Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari quick access toolbar adalah apa, fungsi, serta cara menggunakannya di excel.

Jika kamu ingin menyelesaikan pekerjaanmu secara cepat di excel, maka quick access toolbar adalah salah satu hal yang bisa kamu manfaatkan. Setelah kamu memahaminya secara mendalam melalui tutorial ini, kemungkinan kamu akan tertarik menggunakannya untuk membantu pekerjaan excelmu.







Pengertian Quick Access Toolbar Adalah…

Sebelum kita mempelajari lebih jauh mengenai fitur ini, mungkin ada baiknya kita menjawab pertanyaan ini dahulu: apa itu quick access toolbar?

Pengertian quick access toolbar adalah suatu fitur yang berisi berbagai shortcut tombol-tombol perintah tertentu.

Secara default, ia biasanya dapat diakses di bagian kiri atas dari file excelmu. Lokasi persisnya dari quick access toolbar ini dapat kamu lihat di screenshot berikut (yang di dalam kotak dengan garis merah).

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Quick Access Toolbar di Excel



Fungsi/Kegunaan Quick Access Toolbar di Excel

Secara umum, kegunaan quick access toolbar excel adalah mempermudah akses dari tombol perintah yang ingin kamu gunakan. Dengan adanya fitur ini, maka kamu tidak perlu lagi repot-repot mencari suatu tombol perintah yang ingin kamu gunakan fungsinya. Cukup arahkan pointermu ke kiri atas file excelmu dan klik tombol yang ingin kamu gunakan.

Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu mengisi quick access toolbarmu dengan tombol-tombol perintah yang sering kamu gunakan. Melakukannya akan sangat mempermudahmu mengakses mereka kapanpun dan di manapun kamu membutuhkan fungsinya.



Cara Mengubah Posisi Quick Access Toolbar Excel

Jika kamu adalah pengguna Windows, maka kamu bisa mengubah posisi dari quick access toolbar di excelmu.

Cukup klik dropdown yang terdapat di paling kanan dari quick access toolbarmu dan pilih Show Below the Ribbon.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Pilihan Show Below the Ribbon di Menu Dropdown Quick Access Toolbar Excel

Quick access toolbarmupun akan ditampilkan di bawah dari ribbon excelmu.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Hasil Pemindahan Quick Access Toolbar Excel

Ingin mengembalikannya ke posisi semula? Klik dropdown pada quick access toolbarmu dan pilih Show Above the Ribbon. Quick access toolbarmupun akan kembali ke posisi awalnya!

Sebagai alternatif, kamu juga bisa memindahkannya dengan cara klik kanan di atas ribbon excelmu. Pilih Show Quick Access Toolbar Below the Ribbon atau Show Quick Access Toolbar Above the Ribbon dari pilihan yang ditampilkan.



Cara Menambahkan Shortcut di Quick Access Toolbar

Merasa ada shortcut tombol yang belum ditampilkan di quick access toolbarmu dan ingin menambahkannya? Terdapat 3 cara untuk melakukannya di excel.

Cara pertama adalah dengan menggunakan dropdown quick access toolbarnya sendiri. Klik dropdown tersebut dan centang shortcut tombol yang ingin kamu munculkan pada quick access toolbarmu dengan mengkliknya. Pilihan tombol yang disediakan di situ adalah tombol-tombol yang biasanya sering digunakan oleh para pengguna excel.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Klik Centang Untuk Menambahkan Shortcut di Dropdown Quick Access Toolbar Excel

Cara kedua adalah dengan mengambilnya langsung dari ribbon excelmu. Sebagai catatan, cara ini hanya bisa digunakan oleh para pengguna Windows.

Klik kanan pada tombol perintah ribbon yang ingin kamu tambahkan pada quick access toolbarmu. Kemudian, pilih Add to Quick Access Toolbar.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Pilihan Add to Quick Access Toolbar di Menu Klik Kanan Tombol Perintah Ribbon Excel

Tombol ribbon tersebutpun akan langung ditambahkan shortcutnya di quick access toolbarmu!

Cara terakhir adalah dengan menggunakan dialog box Quick Access Toolbar.

Ada tiga cara untuk mengakses dialog box tersebut (dua pada Mac). Cara pertama adalah dengan mengklik File lalu Options lalu Quick Access Toolbar.



Cara kedua adalah dengan mengklik kanan pada area ribbon excelmu dan pilih Customize Quick Access Toolbar.

Cara ketiga adalah dengan mengklik dropdown dari quick access toolbarmu. Lalu, silahkan pilih More Commands… (Untuk Mac, kamu bisa klik tulisan Excel di pojok kiri atas layar Macmu lalu pilih Preferences… dan lalu Ribbon & Toolbar. Setelah itu, pergi ke tab Quick Access Toolbar di dialog box yang muncul. Kamu juga bisa mengklik dropdown quick access toolbarmu dan pilih More Commands…)

Pada dialog box quick access toolbar, tambahkan shortcut dengan menyorot tombol perintah yang ingin kamu tambahkan pada boks sebelah kiri. Kemudian, klik tombol Add >>.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Tombol Add >> di Dialog Box Quick Access Toolbar Excel

Tombol tersebut akan langsung dipindahkan ke boks sebelah kanan yang berisi shortcut-shortcut yang akan ditampilkan di quick access toolbarmu. Sebagai catatan, kamu juga bisa menambahkan tombol macro atau tombol yang tidak terdapat di ribbonmu di dialog box ini.

Setelah selesai menambahkan shortcut-shortcut tombolmu, klik OK. Quick access toolbarmupun sudah berisi shortcut-shortcut tombol perintah yang kamu tambahkan padanya tadi.



Cara Menghilangkan Shortcut di Quick Access Toolbar

Untuk menghilangkan shortcut tombol tertentu dari quick access toolbarmu, sebenarnya cara-caranya hampir sama dengan cara menambahkannya. Hanya saja, pilihan yang kamu pilih dalam prosesnya agak berbeda.

Cara pertama adalah dengan klik dropdown pada quick access toolbarmu lalu hilangkan tanda centang dari shortcut-shortcut yang ingin kamu hilangkan. Shortcut-shortcut tersebutpun akan langsung hilang dari quick access toolbarmu.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Klik Hilangkan Centang Untuk Menghilangkan Shortcut di Dropdown Quick Access Toolbar Excel

Cara kedua adalah dengan mengklik kanan tombol quick access toolbar yang ingin dihilangkan. Kemudian, pilih Remove from Quick Access Toolbar.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Pilihan Remove from Quick Access Toolbar di Menu Klik Kanan Shortcut Quick Access Toolbar Excel

Cara ketiga adalah dengan menggunakan dialog box Quick Access Toolbar di excel. Cara mengakses dialog box ini adalah seperti yang sudah didiskusikan dalam bagian cara menambah shortcut tadi.

Pada dialog boxnya, sorot shortcut-shorcut yang ingin kamu hilangkan di boks di sebelah kanan. Kemudian, klik tombol << Remove di sana.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Tombol << Remove di Dialog Box Quick Access Toolbar Excel

Lalu, klik OK. Shortcut-shortcut tombol yang tadi ingin kamu hilangkanpun sudah selesai dihilangkan!



Cara Mengembalikan Tampilan Quick Access Toolbar ke Semula

Sudah memodifikasi isi shortcut di quick access toolbarmu namun kamu ingin mengembalikannya seperti semula lagi? Mungkin ada kesalahan terjadi dalam proses modifikasi yang kamu lakukan.

Untuk itu, kamu bisa menggunakan tombol Reset All Customizations… di dialog box Quick Access Toolbar.

Quick Access Toolbar Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Letak Tombol Reset All Customizations... di Dialog Box Quick Access Toolbar

Klik tombol tersebut, lalu klik Yes pada dialog box lainnya yang muncul. Tampilan dan isi quick access toolbarmupun akan berubah menjadi seperti tanpa modifikasi.



Catatan Tambahan

Quick access toolbar mulai bisa digunakan sejak versi 2007 dari excel, sama seperti program-program Microsoft Office lainnya.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert