Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari pengertian cell adalah apa beserta fungsi dan cara penggunaannya di excel. Cell merupakan salah satu komponen terpenting dalam excel yang kamu harus mengerti jika ingin menggunakan excel secara optimal.







Pengertian Cell Adalah…

Apa yang dimaksud dengan sel (cell) dalam excel?

Cell adalah perpotongan/pertemuan antara baris dan kolom di excel. Pertemuan tersebut membentuk suatu tempat di mana kamu bisa menginput atau memproses datamu di excel.

Tampilan suatu cell di excel sendiri seperti dapat kamu lihat pada screenshot berikut:

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Tampilan Cell di Excel



Fungsi Cell

Fungsi dari cell di excel antara lain:
  • Menjadi tempat input data di excel
  • Menjadi tempat pemrosesan data di excel (dengan menggunakan rumus)
  • Menjadi penunjuk lokasi dari suatu data yang bisa kemudian digunakan sebagai referensi data tersebut dalam suatu rumus


Cell menjadi komponen krusial dalam berbagai macam pekerjaan kita di excel. Dengan menggunakannya, kita bisa memisahkan data dan pemrosesan data kita dengan mudah dan jelas.



Cara Memilih Cell di Excel

Cara untuk memilih/menyorot suatu cell di excel sebenarnya cukup mudah.

Kamu tinggal mengklik cell yang ingin kamu pilih/sorot dalam lembar kerjamu. Cell yang kamu pilih/sorot akan ditandai dengan kotak bergaris hijau di sekelilingnya seperti terlihat di bawah ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Kotak Hijau Tanda Cell Aktif di Excel




Cara Input Cell di Excel

Untuk mengisi cell yang kosong dengan data, kamu tinggal memilih cell tersebut dan kemudian langsung mengetikkan datanya. Kamu akan otomatis masuk ke mode input dari cellnya tersebut seperti ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Mode Input Cell di Excel

Setelah selesai menginput cellnya, kamu tinggal menekan tombol arah/mengklik cell lain/menekan enter. Data yang kamu ketikkan tadipun jadi tersimpan dalam cellnya tadi.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Hasil Input Data Pada Cell di Excel



Cara Edit Cell di Excel

Bagaimana jika suatu cell sudah memiliki isi data dan kita ingin mengeditnya?

Caranya mudah. Jika kamu ingin menghapus semua isi cell tersebut dan mengetikkan ulang datanya, maka sorot cellnya dan langsung ketik ulang datamu. Excel akan otomatis menghapus data di cell tersebut dan menggantinya dengan data yang kamu ketikkan.

Jika ingin mengganti sebagian saja dari isi data cell tertentu (tidak menggantinya semua), maka lakukan ini. Sorot cell tempat isi data tersebut berada dan klik ke dalam formula bar excel. Formula bar adalah suatu fitur di excel yang dapat kamu lihat bentuk dan lokasinya pada screenshot di bawah ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi dan Bentuk Formula Bar di Excel

Kamu bisa mengklik tombol centang pada formula barnya tersebut jika sudah selesai mengedit data cellnya. Kamu juga bisa mengklik tombol silang jika kamu tidak jadi mengedit data cellnya. Excel akan mengembalikan data cellnya seperti sebelum kamu mulai edit jika kamu mengklik tombol silangnya tersebut.

Jika tidak ingin menggunakan formula bar, kamu juga bisa melakukan double klik pada cell yang ingin kamu edit datanya. Excel akan langsung masuk ke mode edit cell tersebut dengan data dari cellnya masih ada untuk kamu edit.



Cara Menghapus Cell di Excel

Terdapat dua cara untuk menghapus isi dari suatu cell di excel. Cara pertama adalah menghapus isinya saja dan cara kedua adalah menghapus isi beserta cellnya juga.

Sebagai contoh sederhana agar mempermudah pemahamanmu, perhatikan file excel dengan data berikut pada salah satu lembar kerjanya.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot File Excel Untuk Ilustrasi Proses Hapus Cell di Excel

Bagaimana jika misalnya kita ingin menghapus cell dengan isi “data 2”? Jika hanya ingin menghapus isi cellnya saja, maka kita sorot cell tersebut dan tekan tombol Backspace atau Delete. Hasilnya akan menjadi seperti ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Hasil Hapus Cell Menggunakan Backspace atau Delete di Excel

Namun jika kita ingin menghapus isi beserta cellnya juga, maka lakukan ini. Sorot cellnya dan klik tombol Delete di tab Home dari excelmu. Lokasi tombolnya dapat kamu lihat di bawah ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Delete di Tab Home di Excel

Hasilnyapun akan menjadi seperti ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Hasil Hapus Cell Menggunakan Tombol Delete Tab Home di Excel

Melihat perbedaannya? Pada hasil hapus cara pertama, kita hanya menghapus isi cellnya sedangkan pada hasil hapus cara kedua, kita menghapus cellnya juga.

Penghapusan pertama tidak menyebabkan data di cell lainnya bergeser sedangkan penghapusan kedua menyebabkan data di cell sebelah kanan bergeser ke kiri! Hal ini karena pada penghapusan kedua, cell yang dihapus sudah tidak ada sehingga data sebelah kanan cellnya jadi bergeser ke kiri.


Cara Berpindah Antar Cell di Excel

Jika ingin berpindah ke suatu cell secara biasa, maka kamu tinggal menggunakan tombol navigasi di keyboardmu atau menggunakan klik mousemu.



Mau menggunakan shortcut untuk mencapai cell tertentu di lembar kerjamu secara cepat? Berikut beberapa yang bisa kamu gunakan.

KegunaanWindowsMac
Pindah ke satu layar sebelah kananAlt + Page DownFn + Option + ↓
Pindah ke satu layar sebelah kiriAlt + Page UpFn + Option + ↑
Pindah ke satu layar sebelah bawahPage DownFn + ↓
Pindah ke satu layar sebelah atasPage UpFn + ↑
Pindah ke ujung kanan daerah dataCtrl + →Command + →
Pindah ke ujung kiri daerah dataCtrl + ←Command + ←
Pindah ke ujung bawah daerah dataCtrl + ↓Command + ↓
Pindah ke ujung atas daerah dataCtrl + ↑Command + ↑
Pindah ke awal barisHomeFn + ←
Pindah ke ujung kiri atas worksheet yang barisnya berisi dataCtrl + EndFn + Control + ←
Pindah ke ujung kanan bawah worksheet yang barisnya berisi dataCtrl + HomeFn + Control + →
Mengaktifkan/menonaktifkan End ModeEndFn + →
Pindah kembali ke hyperlinkCtrl + G + EnterControl + G + Enter



Cara Mengcopy Cell di Excel

Bagaimana jika kita ingin mengcopy/menyalin isi dari suatu cell untuk menjadi isi cell lainnya?

Cara melakukannya sebenarnya cukup mudah. Pertama, kamu pilih cell yang ingin kamu salin isinya tersebut. Lalu klik kanan dan pilih Copy atau tekan shortcut Ctrl + C (Command + C di Mac).

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Copy di Menu Klik Kanan Cell Excel

Akan muncul kotak dengan garis putus-putus yang bergerak di sekitar cell yang ingin kamu salin. Ini merupakan tanda yang diberikan excel terhadap cell yang isinya sedang dijadikan referensi penyalinan.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Tanda Copy Cell di Excel

Untuk langkah selanjutnya dari proses penyalinannya ini, pilih cell tempat kamu ingin menaruh data hasil salinannya. Lalu, klik kanan dan pilih Paste atau tekan shortcut Ctrl + V (Command + V di Mac).

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Paste di Menu Klik Kanan Cell Excel

Penyalinanpun selesai dilakukan!

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Hasil Copy Cell Excel

Jika kamu sudah selesai menyalin isi cellnya dan ingin menghilangkan garis putus-putus tanda salin dari cellmu, tekan tombol Esc. Kamu juga bisa menginput atau mengedit isi cell tertentu untuk menghilangkannya.




Cara Protect Cell di Excel

Ketika kamu memproteksi sheetmu, maka kamu akan otomatis memproteksi seluruh cell yang ada di dalamnya. Namun, jika kamu ingin memproteksi hanya beberapa cellmu saja, kamu bisa mengatur hal tersebut sebelum kamu memproteksi sheetmu.

Cara mengaturnya adalah dengan menyorot cell-cell yang tidak ingin kamu proteksi dan kemudian klik kanan di atas mereka. Lalu, pilih Format Cells…

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Format Cells... di Menu Klik Kanan Cell Excel

Pada dialog box yang muncul, pergi ke tab Protection. Lalu, kosongkan boks centang Locked di sana dengan mengkliknya. Kemudian, klik OK.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Pengaturan Dialog Box Format Cells Untuk Tidak Memproteksi Cell Excel

Cell-cell tersebutpun jadi tidak akan diproteksi ketika kamu memproteksi sheetmu! Cell-cell yang kamu tidak ubah pengaturan pengunciannya seperti ini akan otomatis terkunci ketika sheetmu dikunci.

Jika kamu perlu mengatur suatu cell yang sebelumnya tidak terkunci menjadi terkunci, maka kamu tinggal mencentang boks centang Locked cellnya tersebut.

Setelah menentukan pengaturan penguncian cell-cell dalam sheetmu, klik kanan pada nama sheetnya di kiri bawah file excelmu. Lalu, pilih Protect Sheet…

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Protect Sheet... di Menu Klik Kanan Sheet Excel

Akan muncul dialog box Protect Sheet.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Dialog Box Protect Sheet di Excel

Jika mau, kamu bisa memasukkan password untuk penguncian sheetnya pada boks teks dalam dialog boxnya. Passwordnya akan diminta nanti jika kamu ingin membuka kunci sheetnya.

Kamu juga dapat mengatur detail pengunciannya lewat boks-boks centang yang tersedia di sana. Atur hal-hal yang boleh dan tidak boleh dilakukan ketika sheetnya nanti terkunci di sana.

Setelah selesai menentukan passwordnya dan mengatur detail penguncian sheetnya, klik OK.

Sheetmupun sudah terproteksi! Cell-cell yang tercentang boks centang Lockednyapun akan dikunci sedangkan yang tidak tercentang tidak akan dikunci.



Cara Membuka Cell yang Diprotect Pada Excel

Jika untuk mengunci cell kita harus mengunci sheetnya, maka untuk membuka kunci cell kita juga harus membuka kunci sheetnya.

Cara membuka kunci sheet sebenarnya cukup mudah. Klik kanan pada nama sheet yang terkunci tersebut dan pilih Unprotect Sheet…

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Unprotect Sheet... di Menu Klik Kanan Sheet Excel

Jika kamu tidak menggunakan password ketika mengunci sheetnya, maka sheetnya akan langsung dibuka kuncinya. Jika menggunakan password, maka excel akan meminta password pengunciannya lewat dialog box seperti ini.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Dialog Box Permintaan Password Untuk Unprotect Sheet Excel

Ketikkan passwordmu pada boks teks yang disediakan dan klik OK.

Sheetmupun akan langsung terbuka kuncinya! Cell-cellmu yang sebelumnya dikuncipun akan juga langsung terbuka kuncinya.



Catatan Tambahan

Terdapat satu trik di excel yang bisa kamu gunakan untuk menyembunyikan isi dari cellmu! Cara melakukan triknya adalah dengan, pertama, klik kanan pada cell yang isinya ingin kamu sembunyikan dan pilih Format Cells…

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Format Cells... di Menu Klik Kanan Excel

Pergi ke tab Number pada dialog box yang muncul dan klik kategori Custom. Pada boks teks yang muncul di sebelah kanan setelah kamu memilih kategori Customnya, masukkan ;;;.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Pemasukkan ;;; di Dialog Box Format Cells Excel

Setelah itu, klik OK.

Isi dari cellmupun jadi disembunyikan! Kamu masih bisa melihat isi cellmu tersebut pada formula bar ketika kamu menyorot cellnya. Akan tetapi, isinya tidak akan tampil ketika kamu mencoba melihat cellnya secara langsung.

Pengertian Cell Adalah; Definisi, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Contoh Hasil Menyembunyikan Isi Cell di Excel

Jika ingin memunculkan kembali isi cellmu, maka kamu tinggal ke dialog box Format Cells lagi. Kemudian, pilih kategori General di tab Numbernya atau kategori data lainnya. Lalu, klik OK untuk memunculkan kembali isi cellmu.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert