Cara Menambah Sheet di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menambah Sheet di Excel



Dalam bagian tutorial Compute Expert ini, kamu akan mempelajari mengenai bagaimana cara menambah sheet di excel. Mengetahui langkah-langkah menambah sheet baru tentunya sangat diperlukan bagi setiap orang dalam mengoptimalkan pengolahan dan penyimpanan data pada perangkat lunak ini. Jika kamu ingin membagi-bagi data milikmu atau proses pengolahannya ke pembagian sesuai dengan ketentuanmu dalam spreadsheet, maka ini adalah tutorial sangat tepat untuk kamu pelajari.


Mengapa Perlu Mempelajari Langkah-Langkah Menambah Sheet Baru Dalam Spreadsheet?


Ketika mengerjakan pengolahan data spreadsheet, seringkali kita membutuhkan lebih dari satu lembar kerja. Hal ini dibutuhkan agar kita dapat membagi-bagi data beserta proses dan hasil pengolahannya ke dalam beberapa bagian tertentu agar lebih mudah dilihat dan dianalisis lebih lanjut. Selain itu, tentunya jika terdapat cukup banyak hal yang ingin kita kerjakan di spreadsheet dan kita menumpuk semuanya pada satu lembar kerja, maka tentunya akan terlihat sangat kompleks dan mungkin hasil pengolahan datanya akan jadi jauh lebih sulit untuk dimengerti daripada jika dilakukan pembagian.

Sebagai salah satu contoh kasus mengenai kebutuhan lembar kerja tersebut dalam pekerjaan kita, misalkan kita memiliki satu file spreadsheet yang berisi segala detail produk perusahaan. Pada data detail produk perusahaan milik kita tersebut, mungkin terdapat hal-hal seperti performa penjualan masing-masing, jumlah produksi, pembagian tenaga penjualnya, dan hal lainnya yang sebenarnya bisa menjadi suatu pengelompokkan besar di dalam datanya. Menumpuk semuanya dalam satu lembar kerja tentunya kurang baik karena akan menyulitkan kita atau orang lain ketika ingin mencari data tertentu saja dari produk tersebut ataupun ketika ingin melakukan pengolahan pada bagian tertentu saja sesuai dengan kebutuhan dalam waktu tertentu.

Untuk menempatkan data atau proses dan hasil pengolahannya sesuai ke pembagiannya seperti yang dibutuhkan pada contoh kasus di atas, maka kamu perlu menambah lembar kerja pada spreadsheetmu sebelum kemudian melakukan pembagian sesuai kebutuhan. Untuk itu, maka kamu perlu mengetahui mengenai cara menambah sheet di excel. Pemahaman mengenai cara penambahan ini sangatlah krusial bagi semua dari kita yang melakukan pengolahan data pada spreadsheet, terutama jika entri untuk diolahnya berjumlah cukup banyak.


Apa Itu Cara Menambah Sheet di Excel?


Cara menambah sheet di excel adalah suatu fungsi dari perangkat lunak spreadsheet ini untuk menambah lembar kerja sesuai dengan kebutuhanmu. Hal ini utamanya diperlukan dalam pembagian dari berbagai hal yang kamu simpan dan kerjakan di dalam spreadsheetnya agar dapat menjadi lebih mudah diolah dan dilihat.


Bagaimana Cara Menambah Sheet Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menambah sheet pada excel. Di sini akan dikenalkan 3 metode untuk membantumu melakukannya. Hasil ketiganya akan sama saja.


Metode 1 - Klik Kanan

  1. Klik kanan salah satu lembar kerja yang sudah ada

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Pilih Insert Sheet

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 1-2

  3. Selesai!

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 1-3




Metode 2 - Tanda Plus ( + )

  1. Klik tanda plus ( + ) pada bagian bawah lembar kerjamu

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Selesai!

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 2-2




Metode 3 - Tombol Shortcut

  1. Tekan Shift + F11 secara bersamaan (fn + Shift + F11 untuk Mac)
  2. Selesai!

    Cara Menambah Sheet di Excel - Screenshot Langkah 3-2





Latihan


Setelah kamu mempelajari 3 metode cara menambah sheet di excel, sekarang saatnya kamu mempraktekkan pemahamanmu pada file spreadsheetmu. Buka file baru pada perangkat lunak spreadsheetmu. Setelah itu, silahkan coba tambahkan beberapa lembar kerja baru di file spreadsheetmu dengan menggunakan masing-masing dari ketiga metode tersebut. Bagaimana hasilnya? Apakah kamu bisa melakukan ketiganya?


Catatan Tambahan


Jika ingin menambahkan lebih dari satu lembar kerja secara sekaligus, maka sorot lembar kerjamu sebanyak jumlah yang ingin kamu tambahkan kemudian lakukan metode 1 atau 3 yang telah dijelaskan tadi.


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert