7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Compute Expert

7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> 7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021



Di artikel ini, kamu bisa melihat daftar laptop terbaik untuk menjalankan excel di tahun 2021 yang kami rekomendasikan untukmu (jika kamu menginginkan rekomendasinya secara cepat, laptop terbaik untuk menjalankan excel yang kami rekomendasikan saat ini adalah Microsoft Surface Laptop 3).

Jika kamu ingin bekerja dengan menggunakan excel, memiliki laptop yang bisa mengoperasikan programnya dengan lancar adalah suatu keharusan. Bagaimanapun, kamu tidak ingin proses kerjamu menjadi terhambat karena adanya lag atau error yang terkadang muncul.

Sebagai sebuah program, excel juga mempunyai persyaratan sistem yang membuatnya bisa beroperasi dengan baik dalam suatu laptop. Harus diakui bahwa hampir semua laptop standar bisa meluncurkan dan menjalankan excel. Namun, jika kamu menginginkan performa terbaik, maka kamu harus memilih laptop yang bisa menyesuaikan persyaratan sistem excel secara benar.

Dengan pertimbangan hal tersebut, kami sajikan kepadamu daftar laptop yang menurut kami termasuk yang terbaik untuk menjalankan excel. Jika kamu sering menghabiskan waktu dengan bekerja di excel setiap harinya, kamu bisa pertimbangkan untuk membeli laptop dalam daftar ini!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link affiliasi yang akan memberikan komisi kepada kami dalam setiap pembeliannya tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Link-link afiliasi kami adalah yang menawarkan produk/jasa yang bisa membantu mengoptimalkan penggunaan excel dalam pekerjaanmu sehari-hari. Jika kamu ingin membaca lebih jauh mengenai hal ini, silahkan kunjungi halaman Kebijakan Afiliasi kami.







Apa Saja Laptop Terbaik untuk Excel?

Berikut laptop-laptop yang menurut kami akan dapat menjalankan program Microsoft Excel secara optimal untukmu.



1. Microsoft Surface Laptop 3

Laptop terbaik untuk excel secara umum


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Microsoft Surface Laptop 3


Microsoft Surface Laptop 3 , menurut kami, adalah laptop terbaik saat ini yang bisa kamu gunakan untuk mendukung aktivitas excelmu. Karena produsen laptopnya adalah perusahaan yang juga membuat excel, tentunya kamu tidak dapat salah dengan menggunakan laptop ini :)

Didukung dengan prosesor generasi terbaru, laptop ini dapat membantumu bekerja di excel secara optimal dibandingkan dengan laptop lainnya. Baik kamu mengerjakan pengolahan data yang kompleks ataupun membuat permodelan data, proses pekerjaanmu seharusnya dapat ditangani laptop ini dengan mudah!

Terlebih lagi, laptop ini juga bisa mempunyai RAM 32GB dan ruang penyimpanan data 1TB. Ini seharusnya membuatmu memiliki spesifikasi terbaik untuk memuat semua file excel yang perlu kamu simpan. Jika kamu mempunyai anggaran lebih untuk membeli laptop ini dengan spesifikasi tersebut, kamu bisa menganggapnya sebagai sebuah investasi yang bijak.

Batere laptop ini juga cukup kuat, dengan jangka waktu pemakaian sampai dengan 11,5 jam jika kamu mengerjakan pekerjaan excel standar. Ini seharusnya cukup untuk bekerja 1-2 hari di excel tanpa harus mengisi ulang baterenya. Jika kamu adalah tipe pekerja dinamis, spesifikasi ini dapat membantumu bekerja di manapun dan kapanpun kamu mau.

Untuk tampilannya sendiri, Microsoft Surface Laptop 3 memiliki desain elegan seperti laptop Surface lainnya. Laptop ini juga ringan (berat laptopnya mulai dari 1,27 kilogram) dan terlihat halus. Kamu bisa membawa laptop ini ke mana saja dengan mudah agar kamu bisa mengerjakan pekerjaan excelmu di tempat favoritmu.

Dari yang kami lihat, kami berpendapat bahwa Microsoft Surface Laptop 3 adalah laptop terbaik yang bisa kamu gunakan untuk menjalankan excel. Silahkan beli laptopnya untuk mencobanya sendiri!

Fitur Kunci

  • 13.5/15 inci, 2496 x 1664 piksel
  • Intel Core i5/i7 Generasi ke-10 (13.5 inci) atau AMD Ryzen 5/7 (15 inci)
  • RAM 32GB/16GB/8GB
  • Ruang penyimpanan 1TB SSD/512GB SSD/256GB SSD/128GB SSD
  • Intel Iris Plus Graphics (13.5 inci) atau AMD Radeon RX Vega 9/11 Graphics, Edisi Microsoft Suite (15 inci)
  • Daya tahan baterai sampai dengan 11,5 jam



Dapatkan Microsoft Surface Laptop 3 di Amazon



2. Dell XPS 13

Laptop kecil terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Dell XPS 13


Dell XPS 13 adalah alternatif Microsoft Surface Laptop 3 yang baik, terutama jika kamu memang menginginkan laptop yang lebih kecil.

Seperti jargon dari laptopnya, “Stunningly small, Masterfully designed (Sangat kecil, dirancang dengan sangat baik)”, laptop ini adalah laptop kecil yang canggih dengan performa yang sangat baik. Jika kamu ingin bekerja dengan lebih optimal di excel, laptop 13,4 inci ini lebih dari mampu untuk mendukungmu.

Prosesornya adalah Intel Core i7 Generasi ke-10 dan ia mempunyai RAM 16GB (bisa ditingkatkan ke 32GB) serta ruang penyimpanan 512GB (bisa ditingkatkan ke 2TB) SSD. Ini seharusnya memastikan performa yang lebih baik dibandingkan dengan kebanyakan laptop lainnya ketika kamu mengerjakan pekerjaan excelmu. Terlebih, laptop ini juga memiliki pengelolaan energi yang sangat baik dengan teknologi Intel Dynamic Tuning terbarunya serta pengaturan panas mesin canggih.

Dell XPS 13 juga tidak berkompromi dengan desain dan kesolidan laptopnya. Dell membuat laptop ini dari bahan aluminium yang dibentuk dengan handal dan serat karbon yang terinspirasi dari misi luar angkasa. Dell XPS 13 juga dilengkapi dengan Corning Gorilla Glass 6 yang kokoh dan tampilan InfinityEdge Anti Reflektif 500-Nit yang cantik.

Secara umum, laptop kecil pemenang banyak penghargaan ini seharusnya bisa memberikanmu apa yang kamu perlukan untuk menghasilkan pekerjaan terbaikmu di excel!

Fitur Kunci

  • 13.4 inci, 1900 x 1200 piksel
  • Intel Core i7 Generasi ke-10
  • RAM 32GB/16GB
  • Ruang penyimpanan 2TB SSD/512GB SSD
  • Tampilan InfinityEdge Anti Reflektif 500-Nit
  • Daya tahan baterai sampai dengan 11 jam



Dapatkan Dell XPS 13 di Amazon



3. Lenovo Thinkpad X1 Carbon

Laptop kokoh terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Lenovo Thinkpad X1 Carbon


Lenovo Thinkpad X1 Carbon adalah laptop solid yang bisa memberikanmu pengalaman yang menyenangkan ketika kamu bekerja di excel. Jika kamu sedang mencari laptop yang kuat dan dapat bekerja lebih lama, laptop ini bisa menjadi pilihan terbaikmu.

Bagi kami, laptop ini jelas terlihat jauh lebih kokoh dan kuat jika dibandingkan dengan kebanyakan laptop lainnya. Lenovo menyatakan bahwa laptop ini sudah dites dengan 12 persyaratan tingkat militer. Dua belas persyaratan ini sendiri adalah spesifikasi militer dari Amerika Serikat yang menggaransi daya tahan dari suatu produk teknologi.

Ini berarti Lenovo Thinkpad X1 Carbon bisa bertahan dalam temperatur, tegangan, getaran, serta kondisi ekstrim lainnya. Laptop seperti inilah yang bisa kita katakan sebagai laptop yang kuat dan kokoh yang sebenarnya!



Terlebih lagi, laptop ini juga memiliki baterai yang mampu bertahan sampai dengan 19,5 jam pemakaian. Itu sangat lama dan menjadikannya salah satu spesifikasi yang membuat Lenovo Thinkpad X1 Carbon unggul dibandingkan dengan laptop lainnya. Kamu juga bisa mengisi ulang baterainya sampai ke kapasitas 80%nya hanya dalam waktu 1 jam dengan memanfaatkan fitur Rapid Charge.

Dalam hal performa excel, Lenovo Thinkpad X1 Carbon, seperti laptop bisnis Thinkpad lainnya, juga tidak mengecewakan. Laptop ini dilengkapi dengan Intel Core Generasi ke-10 terbaru, RAM 16GB, dan ruang penyimpanan 1TB SSD. Spesifikasi seperti ini seharusnya dapat mendukungmu mengerjakan hampir semua pekerjaan excelmu dengan lancar tanpa adanya masalah yang berarti.

Jadi, apakah kamu menginginkan laptop solid yang dapat membantumu mengerjakan pekerjaan excelmu dengan baik? Lenovo Thinkpad X1 Carbon bisa menjadi pilihanmu!

Fitur Kunci

  • 14 inci, 1920 x 1080 piksel
  • Intel Core i5/i7 Generasi ke-10
  • RAM 16GB/8GB
  • Ruang penyimpanan 1TB SSD/512GB SSD
  • Grafik Intel UHD terintegrasi
  • Daya tahan baterai sampai dengan 19.5 jam



Dapatkan Lenovo Thinkpad X1 Carbon di Amazon



4. HP Pavilion 15

Laptop dengan harga terjangkau terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - HP Pavilion 15


HP Pavilion 15 adalah laptop dengan harga yang lebih terjangkau jika dibandingkan dengan laptop-laptop lainnya yang sudah kita bahas sebelumnya. Jika kamu menginginkan laptop yang bisa menjalankan excel dengan baik dengan harga yang tidak terlalu mahal, laptop ini bisa menjadi pilihanmu.

Apa yang menonjol dari HP Pavilion 15 ini bagi kami adalah prosesor Intel Core i7 Generasi ke-10/11nya. Dibandingkan dengan laptop lain dalam range harganya, hanya sedikit laptop yang mempunyai spesifikasi CPU seperti ini. Prosesor berkualitas tinggi ini seharusnya bisa membantumu melakukan pekerjaan terbaikmu di excel dengan cepat.

Dengan kebutuhan menjalankan program Microsoft Excel di benak kami, kami juga memeriksa spesifikasi RAM dan ruang penyimpanan dari laptop ini. Dalam hal kedua spesifikasi tersebut, HP Pavilion 15 menawarkan RAM 16GB dan ruang penyimpanan 512GB SSD. Spesifikasi ini bisa diadu dengan ketiga laptop di daftar ini sebelumnya dan seharusnya bisa menjalankan Microsoft Excel dengan sangat baik juga.

Laptop ini juga menawarkan daya tahan baterai sampai dengan 8 jam pemakaian dengan pengisian 45 menit dari 0 sampai ke 50%nya. Ini seharusnya cukup untuk mengerjakan pekerjaan excelmu seharian secara dinamis. Sebagai tambahannya, laptop ini juga menawarkan grafik yang menawan dengan dukungan grafik Intel Iris Xe.

Mempunyai anggaran yang tidak terlalu besar untuk membeli laptop di mana kamu ingin mengerjakan pekerjaan excelmu? HP Pavilion 15 adalah laptop yang kami rekomendasikan untukmu!

Fitur Kunci

  • 15.6 inci, 1920 x 1080 piksel
  • Intel Core i7 Generasi ke-10/11
  • RAM 16GB
  • Ruang penyimpanan 512GB SSD
  • Grafik Intel Iris Xe
  • Daya tahan baterai sampai dengan 8 jam



Dapatkan HP Pavilion 15 di Amazon



5. Asus Vivobook 15

Laptop budget terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Asus Vivobook 15


Asus Vivobook 15 menjadi pilihan kami jika kamu mempunyai anggaran yang ketat ketika ingin membeli laptop excelmu. Jika kamu utamanya menggunakan laptopmu untuk mengerjakan pekerjaan-pekerjaan standar di excel, laptop ini seharusnya bisa mendukungmu dengan baik.

Asus Vivobook 15 dilengkapi dengan Intel Core i3 Generasi ke-10, RAM 8GB, dan ruang penyimpanan 128GB. Spesifikasi seperti ini seharusnya lebih dari cukup untuk membuatmu dapat mengerjakan sebagian besar pekerjaanmu di excel dengan lancar.

Laptop ini juga relatif ringan dengan berat 1,7 kilogram. Ia juga dilengkapi dengan beberapa port eksternal untuk menghubungkan USB, HDMI, dan kartu SD mikro. Hal-hal ini seharusnya membantumu jika kamu ingin mengerjakan pekerjaan excelmu secara lebih dinamis.

Harus diakui, jangka waktu pemakaian baterainya belum terlalu memadai untuk dapat bekerja di excel tanpa harus sesekali mengisi ulang baterainya. Akan tetapi, hal ini dikompensasi dengan proses pengisian ulang baterainya yang relatif cepat (sekitar 60% dalam waktu 49 menit).

Jadi, apakah kamu membutuhkan laptop yang dapat membantumu bekerja di excel dengan lancar, dengan anggaran pembelian cukup ketat yang kamu punya? Selama kamu tidak mengerjakan pekerjaan yang terlalu rumit di excel (pengolahan data yang kompleks, permodelan data tingkat tinggi, dsb), Asus Vivobook 15 ini seharusnya bisa melakukannya untukmu.

Fitur Kunci

  • 15.6 inci, 1920 x 1080 piksel
  • Intel Core i3 Generasi ke-10
  • RAM 8GB/4GB
  • Ruang penyimpanan 128GB
  • Grafik Intel UHD
  • Daya tahan baterai sampai dengan 5,5 jam



Dapatkan ASUS Vivobook 15 di Amazon



6. Apple Macbook Pro

Laptop Mac terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Apple Macbook Pro


Apple Macbook Pro adalah model Mac terbaik untuk menjalankan Microsoft Excel ataupun program perangkat lunak lainnya. Jika kamu bisa mendapatkan laptop Macbook Pro dengan chip Apple M1 di dalamnya, situasinya jelas akan lebih baik lagi untukmu!

Harus diakui, Macbook Pro dengan chip Apple M1 lebih superior dibandingkan dengan kebanyakan laptop lainnya, Windows ataupun Mac. CPU Apple M1 8-corenya seharusnya bisa menjalankan pekerjaan excel yang paling kompleks sekalipun tanpa adanya masalah yang berarti. Apple mengklaim laptop ini bekerja 2,8 kali lebih cepat dari generasi-generasi Mac sebelumnya, bahkan dengan RAM 8GBnya.



Terlebih lagi, laptop ini juga menawarkan daya tahan baterai sampai dengan 20 jam pemakaian! Daya tahan baterai tersebut bahkan sedikit lebih hebat dari Lenovo Thinkpad X1 Carbon yang sudah kita bahas sebelumnya. Dengan daya tahan baterai seperti itu, kamu seharusnya bisa mengerjakan pekerjaan excelmu kapanpun dan di manapun tanpa adanya masalah.

Untuk ruang penyimpanannya sendiri, Apple Macbook Pro ini menawarkan pilihan 256GB atau 512GB SSD. Akan tetapi, jika kamu berlangganan layanan penyimpanan berbasis cloud dari Apple, kamu seharusnya tidak ada masalah dengan kapasitas penyimpanan laptopmu.

Kesimpulannya, secara umum, kami pikir Apple Macbook Pro dengan Chip M1 adalah salah satu laptop terbaik untuk menjalankan excel. Jika kamu pengguna Mac, ingin membeli laptop untuk excel, dan tidak memiliki masalah dengan harganya, laptop ini adalah pilihan yang terbaik!

Fitur Kunci

  • 13.3 inci, 2560 x 1600 piksel
  • CPU Apple M1
  • RAM 8GB
  • Ruang penyimpanan 256GB/512GB SSD
  • GPU Apple M1
  • Daya tahan baterai sampai dengan 20 jam



Dapatkan Apple Macbook Pro di Amazon



7. Acer Aspire 5 Slim

Laptop alternatif terbaik untuk excel


7 Laptop Terbaik untuk Excel di 2021 - Acer Aspire 5 Slim


Acer Aspire 5 Slim adalah pilihan yang bagus jika kamu menginginkan pilihan laptop alternatif untuk menjalankan excelmu. Laptop ini mempunyai spesifikasi yang cukup baik tanpa terlalu menonjol dan kisaran harganya juga menarik.

Untuk CPUnya, Acer memutuskan menggunakan Ryzen untuk versi Acer Aspire 5 Slim ini. Kamu bisa memilih jenis prosesor Ryzen yang kamu inginkan untuk laptop ini. Jika kamu menginginkan prosesor yang terbaik untuk menjalankan excelmu, kamu bisa memilih AMD Ryzen 7 5700 U.

Laptop ini menawarkan RAM 8GB dan daya tahan baterai sampai dengan 11 jam, spesifikasi baterai yang lebih baik dari kebanyakan laptop. Laptop ini cukup ringan dan memiliki beberapa port eksternal untuk menghubungkan HDMI dan USB. Spesifikasi-spesifikasi seperti ini seharusnya dapat membantumu bekerja di excel secara lebih optimal.

Secara umum, Acer Aspire 5 Slim bisa menjadi laptop yang dapat diandalkan untuk memfasilitasimu mengerjakan pekerjaan excelmu. Kamu mungkin ingin mempertimbangkannya juga bersama dengan laptop lainnya yang ada di daftar kami ini.

Fitur Kunci

  • 15.6 inci, 1920 x 1080 piksel
  • CPU Ryzen 3 3350U/Ryzen 5 3550 H/Ryzen 5 3550H/GTX1650/Ryzen 7 3700u/AMD Ryzen 3 3000-Series/AMD Ryzen 3 3200 U/AMD Ryzen 3 3350 U/AMD Ryzen 7 3700U/AMD Ryzen 7 5700U
  • RAM 8GB
  • Ruang penyimpanan 512GB SSD
  • Grafik AMD Radeon
  • Daya tahan baterai sampai dengan 11 jam



Dapatkan Acer Aspire 5 Slim di Amazon



Apa Hal-hal yang Perlu Dipertimbangkan Ketika Kita Membeli Laptop untuk Excel?

Jika kamu ingin membeli laptop yang utamanya akan kamu gunakan untuk bekerja di excel, perhatikan beberapa aspek berikut!

Hal pertama yang perlu kamu perhatikan adalah CPU dan RAM laptopnya. Hal ini karena aspek-aspek tersebut yang akan menentukan apakah kamu bisa menjalankan program excelmu dengan lancar atau tidak. Ini terutama jika kamu sering bekerja dengan data berukuran besar, pengolahan data yang kompleks, atau permodelan data yang rumit di excel.

Hal kedua yang sebaiknya kita perhatikan adalah daya tahan baterainya dan banyak ruang penyimpanannya. Jika kamu sering mengerjakan excel di tempat kamu tidak bisa mengisi ulang baterai laptopmu, daya tahan baterai yang lama menjadi penting. Ruang penyimpanan yang besar juga baik dimiliki oleh laptopmu jika kamu sering bekerja dengan file excel yang berukuran besar.



Apa Persyaratan Minimum Spesifikasi Sistem untuk Menjalankan Excel?

Berikut persyaratan sistem minimum jika kamu ingin menjalankan excel 2019 di sistem OS Windows.
  • 1.6 GHz atau yang lebih cepat, prosesor dua inti
  • RAM 4GB (64-bit)/RAM 2GB (32-bit)
  • Terdapat ruang penyimpanan kosong sebesar 4GB
  • Resolusi layar 1024 x 768 piksel
  • Grafik DirectX 9 atau yang lebih baru/grafi WDDM 2.0 atau yang lebih tinggi untuk Windows 10

Dan berikut persyaratan sistem minimum jika kamu ingin menjalankan excel 2019 di Mac.
  • RAM 4GB
  • Terdapat ruang penyimpanan kosong sebesar 10GB
  • Resolusi layar 1280 x 800 piksel





Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)


Apa Prosesor Laptop Terbaik untuk Menjalankan Excel?

Sebetulnya, prosesor laptop terbaik untuk excel umumnya adalah yang paling canggih saat ini dari Intel, Ryzen, dan Apple. Bagaimanapun, lebih canggih prosesornya, lebih cepat dan lancar seharusnya excel bekerja di laptopmu.

Oleh karena itu, berikut prosesor-prosesor terbaik sampai saat ini untuk menjalankan excel di laptopmu.
  • Intel: Intel Core i9-10900K
  • Ryzen: AMD Ryzen 9 5950X
  • Apple: Apple M1



Apakah Laptop yang Kita Beli Sudah Termasuk Excel di Dalamnya?

Kamu bisa membeli excel secara langsung di toko resmi Microsoft di sini. Setelah kamu membelinya, kamu seharusnya bisa langsung menginstalnya di laptopmu.

Kamu juga bisa membeli excel di sebagian besar toko komputer yang ada di dekatmu. Jika kamu memilih membeli excel dari toko komputer, bawa laptopmu agar kamu bisa langsung meminta sfaf tokonya untuk menginstalkan excelnya untukmu.


Berapa Harga Excel?

Kamu bisa mengecek harga excel saat ini di link toko resmi Microsoft atau dari di mana kamu ingin membelinya. Satu hal yang patut diperhatikan adalah kamu hanya perlu membayar satu kali kecuali jika kamu memutuskan untuk berlangganan Microsoft 365 juga.


Bisakah Saya Menggunakan Excel di Mac?

Tentu saja bisa! Kami tidak akan merekomendasikan Mac di daftar laptop di atas jika ia tidak bisa menjalankan excel…

Microsoft selalu membuat versi excel yang dapat digunakan oleh Mac. Tinggal minta excel versi Mac tersebut di toko resmi Microsoft atau di toko lainnya di mana kamu ingin membeli excelmu.


Apa Saja Perbedaan Antara Menjalankan Excel di Laptop Windows dan di Laptop Mac?

Walaupun sebagian besar sama, ada beberapa perbedaan ketika kita menggunakan excel di Windows dan di Mac. Beberapa dari perbedaan-perbedaan tersebut adalah:
  • Tampilan dialog box dari beberapa fitur tertentu yang berbeda
  • Kode yang berbeda ketika kita ingin memunculkan beberapa karakter tertentu
  • Beberapa shortcut untuk menjalankan fungsi tertentu di excel memiliki perbedaan
  • Beberapa jenis kode VBA hanya bisa dijalankan di Windows atau di Mac

Akan tetapi, perbedaan-perbedaan di atas seharusnya tidak menjadi faktor penentu ketika kamu memilih untuk menggunakan laptop Windows atau Mac. Biar bagaimanapun, aspek-aspek terpenting yang membuat excel menjadi sangat berguna bagi kita adalah sama saja pada keduanya!




Adakah Alternatif untuk Excel?

Mau mencoba software spreadsheet yang lain? Berikut beberapa alternatif dari excel yang bisa kamu coba.
  • Google Spreadsheet: Jawaban Google untuk Microsoft Excel yang bisa membantumu bekerja dan menyimpan spreadsheet secara online dengan gratis. Mungkin adalah alternatif paling populer untuk excel sampai saat ini
  • Apple Numbers: Jawaban Apple untuk Microsoft Excel yang bisa kamu gunakan jika kamu merupakan pengguna Mac. Kamu bisa mengakses file Numbersmu di manapun kamu berada dengan menggunakan perangkat iOS apapun
  • Apache Calc: Bagian dari paket software Apache OpenOffice. Apache Calc adalah program open source gratis yang memampukanmu menganalisis data-datamu secara mendalam
  • Libre Calc: Bagian dari paket software Libre Office. Libre Calc adalah program open source gratis yang seringkali dipakai untuk kebutuhan personal
  • Zoho Sheet: Alternatif excel berbasis cloud. Zoho Sheet memampukanmu menyimpan, mengolah, dan menganalisis datamu kapanpun dan di manapun. Fungsionalitasnya utamanya menargetkan pemilik bisnis kecil serta menengah

Namun, jika dibandingkan dengan alternatifnya, posisi excel kelihatannya masih dominan di industri software spreadsheet. Satya Nadella, CEO Microsoft, mengklaim bahwa di 2017, jumlah pengguna Microsoft Excel ada sebanyak 750 juta orang. Jumlah ini mungkin terus bertumbuh, melihat masih banyaknya orang di sekitar kita yang menggunakan Excel dalam pekerjaan mereka sehari-hari.

Mempertimbangkan hal tersebut, kamu mungkin perlu berpikir ulang jika kamu ingin beralih ke software spreadsheet lainnya! Ketika kamu bekerja dengan rekan kerjamu, akan menjadi rumit jika kamu menggunakan software lain sementara rekan kerjamu masih menggunakan excel.


Bagaimana Cara Memelihara Laptop yang Utamanya Kita Gunakan untuk Excel?

Mau merawat laptop yang kamu gunakan untuk bekerja di excel dengan benar? Berikut beberapa tips untuk melakukannya.
  • Kerjakan excel di laptopmu di atas permukaan yang rata dan bersih sebisa mungkin. Menaruh laptopmu di atas permukaan yang tidak rata dan bersih bisa merusak laptopmu dan membuat kotoran masuk ke dalamnya. Jadi, jika kamu melihat ada permukaan yang rata dan bersih di lokasi tempatmu bekerja, langsung taruh laptopmu di sana!
  • Taruh laptopmu di tempat yang lunak ketika membawanya. Membawa laptopmu dengan menaruhnya di tempat yang kasar bisa membuat LCD dan internal laptopmu terus terbentur, membuat mereka menjadi rusak. Beli tas laptop yang sesuai dengan laptopmu supaya kamu bisa menaruhnya di sana dan membawanya ke manapun kamu pergi
  • Selalu bawa chargermu ke manapun kamu membawa laptopmu. Mengerjakan pekerjaan excelmu sampai baterai laptopmu habis bukanlah hal yang direkomendasikan karena hal ini bisa memperpendek umur bateraimu. Selalu bawa charger laptopmu ke manapun kamu mengerjakan pekerjaan excelmu agar kamu dapat mengisi ulang baterainya ketika kamu perlu. Kapasitas optimal batere laptop untuk memelihara jangka waktu pemakaian baterenya tersebut adalah sekitar 40-80%
  • Jangan biarkan laptopmu berada di lingkungan yang berdebu atau di sekitar temperatur yang ekstrim. Debu dapat masuk ke laptopmu dan menghambat panas mesin untuk keluar dari laptopmu. Di lain pihak, tempat bertemperatur ekstrim seperti di bawah sinar matahari langsung atau meninggalkan laptopmu dalam mobil bisa merusak mesin laptopmu. Coba hindari kedua jenis tempat tersebut ketika kamu ingin menaruh laptopmu pada saat atau setelah kamu selesai bekerja
  • Jangan menaruh beban berat di atas laptopmu. Beban berat bisa merusak LCD dan keyboard laptopmu karena ia akan membuat LCD dan keyboardmu terus diadu satu dengan yang lainnya. Jangan taruh apapun di atas laptopmu jika mungkin



Di Mana Saya Bisa Membeli Laptop-laptop yang Direkomendasikan Itu?

Dalam setiap pembahasan dari satu laptop di atas, kami menaruh link Amazon di mana kamu bisa membeli laptop yang kita diskusikan. Kamu bisa mengklik linknya untuk mengecek lebih lanjut detail laptopnya dan memulai proses pembelianmu!



Rangkuman

Excel adalah software yang banyak dari kita gunakan dalam pekerjaan kita sehari-hari. Jika kamu ingin bekerja secara optimal di excel, kamu sebaiknya mempunyai laptop yang dapat mendukung tujuanmu tersebut dengan baik.

Ada banyak pilihan laptop yang bisa kamu beli dan gunakan untuk menjalankan Microsoft Excel. Untuk membantumu membeli laptop yang terbaik, kita telah mendiskusikan 7 laptop yang seharusnya dapat memenuhi kebutuhanmu tersebut.

Untuk merangkumnya untukmu, berikut 7 laptop yang kami rekomendasikan:
Kami harap daftar laptop kami dapat membantumu menentukan pilihan laptopmu!



Catatan Tambahan

Kamu sebaiknya mengetahui harga pembelian excel jika laptop yang ingin kamu beli tidak memilikinya sejak awal. Mengetahui apakah laptop yang kamu beli memiliki excel atau tidak terkadang bisa menjadi sangat penting. Kamu mungkin perlu menghabiskan lebih banyak uang dari yang kamu rencanakan dikarenakan oleh hal ini.



Tutorial/artikel excel yang mungkin ingin kamu baca:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert