Rumus SUBTOTAL Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai cara menggunakan rumus SUBTOTAL excel. Formula ini berguna jika sering menggunakan fungsi filter atau tabel pada perangkat spreadsheet ini untuk data angka dan kamu memerlukan suatu formula untuk melakukan proses kalkulasi beberapa bagian dari cell range yang terfilter atau ada di dalam tabel tersebut.


Mengapa Perlu Mempelajari Rumus SUBTOTAL Excel?


Dalam menggunakan perangkat spreadsheet, seringkali kita menggunakan fungsi filter atau tabel untuk mengelompokkan data berdasarkan jenis variabel milik kita. Pada pengelompokkan tersebut, biasanya terdapat data angka pada masing masing baris data dan kita seringkali perlu melakukan kalkulasi khusus pada suatu kelompok tertentu yang dihasilkan dari fungsi filter atau tabel tersebut agar mendapatkan hasil sesuai kebutuhan dalam pengolahan atau analisis data kita.

Sebagai contoh, misalkan terdapat kumpulan data mengenai penjualan produk dari perusahaan yang disimpan pada perangkat spreadsheet ini. Biasanya terdapat banyak variabel di dalam jenis data seperti ini misalnya jenis produk, wilayah penjualan, harga, unit terjual, diskon, dsb. Dalam analisis data tersebut, mungkin kita ingin melihat berapa banyak total jumlah penjualan dari suatu jenis produk di wilayah tertentu atau rata rata penjualan dari semua jenis produk di satu wilayah dengan suatu jumlah diskon spesifik untuk melihat keberhasilan kampanye pemasaran persentase diskon tersebut. Untuk itu, dibutuhkan suatu proses untuk melakukan berbagai kalkulasi terhadap sekelompok data tersebut agar bisa dilakukan pengolahan data sesuai keperluan secara optimal.

Jika langsung menggunakan formula seperti SUM atau AVERAGE, maka hal ini sulit dicapai karena semua formula tersebut akan menghitung seluruh angka di dalam cell range tanpa melihat apakah suatu baris data disembunyikan oleh filter atau tabel karena tidak termasuk dalam kelompok data yang ingin dilihat pada saat itu.

Dalam keadaan tersebut, kita dapat menggunakan rumus SUBTOTAL excel. Rumus ini akan menjadi sangat berguna untuk dipahami jika perlu melakukan kalkulasi pada kelompok data dari keseluruhan cell range di mana kita sering menggunakan fungsi filter atau tabel untuk mengelompokkan di dalamnya.


Apa Itu Rumus SUBTOTAL Excel?


Rumus SUBTOTAL excel adalah suatu formula untuk melakukan proses kalkulasi terhadap sekelompok data angka pada cell range. Rumus ini biasanya digunakan jika kamu menggunakan fungsi filter atau tabel pada perangkat spreadsheet ini.

Penjelasan umum mengenai input pada formula ini adalah sebagai berikut:


=SUBTOTAL(function_num, ref1, …)


Keterangan:
  • function = jenis kalkulasi yang ingin dilakukan
  • ref1, … = semua cell range untuk diperhitungkan dalam proses kalkulasi



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus SUBTOTAL Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menggunakan rumus SUBTOTAL excel. Fungsi ini membutuhkan dua input yaitu kode formula untuk digunakan oleh SUBTOTAL serta cell range yang akan dikalkulasi oleh formula ini berdasarkan input kode formula tadi. Penjelasan formula yang dapat digunakan pada rumus excel SUBTOTAL beserta kodenya adalah sebagai berikut:

FormulaMenghitung Cell yang Disembunyikan ManualMengabaikan Cell yang Disembunyikan Manual
AVERAGE1101
COUNT2102
COUNTA3103
MAX4104
MIN5105
PRODUCT6106
STDEV7107
STDEVP8108
SUM9109
VAR10110
VARP11111


Gunakan kode formula di atas sesuai keperluanmu dalam mengkalkulasi sekelompok datamu!


Cara Menggunakan Rumus SUBTOTAL Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik SUBTOTAL (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik kode formula atau koordinat cell tempat kode formula yang ingin kamu gunakan berada (untuk kode sesuai kebutuhan kalkulasimu, lihat referensinya di tabel atas), setelah tanda buka kurung, lalu masukkan tanda koma ( , )

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Drag kursor cell dari koordinat cell paling kiri atas sampai ke kanan bawah untuk cell range yang ingin dikalkulasi. Kamu juga bisa memasukkan tanda koma ( , ) dan menambah cell range di tempat lain sampai semua masuk ke dalam formula

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Prosesnya selesai dilakukan!

    Rumus SUBTOTAL Excel - Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah mempelajari langkah langkah pemakaian dari tutorial di atas, kamu dapat melatih pemahaman yang telah kamu dapatkan dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file dari link berikut dan jawab pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai menjawab semua pertanyaan dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa nilai maksimum pada kolom C jika kolom A berisi huruf A dan kolom B berisi huruf A atau B?
  2. Berapa rata rata kolom C jika kolom A berisi huruf A dan kolom B berisi huruf A atau B?
  3. Berapa jumlah kolom C jika kolom A berisi huruf A dan kolom B berisi huruf A atau B?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Kode formula kurang dari 100 hanya akan memasukkan cell tersembunyi secara manual. Cell tersembunyi dari hasil filter akan tetap diabaikan dalam perhitungan
  • Rumus SUBTOTAL excel ini akan mengabaikan hasil SUBTOTAL lain yang ada di dalam cell range
  • Formula ini didesain untuk bekerja bagi data tersusun secara vertikal. Jika tersusun secara horizontal, maka cell tersembunyi akan selalu dimasukkan dalam proses kalkulasi




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert