Cara Mengurutkan Data di Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Mengurutkan Data di Excel



Di tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengurutkan data di excel secara lengkap.

Ketika bekerja di excel, terkadang kita perlu mengurutkan data kita dalam suatu urutan tertentu agar kita dapat menganalisisnya dengan lebih mudah. Jenis data yang berbeda di excel mungkin saja memerlukan cara pengurutan data yang berbeda pula.

Dengan mempertimbangkan hal ini, kita akan mendiskusikan berbagai cara mengurutkan data di excel di tutorial ini. Hal ini agar kamu bisa mengurutkan data yang kamu inginkan dengan mudah ketika kamu bekerja di excel.

Apakah kamu mau menguasai bagaimana cara mengurutkan berbagai jenis data di excel? Jika ya, baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Cara Mengurutkan Abjad di Excel

Kita akan memulai tutorial ini dengan mendiskusikan bagaimana cara mengurutkan abjad di excel.

Proses pengurutan abjad adalah salah satu hal dasar ketika kita berbicara mengenai proses pengurutan data di manapun. Kita bisa melakukan proses pengurutan abjad di excel dengan mudah dengan menjalankan langkah-langkah berikut.

  1. Sorot cell range dari kolom yang ingin kamu urutkan abjadnya

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Abjad, Langkah 1

  2. Pergi ke tab Data dan klik tombol A to Z atau Z to A

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Abjad, Langkah 2

  3. Di dialog box yang muncul, ada dua pilihan untuk proses pengurutan datamu. Pilih “Expand the selection” jika kamu ingin mengurutkan kolom-kolom sebelahnya juga dengan kolom yang kamu sorot menjadi dasar proses pengurutannya. Pilih “Continue with the current selection” jika kamu hanya ingin mengurutkan kolom yang kamu sorot.

    Klik tombol Sort setelah kamu memilih salah satu pilihannya

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Abjad, Langkah 3

  4. Selesai!

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Abjad, Langkah 4




Cara Mengurutkan Angka di Excel dari Kecil ke Besar/dari Besar ke Kecil

Mau mengurutkan angka di excel dengan urutan dari kecil ke besar/dari besar ke kecil? Langkah-langkah untuk melakukan proses pengurutan angka di excel mirip dengan langkah-langkah untuk melakukan proses pengurutan abjad.

Ikuti langkah-langkah cara mengurutkan datamu secara abjad tadi untuk mengurutkan angka-angkamu di excel. Sorot cell range yang berisi angka-angkamu, pergi ke tab Data, dan klik salah satu dari dua tombol pengurutan di sana. Excel akan mengganti nama tombolnya menjadi “Sort Smallest to Largest” (dari kecil ke besar) dan “Sort Largest to Smallest” (dari besar ke kecil) ketika kamu ingin mengurutkan data angka.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Datanya

Ketika kamu mengklik salah satu tombolnya, pilih juga antara “Expand the Selection” atau “Continue with the current selection”. Klik tombol Sort dan kamu akan mengurutkan angka-angkamu berdasarkan urutan yang kamu inginkan.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Angka di Excel



Cara Mengurutkan Nama di Excel

Cara mengurutkan nama di excel sama dengan cara mengurutkan datamu berdasarkan abjad. Kamu bisa mengurutkannya dari A ke Z atau dari Z ke A.

Tinggal ikuti langkah-langkah untuk mengurutkan abjad di excel tadi untuk mengurutkan nama-namamu. Dengan melakukan itu, kamu akan dapat mengurutkan nama-namamu berdasarkan urutan tertentu!



Cara Mengurutkan Tanggal di Excel

Tanggal adalah sejenis data angka di excel. Oleh karena itu, cara mengurutkan tanggal di excel agak mirip dengan cara mengurutkan angka di excel.



Berikut langkah-langkah untuk melakukan pengurutan tanggal di excel. Sorot cell range yang berisi tanggal-tanggalmu, pergi ke tab Data, dan klik salah satu tombol pengurutan data di sana. Kamu bisa mengklik tombol “Sort Oldest to Newest” atau “Sort Newest to Oldest” jika kamu mengurutkan tanggal.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Datanya

Setelah itu, pilih “Expand the Selection” atau “Continue with the current selection” di dialog box yang muncul. Klik Sort dan kamu telah mengurutkan tanggal-tanggalmu berdasarkan urutan yang kamu inginkan!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Tanggal di Excel



Cara Mengurutkan Waktu di Excel

Seperti tanggal, waktu adalah sejenis data angka juga di excel. Oleh karena itu, kamu bisa mengurutkan waktu di excel dengan menggunakan cara mengurutkan angka juga.

Sorot cell range yang berisi data waktunya, pergi ke tab Data, dan klik salah satu dari dua tombol pengurutan di sana. Kamu bisa mengklik tombol “Sort Smallest to Largest” atau “Sort Largest to Smallest”.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Datanya

Setelah itu, pilih “Expand the selection” atau “Continue with the current selection” dan lalu klik Sort. Kamu telah mengurutkan data waktu di kolommu berdasarkan urutan yang kamu inginkan!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Waktu di Excel



Cara Mengurutkan Nomor di Excel

Untuk mengurutkan nomor dalam sebuah kolom di excel, kamu tinggal gunakan cara mengurutkan angka karena nomor pastinya adalah angka juga.

Sorot kolom berisi nomor-nomormu, pergi ke tab Data, dan klik salah satu dari dua tombol pengurutan data di sana. Kamu bisa mengklik tombol “Sort Smallest to Largest” atau “Sort Largest to Smallest”.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Datanya

Pilih “Expand the Selection” atau “Continue with the current selection” dan klik Sort. Pada contoh, kita memilih “Continue with the current selection”.

Jalankan semua langkah tersebut dan kamu akan langsung mengurutkan nomor-nomormu di excel!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Nomor di Excel



Cara Mengurutkan Cell-Cell Tersorot di Excel

Ingin mengurutkan data di cell-cell terpisah yang sedang kamu sorot di excel? Tinggal jalankan langkah-langkah proses pengurutan data di excel yang sudah kita diskusikan sebelumnya.

Terus sorot cell-cellnya tersebut, pergi ke tab Data, dan klik salah satu dari dua tombol pengurutan data di sana.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Datanya

Lakukan semua itu dan kamu akan mengurutkan data-data di cell-cell tersorotmu!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Cell-Cell Tersorot di Excel




Cara Mengurutkan Warna di Excel

Sudah mengaplikasikan suatu kode warna di tabel datamu dan ingin mengurutkan data-data di tabel tersebut berdasarkan warnanya? Ikuti langkah-langkah berikut untuk menjalankan proses pengurutannya.

  1. Taruh kursor cellmu di cell range di mana kamu ingin mengurutkan data berdasarkan warna

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Warna, Langkah 1

  2. Pergi ke tab Data dan klik tombol Sort di sana

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Warna, Langkah 2

  3. Di dialog box yang muncul, masukkan input detail proses pengurutan warna yang kamu inginkan untuk tabel datamu. Untuk setiap tambahan input detail, kamu perlu mengklik tombol Insert di sana.

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Warna, Langkah 3-1

    Dalam setiap detail, kamu perlu memasukkan input-input berikut:
    • Kolom di mana warna yang ingin kamu jadikan dasar dari proses pengurutan datamu berada di dropdown “Column”
    • Dasar proses pengurutan di kolom tersebut di dropdown “Sort on”. Karena kamu ingin menggunakan warna sebagai dasar pengurutan data di sini, pilih “Cell Color” (warna cell) atau “Font Color” (warna tulisan)
    • Warna yang ingin kamu tentukan urutannya di dropdown “Color/Icon”
    • Urutan yang kamu inginkan untuk warna yang kamu pilih. Di atas (on top) atau di bawah (on bottom)

    Berikan input detail untuk setiap warna yang ingin kamu jadikan dasar proses pengurutan datamu

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Warna, Langkah 3-2

  4. Klik OK. Dengan menjalankan langkah-langkah tersebut, kamu telah mengurutkan tabel datamu berdasarkan warna!

    Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Cara Mengurutkan Warna, Langkah 4




Cara Mengurutkan Data Duplikat di Excel

Jika kamu mempunyai data duplikat, kamu mungkin ingin menempatkan mereka di posisi teratas agar kamu bisa mengidentifikasi mereka dengan lebih mudah. Untuk melakukan hal ini di excel, kamu bisa mengkombinasikan penggunaan conditional formatting dengan proses pengurutan data berdasarkan warna.

Kita gunakan conditional formatting untuk menandai data duplikat kita dengan warna terlebih dahulu. Untuk melakukannya, sorot cell range yang berisi data duplikat yang ingin kamu urutkan. Lalu, pergi ke tab Home, klik tombol dropdown Conditional Formatting, dan pilih Manage Rules….

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Conditional Formatting, dan Pilihan Manage Rules...nya

Di dialog box conditional formatting, klik tombol New Rule….

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol New Rule... di Dialog Box Conditional Formatting

Di dialog box lainnya yang muncul, pilih “Format only unique or duplicate values” di boks Select a Rule Type. Kemudian, di bagian di bawah boksnya, pastikan kamu memilih “Duplicate” di dropdownnya di sana.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Format only unique or duplicate values dan Dropdown Bernilai Duplicate

Lalu, klik tombol Format….

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Format... di Dialog Box Conditional Formatting

Karena kita ingin mewarnai data-data duplikat kita, pergi ke tab Fill di dialog box yang muncul. Lalu, pilih warna yang kita ingin jadikan penanda data duplikat kita.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Fill di Dialog Box Conditional Formatting

Setelah kamu memilih warnanya, klik OK lalu OK lalu OK lagi. Sekarang, warna cell-cell yang berisi data duplikat di cell range yang kamu sorot seharusnya menjadi sesuai dengan warna pilihanmu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pewarnaan Cell Berisi Data Duplikat dengan Conditional Formatting

Selanjutnya, kita tinggal mengurutkan cell range kita berdasarkan warna cell data duplikatnya. Tempatkan kursor cellmu di cell range yang berisi datamu, pergi ke tab Data, dan pilih tombol Sort.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Tombol Sort

Di dialog box Sortnya, buat detail pengurutan data yang akan menjadikan posisi cell-cell dengan warna data duplikatnya menjadi di atas. Dalam contoh, kita pilih kolom “Name”, mengurutkan berdasarkan “Cell Color”, warna/ikon “Yellow”, dan urutan “On Top”.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Input Detail Pengurutan Data Duplikat

Klik OK setelah kamu memasukkan input detail pengurutan datanya. Sekarang, data duplikatmu seharusnya berada di posisi teratas dari cell rangemu!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Data Duplikasi di Excel



Cara Mengurutkan Secara Bertingkat di Excel

Perlu proses pengurutan secara bertingkat untuk data-datamu di excel?

Jika kamu mempunyai kebutuhan ini, maka kemungkinan kamu mempunyai beberapa variabel data yang kamu ingin jadikan dasar proses pengurutan tabel datamu. Akan ada prioritisasi, tentu saja, dengan kita mengurutkan data kita berdasarkan satu variabel terlebih dahulu sebelum mengurutkannya berdasarkan variabel lainnya.



Kita bisa melakukan proses pengurutan data secara bertingkat tersebut dengan menggunakan dialog box sort di excel. Tempatkan kursor cellmu di tabel data yang ingin kamu urutkan datanya secara bertingkat. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol Sort di sana.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Tombol Sort

Dalam contoh, kita ingin mengurutkan data kita berdasarkan pekerjaan terlebih dahulu (A ke Z) sebelum kita mengurutkannya berdasarkan nama (Z ke A). Untuk melakukan proses pengurutan tersebut, di dialog box sortnya, kita berikan input detail untuk kedua proses pengurutannya tersebut.

Detail yang lebih atas di dialog boxnya akan diprioritaskan oleh excel. Oleh karena itu, kita buat detail pengurutan data berdasarkan pekerjaan terlebih dahulu di contohnya. Kita berikan input kolom “Occupation”, mengurutkan berdasarkan “Values”, dan urutan “A to Z” untuk detailnya.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Input Detail Pertama untuk Pengurutan Data Secara Bertingkat

Setelah kita selesai memasukkan input detail pertamanya, kita tambahkan tingkatan lainnya yang berdasarkan nama ke proses pengurutan data kita. Untuk menambahkannya, kita klik tombol Insert di dialog boxnya terlebih dahulu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Insert di Dialog Box Sort

Mengklik tombol tersebut akan menambahkan baris detail baru di dialog boxnya di mana kita bisa memberikan input detail pengurutan lainnya. Di sini, kita masukkan input kolom “Name”, mengurutkan berdasarkan “Values”, dan urutan “Z to A”.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Input Detail Tambahan untuk Pengurutan Data Secara Bertingkat

Jika kamu mempunyai tingkatan dasar proses pengurutan lainnya, klik terus tombol Insertnya dan isi semua baris detail yang muncul. Kamu juga bisa memindahkan tingkatan dasar proses pengurutannya ke atas/ke bawah dan menghapus tingkatan yang tidak kamu perlukan lagi.

Klik OK setelah kamu selesai memasukkan input detail proses pengurutannya. Sekarang, tabel datamu seharusnya sudah urut datanya berdasarkan detail-detail proses pengurutan yang telah kamu masukkan di dialog boxnya tadi!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Data Secara Bertingkat di Excel



Cara Mengurutkan Subtotal di Excel

Jika kamu menggunakan fitur subtotal di excel, kamu bisa mengurutkan subtotal-subtotal dari angka-angkamu juga jika kamu mau. Cara menjalankan proses pengurutannyapun cukup mudah.

Pertama, kamu pastinya perlu mengaplikasikan fitur subtotal ke angka-angka di tabel datamu di excel. Jika kamu belum mengaplikasikannya, tempatkan kursor cellmu di cell range di mana kamu ingin mendapatkan subtotalnya. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol Subtotal di sana.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Tombol Subtotal

Excel akan menampilkan dialog box fitur subtotalnya untukmu. Pastikan variabel data yang ingin kamu dapatkan subtotalnya sudah memiliki tanda centang pada boks centangnya di dialog boxnya. Dan juga, pastikan dropdown pertama di sana menempatkan subtotalmu di tempat yang benar dan nilai dropdown keduamu adalah “Sum”.

Di contoh, kita ingin mendapatkan subtotal kuantitas penjualan dan kita ingin menempatkan subtotalnya di bawah dari setiap bulan. Oleh karenanya, dialog box subtotal kita menjadi seperti ini.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Pengaturan Dialog Box Subtotal

Kita klik OK setelah itu dan excel akan memberikan subtotal dari angka-angka variabel data yang kita set di dialog boxnya!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Hasil Penggunaan Fitur Subtotal pada Suatu Tabel Data

Yang muncul bersamaan dengan subtotalnya adalah pengaturan pengelompokkan data yang bisa kamu ubah tampilannya pada bagian sebelah kiri dari worksheetmu. Pengaturan pengelompokkan data tersebut menjadi penting jika kamu ingin mengurutkan subtotal-subtotalmu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Pengaturan Pengelompokkan Data

Untuk memulai proses pengurutan subtotalnya, klik semua simbol minus di bagian nomor 2 dari sebelah kiri worksheetmu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol-Tombol Minus di Bagian Pengaturan Pengelompokkan Data

Melakukan hal tersebut akan membuat tabel datamu hanya menunjukkan baris-baris dengan angka subtotal dan total.

Kemudian, tempatkan kursor cellmu di kolom di mana semua subtotalmu berada. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol “Sort Smallest to Largest” atau “Sort Largest to Smallest”. Tombol yang sebaiknya kamu klik tentunya bergantung dari urutan subtotal seperti apa yang kamu inginkan.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengaturan Data

Excel akan langsung mengurutkan semua subtotalmu berdasarkan urutan yang kamu inginkan! Pada contoh, kita mengurutkan subtotalnya dari besar ke kecil.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Subtotal

Jika kamu menampilkan datamu lagi (dengan mengklik simbol-simbol plus di sebelah kiri), kamu akan melihat bahwa excel hanya mengurutkan subtotalmu, bukan angkamu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Tampilan Data Setelah Pengurutan Subtotal

Ini tentunya bagus jika kamu hanya ingin mengetahui urutan subtotalmu tanpa mengubah urutan datamu secara keseluruhan!



Cara Mengurutkan Kolom di Excel

Datamu berada di kolom-kolom, bukan di baris-baris seperti biasanya, dan kamu ingin mengurutkannya juga? Walaupun bentuknya tidak biasa, kamu juga bisa mengurutkannya dengan mengubah beberapa detail dari proses pengurutan data yang standar di excel.

Untuk mulai proses pengurutannya, sorot kolom-kolom yang datanya ingin kamu urutkan. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol Sort di sana.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Tombol Sort

Di dialog box Sortnya, klik tombol Options….

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Options... di Dialog Box Sort

Pilih orientasi “Sort left to right” dan klik OK.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Pilihan Orientasi Sort left to right di Dialog Box Options

Sekarang, kamu bisa memasukkan input detail proses pengurutan kolommu! Pilih baris yang akan menjadi dasar proses pengurutannya (Row), apa yang diurutkan dari baris tersebut (Sort on), urutan yang diinginkan (order), dan warna/ikon (Color/Icon). Pada contoh, kita memasukkan input Row 2 (Row), Values (Sort on), dan A ke Z (Order).

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Input Detail untuk Pengurutan Kolom

Klik OK setelah kamu memasukkan semua detail pengurutan data dari kolom-kolommu. Melakukan itu akan membuatmu mengurutkan kolom-kolommu berdasarkan input detail proses pengurutan kolommu tadi!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Kolom




Cara Mengurutkan Tabel di Excel

Karena tabel excel memiliki fitur pengurutan datanya sendiri, proses pengurutan data dalam suatu tabel excel menjadi cukup mudah dilakukan.

Untuk memulai proses pengurutan tabel, pertama pastikan header-header tabelmu sudah menampilkan tombol filter. Tombol filter adalah tombol dengan lambang tanda panah ke bawah di sisi sebelah kanan dari header-headermu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Tombol Filter di Tabel Excel

Tombol filter tersebut biasanya langsung muncul setelah kamu mengkonversi suatu cell range menjadi tabel. Jika tombol tersebut tidak muncul, kamu bisa memunculkannya sendiri dengan mencentang boks centang “Filter Button” di tab Table. Tempatkan kursor cellmu di dalam tabelmu agar tab Table tersebut menjadi muncul di ribbonmu.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Table dan Boks Centang Filter Button

Jika tombol filternya sudah muncul, klik tombol filter di kolom yang ingin kamu jadikan dasar proses pengurutan data di tabelmu. Kemudian, pilih apakah kamu ingin mengurutkan data kolommu tersebut dari kecil ke besar atau dari besar ke kecil.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Pengurutan di Menu Tombol Filter Tabel Excel

Melakukan itu akan membuat data-data di tabelmu diurutkan berdasarkan preferensimu!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Tabel Excel



Cara Mengurutkan Tabel Pivot

Ingin mengurutkan data yang kamu punya di tabel pivotmu? Kamu bisa melakukan proses pengurutannya dengan cara pengurutan yang sama seperti di tabel data biasa di excel.

Tempatkan kursor cellmu di kolom/baris/nilai yang ingin kamu jadikan dasar proses pengurutan data dari tabel pivotmu. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol “Sort in Ascending Order” atau “Sort in Descending Order” (nama dari tombol-tombolnya tergantung dari jenis data yang kamu jadikan dasar proses pengurutan data di tabel pivotmu).

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Data

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Data di Tabel Pivot

Selesai! Kamu sudah mengurutkan data-data di tabel pivotmu berdasarkan kolom/baris/nilai yang kamu inginkan!



Cara Mengurutkan Grafik di Excel

Mau mengurutkan data di tampilan grafikmu sehingga ia menampilkan data-datamu dari kecil ke besar/besar ke kecil? Kamu bisa melakukannya dengan mengurutkan data-data di sumber data dari grafikmu tersebut. Tampilan grafikmu seharusnya akan mengikuti hasil pengurutan sumber datanya setelah itu.

Kamu bisa mengurutkan sumber data grafikmu dengan menggunakan langkah pengurutan data standar yang sudah kita diskusikan sebelumnya. Tempatkan kursor cellmu di kolom yang ingin kamu jadikan dasar pengurutan dari tampilan grafikmu. Lalu, pergi ke tab Data dan klik tombol “Sort in Ascending Order” atau “Sort in Descending Order”.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Data dan Dua Tombol Pengurutan Data

Lakukan itu dan kamu telah mengurutkan data di tampilan grafikmu!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Hasil Pengurutan Grafik



Latihan

Setelah kamu selesai mempelajari cara mengurutkan data di excel dari tutorial ini, sekarang mari mengerjakan latihan. Latihan ini agar kamu dapat menjadi semakin memahami implementasi dari apa yang baru saja kamu pelajari.

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaannya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawaban-jawabanmu.

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Jawab pertanyaan-pertanyaan di bawah ini di cell berwarna abu-abu yang sesuai di file latihannya!
  1. Data tanggal, produk, dan jumlah terjual mana yang berada di paling atas jika kamu mengurutkan tabel datanya berdasarkan jumlah penjualan tertinggi?
  2. Data tanggal, produk, dan jumlah terjual mana yang berada di paling bawah jika kamu mengurutkan tabel datanya berdasarkan data penjualan terbaru?
  3. Data tanggal, produk,, dan jumlah terjual mana yang berada di urutan kelima jika kamu mengurutkan tabel datanya dengan detail berikut? Urutkan cell berwarna hijau terlebih dahulu ke paling atas sebelum kamu mengurutkan data dengan warna tulisan merah ke paling atas

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Kamu juga bisa mengurutkan datamu dengan mengkik kanan cell range yang kamu ingin urutkan atau dengan menggunakan tombol filter. Untuk mengaktifkan tombol filter, tempatkan kursor cellmu di tabel data yang ingin kamu urutkan terlebih dahulu. Lalu, pergi ke tab Home, klik tombol dropdown Sort & Filter, dan pilih Filter.

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home, Tombol Dropdown Sort & Filter, dan Pilihan Filternya

Akan muncul tombol berlambang tanda panah ke bawah di header-header dari tabel datamu. Kamu bisa mengklik tombol di header yang datanya ingin kamu jadikan sebagai dasar proses pengurutan datamu. Lalu, pilih ascending (dari kecil ke besar/A ke Z) atau descending (dari besar ke kecil/Z ke A).

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Pilihan Pengurutan Data di Menu Tombol Filter

Dengan melakukan itu (atau dengan memilih pilihan perintah Sort yang relevan di menu klik kanan), kamu telah mengurutkan data-data di tabel datamu dengan menggunakan dasar proses pengurutan data yang kamu inginkan!

Cara Mengurutkan Data di Excel - Screenshot Contoh Hasil Pengurutan Data dengan Tombol Filter



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert