Cara Menghapus Kolom di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menghapus Kolom di Excel



Pada bagian tutorial ini, akan dijelaskan mengenai cara menghapus kolom di excel. Cara menghapus kolom pada excel perlu untuk dipahami agar kamu bisa membuang salah satu bagian vertikal dari data dalam sheetmu yang tidak diperlukan lagi secara cepat dan mudah.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Hapus Kolom di Excel?


Pada saat melakukan pengolahan data spreadsheet, terkadang kita perlu menghilangkan salah satu atau lebih bagian vertikal dari suatu kumpulan data dalam sebuah sheet. Hal ini diperlukan ketika kita sedang ingin membuang bagian data yang tidak diperlukan lagi ataupun ketika kita sedang menata ulang tabel milik kita. Jika tidak memahami fungsi spreadsheet yang bisa melakukan proses tersebut secara cepat dan mudah, maka tentu akan sangat merepotkan karena itu berarti kita harus menghilangkan isi dari bagian vertikal tersebut secara satu per satu.

Sebagai contoh kebutuhannya dalam pekerjaan, misalkan kita sedang merapikan data informasi produk perusahaan di mana masing-masing variabel informasi dari setiap produk ditempatkan dalam bentuk kolom. Mungkin terdapat beberapa variabel yang sudah tidak diberikan atau diukur lagi oleh perusahaan bagi semua produknya sehingga mereka perlu dihilangkan dari tabel data produk tersebut. Jika tidak memahami mengenai cara menghapus kolom di excel, maka kita harus menghapus isi bagian vertikal yang ingin dihilangkan secara satu per satu sebelum mungkin merapikan tabel data produknya tersebut agar tidak bolong tengah. Tentu akan sangat memakan waktu di mana sebenarnya kita dapat melakukannya secara cepat jika memahami cara mudahnya.

Terdapat tiga metode yang bisa dipakai untuk cara hapus kolom di excel. Ada baiknya kamu memahami paling tidak salah satu dari ketiga metode tersebut agar kamu tidak mengalami kerepotan ketika butuh menghilangkan beberapa bagian vertikal dari kumpulan datamu seperti pada contoh kasus tersebut.


Apa Itu Cara Menghapus Kolom di Excel?


Cara menghapus kolom di excel adalah suatu fungsi spreadsheet dengan tujuan penggunaan menghilangkan satu atau lebih bagian vertikal dari suatu sheet. Fungsi ini seringkali diperlukan jika kamu sedang butuh membuang bagian data atau proses yang sudah tidak diperlukan lagi dalam file spreadsheetmu.


Bagaimana Cara Menghapus Kolom Pada Excel?


Berikut akan diajarkan mengenai ketiga metode untuk bisa melakukan penghapusannya secara cepat dan mudah. Sebenarnya, kamu cukup mengetahui salah satu dari ketiga metode ini karena ketiganya menghasilkan suatu hasil yang sama.


Metode 1 - Menu Delete Column

  1. Sorot bagian vertikal tempat kamu ingin menghapus isinya dengan melakukan klik pada hurufnya di atas (Sorot sejumlah yang ingin dihapus dengan melakukan drag)

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Klik Delete pada tab Home

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 1-3




Metode 2 - Klik Kanan

  1. Sorot bagian vertikal tempat kamu ingin menghapus isinya dengan melakukan klik pada hurufnya di atas (Sorot sejumlah yang ingin dihapus dengan melakukan drag)

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Klik kanan dan pilih Delete

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2-2

  3. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 2-3




Metode 3 - Tombol Shortcut

  1. Tempatkan kursormu pada cell tempat kamu ingin menghapus entri dalam bagian vertikalnya (Sorot cell lebih dari satu kolom sejumlah kebutuhanmu ketika melakukan proses ini)

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3-1

  2. Tekan tombol Ctrl + Space Bar (Control + Space Bar pada Mac) secara bersamaan

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3-2

  3. Tekan tombol Ctrl + - (Command + - pada Mac) secara bersamaan
  4. Selesai!

    Cara Menghapus Kolom di Excel - Screenshot Langkah 3-4





Latihan


Setelah memahami langkah per langkah dari ketiga metode cara menghapus kolom di excel tadi, sekarang saatnya kamu memperdalam pemahamanmu terhadap mereka dengan mengerjakan latihan berikut!

Buka sebuah file spreadsheet dan coba hapus beberapa bagian vertikalnya dengan menggunakan setiap dari ketiga metode tersebut. Bagaimana hasilnya? Bisakah kamu melakukannya?


Catatan Tambahan


Hati-hati ketika ingin melakukan penghapusan kolom. Jika salah satu cell yang kamu hapus merupakan referensi bagi suatu formula, maka formula tersebut akan menghasilkan error ketika penghapusannya selesai dilakukan!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert