Cara Protect Sheet Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Protect Sheet Excel



Dalam tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai cara protect sheet excel. Cara protect sheet di excel sangat berguna dipahami terutama ketika ingin agar data pada suatu lembar kerjamu di perangkat lunak ini tidak diganti secara sembarangan.


Mengapa Perlu Mempelajari Cara Lock Sheet Excel?


Ketika kita sedang melakukan pengolahan data dalam spreadsheet, mungkin terdapat kebutuhan untuk melindungi data atau formula yang kita punyai dalam suatu lembar kerja kita. Kebutuhan ini terjadi ketika data dan formula tersebut bersifat penting dan tetap sehingga tidak butuh untuk diganti-ganti lagi. Malah mungkin saja penggantiannya akan membuat hasil analisis menjadi tidak benar atau akan menjadikan error beberapa pemrosesan data yang sudah kita lakukan. Menjaga agar pemrosesan kita tetap benar adalah penting di spreadsheet dan mengetahui bagaimana melakukannya pada lembar kerja kita merupakan salah satu hal yang sangat berguna bagi pemahaman kita.

Sebagai contoh mengenai aplikasi dari kebutuhan perlindungan ini pada pekerjaan, misalkan kita sedang melakukan pengolahan data kapasitas produksi dari mesin pabrik serta alokasi produksinya untuk setiap produk milik perusahaan. Mungkin terdapat beberapa data yang bersifat cukup tetap seperti kapasitas produksi ataupun nama mesin sehingga tidak perlu diganti lagi ketika kita sedang melakukan pemrosesannya. Ada juga beberapa formula untuk analisis kapasitas dan alokasi tersebut yang sudah kita tuliskan dan ingin kita lindungi dari modifikasi agar tidak menjadi error bagi hasil analisis yang sudah dilakukan. Untuk itu, kita memerlukan suatu cara agar data dan formula tersebut bisa terlindungi agar tak diubah secara sengaja maupun tidak sengaja yang bisa berdampak pada errornya hasil analisis kita.

Untuk membantu mensolusikan kebutuhan tersebut, maka kamu bisa mempraktekkan fungsi cara lock sheet excel. Cara ini sangat penting dipahami bagi semua pengguna perangkat lunak ini terutama jika sedang melakukan pengolahan data cukup kompleks karena biasanya terdapat suatu waktu dalam pengolahan di mana terdapat keinginan melindungi isi dari suatu lembar kerja sehingga kamu perlu mempraktekkan pemahamanmu mengenai cara melakukannya pada perangkat lunak spreadsheet ini.


Apa Itu Cara Protect Sheet Excel?


Cara protect sheet excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan melindungi data atau formula dalam suatu lembar kerja milikmu dari revisi atau modifikasi. Biasanya fungsi ini akan ditambahkan password dalam proses perlindungannya sehingga lebih aman jika ada orang selain kamu yang menggunakan file spreadsheet tersebut dan kamu tak ingin orang tersebut merubah suatu isi dari lembar kerja tertentu di dalamnya.


Bagaimana Cara Protect Sheet di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara protect sheet excel secara langkah per langkah. Metode ini hanya bisa digunakan secara satu per satu terhadap lembar kerja yang kamu punyai pada file spreadsheetmu, tidak bisa lebih dari satu secara sekaligus. Jika ingin lebih dari satu, maka kamu harus terampil menggunakan kode VBA untuk melakukannya.


Cara Protect Sheet Excel

  1. Klik kanan pada sheet yang ingin kamu proteksi

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Pilih Protect Sheet…

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan password yang akan diminta ketika seseorang ingin melakukan unprotect sheetnya nanti, sebanyak dua kali pada tempat tersedia. Kamu juga bisa tidak memasukkan password jika merasa tidak memerlukannya (Untuk unprotectnya nanti , maka hanya tinggal mengklik Unprotect pada lembar kerjanya saja kalau kamu tidak memasukkan password)

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Lakukan pengaturan apa saja boleh dan tidak boleh dilakukannya pada sheet tersebut ketika diprotect pada kumpulan checkbox di bagian bawah

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Klik OK setelah semua langkah tadi selesai

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Proses selesai!


Latihan


Setelah mempelajari langkah-langkah cara protect sheet excel, sekarang saat untuk mencoba mempraktekkannya demi mempertajam pemahamanmu. Buka file spreadsheet baru dan lakukan langkah-langkah dari tutorial tadi pada salah satu lembar kerja di sana. Seperti apa hasilnya dan apakah kamu bisa melakukannya?


Catatan Tambahan


Jika ingin mengatur cell mana yang bisa dan tidak bisa diedit ketika lembar kerjamu diprotect, maka kamu bisa melakukannya di menu Format Cell dari cell yang ingin diatur. Klik kanan pada cell tersebut dan pilih Format Cell.

Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Catatan Tambahan 1

Lalu di tab Protection, centang checkbox Locked jika ingin cell ini tidak bisa diedit pada saat lembar kerjanya diprotect dan jangan centang jika ingin bisa diedit, Lalu klik OK.

Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Catatan Tambahan 2

Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Catatan Tambahan 3



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert