3 MacBook Terbaik untuk Excel di 2022 - Compute Expert

3 MacBook Terbaik untuk Excel di 2022


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> 3 MacBook Terbaik untuk Excel di 2022





Dari artikel ini, kamu akan mengetahui apa saja MacBook terbaik untuk excel yang bisa kamu beli dan gunakan di 2022.

Ketika kita ingin membeli MacBook, kita mungkin mempertimbangkan untuk apa saja MacBook tersebut akan digunakan sebelum memilih model yang kita beli. Jika kita sering menggunakan excel, maka kita mungkin memutuskan untuk membeli MacBook yang terbaik untuk menjalankan excel. Hal ini bahkan mungkin saja menjadi prioritas dalam keputusan pembelian kita.

Akan tetapi, bisa jadi sulit memilih MacBook terbaik untuk menjalankan excel di antara sejumlah model MacBook yang bisa kita pilih. Inilah mengapa Compute Expert membuat daftar MacBook terbaik untuk excel ini, yang bisa kamu gunakan sebagai referensi pembelianmu.

Mau tahu apa saja MacBook yang kami rekomendasikan untuk menjalankan excel dan mengapa kami merekomendasikan mereka? Baca artikel ini sampai ke bagian terakhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Apa Saja MacBook Terbaik untuk Menjalankan Excel?

Sekarang, mari kita lihat apa saja MacBook yang kami rekomendasikan untukmu jika kamu ingin menggunakan MacBooknya untuk menjalankan excel. Menggunakan salah satu dari MacBook-MacBook ini seharusnya akan membantumu menyelesaikan pekerjaan excelmu secara lebih optimal.



1. MacBook Pro M1 (16 Inci)






MacBook Pro M1 (16 inci) adalah MacBook pertama yang menurut kami bisa membantumu bekerja di excel secara lebih optimal. Kami menyukai model ini karena layarnya yang cukup besar dan prosesor M1nya yang bisa membuat performanya menjadi sangat cepat.

Prosesor M1 memperkuat performa CPU dan machine learningnya sehingga mereka bisa bekerja dengan lebih cepat untukmu. Menjalankan file-file excel yang lebih rumit akan menjadi lebih baik dengan menggunakan MacBook M1 ini.

Kamu bisa memilih antara Apple M1 Pro atau Apple M1 Max untuk MacBook ini. Apple M1 Pro seharusnya lebih dari cukup untuk menjalankan excel. Akan tetapi, kamu bisa memilih Apple M1 Max jika kamu menginginkan performa yang lebih cepat lagi.

RAM 16GB di model ini akan membantu jika kamu perlu membuka banyak file excel secara sekaligus (bisa ditingkatkan menjadi 64GB, walaupun mungkin hal ini tidak diperlukan). Berkat efisiensi daya dari prosesor M1, kamu bisa mendapatkan kapasitas baterai sampai dengan 21 jam pemakaian dari MacBook ini. Mengerjakan file-file excelmu sembari kamu berpergian selama 1-2 hari penuh tidak akan menjadi masalah bagi MacBook ini.

Layarnya yang cukup besar akan membantu jika kamu membutuhkan ruang untuk menampilkan beberapa jendela ketika mengerjakan pekerjaan excelmu. Secara keseluruhan, model Apple MacBook Pro M1 ini sepertinya adalah model MacBook terbaik untuk excel yang bisa kamu beli saat ini.

Fitur Kunci

  • 16,2 inci, 3456 x 2234 piksel
  • Apple M1 Pro
  • RAM 16GB
  • Ruang penyimpanan sebesar 1TB SSD
  • Daya tahan baterai sampai dengan 21 jam pemakaian


Dapatkan MacBook Pro M1 (16 inci) di Amazon



2. MacBook Pro M1 (14 Inci)






MacBook Pro M1 (14 inci) adalah model MacBook berikutnya yang sebaiknya kamu pertimbangkan juga jika kamu ingin menjalankan excel di MacBook. Model ini mungkin memiliki layar yang lebih kecil. Akan tetapi, performanya tetaplah bagus. Prosesor Apple M1 di MacBook ini membuatnya mampu menjalankan excel dengan cukup optimal. Seperti MacBook M1 16 inci, kamu bisa memilih antara Apple M1 Pro dan Apple M1 Max. Baterai di MacBook ini juga bagus dengan kapasitas sampai dengan 17 jam pemakaian.

Ukuran 14 incinya membuatnya lebih ringan, tipis, dan portabel untuk dibawa ke mana-mana jika kamu perlu bekerja dengan mobilitas tinggi. Namun, ukuran layar yang lebih kecil membuatnya memiliki lebih sedikit ruang untuk menampilkan semua yang kamu perlukan ketika bekerja di excel. Terserah padamu untuk memilih yang mana yang lebih kamu sukai antara model ini atau model 16 inci.

Akan tetapi, jika kamu mempunyai monitor eksternal, kamu bisa menghubungkannya dengan MacBook ini karena MacBook ini memiliki sejumlah port (MacBook Pro M1 16 inci juga memiliki port-port tersebut). Jika kamu melakukan itu, maka ruang tampilan yang lebih kecil di MacBook ini tidak akan terlalu menjadi masalah bagimu.

Jadi, jika kamu lebih menyukai MacBook yang lebih kecil dengan performa yang tetap berkualitas, pertimbangkan MacBook ini.

Fitur Kunci

  • 14,2 inci, 3024 x 1964 piksel
  • Apple M1 Pro
  • RAM 16GB
  • Ruang penyimpanan sebesar 1TB SSD
  • Daya tahan baterai sampai dengan 17 jam pemakaian





3. MacBook Air M1






MacBook Air M1 adalah MacBook paling portabel yang kami rekomendasikan di daftar ini. Jika kamu lebih menghargai mobilitas daripada layar yang lebih besar untuk pekerjaan excelmu, kamu sebaiknya memilih model ini.

Seperti dua MacBook sebelumnya, MacBook Air ini dilengkapi dengan prosesor Apple M1. Hal ini membuat performa MacBook ini cukup cepat untuk memfasilitasi pekerjaan-pekerjaan excel yang kamu kerjakan dengannya. Kapasitas RAM 8GBnya juga menambah dukungan bagi pekerjaan excelmu.

Seperti yang sudah kami sebutkan sebelumnya, model MacBook ini bagus jika kamu adalah orang yang seringkali perlu berpergian ketika kamu bekerja. Hal ini karena MacBook Air adalah model MacBook tertipis dan teringan yang Apple tawarkan.

Model MacBook ini hanya memiliki ketebalan 4,06-16 mm dan berat 1,27 kg. Kapasitas baterainya juga bagus dengan pemakaian sampai 18 jam sehingga kamu bisa dengan mudah bekerja di mana saja dan kapan saja.

Mencari MacBook yang sangat portabel untuk mendukung pekerjaanmu di excel? Pertimbangkan untuk membeli model MacBook Air ini.

Fitur Kunci

  • 13,3 inci, 2560 x 1600 piksel
  • Apple M1
  • RAM 8GB
  • Ruang penyimpanan sebesar 512GB SSD
  • Daya tahan baterai sampai dengan 18 jam pemakaian




Learn Excel Dashboard Course



Apa Saja Hal-hal yang Perlu Kita Pertimbangkan Ketika Kita Membeli MacBook untuk Menjalankan Excel?

Berikut beberapa hal yang kami pikir perlu kamu pertimbangkan ketika kamu membeli MacBook untuk bekerja di excel.

  • Prosesor
    Prosesor adalah hal yang penting karena ia menentukan kualitas performa MacBookmu ketika ia menjalankan excel. Oleh karena itu, MacBookmu haruslah memiliki prosesor yang lumayan canggih agar ia bisa memberikan performa yang cepat. Minimum Intel Core i5 seharusnya cukup untuk menjalankan kebanyakan pekerjaan excel. Namun, prosesor Apple M1 sepertinya adalah opsi yang terbaik saat ini

  • RAM
    RAM membantumu membuka sejumlah file excel atau aplikasi lainnya yang kamu butuhkan untuk mengerjakan pekerjaanmu di excel. Oleh karena itu, MacBookmu haruslah memiliki kapasitas RAM yang cukup untuk mendukung pekerjaanmu di excel. Biasanya, RAM 8GB sudah cukup walaupun kamu mungkin membutuhkan RAM 16GB untuk pekerjaan excel yang lebih rumit

  • Ukuran Layar
    Ukuran layar yang lebih besar membantumu menampilkan lebih banyak jendela ketika kamu bekerja di excel. Akan tetapi, ini juga berarti portabilitas yang lebih tidak baik bagi MacBookmu.

    Pilih yang lebih kamu inginkan antara ruang tampilan yang lebih besar atau portabilitas yang lebih tinggi untuk MacBook yang kamu beli. Jika kamu seringkali perlu membuka beberapa jendela ketika bekerja di excel, kamu mungkin lebih menginginkan layar yang lebih besar



Apa Saja Persyaratan Minimum Sistem untuk Menjalankan Excel di MacBook?

Berikut persyaratan sistem minimum untuk menjalankan excel (dan Office) 2019 di MacBook.
  • Prosesor Intel atau M1
  • RAM 4GB
  • Ketersediaan ruang penyimpanan sebesar 10GB
  • Resolusil layar 1280 x 800



Pertanyaan yang Sering Ditanyakan (FAQ)


Bisakah Saya Menjalankan Excel di MacBook?

Ya, bisa. Jika tidak bisa, kami tidak akan membuat artikel ini :)


Apakah MacBook Bagus untuk Menjalankan Excel?

Jawaban yang tepat dari pertanyaan ini tergantung dari perspektif kita. Performa excel memang terlihat sedikit lebih baik jika kita gunakan di Windows daripada di Mac. Akan tetapi, perbedaan performanya sebenarnya tidaklah terlalu terasa.

Akan tetapi, memang ada beberapa perbedaan ketika kita menggunakan excel di Mac daripada jika kita menggunakannya di Windows. Kamu bisa mempelajari lebih lanjut mengenai poin-poin perbedaannya di bagian berikutnya dari artikel ini. Namun, untuk merangkumnya sedikit untukmu, jika kamu bukanlah orang yang:
  • Menggunakan shortcut ribbon excel secara reguler
  • Sering berurusan dengan kode VBA excel
  • Menggunakan add-in Power Query/Power BI/Power Pivot dengan frekuensi yang tinggi

Maka, seharusnya tidak ada masalah bagimu jika kamu menggunakan MacBook untuk mengerjakan pekerjaan excelmu.


Apa Saja Perbedaan Antara Menjalankan Excel di Windows dan di Mac?

Berikut hal-hal yang kami lihat berbeda ketika menjalankan Excel di Windows dan di Mac.
  • Tampilan yang berbeda untuk beberapa boks dialog
  • Perbedaan kode untuk memunculkan karakter-karakter tertentu
  • Beberapa shortcut yang berbeda
  • Tidak adanya shortcut ribbon di Mac
  • Beberapa batasan untuk penggunaan VBA di Mac (tidak terdapat jendela property, user form, dan kemampuan untuk mengimpor/mengekspor koleksi kode VBA untuk excel di Mac)
  • Tidak bisanya menggunakan add-in Power Query, Power BI, dan Power Pivot di Mac (beberapa add-in excel dari pihak ketiga juga tidak mempunyai versi yang bisa bekerja dengan baik untuk excel di Mac)



Apa Saja Alternatif Excel Terbaik yang Bisa Digunakan MacBook?

Berikut beberapa alternatif untuk excel yang bisa kamu gunakan di MacBook.

  • Numbers
    Jelas, karena ini adalah program spreadsheet versi Mac

  • Google Sheets
    Program spreadsheet online dari Google. Mungkin adalah program spreadsheet terpopuler setelah Excel untuk saat ini

  • Zoho Sheet
    Program spreadsheet online dari Zoho dengan fitur analisis serta pembersihan data AI

  • Apache OpenOffice Calc
    Aplikasi spreadsheet gratis dan open source yang populer

  • LibreOffice Calc
    Aplikasi spreadsheet gratis dan open source lainnya yang bagus



Rangkuman

Ketika kita ingin membeli laptop untuk bekerja, MacBook seringkali menjadi nama yang kita pertimbangkan. Hal ini karena MacBook dikenal memiliki salah satu performa laptop yang terbaik untuk aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan. Jika kita sering mengerjakan pekerjaan kita di excel, maka membeli MacBook yang bisa menjalankan excel dengan baik adalah pilihan yang logis.

Akan tetapi, bisa jadi sulit memilih MacBook terbaik untuk excel dari sejumlah model MacBook yang bisa kita pilih. Itulah mengapa kami membuat daftar MacBook terbaik untuk excel yang bisa dijadikan sebagai referensi pembelianmu.

Sebagai rangkuman daftarnya, jika kamu menyukai layar yang lebih besar untuk menampilkan lebih banyak jendela, beli MacBook Pro M1 16 inci. Namun, jika kamu menginginkan layar yang lebih kecil dengan performa yang sama bagusnya, kamu bisa mempertimbangkan MacBook Pro M1 14 inci.

Jika kamu lebih membutuhkan portabilitas daripada ukuran layar, MacBook Air M1 bisa menjadi pilihanmu. Semua model MacBook yang kami rekomendasikan memiliki prosesor M1 sehingga performa mereka seharusnya adalah yang terbaik saat ini untuk menjalankan excel.

Kami harap daftar kami bisa membantumu membeli MacBook terbaik untuk mendukung pekerjaanmu di excel!



Catatan Tambahan

Numbers, program spreadsheet dari Mac, adalah software yang kompatibel dengan excel. Kamu bisa menyimpan hasil kerjamu di Numbers dalam bentuk file excel dan juga bisa mengedit file excel di Numbers.



Tutorial/artikel excel yang mungkin menarik untuk kamu baca:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert