Cara Menghilangkan Garis di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menghilangkan Garis di Excel



Di bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai cara menghilangkan garis di excel. Cara menghilangkan garis pada excel berguna jika kamu merasa tampilan sheet pada spreadsheetmu akan menjadi lebih baik dengan tanpa menggunakan batasan vertikal dan horizontal cell yang menjadi tampilan standar dari perangkat lunak ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Menghilangkan Garis di Excel?


Dalam menyajikan suatu tampilan data di file spreadsheet, terkadang mungkin kita ingin mengetahui dan mempraktekkan cara hilangkan garis di excel. Hal ini ingin dilakukan karena mungkin kita merasa bahwa tampilan dari data yang disajikan lebih bagus tanpa menggunakan batasan cell standar dari perangkat lunak ini atau mungkin kita ingin mengedit data dalam sheetnya dengan memperhatikan tampilan cetakannya nanti karena batasan-batasan standar tersebut tidak akan tercetak nantinya jika tidak diubah pengaturannya secara khusus. Bisa juga kita ingin memperjelas tampilan border dari tabel-tabel data atau bentuk-bentuk lainnya yang sudah diberikan dalam masing-masing sheet dan kita merasa bahwa batasan cell standar tersebut mengganggu perihal tujuan tersebut.

Sebagai contoh dari hal tersebut dalam pekerjaan kita, misalnya kita sedang menggunakan perangkat lunak ini untuk membuat suatu tampilan form yang akan diisi secara internal dalam perusahaan. Jika kita ingin memperjelas setiap bentuk dan bagian isian dari formulir tersebut, maka mungkin kita akan menggunakan berbagai hal seperti gambar, border, grafik, atau berbagai hal lain yang bisa membantu memperbagus tampilan formulir serta membuatnya menjadi lebih mudah dan intuitif dalam pengisiannya. Adanya batasan cell vertikal dan horizontal standar dari spreadsheet mungkin akan mengganggu maksud tersebut dan akan lebih baik jika hal tersebut dihilangkan dari tampilan formulirnya.

Untuk mencapai tujuan dalam kasus tersebut, maka ada baiknya kamu mengetahui cara menghilangkan garis di excel. Dengan mengetahui hal ini, maka kamu akan bisa untuk menggunakannya sesuai dengan kebutuhanmu ketika memang diperlukan dan tampilan spreadsheetmu kemungkinan bisa akan menjadi lebih sesuai dengan preferensimu.


Apa Itu Cara Menghilangkan Garis Excel?


Cara menghilangkan garis di microsoft excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan menyembunyikan batasan vertikal dan horizontal standar dari spreadsheet. Hal tersebut bisa dilakukan dengan mudah jika kamu mengetahui di mana dan bagaimana hal tersebut diatur pada perangkat lunak ini.


Bagaimana Cara Menghapus Garis di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai langkah per langkah cara menghapus garis pada excel disertai dengan screenshotnya untuk memperjelas cara melakukannya bagimu. Terdapat 3 metode untuk melakukannya (2 jika kamu menggunakan Mac) yang akan dijelaskan masing-masing secara detail.


Cara Menghapus Garis Pada Excel


Metode 1 - Menggunakan Tab View atau Page Layout


  1. Klik tab View atau Page Layout dari spreadsheetmu

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Klik sekali pada checkbox Gridlines atau View Gridlines. Jika kamu ingin memunculkan batasannya lagi, maka tinggal klik lagi checkboxnya

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 1-2-1

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 1-2-2


Metode 2 - Menggunakan Color Fill Pada Cell (Bisa Untuk Sebagian Tempat Saja)


  1. Sorot cell range yang ingin kamu hilangkan batasan cellnya atau tekan Ctrl + A (Command + A untuk Mac) jika kamu ingin menghilangkan batasan dari sheetmu secara keseluruhan

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Klik simbol Fill pada tab Home dan pilih warna sesuai keinginanmu untuk latar belakang semua cell dalam rangemu (pilih warna putih jika ingin warnanya terlihat sama seperti sebelumnya)

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 2-2-1

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 2-2-2

    Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Langkah 2-2-3


Metode 3 - Menggunakan Tombol Shortcut (Khusus Untuk Windows)


Tekan tombol Alt + W + V + G secara bersamaan



Latihan


Setelah memahami penggunaan setiap metode yang dijabarkan di atas, sekarang saatnya kamu mencobanya pada file spreadsheetmu sendiri. Buka filemu dan cobalah cara menghilangkan garis di excel dengan menggunakan masing-masing metode yang sudah dijabarkan sebelumnya. Apakah kamu bisa melakukannya?


Catatan Tambahan


Jika kamu justru ingin mencetak batasan vertikal dan horizontal cell standar dari spreadsheet tersebut, maka kamu hanya perlu ke tab Layout lalu pastikan checkbox Print pada Gridlinesnya tercentang.

Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1

Cara Menghilangkan Garis di Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert