Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel



Dalam tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai fungsi tombol F4 pada excel. F4 mempunyai beberapa kegunaan yang bisa sangat membantumu ketika menginput dan mengolah data di excel.

Mungkin salah satu fungsi paling terkenal dari tombol F4 ini adalah merubah sifat absolut/relatif dari referensi koordinat cellmu. Namun, penggunaan tombol ini dalam excel tidak hanya sebatas itu saja. Untuk merangkum kegunaannya, berikut adalah daftar hal-hal yang bisa kamu lakukan di excel menggunakan tombol F4:
  • Mengubah sifat absolut/relatif dari suatu referensi koordinat cell dalam penulisan rumusmu
  • Mengulangi aktivitas terakhir yang kamu lakukan di excel
  • Menemukan data yang dicari terakhir pada dialog box Find & Replace
  • Menutup workbook/program excel

Oleh karena itu, selain tentunya mempelajari penggunaan F4 untuk mengatur sifat absolut/relatif, kita juga akan mempelajari penggunaannya untuk fungsi lainnya.

(Catatan: Sebelumnya, patut diketahui bahwa fungsi F4 yang dijelaskan di sini adalah untuk excel yang digunakan pada komputer dengan OS Windows. Jika kamu pengguna Mac, maka sebenarnya tombol F4 tidak terlalu memberikan manfaat berarti dalam penggunaan excelmu.

Namun, jika kamu memang ingin menggunakan fungsi yang sama seperti yang dijelaskan di sini pada excelmu, jangan khawatir. Akan kami berikan juga cara mengakses fungsi tersebut di Mac dengan menggunakan kombinasi tombol shortcut tersendiri (tidak melibatkan tombol F4))

Ingin mempelajari excel dengan lebih cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia ini yang membahas mengenainya!

Disclaimer: Artikel ini mengandung link affiliate yang mungkin akan memberikan komisi kepada kami untuk setiap pembeliannya tanpa biaya tambahan apapun bagimu. Kami hanya menempatkan link-link yang kami anggap dapat membantumu mengoptimalkan penggunaan excel untuk mempermudah pekerjaanmu. Jika kamu ingin membaca lebih lanjut mengenai hal ini, maka kamu bisa mengunjungi halaman Kebijakan Afiliasi kami.





Fungsi 1: Mengubah Sifat Absolut/Relatif Dari Referensi Koordinat Cell Dalam Rumus

Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Fungsi F4 Ke-1

Shortcut Windows: F4 (Ketika sedang menyorot referensi koordinat cellnya pada rumusmu)
Shortcut Mac: Command + T (Ketika sedang menyorot referensi koordinat cellnya pada rumusmu)

Fungsi F4 yang paling dikenal di excel mungkin adalah mengubah sifat absolut/relatif dari suatu referensi koordinat cell.

Jika kamu ingin menggunakannya untuk fungsi ini, maka kamu harus menyorot referensi koordinat cell yang ingin kamu ubah sifatnya terlebih dahulu. Setelah itu, tekan F4 dengan frekuensi sesuai kebutuhanmu.

Seberapa banyak frekuensi penekanan tombol F4mu tersebut akan mempengaruhi sifat absolut/relatif mana yang kamu gunakan untuk referensi cellmu. Misalnya, jika referensi cellmu seperti ini:


=A1


Ini adalah bentuk standar dari referensi cell dan melambangkan sifat relatif huruf kolom dan angka barisnya. Jika kamu salin rumusmu ke cell lain, maka referensi cell berbentuk seperti ini dalam rumusnya akan bergeser mengikuti arah penyalinanmu.

Jika kamu menekan F4 sekali ketika menyorot referensi cell dengan bentuk tersebut, maka ia akan berubah bentuk menjadi seperti ini.


=$A$1


Tanda dollar ($) yang muncul adalah lambang sifat absolut dari huruf kolom atau angka baris di depannya. Sifat absolut tersebut berarti huruf kolom/angka baris tersebut tidak akan bergeser jika rumusmu disalin ke cell lain.

Jika bentuk referensi cell pada rumusmu berbentuk seperti $A$1, maka itu berarti kolom dan baris referensi cellmu tidak akan bergeser (tetap mereferensikan ke A1 ke manapun kamu menyalin rumusmu).

Jika kamu menekan tombol F4 sekali lagi setelah referensi koordinat cellmu berbentuk seperti $A$1, maka ia akan berubah menjadi:


=A$1


Referensi dengan bentuk seperti ini berarti angka barisnya saja yang bersifat absolut (karena tanda $nya hanya ada di depan angka barisnya). Kolomnya jadi bersifat relatif dan akan bergeser jika kamu menyalin rumusnya.

Jika kamu tekan F4 sekali lagi setelah referensinya berbentuk seperti itu, maka ia akan berubah menjadi:


=$A1


Bentuk ini berarti kolomnya yang sekarang bersifat absolut sedangkan barisnya bersifat relatif (tanda $nya hanya ada di depan huruf kolomnya).

Jika kamu menekan F4 lagi setelah bentuk referensi cellnya seperti ini, maka referensi cellmu akan menjadi kembali seperti di awal.


=A1


Menekan F4 seterusnya akan mengulang siklus sifat absolut/relatif referensi koordinat cellmu seperti yang sudah dijabarkan tadi.

Demikian penjelasan mengenai pengaruh F4 pada sifat absolut/relatif dari referensi koordinat cellmu. Untuk memperjelas pemakaian F4 untuk fungsi ini, berikut langkah-langkah detailnya.

  1. Sorot atau tempatkan kursor ketikmu pada referensi koordinat cell yang ingin kamu ubah sifat absolut/relatifnya dalam rumusmu

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-1

  2. Tekan tombol F4 (Command + T untuk mac) untuk mengganti sifat absolut/relatif dari referensi koordinat cellmu tersebut. Berasumsi bahwa referensi cellmu dalam bentuk standar (tanpa ada tanda $ sama sekali di dalamnya), tekan sekali untuk membuat baris dan kolommu jadi bersifat absolut (menaruh tanda $ di depan angka baris dan huruf kolomnya)

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-2-1

    Tekan dua kali untuk membuat barismu jadi bersifat absolut dan kolommu jadi bersifat relatif (menaruh tanda $ di depan angka barisnya)

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-2-2

    Tekan tiga kali untuk membuat barismu jadi bersifat relatif dan kolommu jadi bersifat absolut (menaruh tanda $ di depan huruf kolomnya)

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-2-3

    Tekan empat kali untuk membuat baris dan kolommu menjadi bersifat relatif lagi (menekan tombol F4 lagi setelah ini akan mengembalikan baris dan kolommu menjadi bersifat absolut lagi dan seterusnya)

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-2-4

  3. Tekan Enter jika sifat absolut/relatif baris dan kolommu sudah sesuai dengan yang kamu inginkan
  4. Salin rumusmu untuk melihat hasilnya!

    Hasil salin dengan tidak ada tanda $ di depan huruf kolom dan angka baris

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-4-1

    Hasil salin dengan tanda $ di depan huruf kolom dan angka baris

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-4-2

    Hasil salin dengan tanda $ di depan angka baris

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-4-3

    Hasil salin dengan tanda $ di depan huruf kolom

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 1-4-4



Ingin menginput dan memproses data di excel secara lebih cepat? Coba gunakan Add-Ins dari XLTools untuk membantumu! Gunakan kode kupon diskon kami “7C2L8B31AZ” untuk mendapatkan diskon 10% ketika membeli lisensi penggunaannya!



Fungsi 2: Mengulangi Aktivitas Terakhir

Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Fungsi F4 Ke-2

Shortcut Windows: F4 (atau Ctrl + Y)
Shortcut Mac: Command + Y

Fungsi kedua dari tombol F4 di excel yang dapat dimanfaatkan adalah untuk melakukan kembali aktivitas terakhir kita di dalamnya. Jenis aktivitas yang bisa diulang sendiri adalah perubahan format, pemasukkan atau penghapusan baris atau kolom, dan perubahan dari bentuk (shapes) tertentu.

Cara pemakaian fungsi ini sendiri sebenarnya cukup mudah. Pastikan bahwa aktivitas terakhirmu adalah yang ingin kamu ulangi dan tekan tombol F4 pada tempat di mana kamu ingin mengulangi aktivitasnya.

Secara langkah per langkah detail dari pemakaian fungsi F4 ini, berikut penjabarannya.

  1. Sorot tempat di mana kamu ingin mengulangi aktivitasmu

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 2-1

  2. Tekan tombol F4 (Command + Y pada mac)
  3. Selesai!

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 2-3




Fungsi 3: Menemukan Data yang Dicari Terakhir Pada Dialog Box Find and Replace

Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Fungsi F4 Ke-3

Shortcut Windows: Shift + F4 untuk pencarian selanjutnya atau Ctrl + Shift + F4 untuk pencarian sebelumnya
Shortcut Mac: Command + G untuk pencarian selanjutnya atau Command + Shift + G untuk pencarian sebelumnya

Fungsi ketiga yang dapat dilakukan dengan menekan tombol F4 pada excel adalah pencarian data. Dengan memasukkan datanya terlebih dahulu di dialog box Find & Replace, kita dapat mencari data tersebut tanpa perlu memunculkan dialog boxnya lagi. Cukup tekan Shift + F4 atau Ctrl + Shift + F4 maka pencarian letak data tersebut akan langsung dilakukan oleh excel.

Langkah-langkah penggunaan fungsi ini secara detail adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu sudah memasukkan data yang ingin kamu cari di dialog box Find atau Find & Replacemu

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 3-1

  2. Untuk mencari data tersebut, tekan tombol Shift + F4 (Command + G pada Mac) (pencarian dimulai dari bagian setelah tempat kursor cellmu sekarang berada) atau Ctrl + Shift + F4 (Command + Shift + G pada Mac) (pencarian akan dimulai dari bagian sebelum tempat kursor cellmu sekarang berada)

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 3-2

  3. Selesai! Jika datanya terdapat di sheetmu, maka kursor cellmu akan langsung menyorot tempat data yang kamu cari tersebut berada. Untuk menemukan lokasi lainnya di mana data tersebut bisa ditemukan, jika ada, tekan lagi tombol shortcutnya

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 3-3




Fungsi 4: Menutup Workbook/Program Excel

Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Contoh Penggunaan Fungsi F4 Ke-4

Shortcut Windows: Ctrl + F4 (atau Ctrl + W) untuk menutup workbook dan Alt + F4 untuk menutup program excelnya
Shortcut Mac: Command + W untuk menutup workbook dan Command + Q untuk menutup program excelnya

Fungsi terakhir yang bisa digunakan memanfaatkan tombol F4 adalah menutup file workbook atau program excel. Jika kamu ingin cara cepat menutup mereka tanpa menggunakan mouse/trackpadmu, maka fungsi ini adalah solusi yang tepat untukmu.

Kamu tinggal menekan Ctrl + F4 untuk menutup workbookmu atau Alt + F4 untuk menutup program excelmu. Tekan tombolnya ketika kamu berada di dalam file workbook atau program excel yang ingin kamu tutup.

Langkah-langkah detail untuk menggunakan fungsi F4 ini adalah sebagai berikut:

  1. Tekan tombol Ctrl + F4 (Command + W pada Mac) untuk menutup workbookmu atau Alt + F4 (Command + Q pada Mac) untuk menutup program excelmu
  2. Jika kamu belum menyimpan perubahan terakhir pada workbookmu, maka akan ada dialog box yang muncul. Klik Save jika kamu ingin menyimpan perubahan terakhirnya atau klik Don’t Save jika kamu tidak mau menyimpannya

    Cara Menggunakan dan Fungsi F4 Pada Excel - Screenshot Langkah 4-2



Latihan

Setelah mempelajari fungsi-fungsi F4 pada excel di atas, sekarang saatnya mempraktekkan dan memperdalam pemahamanmu lewat latihan ini.

Unduh file latihan di bawah ini dan lakukan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan ingin mengecek jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi:

Pastikan kamu bisa menggunakan rumus IF sebelum kamu mengerjakan latihan ini! Jika kamu belum bisa, silahkan pelajari tutorial rumus IF Compute Expert di sini!

Gunakan fungsi F4 pada excel untuk membantumu menyelesaikan soal-soal berikut

Sheet 1
  1. Bandingkan masing masing angka dalam cell A4 sampai E8 dengan standar angka pada A1! Berapa yang sama atau melebihi dan berapa yang kurang dari standar tersebut? Pada I4 sampai M8, berikan hasil perbandingan dari setiap cell tersebut. Berikan ‘OK’ jika melebihi atau sama dan ‘X’ jika kurang pada tempat yang sejajar dari setiap cellnya! Kemudian hitung berapa ‘OK’ yang didapatkan di S4!
  2. Lakukan hal sama dengan standar angka di cell A3 sampai E3. Bandingkan setiap nilai cell A4 sampai E8 sesuai dengan standar pada kolomnya yang sesuai! Berapa ‘OK’nya? Hitung berapa ‘OK’nya dan tuliskan hasil perhitungannya di S5!
  3. Lakukan hal sama dengan standar angka F4 sampai F8. Bandingkan setiap nilai cell A4 sampai E8 sesuai dengan standar pada barisnya yang sesuai! Berapa ‘OK’nya? Hitung berapa ‘OK’nya dan tuliskan hasil perhitungannya di S6!


Sheet 2
Gunakan fungsi tombol F4 untuk membantu memindahkan warna kuning boks 1 ke boks nomor 2 dan 3!

Sheet 3
Gunakan fungsi tombol F4 untuk mencari angka-angka berikut:
  1. 3222
  2. 2345
  3. 1573
Tulis koordinat cell tempatmu menemukan angka-angka tersebut di cell berwarna abu-abu samping kanan!

Setelah menyelesaikan semua instruksinya, tutup excelmu menggunakan tombol F4 juga! Bisakah kamu melakukannya?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Tanda $ yang melambangkan sifat absolut referensi koordinat cellmu juga dapat dituliskan secara manual jika kamu tidak ingin menggunakan tombol F4.

Mau belajar excel dengan lebih mudah dan cepat? Ikuti kursus Udemy berbahasa Indonesia ini!

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert