Rumus Excel SUM




Pada bagian tutorial ini, kamu akan memahami mengenai bagaimana cara menggunakan rumus excel SUM. Rumus SUM excel sendiri seringkali digunakan dalam operasional aritmatika serta pengolahan data dalam perangkat spreadsheet ini. Mari mempelajarinya agar kamu menjadi semakin mahir dalam memproses pengolahan datamu!


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus Excel SUM?


Dalam memproses data terutama dengan bentuk angka, seringkali kita perlu melakukan operasi tambah di antara mereka agar bisa mendapatkan hasil sesuai dengan keinginan dan untuk menganalisis data tersebut lebih lanjut. Hal-hal seperti jumlah total pendapatan perusahaan yang didapatkan dari penjumlahan berbagai penjualan produk selama periode waktu tertentu, pengukuran produktivitas dari penambahan jumlah jam semua karyawan di dalam perusahaan, total anggaran untuk kampanye pemasaran dari penambahan semua detail kebutuhan untuk media komunikasi pemasaran, dan lain sebagainya adalah contoh contoh di mana operasi penjumlahan dibutuhkan demi mendapatkan suatu gambaran untuk digunakan menjadi dasar pengambilan kebijakan selanjutnya dalam pekerjaan atau bisnis.

Di dalam perangkat spreadsheet ini sendiri, terdapat rumus SUM excel yang merupakan dasar dari fungsi bantuan untuk operasi penambahan yang disediakan oleh Microsoft di dalam perangkat lunak ini. Rumus excel SUM sangat krusial dipahami oleh para pengguna perangkat spreadsheet ini agar bisa mengolah data secara baik karena penjumlahan adalah salah satu dasar dari proses pengolahan data seperti yang dijelaskan sebelumnya. Untuk itu jika kamu belum memahami sepenuhnya mengenai rumus SUM excel ini, mari pelajari lebih lanjut tutorial ini agar kamu bisa mengerti sepenuhnya mengenai rumus excel SUM ini!


Apa Itu Rumus SUM Excel?


Rumus excel SUM adalah suatu formula dalam alat bantu spreadsheet ini yang dapat digunakan dalam proses penambahan bilangan di dalamnya agar prosesnya menjadi jauh lebih efektif dan efisien. Rumus SUM excel ini sendiri juga memiliki varian seperti SUMIF untuk penjumlahan bilangan dengan kondisi khusus, akan dibahas secara lebih mendalam di bagian tutorial lainnya dalam blog Compute Expert ini.

Sedikit penjelasan mengenai input pada formula ini adalah sebagai berikut:


=SUM(number1, number2, …)


Keterangan:
number1, number2, … = semua angka untuk dicari hasil penjumlahannya


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus SUM Excel?


Berikut panduan dalam menggunakan rumus excel SUM. Cara menggunakan rumus SUM excel ini sendiri hampir sama dengan formula lainnya untuk awalnya, dengan input angka yang ingin dijumlahkan nantinya dimasukkan di dalamnya.


Menggunakan Rumus Excel SUM

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil proses penambahan digitnya

    Rumus Excel SUM - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik rumus excel penjumlahan SUM (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus Excel SUM - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik angka atau koordinat cell tempat angka yang ingin kamu tambahkan setelah tanda buka kurung dengan tanda koma ( , ) di antara angka angka atau koordinat koordinat cell tersebut atau drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah jika tempat angka angka yang kamu ingin tambahkan saling berdekatan

    Rumus Excel SUM - Screenshot Langkah 3

  4. Ketik tanda tutup kurung setelah semua angka atau koordinat cell berisi angka yang ingin kamu tambahkan sudah dimasukkan

    Rumus Excel SUM - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses fungsi SUM selesai dilakukan untuk angka kamu!

    Rumus Excel SUM - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus excel SUM, kamu dapat mempraktekkan pemahaman kamu mengenai bagaimana memakai rumus SUM excel ini untuk melakukan proses penambahan dengan mengerjakan latihan ini!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai melakukan penambahan melalui rumus excel SUM dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pengetahuan penambahan melalui rumus SUM excel yang kamu miliki:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa hasil penambahan semua bilangan pada kolom pertama? Gunakan fungsi SUM untuk menjawabnya!
  2. Berapa hasil penambahan semua bilangan pada kolom kedua? Coba hindari kolom hitam saat memasukkan input ke dalam fungsi SUM!
  3. Berapa hasil penambahan semua bilangan pada kolom ketiga? Coba hindari kolom hitam saat memasukkan input ke dalam fungsi SUM!

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Dalam menggunakan fungsi SUM, drag kursor cell dan pemasukan angka atau koordinat cell dengan pemisahan tanda koma dapat digabungkan dalam satu penulisan
  • Jika kamu mau, koordinat cell yang berdekatan untuk rumus SUM excel juga dapat kamu secara tuliskan manual dengan dipisahkan tanda titik dua ( : ) untuk koordinat cell paling kiri atas dan koordinat cell paling kanan bawah (mis: =SUM(A1:B30))
  • Fungsi SUM memiliki varian seperti SUMIF untuk digunakan jika kamu memiliki kondisi tertentu untuk angka yang ingin dijumlahkan di dalam fungsi SUM. Pembelajaran mengenai varian dari fungsi SUM ini dapat kamu pelajari pada bagian tutorial lainnya di blog Compute Expert ini!




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert