Cara Menghapus Sheet di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menghapus Sheet di Excel



Pada bagian tutorial ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai cara menghapus sheet di excel. Cara menghapus sheet pada excel penting dipahami jika kamu sering menggunakan perangkat lunak ini untuk menyimpan dan mengolah datamu. Biasanya, cara menghilangkan sheet di excel digunakan ketika kamu ingin membuang suatu bagian dari pemrosesan atau datamu karena sudah tidak diperlukan lagi.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menghilangkan Sheet di Excel?


Pada pengolahan data dalam spreadsheet, terkadang kita ingin menghilangkan satu atau lebih lembar kerja milik kita. Hal ini mungkin perlu dilakukan karena mungkin kita ingin menghapus suatu bagian data atau pengolahannya beserta hasilnya yang sudah tidak diperlukan lagi atau mungkin kita ingin menghilangkan tempat coret-coretan kita ketika melakukan pemrosesan data. Apapun tujuannya, tentunya dengan melakukan hal tersebut berarti kita sudah tidak memerlukan lembar kerjanya dan ingin menghilangkannya dari workbook.

Sebagai contoh aplikasi dari kebutuhan ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang memeriksa kembali suatu file spreadsheet berisikan data semua produk perusahaan. Mungkin saja terdapat satu atau dua produk perusahaan yang sudah tidak diteruskan lagi produksinya karena tidak laku sehingga kita ingin menghilangkan datanya di dalam spreadsheet. Ketika semua data mengenai produk perusahaan dikelompokkan secara masing-masing dalam suatu lembar kerja, maka berarti kita tinggal perlu menghapus tempat satu atau dua produk diskontinu tersebut berada. Masalahnya adalah, tentu saja, kita harus mengetahui mengenai bagaimana melakukan hal tersebut pada perangkat lunak spreadsheet ini. Jika tidak memahami bagaimana melakukannya, maka kita harus memindahkan semua data produk yang masih diproduksi perusahaan ke suatu file spreadsheet baru sebelum menghapus file originalnya sehingga tercipta file berisi produk-produk perusahaan yang masih diproduksi saja. Jika kita melakukannya, maka hal ini tentu akan sangat merepotkan.

Untuk membantumu dalam proses penghapusan sesuai kebutuhan tersebut, maka terdapat cara menghilangkan sheet pada excel yang bisa kamu praktekkan. Dengan memahaminya, maka kamu akan menjadi lebih mudah melakukan pengaturan lembar kerja sesuai dengan kebutuhanmu pada perangkat lunak ini. Tentunya akan sangat membantu bagi kita semua jika memahaminya karena fungsi ini merupakan salah satu operasi yang cukup sering dilakukan apapun tujuanmu melakukan pengolahan data pada perangkat lunak spreadsheet ini.


Apa Itu Cara Menghapus Sheet di Excel?


Cara menghapus sheet di excel adalah suatu metode dengan tujuan penggunaan menghilangkan lembar kerja pada spreadsheet. Hal ini seringkali dibutuhkan ketika kamu sudah tidak memiliki keperluan mempertahankannya pada file spreadsheetmu.


Bagaimana Cara Hapus Sheet di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menghapus sheet di excel secara langkah per langkah. Hal ini sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan dan ia bisa dipraktekkan pada semua versi perangkat lunak ini sesuai dengan versi yang kamu punya,


Cara Menghapus Sheet di Excel

  1. Sorot lembar kerja yang ingin kamu hapus

    Cara Menghapus Sheet di Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Klik kanan di atasnya

    Cara Menghapus Sheet di Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Pilih Delete

    Cara Menghapus Sheet di Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Jika muncul suatu dialog box, pilih delete

    Cara Menghapus Sheet di Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Proses selesai!

    Cara Menghapus Sheet di Excel - Screenshot Langkah 5



Latihan


Setelah kamu mempelajari mengenai cara menghilangkan sheet di excel dari tutorial tadi, sekarang saatnya kamu coba mempraktekkannya pada file spreadsheetmu. Buka file spreadsheet baru, tambah lembar kerjanya, lalu coba hilangkan tambahan tersebut dengan mempraktekkan langkah-langkah pada tutorial tadi. Seperti apa hasilnya? Bisakah kamu melakukannya?


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin menghilangkan lebih dari satu lembar kerja secara sekaligus, maka kamu tinggal melakukan sorotan kepada semua lembar kerja yang ingin kamu hapus lalu lakukan langkah-langkah sesuai yang diberikan tadi.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert