Rumus Excel INDEX MATCH




Pada bagian tutorial ini, kamu akan memahami mengenai cara menggunakan INDEX MATCH di excel. Rumus excel INDEX MATCH berguna untuk mencari suatu data dalam kumpulan kolom dan baris pada spreadsheet dengan mengetahui posisi dari data lainnya sebagai indikator dalam proses pencarian tersebut. INDEX MATCH di excel sangat mirip dengan VLOOKUP dan HLOOKUP dalam hal fungsinya. Hanya saja ia lebih fleksibel dan relatif lebih mudah asalkan kamu sudah mengerti dan terbiasa dalam menggunakannya.

Pada bagian lain dari tutorial Compute Expert, sebenarnya sudah dijelaskan secara lengkap rumus excel INDEX MATCH secara terpisah. Hanya saja, kami merasa perlu menjelaskan kombinasinya secara khusus karena sering kami pakai dan akan sangat berguna untuk memahami cara pemakaian kombinasinya dalam keseharian penggunaan spreadsheet untuk proses pencarian dari suatu data.


Mengapa Perlu Mempelajari Kombinasi INDEX MATCH di Excel?


Dalam pemrosesan yang kita lakukan pada perangkat spreadsheet, seringkali kita perlu untuk mencari suatu data tertentu untuk kemudian bisa diolah lebih lanjut. Jika data tersebut memang sulit untuk ditemukan, terutama jika mungkin terdapat banyak baris dan kolom dalam cell range, maka akan menjadi sangat sulit untuk melakukan pencariannya secara manual. Terlebih jika kita butuh menemukan banyak data untuk mengisi suatu kolom atau baris tertentu pada spreadsheet kita.

Sebagai contoh kasus, mungkin kita sedang perlu untuk mengisi harga produk berdasarkan nama produk tersebut dengan ketentuan angka harga yang diambil dari database besar mengenai berbagai macam detail soal produk perusahaan. Sebagai database kumpulan berbagai macam detail dari produk perusahaan tersebut, maka tipikalnya adalah ia memiliki berbagai kolom dan entri produk yang sangat banyak. Hal tersebut bisa menyulitkan kita dalam menemukan salah satu variabel dari produk tertentu seperti harga. Padahal mungkin kita memerlukannya secara cepat demi membuat suatu dokumen invoice untuk dikirimkan kepada distributor yang ingin membeli produk perusahaan kita.

Dalam kasus seperti itu, maka akan sangat membantu jika terdapat sesuatu untuk membantu menemukan data secara otomatis dari banyak baris dan kolom tersebut berdasarkan indikator tertentu sesuai keinginan kita (dalam contoh kasus tadi, maka indikatornya adalah harga serta nama produk yang ingin dicari harganya).

Untuk membantu dalam proses pencarian pada cell range tersebut, maka terdapat kombinasi rumus excel INDEX MATCH untuk digunakan. Kombinasi INDEX MATCH di excel mampu menemukan data dalam cell range baik secara vertikal maupun horizontal sesuai dengan input indikator yang kita berikan dalam penulisan formulanya. Tentunya akan sangat membantu jika kita memahami cara menggunakan kombinasi INDEX MATCH di excel ini, terutama ketika kita butuh untuk mencari data tertentu pada perangkat spreadsheet.


Apa Itu Rumus Excel INDEX MATCH?


Rumus excel INDEX MATCH adalah kombinasi formula dengan tujuan penggunaan menemukan suatu data di dalam kumpulan baris dan kolom pada perangkat spreadsheet ini. Rumus ini merupakan kombinasi dari dua formula dengan kegunaan masing masing. Formula pertama dari kombinasi ini digunakan untuk mencari data dalam cell range dengan input posisi baris dan kolom dari yang dicari tersebut dan formula kedua pada kombinasi ini akan memberikan posisi baris atau kolom dari suatu data. Jika kita sudah memiliki indikator baris dan/atau kolom untuk digunakan dalam mencari data sesuai keinginan, maka kita bisa memasukkannya ke dalam formula INDEX MATCH di excel untuk kemudian digunakan dalam menemukan hal yang diinginkan sesuai indikator tersebut.

Rumus excel INDEX MATCH ini sendiri sebenarnya hampir sama fungsinya dengan VLOOKUP dan HLOOKUP. Hanya saja INDEX MATCH di excel dapat secara langsung mencari sesuatu dalam baris dan kolom tanpa peduli proses pencariannya secara vertikal ataupun horizontal serta lebih fleksibel karena input dalam penulisan rumusnya bisa diganti ganti sesuai dengan kebutuhan kita untuk proses pencariannya,

Sedikit penjelasan mengenai input di dalam kedua formula ini adalah sebagai berikut:


=INDEX(array, row_num, column_num)


Keterangan:
  • array = cell range tempat kamu ingin mencari datamu
  • row_num = posisi baris di dalam cell rangemu tempat datamu berada
  • column_num = posisi kolom di dalam cell rangemu tempat datamu berada



=MATCH(lookup_value, lookup_array, match_type)


Keterangan:
  • lookup_value = nilai untuk dicari di dalam baris/kolom
  • lookup_array = cell range baris/kolom tempat pencarian
  • match_type = opsional. Tipe pencarian yang ingin dilakukan apakah sama persis, sama persis atau lebih besar, atau sama persis atau lebih kecil



Bagaimana Cara Menggunakan INDEX MATCH di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai bagaimana cara memakai rumus excel INDEX MATCH. Dalam penggunaan INDEX MATCH di excel, kamu perlu menentukan apakah indikator pencarian berada di baris, kolom, atau keduanya agar kamu tahu di mana nanti kamu akan menggunakan MATCH dalam formula INDEX demi mencari indikator tersebut untuk kemudian hasilnya akan diberikan sebagai salah satu input utama bagi hasil yang akan dihasilkan INDEX.


Cara Menggunakan Rumus Excel INDEX MATCH

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik INDEX (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 2

  3. Drag kursor dari koordinat paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range tempat pencarian datanya nanti lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik angka posisi baris atau koordinat cell tempat angka tersebut berada jika kamu sudah tahu persis pada baris mana datanya berada dan ingin menggunakan langsung posisi baris tersebut atau jika kamu hanya tahu indikator sebagai petunjuk posisi barisnya maka:

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4

    1. Ketik MATCH (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-1

    2. Ketik indikator atau koordinat cell tempat indikatormu berada setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-2

    3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling atas sampai ke bawah untuk baris tempat pencarian indikator datamu lalu masukkan tanda koma

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-3

    4. Masukkan angka 0 agar indikatormu ditemukan secara sama persis oleh formula ini

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-4

    5. Ketik tanda tutup kurung

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-5

    lalu masukkan tanda koma

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 4-6

  5. Ketik angka posisi kolom atau koordinat cell tempat angka tersebut berada jika kamu sudah tahu persis pada kolom mana datanya berada dan ingin menggunakan langsung posisi kolom tersebut atau jika kamu hanya tahu indikator sebagai petunjuk posisi kolomnya maka:

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5

    1. Ketik MATCH (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5-1

    2. Ketik indikator atau koordinat cell tempat indikatormu berada setelah tanda buka kurung lalu masukkan tanda koma

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5-2

    3. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri sampai ke kanan untuk kolom tempat pencarian indikator datamu lalu masukkan tanda koma

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5-3

    4. Masukkan angka 0 agar indikatormu ditemukan secara sama persis oleh formula ini

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5-4

    5. Ketik tanda tutup kurung

      Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 5-5

  6. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 6-1

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 6-2

  7. Tekan tombol Enter
  8. Prosesnya selesai dilakukan!

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 8-1

    Rumus Excel INDEX MATCH - Screenshot Langkah 8-2



Latihan


Setelah kamu mempelajari langkah langkah penggunaan INDEX MATCH di excel dalam tutorial tadi, kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu agar menjadi lebih mahir dengan mengerjakan latihan di bawah ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan proses penjawaban dan sudah yakin atas hasil yang kamu dapatkan!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan rumus excel INDEX MATCH untuk menjawab tiga pertanyaan berikut!
  1. Berapa angka pada kolom C?
  2. Berapa angka pada baris E?
  3. Berapa angka pada baris A dan kolom C?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin mempelajari secara lebih detail dari masing masing bagian rumus INDEX MATCH di excel atau mungkin mempelajari VLOOKUP dan HLOOKUP sebagai alternatif formula pencarian data (walaupun kami sebenarnya merekomendasikan kamu menggunakan rumus excel INDEX MATCH karena lebih mudah serta fleksibel dalam penggunaannya), maka kamu dapat melihat bagian tutorial lain dari blog Compute Expert ini!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert