Pengertian Microsoft Excel Adalah; Definisi, Fungsi, dan Fitur Pentingnya


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Pengertian Microsoft Excel Adalah; Definisi, Fungsi, dan Fitur Pentingnya



Di artikel ini, kita akan membahas mengenai definisi/pengertian microsoft excel adalah apa, fungsi, serta fitur pentingnya.

Microsoft Excel adalah program yang banyak orang gunakan dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Program ini bisa membantu dalam banyak hal ketika kita ingin memproses dan mengelola data kita. Memahami lebih dalam mengenai program ini beserta kapabilitasnya akan memberikan pengetahuan penting dan memampukan kita menggunakannya secara lebih optimal.

Jadi, tanpa berpanjang-panjang lagi, mari mulai mempelajari lebih dalam mengenai program bernama excel ini!







Definisi/Pengertian Microsoft Excel Adalah…

Definisi/arti excel adalah sebuah program/aplikasi yang berisi spreadsheet yang bisa kita gunakan untuk mengelola dan/atau memproses data kita. Excel menyimpan data secara individu dalam entitasnya yang bernama cell. Cell-cell yang excel miliki dibagi ke dalam worksheet yang berisi baris dan kolom.

Berikut adalah contoh tampilan sebuah program excel dengan worksheet, baris, kolom, dan cellnya.

Pengertian Microsoft Excel Adalah; Definisi, Fungsi, dan Fitur Pentingnya - Screenshot Contoh Tampilan Excel



Kelebihan dan Kekurangan Microsoft Excel

Sebagai sebuah program, excel mempunyai kelebihan dan kekurangan tersendiri. Dari apa yang kami rasakan selama menggunakannya, kelebihan utama dari excel adalah:
  • Cukup mudah menguasai operasional dasar dari programnya, seperti cara memasukkan serta melakukan pemrosesan simpel kepada data kita
  • Banyak fitur untuk memproses data dari yang bersifat mendasar sampai yang bersifat kompleks. Kita punya fitur-fitur seperti rumus, sort & filter, data validation, tabel pivot, dan lainnya di excel yang dapat membantu kita melakukannya
  • Fitur visualisasi data yang cukup bagus seperti conditional formatting, sparkline, diagram & grafik, pivot, dsb
  • Banyak add-ins tersedia yang dapat membantu meningkatkan kinerja program excel kita sehingga menjadi lebih baik
  • Program fleksibel yang dapat dibentuk jadi berbagai macam hal dengan menggunakan fitur-fitur dan VBAnya. Beberapa orang kreatif bahkan bisa membuat game hanya dengan menggunakan excel
  • Banyak orang, terutama pekerja kantoran, yang menggunakan excel saat ini. Hal ini memudahkan kita berkolaborasi dengan orang lain dalam mengerjakan pekerjaan kita di excel

Walaupun mempunyai banyak kelebihan, excel tentunya juga mempunyai beberapa kekurangan juga. Kekurangan-kekurangan tersebut seperti:
  • Jika kamu mengelola data yang sangat kompleks dengan ratusan ribu baris, excel dapat berubah menjadi program yang sangat lambat untuk dioperasikan
  • Kita tidak bisa menggunakan excel dalam mode multi user dan online (kecuali jika kamu mempunyai akses ke Microsoft Office 365, tentu saja)
  • Banyak fitur hebatnya seperti rumus, pivot, macro, dsb yang tidak intuitif ketika kita menggunakannya. Banyak orang merasa frustrasi dalam usaha mereka menguasai penggunaan fitur-fitur tersebut untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka
  • Terkadang sulit memperbaikinya ketika kita mendapatkan error dalam pemrosesan data kita
  • Beberapa orang mempersepsikannya sebagai program dengan tingkat keamanan rendah karena fitur proteksi datanya yang terbatas

Jadi, bagaimana pendapatmu sendiri tentang excel? Biar bagaimanapun, kelebihan program ini sepertinya mampu menutupi kekurangannya menurut pendapat banyak orang. Hal ini bisa dilihat dari fakta bahwa excel masih menjadi salah satu program yang paling banyak digunakan di dunia!



Fungsi Microsoft Excel

Berikut daftar fungsi yang bisa excel lakukan untuk membantumu mengerjakan pekerjaanmu.
  • Membagi serta mengorganisasi datamu secara lebih rapi dengan menggunakan worksheet, baris, kolom, dan cellnya
  • Menghitung angka-angkamu secara cepat dan akurat
  • Mengambil data dari program eksternal/online dan menaruhnya ke dalam bentuk spreadsheet
  • Membantu visualisasi datamu
  • Mengurutkan dan memfilter datamu
  • Mengotomatisasi proses pengolahan datamu



Fitur Penting Excel

Excel memiliki banyak fitur yang bisa kamu gunakan untuk mengelola dan memproses datamu. Namun, ada beberapa fitur yang mungkin jauh lebih sering kamu gunakan karena mereka adalah yang paling berguna untuk mendukung pekerjaanmu.

Pendapat setiap orang bisa berbeda ketika berbicara tentang fitur excel yang mereka lihat paling berguna (tergantung dari deskripsi pekerjaan yang mereka lakukan setiap hari di excel). Biarpun begitu, secara umum, inilah fitur-fitur yang bisa jadi paling penting dikuasai ketika kita ingin bekerja di excel secara optimal.



  • Rumus/fungsi/formula

    Tidak diragukan lagi, inilah fitur terpenting yang harus kamu kuasai cara penggunaannya jika kamu ingin mengolah data di excel. Rumus adalah fitur utama excel ketika kamu ingin mendapatkan hasil yang kamu inginkan dari data yang kamu punya.

    Ada banyak rumus yang bisa kamu gunakan di excel. Beberapa dari mereka lebih populer daripada yang lainnya, seperti IF, SUM, dan VLOOKUP. Bagaimanapun, kamu harus mengetahui pekerjaan yang sering kamu lakukan di excel dan menguasai penggunaan rumus-rumus yang berhubungan dengannya.


  • Sort & filter

    Jika kita mempunyai suatu tabel yang berisi banyak data di excel, maka terkadang kita perlu mengatur tampilan kontennya. Kita mungkin perlu mengurutkan datanya dari A ke Z atau hanya melihat data-data tertentu saja dari tabel tersebut. Jika hal seperti itu yang kamu perlukan, maka fitur sort & filter excel bisa menjadi solusi yang kamu butuhkan.

    Kamu bisa mengurutkan dan memfilter tabel datamu sesuai cara yang kamu inginkan dengan menggunakan fitur ini. Ketika kamu perlu menganalsis data yang kamu punya, fungsi seperti ini tentunya bisa sangat bermanfaat untuk kamu gunakan.


  • Diagram & grafik

    Visualisasi data penting ketika kita ingin menunjukkan data kita ke orang lain. Melakukannya dengan benar akan membuat orang memahami apa yang ingin kamu sampaikan dengan jauh lebih mudah.

    Berbicara tentang visualisasi data, salah satu cara terbaik melakukannya adalah dengan menggunakan diagram & grafik. Excel memiliki banyak pilihan diagram & grafik yang bisa kamu gunakan untuk membuat datamu menjadi jauh lebih mudah dipahami. Jadi, jika kamu ingin memperlihatkan hasil pekerjaanmu di excel dengan lebih baik, kamu sebaiknya menguasai penggunaan fitur diagram & grafik ini!


  • Tabel pivot

    Mau mendapatkan informasi tertentu dari tabel datamu yang sangat besar ukurannya?

    Tabel data excelmu mempunyai banyak baris dan kolom dan hal ini membuat sulit ketika kamu ingin melakukan analisis tertentu. Kamu harus bernavigasi ke bagian-bagian tabel datamu dan proses ini dapat menghabiskan banyak waktu.

    Pada saat seperti ini, tabel pivot dapat menjadi solusi yang pas untukmu! Ia bisa membantu memformat ulang dan menganalisis datamu agar kamu dapat memahaminya dengan lebih praktis. Menguasai penggunaan fitur ini dapat membantumu mengerjakan pekerjaan excelmu dengan lebih produktif!


  • Conditional formatting

    Ini adalah fitur visualisasi data lainnya yang bisa kamu gunakan di excel. Ketika kamu mempunyai banyak data di excel, kamu mungkin ingin membandingkan nilai mereka dan memberikan tanda tertentu berdasarkan hasil perbandingannya tersebut.

    Dan hal seperti itulah yang dapat conditional formatting lakukan untukmu! Ia dapat memberikan warna atau simbol pada cellmu yang membuat hasil perbandingan tersebut menjadi lebih mudah dilihat orang. Memahami penggunaannya akan memberikanmu pilihan yang bagus untuk menampilkan datamu dengan cara yang jauh lebih mudah dipahami.


  • Macro & VBA

    Fitur ini adalah fitur tingkat lanjut di excel. Namun, kami pikir kami perlu memasukkannya di sini dengan pertimbangan ia dapat membantu mengoptimalkan potensi excelmu secara jauh lebih maksimal. Macro & VBA membuat excel menjadi program yang jauh lebih fleksibel dan ia dapat membuat pengolahan datamu menjadi lebih otomatis.

    Jika kamu ingin membuat pekerjaanmu lebih mudah dikerjakan di excel, maka kamu harus mencoba mempelajari fitur ini. Melakukan hal tersebut akan membuatmu mampu memformulasikan sebuah program yang dapat membantumu mengerjakan pekerjaanmu dengan jauh lebih produktif.



Pengembangan Versi Excel

Penasaran mengenai perkembangan versi excel sejak ia pertama kali digunakan oleh para penggunanya? Berikut tabel yang merangkum perkembangan utama excel di Windows dan Mac sampai ke waktu di mana kami menuliskan artikel ini.

Excel di OS Windows
TahunVersiNama
19872.0Excel 2
19903.0Excel 3
19924.0Excel 4
19935.0Excel 5
19957.0Excel 95
19978.0Excel 97
20009.0Excel 2000
200210.0Excel 2002
200311.0Excel 2003
200712.0Excel 2007
201014.0Excel 2010
201315.0Excel 2013
201616.0Excel 2016
201916.0Excel 2019


Excel di OS Mac
TahunVersiNama
19851.0Excel 1
19881.5Excel 1.5
19892.2Excel 2
19903.0Excel 3
19924.0Excel 4
19935.0Excel 5
19988.0Excel 98
20009.0Excel 2000
200110.0Excel 2001
200411.0Excel 2004
200812.0Excel 2008
201114.0Excel 2011
201616.0Excel 2016
201916.0Excel 2019



Catatan Tambahan

  • Sebelum excel, program spreadsheet standar yang biasanya dipakai orang adalah Lotus 1-2-3. Excel secara perlahan menggantikan posisi Lotus 1-2-3 tersebut setelah peluncurannya
  • Excel pertama kali diluncurkan di Mac pada tahun 1985
  • Sebelum namanya menjadi Excel, program ini awalnya bernama Multiplan




Tutorial yang sebaiknya kamu pelajari:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert