5 Rumus Dasar Excel yang Wajib Kamu Kuasai


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> 5 Rumus Dasar Excel yang Wajib Kamu Kuasai



Pada bagian tutorial ini, kita akan membahas 5 rumus dasar excel yang perlu dipahami dalam menggunakan perangkat lunak ini. Kelima rumus excel dasar ini akan memberikanmu kemampuan melakukan fungsi-fungsi esensial yang akan menunjang proses pengolahan datamu.

Jika kamu memiliki keperluan pekerjaan lebih kompleks, tentunya jauh lebih baik jika memahami penggunaan rumus lainnya juga. Kamu bisa melihat daftar tutorial semua rumusnya secara lengkap di sini untuk dipelajari.


Alasan Rumus Menjadi Penting Dalam Proses Pengolahan Data di File Spreadsheetmu


Dalam melakukan pengolahan pada file spreadsheet, seringkali kita perlu suatu proses untuk mengubah suatu data menjadi output sesuai keinginan kita. Untuk proses kalkulasi seperti penjumlahan atau pengurangan, mungkin bisa kita tuliskan secara manual di cell sesuai kebutuhan. Atau mungkin bisa kita lakukan perhitungannya sendiri. Namun jika terdapat kebutuhan seperti pencarian data ataupun mendapatkan hasil berdasarkan evaluasi kondisi logika, maka akan sangat repot jika dilakukan manual.

Hal ini juga berlaku jika kita ingin mengkalkulasi banyak angka. Jika tetap berusaha melakukan semua proses kalkulasinya secara manual, maka bisa-bisa kita menghabiskan waktu sangat lama dalam pengolahan datanya.

Sebagai contoh hal ini pada pekerjaan, misalkan kita sedang dalam proses mengolah data keuangan perusahaan. Dalam pengolahannya, seringkali kita butuh mengkalkulasikan banyak angka. Selain itu, mungkin terdapat kebutuhan seperti mencari akun dari suatu transaksi, menghitung banyaknya entri transaksi, dan lain sebagainya. Jika semua proses dilakukan secara manual, maka tentu akan sangat ribet pengerjaannya.

Dalam excel, kita disediakan banyak rumus/fungsi yang dapat membantu melakukan semua pengolahan di dalamnya. Jika kamu sering mengolah data di sini, maka penting memahami cara menggunakan mereka. Mungkin tidak semuanya karena jumlahnya sangat banyak. Namun, paling tidak, kamu perlu menguasai beberapa yang sesuai dengan kebutuhan pengolahanmu.

Di antara kesemua rumusnya, terdapat rumus dasar microsoft excel untuk kamu sebaiknya kuasai. Disebut dasar karena mereka menjalankan fungsi-fungsi yang seringkali dipakai dalam proses pengolahanmu.

Dengan menguasai kesemua rumus dasar excel ini, maka paling tidak itu bisa menjadi modal awal bagimu dalam mengerjakan pengolahan file spreadsheetmu. Tentunya ke depannya, kamu sebaiknya mengembangkannya dirimu lagi dengan memahami lebih banyak fungsi yang tersedia. Hal ini dilakukan agar bisa memaksimalkan potensi yang terdapat dalam excel.


Rumus-Rumus Dasar Excel Untuk Kamu Pahami Sesegera Mungkin


Jadi, apa saja 5 rumus dasar excel untuk kamu kuasai? Berikut penjabaran daftarnya. Masing-masing akan diberikan link tutorial Compute Expert di judulnya agar kamu bisa langsung mempelajari penggunaannya masing-masing jika belum paham.


IF


Rumus Dasar Excel - Screenshot IF

Tidak diragukan lagi, IF merupakan rumus dasar excel pertama yang harus kamu pelajari. Seringkali dalam pengolahan data, kamu perlu mendapatkan isi cell berdasarkan evaluasi kondisi logika tertentu. Dengan mempelajari penggunaan IF, maka hal ini akan menjadi jauh lebih mudah dilakukan.


SUM


Rumus Dasar Excel - Screenshot SUM

Salah satu operasi kalkulasi terhadap data angka paling sering digunakan adalah penjumlahan. Sebenarnya operasi ini bisa dituliskan secara manual di file spreadsheetmu (dengan memanfaatkan tanda plus ( + )). Namun, jika terdapat banyak bilangan untuk dijumlahkan (dan biasanya seperti ini kasusnya), maka kamu perlu tahu cara menggunakan SUM. Dengan SUM, maka penjumlahan banyak bilangan bukanlah menjadi hal sulit dan lama untuk dikerjakan.


AVERAGE


Rumus Dasar Excel - Screenshot AVERAGE

Operasi kalkulasi lainnya yang biasanya penting dalam perangkat lunak ini adalah penghitungan rata-rata. Ia krusial digunakan ketika sedang membutuhkan angka pembanding netral untuk semua data angkamu. Dengan memahami penggunaan AVERAGE, maka proses pencarian rata-rata akan menjadi mudah.


VLOOKUP


Rumus Dasar Excel - Screenshot VLOOKUP

Sebenarnya kami lebih suka menggunakan INDEX MATCH dalam hal pencarian data karena jauh lebih fleksibel penggunaannya. Akan tetapi VLOOKUP biasanya lebih sering digunakan dan lebih mudah dipahami.

Pencarian data pasti akan butuh dilakukan suatu waktu dalam proses pengolahan datamu di perangkat lunak ini. Dan hal tersebut biasanya dilakukan secara vertikal. Dengan menggunakan VLOOKUP, maka proses pencarian datamu akan menjadi lebih instan dan hasilnya lebih cepat didapatkan.


COUNTIFS


Rumus Dasar Excel - Screenshot COUNTIFS

Butuh menghitung jumlah data berdasarkan kriteria tertentu? Dalam pengolahan data, proses penghitungan jumlah data jenis tertentu biasanya tidak terelakkan dilakukan. Dengan memahami COUNTIFS, maka kriteria apapun untuk perhitungan datamu tidak menjadi masalah. Kamu akan bisa melakukannya dengan jauh lebih praktis.


***


Bagaimana? Apakah sudah paham penggunaan kelima rumus dasar excel tersebut? Jika belum, segera pelajari mereka di tutorial Compute Expert yang membahasnya! Pekerjaan pengolahan datamu seharusnya menjadi jauh lebih mudah dan cepat dengan memahami mereka.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert