Cara Protect Sheet Excel - Compute Expert

Cara Protect Sheet Excel


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Cara Protect Sheet Excel





Di tutorial ini, kamu akan mempelajari cara memproteksi sheet di excel dengan menggunakan beragam cara.

Ketika bekerja di excel, terkadang kita ingin memproteksi konten dari worksheet kita agar orang-orang tidak dapat mengeditnya secara sembarangan. Konten worksheet yang ingin kita proteksi tersebut mungkin adalah rumus/data yang krusial dalam proses pengolahan data di workbook excel kita.

Untuk memproteksi konten yang kamu punya di excel, salah satu cara mendasar yang bisa kamu implementasikan adalah memproteksi worksheetmu. Ada beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk menambahkan proteksi tersebut agar datamu menjadi lebih aman dari perubahan yang tidak direncanakan.

Mau tahu apa saja cara tersebut serta langkah-langkah apa saja yang perlu kamu jalankan untuk mengimplementasikan mereka? Baca tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Catatan Mengenai Proteksi Sheet di Excel

Ketika kamu memproteksi sheetmu, kamu mungkin berpikir hal tersebut akan membantu mengamankan datamu dari orang-orang yang mempunyai intensi buruk. Akan tetapi, fitur proteksi sheet dari excel sebenarnya bukanlah jaminan untuk hal tersebut karena terdapat banyak cara untuk menghilangkan proteksinya tersebut.

Bahkan jika kamu menambahkan password ketika kamu memproteksi sheetmu, hal itu tidak akan menjamin keamanan datamu di excel. Terdapat beberapa cara untuk membuka proteksi sheet excel secara paksa, tanpa harus mengetahui password proteksi yang kamu berikan. Orang bisa mencari cara-cara tersebut di internet dan langsung mengimplementasikannya untuk menghilangkan proteksi dari sheet-sheetmu.

Jadi, jika memang seperti itu, lantas apa gunanya kita mempelajari cara memproteksi sheet di excel? Jawabannya adalah proteksi sheet ini paling tidak bisa memproteksi datamu dari pengeditan yang sembarangan ataupun tidak disengaja.

Ketika kamu bekerja di excel, kamu mungkin mempunyai beberapa rumus atau data yang krusial untuk proses pengolahan datamu. Ketika kamu perlu memberikan file excelmu ke rekan kerjamu, kamu sebaiknya memproteksinya agar rekan kerjamu tidak bisa mengeditnya secara sembarangan. Dengan menambahkan proteksi tersebut, proses pengolahan datamu seharusnya menjadi aman dan rekan kerjamu hanya akan menginput data di tempat yang “sesuai”.

Jadi, poin utamanya di sini adalah jangan gunakan fitur proteksi sheet excel dengan tujuan untuk mengamankan datamu! Ketika seseorang mempunyai intensi buruk terhadap datamu dan benar-benar ingin menghilangkan proteksi sheet-sheetmu, mereka kemungkinan besar akan bisa melakukannya. Gunakanlah fitur proteksi sheet excel untuk membuat orang lain tidak bisa mengedit isi worksheetmu secara sembarangan dan/atau tidak disengaja.



Cara Protect Sheet Excel 1: Menu Format

Dengan memahami hal-hal yang baru saja kita diskusikan tadi, sekarang mari kita mulai mendiskusikan mengenai cara memproteksi sheet di excel. Cara pertama yang akan kita diskusikan di sini adalah cara yang dengan menggunakan menu format excel.

Bagaimana cara menggunakan menu format ini untuk memproteksi sheet kita di excel? Berikut langkah-langkah untuk menggunakannya.

  1. Aktifkan worksheet yang ingin kamu proteksi dengan cara mengklik tab worksheetnya jika kamu belum mengaktifkan

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Menu Format, Langkah 1

  2. Pergi ke tab Home, klik tombol Format, dan pilih Protect Sheet…

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Menu Format, Langkah 2

  3. Masukkan password untuk menghilangkan proteksi sheetnya nanti jika kamu mau. Ketikkan password tersebut di dua boks teks dari dialog box yang muncul. Jika kamu tidak menginginkan adanya password, kosongkan dua boks teks tersebut.

    Sesuaikan juga pengaturan proteksi sheetmu di area di bawah kedua boks teks passwordnya. Berikan tanda centang di boks centang dari hal-hal yang kamu ijinkan untuk dilakukan di worksheetmu ketika ia sudah diproteksi nanti

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Menu Format, Langkah 3

  4. Klik OK jika kamu sudah selesai dengan password dan pengaturan detail dari proteksi sheetmu

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Menu Format, Langkah 4

  5. Selesai!

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Menu Format, Langkah 5






Cara Protect Sheet Excel 2: Tombol Protect Sheet

Selain menu format di tab Home, kita juga bisa memproteksi sheet kita dengan menggunakan tombol protect sheet di excel. Berikut langkah-langkah yang perlu kamu ikuti untuk menggunakan tombolnya tersebut.

  1. Aktifkan worksheet yang ingin kamu proteksi dengan cara mengklik tab worksheetnya jika kamu belum mengaktifkannya

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Tombol Protect Sheet, Langkah 1

  2. Pergi ke tab Review dan klik tombol Protect Sheet di sana

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Tombol Protect Sheet, Langkah 2

  3. Masukkan password untuk menghilangkan proteksi sheetnya nanti di dua boks teks dari dialog box yang muncul. Jika kamu merasa tidak perlu ada password, kosongkan kedua boks teksnya tersebut.

    Atur juga pengaturan proteksi sheetmu di area di bawah boks teks passwordnya. Berikan tanda centang di boks centang dari hal-hal yang kamu ijinkan orang lakukan di worksheetmu ketika ia sudah terproteksi nanti

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Tombol Protect Sheet, Langkah 3

  4. Klik OK jika kamu sudah selesai dengan password dan pengaturan detail dari proteksi worksheetmu

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Tombol Protect Sheet, Langkah 4

  5. Selesai!

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Tombol Protect Sheet, Langkah 5




Cara Protect Sheet Excel 3: Menu Klik Kanan

Cara ketiga yang bisa kita gunakan untuk memproteksi sheet kita di excel dimulai dengan mengklik kanan tab sheet kita terlebih dahulu. Berikut detail dari langkah-langkah untuk mengimplementasikan cara klik kanan ini.

  1. Klik kanan tab sheet yang ingin kamu proteksi
  2. Pilih Protect Sheets…

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Klik keamanan, Langkah 2

  3. Masukkan password untuk menghilangkan proteksi sheetnya nanti di dua boks teks dari dialog box yang muncul. Jika kamu tidak menginginkan adanya password, kamu bisa mengosongkan kedua boks teksnya tersebut.

    Atur juga pengaturan proteksi sheetmu di area di bawah dua boks teks passwordnya. Berikan tanda centang di boks centang dari hal-hal yang kamu ijinkan orang lakukan di worksheetmu ketika ia sudah terproteksi nanti

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Klik Kanan, Langkah 3

  4. Klik OK jika kamu sudah selesai dengan password dan pengaturan detail dari proteksi sheetmu

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Klik Kanan, Langkah 4

  5. Selesai!

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Protect Sheet Excel dengan Klik Kanan, Langkah 5






Cara Protect Sheet Excel 4: Tombol Shortcut (Hanya untuk Windows)

Jika kamu ingin menggunakan shortcut untuk memproteksi worksheetmu, aktifkan worksheet yang ingin kamu proteksi terlebih dahulu. Lalu, tekan tombol Alt, lalu T, lalu P, dan lalu P. Akan muncul dialog box proteksi sheet excel di mana kamu bisa memasukkan password serta mengatur detail pengaturan dari proteksi sheetmu.

Shortcut ini hanya akan bekerja jika kamu menggunakan Windows. Fakta ini berlaku juga untuk shortcut tombol perintah ribbon lainnya yang ada di excel.



Cara Memproteksi/Tidak Memproteksi Cell Tertentu Dalam Sebuah Worksheet Terproteksi

Pengaturan default dari cell-cell di excel adalah mereka akan otomatis terproteksi ketika kamu memproteksi worksheetmu. Namun, ada kalanya kamu mungkin perlu membuat beberapa cell tidak terproteksi di worksheet di mana kamu memproteksi cell-cellnya yang lain.

Untuk melakukan hal ini, kamu perlu mengatur pengaturan proteksi dari cell-cellmu sebelum kamu memproteksi worksheetmu. Berikut langkah-langkah untuk melakukan hal tersebut.

  1. Sorot cell range yang berisi semua cell yang ingin kamu atur pengaturan proteksinya

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 1

  2. Klik kanan cell range yang kamu sorot dan pilih Format Cells….

    Kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + 1 (Command + 1 di Mac) secara bersamaan

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 2

  3. Di dialog box yang muncul, pergi ke tab Protection

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 3

  4. Di menu dari tab Protection tersebut, kamu bisa mengatur pengaturan proteksi cellmu melalui boks centang “Locked” di sana. Hilangkan tanda centang di boks centangnya tersebut jika kamu ingin cellmu tidak terproteksi ketika kamu memproteksi worksheetmu. Tambahkan tanda centang jika kamu ingin cellnya terproteksi ketika kamu memproteksi worksheetmu.

    Kamu bisa menghilangkan/menambahkan tanda centangnya tersebut dengan mengklik boks centangnya

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 4

  5. Setelah kamu selesai mengatur pengaturan proteksi cellmu, klik tombol OK

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 5

  6. Selesai! Sekarang, cell-cell cell range yang kamu sorot tadi seharusnya mengikuti pengaturan proteksi yang kamu atur ketika kamu memproteksi worksheet mereka

    Cara Protect Sheet Excel - Screenshot Cara Mengatur Pengaturan Proteksi Cell, Langkah 6




Latihan

Setelah kamu selesai mempelajari cara memproteksi worksheet di excel, sekarang mari mempraktekkan apa yang sudah kamu pelajari. Buka file excel baru dan coba proteksi worksheet di dalamnya dengan menggunakan cara-cara yang sudah kita diskusikan di tutorial ini.

Bagaimana hasilnya? Bisakah kamu melakukannya?



Catatan Tambahan

Kamu hanya bisa memproteksi satu worksheet dalam satu waktu di Excel (kecuali kamu menggunakan VBA atau fitur dari add-in excel tertentu)



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Learn Excel Dashboard Course

Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Rekomendasi Peralatan Kerja

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert