Cara Menghapus Kolom di Excel - Compute Expert

Cara Menghapus Kolom di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Menghapus Kolom di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan belajar bagaimana menghapus kolom di excel menggunakan beragam cara.

Kolom adalah suatu bagian penting dari worksheet excel dengan kita biasanya menaruh pembagian kategori data kita di sana. Terkadang, kita perlu menghilangkan kolom yang tidak kita butuhkan lagi agar tabel data kita dapat menjadi lebih bersih.

Mau tahu bagaimana cara melakukannya di excel? Silahkan baca bagian selanjutnya dari tutorial ini!







Cara Menghapus Kolom di Excel 1: Menu Delete Column

Cara pertama menghapus kolom yang akan kita diskusikan di sini adalah cara dengan menggunakan menu delete column excel.

Berikut langkah-langkah memanfaatkan menunya demi tercapainya tujuan kita.

  1. Sorot kolom-kolom yang ingin kamu hapus dengan mengklik petunjuk huruf mereka di bagian atas worksheetmu. Kamu bisa menyorot kolom-kolom yang berdekatan dengan mengklik dan mendrag ke semua kolom tersebut. Jika ingin menyorot kolom-kolom yang tidak berdekatan, tekan dan tahan tombol Ctrlmu (Command pada Mac) ketika mengklik petunjuk huruf dari kolom-kolom tersebut

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1 Cara Menu Delete Column

  2. Pergi ke tab Home dan pilih Delete

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2 Cara Menu Delete Column

  3. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3 Cara Menu Delete Column




Cara Menghapus Kolom di Excel 2: Klik Kanan

Cara kedua adalah dengan menggunakan klik kanan. Cara ini mungkin cara yang paling simpel jika dibandingkan dengan dua cara lainnya yang diberikan dalam tutorial ini.

  1. Sorot kolom-kolom yang ingin kamu hapus dengan mengklik petunjuk hurufnya di bagian atas worksheetmu. Kamu bisa menyorot kolom-kolom yang berdekatan dengan mengklik dan mendrag ke semua kolomnya tersebut. Jika mau menyorot kolom-kolom yang tidak berdekatan, tekan dan tahan tombol Ctrlmu (Command pada Mac) ketika mengklik petunjuk huruf dari kolom-kolom tersebut

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1 Cara Klik Kanan

  2. Klik kanan di atas salah satu kolom yang kamu sorot dan pilih Delete

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2 Cara Klik Kanan

  3. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3 Cara Klik Kanan




Cara Menghapus Kolom di Excel 3: Tombol Shortcut

Terdapat juga tombol shortcut untuk menghapus kolom di excel jika kamu memang ingin menggunakannya. Namun, ini bukanlah shortcut sekali tekan selesai karena ada beberapa langkah yang perlu dilakukan sebelum kamu dapat menghapus kolommu.

Ingat juga bahwa kamu tidak bisa menghapus kolom-kolom yang tidak berdekatan secara sekaligus jika menggunakan cara ini.



  1. Sorot cell-cell yang ada di kolom-kolom yang ingin kamu hapus. Kamu bisa menyorot cell-cell di kolom yang berdekatan dengan mengklik dan mendrag ke semua cell tersebut

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1 Cara Tombol Shortcut

  2. Tekan tombol Ctrl + Space Bar (Control + Space Bar pada Mac) secara bersamaan

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2 Cara Tombol Shortcut

  3. Tekan tombol Ctrl + - (Command + - pada Mac) secara bersamaan
  4. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 4 Cara Tombol Shortcut




Cara Menghapus Kolom Kosong di Excel

Jika kolom kosongmu hanya ada beberapa, maka kamu bisa menggunakan salah satu dari ketiga cara yang telah dijelaskan sebelumnya. Sorot semua kolom kosong yang kamu punya lalu hapus kolom-kolom kosong tersebut!

Namun, jika kamu mempunyai banyak kolom kosong yang ingin kamu hapus, maka menyorot mereka satu per satu bisa jadi sangat merepotkan. Berikut cara yang bisa kamu implementasikan sehingga bisa dapat menjalankan proses penghapusan kolom-kolomnya dengan jauh lebih cepat.

  1. Pastikan satu baris di atas tabel datamu, yang memiliki kolom kosong yang ingin kamu hapus, kosong. Kamu bisa menambahkan baris kosong tersebut dengan memasukkan satu baris di atas tabel datamu (cara tercepat memasukkannya kemungkinan adalah dengan menyorot baris paling atas dari tabel datamu terlebih dahulu. Lalu, klik kanan di atasnya dan pilih Insert)

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  2. Ketik rumus COUNTA dengan kriteria berikut pada cell paling kiri dari baris di atas tabel datamu tersebut. Rumus ini mengasumsikan cell tersebut berada di koordinat cell A1


    = COUNTA ( A2:A1048756 ) = 0


    Input cell range dari rumusnya sebaiknya mencakup dari cell paling atas tabel datamu sampai ke cell paling bawah worksheetmu. Hal ini untuk memastikan kolom-kolom yang ingin kamu hapus menggunakan cara ini benar-benar kosong.

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  3. Salin rumus COUNTA yang kamu telah tuliskan sampai ke ujung kanan tabel datamu pada baris tersebut. Untuk melakukannya dengan cepat, sorot cell rumusnya dan gerakkan pointermu ke bagian kanan bawah kursor cellmu (sampai pointermu berubah menjadi +)

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3-1 Menghapus Kolom Kosong di Excel

    Lalu, klik dan drag sampai kamu mencapai cell ujung kanan dari tabel datamu pada baris tersebut. Lepaskan dragnya setelah itu.

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3-2 Menghapus Kolom Kosong di Excel

    Kamu akan mendapatkan nilai-nilai TRUE/FALSE yang melambangkan hasil pengecekan kekosongan kolom-kolom di mana COUNTAmu berada. TRUE berarti kolomnya kosong dan FALSE berarti kolomnya tidak kosong

  4. Sorot cell-cell yang memuat rumus dan tabel datamu. Lalu, klik menu Sort & Filter pada tab Home. Pilih Custom Sort dari dropdown yang muncul

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 4 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  5. Klik tombol Options di dialog box yang muncul dan pilih Sort Left to Right sebelum klik OK

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 5 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  6. Pilih Row 1 pada dropdown “Row”, Values pada dropdown “Sort on”, dan Largest to Smallest pada dropdown “Order”. Lalu, klik OK

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 6 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  7. Tabel datamu telah diurutkan dari kiri ke kanan dengan kolom-kolom kosongnya berada di paling kiri semua! Sorot kolom-kolom kosong tersebut, klik kanan di atas mereka, dan pilih Delete

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 7 Menghapus Kolom Kosong di Excel

  8. Selesai! Kamu sekarang sudah bisa menghapus baris berisi rumus-rumus COUNTAnya jika memang tidak memerlukannya lagi

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 8 Menghapus Kolom Kosong di Excel






Cara Menghapus Kolom Tidak Berujung di Excel

Dalam worksheet excel, kita seperti memiliki kolom dengan jumlah tidak terbatas untuk memasukkan dan mengolah data kita (walaupun sebenarnya, jumlah kolom dalam sebuah worksheet excel adalah “hanya” 16.384 kolom sejak excel 2007).

Kita mungkin terkadang ingin menghapus kolom-kolom tersebut dari akhir tabel data kita sampai ke ujung worksheetnya. Ini mungkin bisa membuat tampilan data dalam worksheet kita menjadi lebih baik tergantung dari situasi yang kita punya.

Sayangnya, kita tidak bisa menghapus kolom-kolom tersebut karena jumlah kolom dalam sebuah worksheet excel akan selalu 16.384 (ketika kamu menghapus sebuah kolom, maka excel akan menambahkan sebuah kolom kosong pada posisi ujung kanan worksheetmu). Namun, jika kamu ingin membuat kolom-kolom tersebut seakan-akan hilang, maka kamu bisa saja hanya sekedar menyembunyikan mereka.

Berikut langkah-langkah dari cara untuk menyembunyikan kolom-kolom tersebut!

  1. Sorot kolom dari mana kamu ingin “menghapus” kolom-kolom dalam worksheetmu. Cara menyorotnya, jika kamu belum tahu, adalah dengan mengklik petunjuk huruf kolom tersebut di bagian atas worksheetmu

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1 Cara Menyembunyikan Kolom Tanpa Ujung di Excel

  2. Tekan tombol Ctrl + Shift + -> (Command + Shift + -> di Mac) secara bersamaan. Penekanan tombol-tombol tersebut akan membuatmu menyorot kolom-kolom dari yang sekarang kamu sorot sampai ke kolom terakhir dari worksheetmu

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2 Cara Menyembunyikan Kolom Tanpa Ujung di Excel

  3. Klik kanan pada kolom-kolom yang sudah kamu sorot dan pilih Hide

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3 Cara Menyembunyikan Kolom Tanpa Ujung di Excel

  4. Selesai! Sekarang, kolom-kolom dalam worksheetmu selain yang kamu tidak sorot jadi tampak menghilang, bukan? Jika nantinya kamu memerlukan lagi semua kolom tersebut, maka kamu tinggal memunculkan mereka lagi saja!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 4 Cara Menyembunyikan Kolom Tanpa Ujung di Excel




Latihan

Setelah mempelajari berbagai cara menghapus kolom di excel, sekarang mari kita lakukan sebuah latihan sederhana untuk memperdalam pemahamanmu!

Buka sebuah file excel, buat data dummy di sana, dan coba hapus kolom-kolomnya menggunakan salah satu dari ketiga cara tadi. Unduh file sampel yang kita gunakan sepanjang tutorialnya di sini untuk latihanmu ini jika kamu mau. Coba praktekkan cara menghapus kolom kosong dan kolom-kolom tidak berujungnya juga!

Bagaimana hasilnya? Apakah kamu bisa melakukannya? Jika kamu masih merasa ragu, baca lagi diskusi cara-cara menghapus kolom excel yang ada di tutorial inI!



Catatan Tambahan

Hati-hati ketika ingin menghapus kolom di excel. Jika cell kolom yang kamu hapus merupakan input dari suatu rumus, maka hasil rumus tersebut bisa menjadi error akibat penghapusan kolomnya!



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari:


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert