Perbedaan & Pengertian Worksheet (Sheet) dan Workbook di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Perbedaan & Pengertian Worksheet (Sheet) dan Workbook di Excel



Pada artikel ini, akan dijelaskan secara lengkap mengenai pengertian dan perbedaan worksheet dan workbook.

Pemahaman mengenai keduanya adalah hal yang cukup penting untuk dipunyai oleh para pengguna excel. Bagaimanapun, mereka adalah tempat di mana kita melakukan pekerjaan kita di excel. Jika kamu belum memahami mengenai istilah worksheet dan workbook tersebut, maka kamu bisa mendapatkan pemahaman lengkapnya setelah membaca artikel ini!

Ingin mempelajari cara menggunakan excel dengan lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia ini!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link afiliasi yang memberikan komisi kepada kami untuk setiap pembeliannya tanpa adanya biaya tambahan apapun bagimu. Semua link yang ada berguna untuk membantumu mengoptimalkan penggunaan excel dalam pekerjaanmu. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut mengenai hal ini, silahkan kunjungi halaman pemberitahuan afiliasi kami.





Pengertian Worksheet (Sheet)

Secara definisi, worksheet atau sheet adalah suatu lembar kerja yang kita gunakan untuk menginput dan memproses data kita di excel.

Satu worksheet excel memiliki banyak cell yang dapat digunakan untuk menaruh data atau melakukan proses analisis kita. Kita dapat membagi-bagi data kita per worksheet sesuai dengan kebutuhan pekerjaan yang kita miliki.

Jika dibutuhkan, kita juga dapat melakukan interaksi antar worksheet dalam pemrosesan data kita. Hal ini biasanya dilakukan jika rumus excel yang kita tuliskan memerlukan referensi data yang kebetulan terdapat di worksheet yang berbeda.

Untuk memperjelas pemahamanmu mengenai worksheet di excel, berikut bisa dilihat bentuk tampilan dari satu worksheet (dalam kotak merah).

Perbedaan & Pengertian Worksheet (Sheet) dan Workbook di Excel - Screenshot Contoh Worksheet di Excel

Seperti yang kamu lihat, yang disebut worksheet adalah seluruh area di mana kamu bisa memasukkan dan mengolah datamu di excel. Jika kamu berpindah worksheet, maka bagian yang ditampilkan akan diganti dengan data yang baru sesuai dengan isi dari worksheet tersebut.

Jika kamu ingin berpindah, menambah, atau mengatur hal lainnya sehubungan dengan sheet, kamu bisa melakukannya di bagian bawah excelmu. Lokasi bagian tersebut dapat kamu lihat pada screenshot di bawah ini.

Perbedaan & Pengertian Worksheet (Sheet) dan Workbook di Excel - Screenshot Penunjuk Lokasi Tempat Pengaturan Worksheet di Excel

Atur worksheetmu secara benar agar datamu dapat dimasukkan, diolah, dan dibagi dengan lebih optimal!

Ingin menginput dan memproses data excel secara lebih cepat? Gunakan Add-Ins dari XLTools! Masukkan kode kupon diskon dari kami, “7C2L8B31AZ”, agar kamu mendapatkan diskon 10% ketika membeli lisensi Add-Insnya!



Pengertian Workbook

Tadi kita sudah membahas secara mendalam mengenai worksheet. Lantas, bagaimana dengan yang disebut sebagai workbook di excel?

Secara umum, workbook adalah satu bagian keseluruhan tempat kamu mengerjakan semua pengolahan datamu di excel. Ia dapat dianggap sebagai sebuah file di mana semua worksheetmu berada.

Ketika kamu mengerjakan pekerjaanmu di excel, maka keseluruhan yang kamu lihat dalam file excelmu adalah workbookmu. Tampilan workbook adalah keseluruhan yang diilustrasikan pada screenshot di bawah.

Perbedaan & Pengertian Worksheet (Sheet) dan Workbook di Excel - Screenshot Contoh Workbook di Excel

Pada gambar tersebut, keseluruhan bagian yang tertangkap di sana adalah yang disebut sebagai workbookmu di excel. Workbook di sini juga termasuk berbagai fungsi yang tersedia di bagian atas untuk membantumu mengolah berbagai jenis data.



Perbedaan Workbook dan Worksheet

Lantas, apa perbedaan antara workbook dan worksheet dalam excel? Jika kamu sudah memahami penjelasan yang diberikan di atas, maka mungkin kamu sudah menangkap jelas perbedaannya.

Pada excel, worksheet adalah satu lembar kerja di mana cell-cellmu berada. Ia adalah tempat di mana kamu menaruh dan memproses datamu. Jika kita berbicara workbook, maka cakupannya lebih besar lagi. Ia adalah file excel di mana semua worksheetmu berada dan ia memiliki berbagai menu untuk membantu pengolahan datamu.

Jadi, jika digambarkan secara mudahnya, maka worksheet adalah bagian dari workbook. Worksheet dapat dihitung sebagai satuan lembar kerja dalam excelmu sedangkan workbook mencakup semua lembar kerja yang kamu punyai!

Sekarang, apakah kamu sudah mengerti mengenai worksheet, workbook, dan perbedaan mereka? Setelah membaca penjelasan lengkap di atas tadi, mestinya kamu sudah mendapatkan segala hal yang kamu perlukan untuk memahami mereka!



Catatan Tambahan

Workbook di excel dapat memiliki berbagai tipe ekstensi selain xlsx dan xls sesuai kebutuhan isinya. Jika mau mempelajari mengenai tipe ekstensi apa saja yang tersedia untuk workbook excel, silahkan kunjungi tutorialnya di sini.

Mau mempelajari cara penggunaan excel secara lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia ini!

Tutorial terkait lainnya untuk dipelajari:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert