa menggunakan shortcut untuk mengakses tombol Freeze Panes. Shortcutnya adalah dengan menekan tombol Alt + W lalu F lalu F.



Tutorial terkait yang perlu kamu pelajari:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert