5 Fungsi Logika Excel yang Perlu Kamu Pahami


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> 5 Fungsi Logika Excel yang Perlu Kamu Pahami



Pada bagian tutorial ini, kita akan membahas mengenai 5 fungsi logika excel yang kamu sebaiknya kuasai. Jika butuh mempelajari rumus logika atau jenis lainnya secara keseluruhan, maka silakan lihat daftar tutorialnya di sini.

Fungsi logika pada excel adalah suatu hal yang digunakan untuk memberikan hasil berdasarkan proses evaluasi dari suatu kondisi. Hasilnya biasanya diberikan tergantung dari benar tidaknya kondisi tersebut.


Alasan Rumus Logika Excel Diperlukan dalam Pengolahan Data Kita


Pernah berurusan dengan proses evaluasi suatu data atau kondisi di file spreadsheetmu? Dalam suatu pengolahan data, hal ini mungkin sering ditemukan. Proses ini biasanya diperlukan ketika kita memiliki suatu kriteria untuk hasil pengolahan data kita. Jika kriterianya dipenuhi, maka hasilnya akan begini dan jika tidak, maka hasilnya akan begitu. Hal ini tidak akan merepotkan dilakukan secara manual jika kebutuhan prosesnya masih sedikit. Namun kalau sudah mulai banyak, maka tentunya akan sangat memakan waktu.

Sebagai contoh mengenai kebutuhan evaluasi ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang melakukan penilaian terhadap vendor pengadaan perusahaan. Mungkin terdapat beberapa kriteria yang harus dipenuhi demi mendapatkan skor tertentu dalam proses penilaiannya. Dan mungkin terdapat kebutuhan dalam melihat jenis data yang sudah diberikan oleh vendor untuk melakukan penilaiannya lebih lanjut. Kedua hal ini membutuhkan proses evaluasi data. Jika kita ingin melakukan proses penilaiannya secara optimal pada file spreadsheet, tentunya kita perlu mempelajari bagaimana melakukan proses evaluasinya secara tepat. Jika vendornya terdapat banyak dan ada berbagai variabel penilaian, maka jauh lebih baik ketika terdapat cara semi otomatis untuk melakukan evaluasinya.

Untuk keperluan evaluasi data atau kondisi berdasarkan logika tersebut, terdapat rumus fungsi logika excel yang tersedia dalam perangkat lunak ini. Mereka bisa dimanfaatkan sesuai dengan kebutuhanmu. Masing-masing memiliki kegunaannya tersendiri untuk dioptimalkan dalam proses pengolahan data.

Sebagai langkah awal memahami fungsi-fungsinya, mungkin ada baiknya kamu memahami 5 fungsi logika excel terpenting terlebih dahulu. Mereka yang biasanya digunakan untuk keperluan proses evaluasi logis suatu kondisi atau data. Dengan pemahamanmu terhadap mereka, maka kamu sudah memiliki pengetahuan awal yang kuat untuk melakukan sebagian besar proses evaluasi sesuai kebutuhanmu.


Daftar Fungsi Logika Excel Paling Penting Untuk Dikuasai Cara Penggunaannya


Jadi apa saja fungsi logika excel untuk sebaiknya dipahami? Terdapat 5 yang dijabarkan pada daftar di bawah ini. Masing-masing judul dari penjabaran rumusnya sudah diberikan link tutorial Compute Expertnya agar kamu bisa langsung mempelajarinya jika dibutuhkan.


IF


Fungsi Logika Excel - Screenshot IF

Tidak hanya rumus logika excel terpenting untuk dipahami penggunaannya, ia juga termasuk yang terpenting dipahami dibandingkan seluruh rumus excel lainnya. Ketika kamu butuh mengevaluasi kondisi, maka IF akan memberikan hasil berdasarkan benar tidaknya kondisi tersebut. Dalam pemanfaatannya, kamu juga perlu memahami cara menggunakannya secara bertingkat agar hasilnya bisa lebih optimal lagi sesuai kebutuhanmu.


AND


Fungsi Logika Excel - Screenshot AND

Dalam penggunaan IF, mungkin terdapat kebutuhan mengevaluasi lebih dari satu kondisi logika secara bersamaan. Jika kamu ingin seluruh kondisinya benar baru menghasilkan TRUE pada IFmu, maka gunakan AND. Kebutuhan mengevaluasi lebih dari satu kondisi sendiri biasanya sering ditemukan jika memang terdapat beberapa kriteria dalam proses penentuan hasilmu.


OR


Fungsi Logika Excel - Screenshot OR

Dalam hal mengevaluasi lebih dari satu kondisi secara bersamaan, terdapat juga rumus OR untuk kondisi berbeda. Pakai OR jika kamu ingin salah satu kondisinya saja benar sudah menghasilkan TRUE. Penggunaan AND atau OR tentunya disesuaikan dengan kebutuhanmu dalam melakukan proses evaluasinya


IFERROR


Fungsi Logika Excel - Screenshot IFERROR

Butuh mengantisipasi error? Error terkadang ditemukan dalam penggunaan rumus kita di excel dan hal ini bisa mengacaukan hasil suatu proses pengolahan data. Jika ingin memberikan nilai alternatif ketika error tersebut dihasilkan, maka kamu perlu mempelajari IFERROR.


ISERROR


Fungsi Logika Excel - Screenshot ISERROR

Butuh memberikan hasil selain hasil formulamu jika tidak error? Gunakan ISERROR. Error merupakan suatu kondisi yang biasanya perlu diantisipasi dalam file spreadsheet. Dengan pemahaman penggunaan IFERROR dan ISERRORmu, maka kamu memiliki amunisi lengkap untuk melakukannya.


***


Apakah kamu sudah memahami cara memakai kelima fungsi logika excel tersebut? Jika sering melakukan proses evaluasi di file spreadsheetmu, segera pelajari yang memang belum dipahami. Pemahaman tersebut mungkin akan menjadi penting ketika kamu melakukan pengolahan data lagi di perangkat lunak ini.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert