Tabel Perkalian 3 (Bisa Didownload) dan Cara Mempelajari Perkalian 3 - Compute Expert

Tabel Perkalian 3 (Bisa Didownload) dan Cara Mempelajari Perkalian 3


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Tips dan Trik >> Tabel Perkalian >> Tabel Perkalian 3 (Bisa Didownload) dan Cara Mempelajari Perkalian 3





Di artikel ini, kamu bisa melihat tabel perkalian 3 dan mendownload tabelnya juga jika kamu mau. Kamu juga bisa membaca beberapa tips untuk mempelajari perkalian 3 serta memahami bagaimana cara membuat tabel perkaliannya sendiri di excel.

Excel adalah sebuah program yang sangat fleksibel dan salah satu hal berguna yang bisa kamu buat dengan menggunakannya adalah tabel perkalian. Kita seringkali memerlukan tabel ini untuk membantu kita dalam proses pengajaran perhitungan perkalian kepada anak kita.

Salah satu perkalian yang seringkali anak kita perlu pelajari dengan menggunakan tabel perkalian adalah perkalian 3. Bisa jadi sulit bagi seorang anak untuk mempelajari perkalian ini karena ketiadaan pola perkalian yang cukup jelas di perkalian ini. Anak kita mungkin membutuhkan tabel perkalian 3 agar ia bisa lebih mudah mempelajari perkaliannya dan inilah yang kami sediakan di sini.

Mau melihat dan/atau mendownload tabel perkalian 3 kami? Mau tahu tips-tips yang bisa membantumu mengajarkan kepada anakmu mengenai perkalian 3 agar ia bisa mempelajarinya dengan lebih mudah? Baca artikel ini sampai ke bagian terakhirnya!

Disclaimer: Artikel ini mungkin mengandung link afiliasi dari mana kami akan mendapatkan komisi untuk setiap transaksi/aksi terkualifikasi tanpa adanya biaya tambahan bagimu. Pelajari lebih lanjut







Isi Tabel Perkalian 3 Kami

Berikut tabel perkalian 3 yang menjadi isi dari tabel yang kami buat dengan menggunakan excel untukmu.

3 x 1 = 3
3 x 2 = 6
3 x 3 = 9
3 x 4 = 12
3 x 5 = 15
3 x 6 = 18
3 x 7 = 21
3 x 8 = 24
3 x 9 = 27
3 x 10 = 30


Dan berikut screenshot dari tabel perkalian 3 kami yang bisa kamu download di bagian berikutnya dari artikel ini.

Tabel Perkalian 3 (Bisa Didownload) dan Cara Mempelajari Perkalian 3 - Screenshot Tabel Perkalian 3 Compute Expert



Download Tabel Perkalian 3 (Excel xlsx/PDF)

Kamu bisa mendownload tabel perkalian 3 kami dengan menggunakan link yang kami sediakan untukmu di bawah ini. Kamu bisa mendownload tabelnya tersebut dalam format file excel xlsx atau PDF dengan ukuran kertas A4 atau A3.

Excel xlsx
PDF (A4)
PDF (A3)

Jika kamu ingin langsung mencetak tabelnya, maka kamu sebaiknya mendownload versi PDF dari tabelnya tersebut. Pilih versi A4 atau A3 dari PDFnya tergantung dari kertas tempat kamu ingin mencetak tabelnya.

Jika kamu ingin mengedit tabelnya terlebih dahulu, maka kamu sebaiknya mendownload file excel dari tabelnya.



Tips Mempelajari Perkalian 3

Mau tips untuk membantu anakmu mempelajari perkalian 3 dengan lebih mudah? Selain menggunakan tabel perkalian 3 kami sebagai alat bantu, berikut beberapa hal yang bisa kamu coba.

  • Pisahkan pembelajarannya menjadi dua bagian, dari 3x1 sampai 3x5 dan dari 3x6 sampai 3x10. Bisa jadi sulit bagi anakmu untuk mempelajari semua perkalian dalam tabel perkalian 3nya secara sekaligus.

    Coba pisahkan isi tabelnya menjadi dua bagian dengan menggunakan 3x5 sebagai titik pisahnya. Dengan hanya mempelajari 5 perkalian terlebih dahulu, proses pembelajarannya seharusnya akan menjadi jauh lebih simpel bagi anakmu. Terutama karena perkalian 3 setelah 3x5 mungkin akan lebih sulit untuk dipelajari

  • Ajarkan anakmu pola hasil dari perkalian 3 yang berulang setiap jarak setelah 3 angka. Pola tersebut adalah puluhan dari hasilnya akan bertambah satu dan satuannya akan berkurang satu dalam hasil perkalian 3nya

    Untuk membuat pola hasilnya tersebut menjadi lebih jelas, perhatikan deret angka dari hasil perkalian 3 berikut ini.

    3 6 9   12 15 18   21 24 27   30


    Sudah terlihat polanya? Pola hasil perkaliannya tersebut akan dimulai dari awal lagi setelah kita mencapai 0 di satuan dari hasil perkalian 3nya.

    Jadi, jika anakmu sedang mempelajari perkalian 3x1 sampai 3x10, beritahukan mereka mengenai pola ini. Mungkin saja pola ini bisa membantunya mengingat hasil perkalian 3 dengan lebih mudah!

  • Ajarkan anakmu hubungan antara perkalian 3 dan perkalian 2. Jika anakmu sudah menguasai perkalian 2 sebelumnya, mereka kemungkinan akan lebih mudah mempelajari perkalian 3.

    Hal ini karena rumus hubungan hasil dari perkalian 2 dan perkalian 3 berikut ini:

    3 x angka = 2 x angka + angka


    Sebagai contoh, 3 x 3 = 9 sama dengan 2 x 3 + 3. Dan juga, 3 x 5 = 15 sama dengan 2 x 5 + 5.

    Hubungan simpel seperti ini mungkin dapat membantu anakmu mempelajari perkalian 3 dengan lebih cepat!


Learn Excel Dashboard Course



Cara Membuat Tabel Perkalian 3 Ini di Excel

Mau mencoba membuat tabel perkalian 3 kami sendiri dari awal? Kamu mungkin ingin melakukan hal ini jika kamu ingin mendesain sendiri tabel perkalian 3 yang akan kamu gunakan.

Jika seperti itu situasinya, maka kamu bisa membuat tabelnya jika kamu mengetahui dasar-dasar cara untuk mengubah tampilan dari worksheet excel. Ketika kami membuat tabel perkalian 3 kami, kami lebih banyak menghabiskan waktu untuk mengubah tampilan dari worksheet excel kami.

Dasar-dasar tersebut sendiri termasuk mengubah ukuran kolom/baris, gaya tulisan, garis border, serta warna cell. Jika kamu bisa melakukan hal-hal tersebut, seharusnya akan menjadi mudah bagimu untuk membuat tabel perkalian 3mu sendiri di excel.

Untuk hasil-hasil perkalian 3nya sendiri, kami mendapatkan mereka dengan menggunakan bantuan simbol bintang ( * ). Tinggal ketik tanda sama dengan ( = ), 3, simbol bintang, dan angka yang ingin kami kalikan dengan 3. Dengan melakukan itu, kami dapatkan hasil perkalian yang kami butuhkan.

Kami juga hanya menuliskan rumus perkalian tersebut sebanyak sekali ketika kami membuat tabel kami. Setelah kami menuliskan rumus untuk perkalian 3x1, kami menyalin ke bawah penulisan rumusnya dengan menggunakan fitur autofill excel. Dengan begitu, kami dapatkan semua hasil perkalian 3nya dengan jauh lebih cepat.



Cara Memodifikasi Tabel Perkalian 3 Ini di Template Excelnya

Daripada membuatnya ulang, kamu lebih ingin memodifikasi tabel perkalian 3 kami di template excelnya? Fitur-fitur excel yang perlu kamu kuasai cara penggunaannya untuk itu tentunya bergantung dari apa yang ingin kamu ubah dari tabelnya.

Kemungkinan besar kamu ingin mengubah tampilan dari tabelnya agar lebih sesuai dengan preferensimu. Jika begitu, maka kamu perlu menguasai bagaimana cara mengubah tampilan worksheet excel. Untuk itu, pahami hal-hal seperti cara mengubah ukuran kolom/baris, gaya tulisan, garis border, serta warna cell di excel juga.

Jika kamu ingin menambah konten perkalian dalam tabelnya, salin rumus perkalian kami agar kamu bisa langsung mendapatkan hasil perkalian yang dibutuhkan. Jika kamu ingin menghilangkan beberapa konten perkaliannya, kamu bisa langsung menghapus baris-baris dari kontennya tersebut.



Latihan/Permainan Perkalian 3

Setelah anakmu mempelajari mengenai perkalian 3nya, kamu mungkin ingin memberikan mereka latihan/permainan terkait dengan perkalian 3. Untuk itu, kamu bisa menggunakan latihan yang kami sediakan di sini.

Latihan kami sendiri sebenarnya cukup simpel. Anakmu hanya perlu memasangkan pilihan jawaban di sisi sebelah kanan dengan perkalian di sisi sebelah kiri. Semua perkalian yang ada di latihan ini sendiri adalah perkalian 3.

Kamu bisa mendownload latihannya lewat link-link di bawah ini. Kamu bisa mendownloadnya dalam bentuk file PDF atau excel.

Link file latihan:
Xlsx excel
PDF (A4)
PDF (A3)

Dan berikut file kunci jawabannya jika kamu membutuhkannya. Kamu juga bisa menggunakan tabel perkalian 3 kami untuk memberikan kunci jawabannya kepada anakmu.

Link file kunci jawaban:
Xlsx excel
PDF (A4)
PDF (A3)

Anakmu bisa langsung mengerjakan latihannya di file excelnya atau kamu bisa mencetak file latihannya untuk mereka terlebih dahulu. Jika kamu membutuhkan variasi soal, kamu bisa mengubah isi dari pertanyaan yang ada di file excel latihannya secara langsung.

Kami harap latihan ini bisa membantu anakmu memahami perkalian 3 dengan jauh lebih cepat!



Catatan Tambahan

Mungkin merupakan ide yang bagus jika kamu mencoba menanyakan satu soal perkalian 3 kepada anakmu secara acak kapanpun kamu mau. Dengan begitu, mereka mungkin akan berusaha mengantisipasi pertanyaanmu dengan mencoba mengingat hasil-hasil dari perkalian 3nya dengan lebih cepat.

Setelah menanyai mereka, kamu sebaiknya memuji atau memberikan mereka semangat tergantung dari apakah jawaban mereka benar atau salah. Lakukan itu agar mereka bisa lebih termotivasi untuk mempelajari perkalian 3nya.



Artikel/tutorial excel yang mungkin menarik bagimu:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!




Ikuti konten tutorial kami juga di


Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Mengurangi di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP Excel

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIFS Excel

Rumus SUMIFS Excel



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Shortcut Excel



Rekomendasi Produk & Jasa Excel

Laptop Terbaik untuk Excel

Tablet Terbaik untuk Excel

Keyboard Terbaik untuk Excel

Mouse Terbaik untuk Excel

Monitor Terbaik untuk Excel



Konsultasi Excel

Tentang Kami

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2022 Compute Expert