5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Compute Expert

5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> 5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh





Di tutorial ini, kamu akan mempelajari 5 fungsi logika excel yang kamu sebaiknya kuasai cara penggunaannya. Kami akan menunjukkan contoh penggunaan mereka di sini serta mendiskusikan sedikit mengenai cara menggunakan mereka. Selain itu, kita juga akan membahas mengenai fungsi logika excel secara umum, operator logikanya, serta fungsi logika excel lainnya.

Ketika bekerja di excel, kita mungkin terkadang perlu mendapatkan hasil pengolahan data kita berdasarkan logika tertentu. Apakah kondisi logika yang kita evaluasi benar atau tidak akan sangat menentukan hasil pengolahan data yang akan kita dapatkan. Untuk jenis pengolahan data yang seperti ini, excel menyediakan bagi kita beberapa fungsi logika yang bisa kita gunakan.

Namun, kita mungkin tidak sering menggunakan semua fungsi logika yang disediakan oleh excel tersebut. Beberapa kelihatannya lebih penting untuk dikuasai cara penggunaannya dibandingkan dengan yang lainnya. Hal ini karena kita kemungkinan jauh lebih sering menggunakan fungsi-fungsi logika tersebut ketika mengolah data kita di excel.

Mau tahu apa saja fungsi-fungsi logika yang kemungkinan besar lebih sering kita gunakan ketika kita bekerja di excel? Ingin mempelajari lebih jauh juga mengenai pemrosesan logika pada data kita di excel? Baca tutorial ini sampai ke bagian akhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Fungsi Logika Adalah…

Fungsi logika di excel adalah fungsi yang hasilnya sangat tergantung pada proses evaluasi dari satu/beberapa kondisi logika.

Proses evaluasi kondisi logika menghasilkan nilai logika TRUE/FALSE, tergantung dari apakah kondisi logika tersebut benar atau tidak. Nilai logika TRUE/FALSE ini akan menentukan hasil dari fungsi logika kita.

Contoh paling umum dari fungsi logika di excel mungkin adalah IF. Jika kita menuliskan sebuah rumus IF seperti ini dalam sebuah cell:

= IF ( A1 > B1 , “Benar” , “Salah” )


Maka isi cell tersebut akan bergantung pada hasil perbandingan antara isi cell A1 dan B1. Jika cell A1 lebih besar daripada B1, maka isi cell di mana kita menuliskan rumus IF kita tersebut akan menjadi “Benar”. Selain itu, isi cellnya akan menjadi “Salah”.



Operator Logika di Excel

Untuk memasukkan satu input kondisi logika kita ke dalam suatu fungsi logika, kita sepertinya harus selalu menggunakan operator logika. Berikut tabel yang merangkum operator-operator logika yang bisa kita gunakan di excel, arti dari mereka, dan juga contoh penulisannya.

Operator LogikaArtiContoh Penulisan
=sama denganA1=B1
<>tidak sama denganA1<>B1
>lebih dariA1>B1
<kurang dariA1
>=lebih dari atau sama denganA1>=B1
<=kurang dari atau sama denganA1<=B1


Gunakan operator logika yang tepat dalam input kondisi logikamu agar kamu bisa mendapatkan hasil yang benar dari fungsi logikamu!




5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh

Walaupun kita bisa menggunakan cukup banyak fungsi logika di excel, ada beberapa yang kemungkinan kita gunakan lebih sering dibandingkan yang lain. Berdasarkan pengalaman kami, berikut 5 fungsi logika yang kemungkinan besar jauh lebih sering digunakan. Menguasai cara penggunaan mereka seharusnya membantumu dalam sebagian besar proses pengolahan data berdasarkan logika yang perlu kamu lakukan di excel.


IF


5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Screenshot Contoh Implementasi IF

Tak hanya menjadi salah satu fungsi logika terpenting, IF mungkin juga merupakan salah satu fungsi terpenting di excel secara umum. Kita seringkali perlu menggunakan IF ketika kita mau mendapatkan hasil berdasarkan suatu nilai yang bersifat dinamis.

Konsep dari IF sendiri sebenarnya cukup simpel untuk dipahami. Ketika kita menuliskannya, kita masukkan input sebuah kondisi logika dan dua hasil yang berbeda ke dalamnya. Hasil yang kita dapatkan dari IF tergantung dari apakah input kondisi logika tersebut bernilai TRUE atau FALSE.

Jika kondisi logikanya bernilai TRUE, maka kita akan mendapatkan suatu hasil tertentu. Jika kondisi logikanya bernilai FALSE, maka kita akan mendapatkan hasil lainnya. Kita juga terkadang perlu menaruh IF di dalam IF jika kita mempunyai beberapa kondisi logika yang kita perlu evaluasi.

Berikut bentuk penulisan umum dari sebuah rumus IF di excel.

= IF ( kondisi_logika , hasil_jika_true , hasil_jika_false )


Jika kamu belum menguasai dasar penggunaan rumus IF di excel, maka kamu harus mempelajarinya sesegera mungkin! Melakukan hal tersebut akan membuatmu jadi terbantu di banyak kesempatan ketika kamu perlu mengolah datamu secara optimal di excel.

Pelajari lebih lanjut tentang IF di tutorial Compute Expertnya


AND


5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Screenshot Contoh Implementasi AND

Fungsi AND adalah sebuah fungsi yang lebih berfungsi ke membantu kita menggunakan fungsi IF secara lebih optimal. Ketika kita perlu mengevaluasi beberapa kondisi logika secara bersamaan dalam IF, AND dapat membuat kita melakukannya dengan lebih mudah. Tinggal tuliskan AND di bagian input kondisi logika dari IFmu dan masukkan semua kondisi logikamu ke dalamnya.

Hal penting yang sebaiknya kamu ingat ketika kamu menggunakan AND adalah logika proses berpikirnya. AND akan memberikanmu TRUE jika semua kondisi logika yang menjadi inputnya bernilai TRUE. Jika setidaknya salah satu dari mereka bernilai FALSE, AND akan memberikanmu FALSE.

Berikut bentuk penulisan umum dari AND di excel.

= AND ( kondisi_logika1 , kondisi_logika2 , … )


Pisahkan kondisi-kondisi logika yang kamu masukkan ke dalam AND dengan tanda koma ( , ). Karena hasil dari AND adalah nilai logika TRUE/FALSE, kita biasanya menggunakan AND bersama dengan IF di excel.

Pelajari lebih lanjut tentang AND di tutorial Compute Expertnya


OR


5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Screenshot Contoh Implementasi OR

Jika kamu memerlukan logika proses berpikir yang berbeda dari AND ketika mengevaluasi beberapa kondisi logika secara bersamaan, kamu bisa menggunakan OR. OR akan memberikanmu hasil TRUE/FALSE yang berbeda dari yang diberikan oleh AND.

Jika paling tidak salah satu dari kondisi-kondisi logika yang kamu masukkan ke OR bernilai TRUE, OR akan memberikanmu TRUE. Jika semua kondisi logika yang kamu masukkan ke OR bernilai FALSE, OR akan memberikanmu FALSE.

Jika kamu perlu mengetes beberapa kondisi logika dalam IFmu, kamu sebaiknya memahami cara menggunakan rumus AND dan OR. Pilih salah satu dari mereka berdasarkan hasil TRUE/FALSE yang kamu ingin dapatkan dari evaluasi kondisi-kondisi logikamu.

Bentuk penulisan dari OR sendiri hampir sama dengan AND.

= OR ( kondisi_logika1 , kondisi_logika2 , … )


Dengan menguasai cara penggunaan AND dan OR, kamu seharusnya jadi bisa menggunakan IF di excel dengan jauh lebih optimal!

Pelajari lebih lanjut tentang OR di tutorial Compute Expertnya




IFERROR


5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Screenshot Contoh Implementasi IFERROR

Ketika bekerja di excel, kita terkadang mendapatkan error dari rumus yang kita tuliskan. Error tersebut bisa jadi membuat hasil pekerjaan kita menjadi berantakan karena pengolahan data lanjutan dari error tersebut bisa menghasilkan error juga.

Untuk mengantisipasi suatu error di excel dan menggantikannya dengan suatu nilai alternatif, kita bisa menggunakan fungsi IFERROR untuk membantu kita. Masukkan rumus dari mana kita mengantisipasi error ke IFERROR dan nilai alternatif kita untuk errornya tersebut.

Jika rumus yang kita masukkan ke IFERROR benar memberikan hasil error, maka IFERROR akan menggantinya dengan nilai alternatif tersebut! Ini seringkali menjadi penting jika kita menjadikan hasil rumus kita sebagai referensi dari rumus lainnya. Kita juga jadi bisa menampilkan hasil pengolahan data kita di excel dengan jauh lebih baik tanpa adanya nilai error di dalamnya.

Berikut bentuk penulisan umum dari IFERROR di excel.

= IFERROR ( data_atau_rumus , nilai_alternatif_dari_error )


Kapanpun kita perlu mengantisipasi suatu nilai error, gunakan fungsi IFERROR untuk membantu kita!

Pelajari lebih lanjut tentang IFERROR di tutorial Compute Expertnya


IFNA


5 Fungsi Logika Excel yang Sebaiknya Kamu Pahami dan Cara Menggunakan Mereka + Contoh - Screenshot Contoh Implementasi IFNA

Jika IFERROR membantu kita mengantisipasi semua jenis error, IFNA membantu kita mengantisipasi error #N/A saja. Ini bisa jadi berguna jika kamu ingin tahu apakah errormu disebabkan oleh ketiadaan datamu di tabel referensimu.

Ketika kamu tahu kalau data yang kamu cari tidak tersedia, kamu mungkin ingin menambahkan referensinya di tabel referensimu. Dengan begitu, kamu jadi bisa menarik referensinya ketika kamu membutuhkannya nanti di cell yang lain. Jika kamu menggunakan IFERROR, kamu tidak akan tahu apakah errornya disebabkan oleh ketiadaan datanya atau disebabkan oleh hal lainnya.

Cara penulisan IFNA di excel sendiri hampir sama dengan IFERROR.

= IFNA ( data_atau_rumus , nilai_alternatif_dari_error_na )


Jika kamu perlu mengganti error #N/Amu sambil mengetahui juga apakah datamu tersedia atau tidak, gunakan IFNA!

Pelajari lebih lanjut tentang IFNA di tutorial Compute Expertnya



Fungsi Logika Lainnya di Excel

Selain kelima fungsi logika yang telah kita diskusikan, excel mempunyai beberapa fungsi logika lainnya yang bisa kamu gunakan. Walaupun daftar berikut mungkin tidak mencakup semua fungsi logikanya, berikut daftar fungsi logika lainnya yang bisa kamu gunakan di excel.
  • SWITCH: memberikanmu suatu hasil berdasarkan skenario kecocokan yang kita masukkan sebagai inputnya
  • NOT: mengubah TRUE menjadi FALSE dan FALSE menjadi TRUE
  • TRUE: memberikanmu nilai logika TRUE
  • FALSE: memberikanmu nilai logika FALSE
  • XOR: memberikanmu TRUE jika banyak input kondisi/nilai logikanya yang bernilai TRUE adalah ganjil. Jika banyaknya adalah genap atau FALSE, maka XOR akan memberikanmu nilai logika FALSE
  • IFS (mulai bisa digunakan excel 2019): versi lebih simpel dari IF bertingkat. Memberikanmu suatu hasil berdasarkan evaluasi kondisi logika yang bertingkat

Dalam situasi pengolahan data yang normal, kamu kemungkinan akan jarang menggunakan keenam fungsi logika tersebut (kecuali mungkin IFS jika kamu menggunakannya untuk menggantikan fungsi IF bertingkat sejak excel 2019).



Catatan Tambahan

  • Kamu bisa membuat tingkatan IF sampai dengan 64 IF dalam satu penulisan rumus
  • Kamu bisa memasukkan input sampai dengan 255 kondisi/nilai logika ke dalam AND dan OR




Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Learn Excel Dashboard Course

Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Rekomendasi Peralatan Kerja

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert