22 Manfaat, Kegunaan, dan Fungsi Microsoft Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> 22 Manfaat, Kegunaan, dan Fungsi Microsoft Excel



Pada artikel Compute Expert ini, kamu akan mempelajari beberapa kegunaan penting dari Microsoft Excel. Kita juga akan mendiskusikan fungsi utama program Microsoft Excel adalah apa.

Excel telah menjadi alat penting yang membantu banyak orang dalam pekerjaan mereka sehari-hari. Untuk dapat menggunakannya secara produktif, salah satu hal yang bisa kita lakukan adalah memahami fungsi yang bisa dilakukannya untuk pekerjaan kita. Mungkin ada beberapa kapabilitas excel yang belum kita ketahui tetapi mereka sebenarnya dapat membantu kita secara signifikan.

Jadi, ingin paham lebih banyak mengenai apa yang excel dapat lakukan agar kita dapat mengoptimalkan penggunaannya? Baca semua bagian dari artikel ini!

XLTools Banner Ads





Fungsi Utama Program Microsoft Excel Adalah…

Sebagai sebuah perangkat lunak spreadsheet, fungsi utama program Microsoft Excel adalah menyimpan, mengorganisasi, dan memproses input data menjadi hasil sesuai keinginan. Kita bisa menggunakan fungsi dari excel ini dengan memanfaatkan fitur-fitur relevan dari yang banyak tersedia di dalamnya.

Fungsi utama excel ini sebenarnya dapat dispesifikkan ke dalam banyak fungsi yang berbeda. Kita dapat melihat secara lebih mendetail apa saja fungsi berbeda tersebut pada bagian selanjutnya dari artikel ini.



22 Manfaat, Kegunaan, dan Fungsi Microsoft Excel

Jika kita mengamati lebih dekat, maka kita dapat melihat bahwa excel mendukung 22 fungsi berbeda (mungkin belum mencakup keseluruhan fungsinya) bagi para penggunanya. Kami sudah membuat daftarnya di bawah agar kamu dapat melihatnya dan mengetahui apakah mungkin kamu telah kurang mengoptimalkan penggunaan excelmu!

  1. Membagi data kita ke dalam cell, cell range, dan worksheet
    Beberapa entitas dalam excel seperti cell, cell range, dan worksheet membantu kita dalam mengkategorisasikan data kita. Dengan menggunakan kategori yang kita buat dengan menggunakan mereka, kita bisa memisahkan data yang kita punya dengan cara yang kita inginkan!

  2. Menempatkan data kita di posisi yang jelas
    Sebuah worksheet excel dibagi menjadi banyak baris dan kolom. Baris-baris dan kolom-kolom tersebut mempunyai koordinat (baris dalam angka dan kolom dalam huruf) yang memberitahukan kita posisi persis dari data kita. Dengan menggunakan koordinat ini, kita dapat mengkomunikasikan posisi data kita dengan mudah ke orang lain yang bekerja sama dengan kita.

  3. Mengimpor dan mengumpulkan data dari sumber internal dan eksternal
    Di excel, kita dapat mengkombinasikan data dari file excel, worksheet, atau cell lain ke satu tempat khusus dengan mudah. Kita juga dapat menarik data dari database online seperti SQL untuk pengkombinasiannnya. Oleh karena itu, kita dapat mengumpulkan berbagai data yang kita butuhkan untuk apa yang kita kerjakan saat ini.

  4. Memvisualisasikan data kita ke dalam bentuk grafik atau diagram
    Excel mempunyai banyak pilihan grafik yang dapat digunakan untuk menampilkan data kita dengan cara yang lebih mudah dimengerti. Tinggal pilih salah satu yang mengkomunikasikan data kita dengan cara yang paling baik dan atur tampilannya menggunakan menu-menu dari excel!

  5. Mengkalkulasi angka-angka yang kita punya
    Dalam rumus, excel mempunyai suatu fitur yang dapat diandalkan ketika kita berbicara tentang pengolahan data numerik. Rumus seperti SUM, AVERAGE, SQRT, POWER, dan banyak rumus lainnya dapat melakukannya dengan lebih akurat dan cepat dibandingkan dengan kalkulasi manual.

  6. Menemukan data tertentu dari semua data yang kita simpan di dalamnya
    Ada beberapa rumus dan fitur yang dapat digunakan untuk membantu kita mencari dan menemukan data di excel. Tinggal pakai rumus/fitur yang paling sesuai dan excel dapat menemukan datamu dalam sekejap!

  7. Memproses data kita secara statistik
    Ketika kita berbicara mengenai pemrosesan data, tidak bida dihindari bahwa statistik akan masuk ke dalam diskusi. Excel mempunyai beberapa alat bantu internal yang dapat membantu kita mengolah data statistik menjadi hasil yang kita inginkan. Rumus seperti LINEST atau fitur seperti VBA dapat membantu kita melakukannya.

  8. Mengelompokkan data kita ke grup-grup yang dapat diidentifikasi dengan mudah
    Pengelompokkan data adalah suatu proses yang perlu kita lakukan ketika kita ingin bekerja dengan data kompleks secara produktif. Dengan fitur seperti tabel atau nama data, excel dapat mengelompokkan data kita dengan pengidentifikasian yang kita buat sendiri.

  9. Memanipulasi data teks kita menjadi bentuk yang kita inginkan
    Teks adalah salah satu jenis data yang terkadang kita temui ketika kita perlu mengolah data kita. Menggunakan excel, kita dapat memanipulasi ukuran tulisan, warna, dan kapitalisasi teks kita ke preferensi yang kita punyai.

  10. Mencari bagian tertentu dari data kita
    Mencari data mungkin saja tidak berhenti hanya pada menemukan keseluruhan bagian dari suatu data. Kita mungkin terkadang perlu menemukan karakter atau bagian tertentu dari data kita juga. Excel mempunyai beberapa alat bantu yang dapat kita gunakan untuk itu.

  11. Membuat Template Dokumen
    Karena excel mampu menangani input, proses, dan output, ia juga bisa dibentuk menjadi template dokumen yang mudah dikustomisasi. Dengan membentuk excel kita dengan benar, kita dapat membuat konten tertentu untuk template dokumen kita secara cepat.

  12. Mengurutkan data kita sesuai dengan urutan yang kita inginkan
    Salah satu fitur yang paling sering digunakan di excel adalah pengurutan (sort). Dengan menggunakannya, kita dapat mengurutkan data kita per kolom dari A ke Z, berdasarkan besarannya, dsb. Hal ini pastinya berguna ketika kita ingin menganalisis data kita dalam suatu bentuk yang teratur.

  13. Menyaring data kita menjadi hanya menampilkan bagian tertentunya saja
    Pasangan dari fitur pengurutan/sort di excel adalah fitur penyaringan/filter. Fitur ini dapat membuat tabel data kita menampilkan hanya bagian data yang kita inginkan saat ini. Ketika kita perlu menganalisis hanya beberapa bagian dari data kita, fitur ini adalah fitur yang baik digunakan.

  14. Menggunakan warna, simbol, dsb untuk menandai bagian data kita
    Kita terkadang perlu menandai data kita menggunakan warna, simbol, dsb tertentu sehingga kita dapat mencernanya dengan lebih mudah dalam sekali pandangan. Excel mempunyai fitur seperti conditional formatting yang dapat memberikan penandaan pada data kita berdasarkan spesifikasi yang kita inginkan.

  15. Membantu memasukkan data yang mempunyai pola dengan lebih cepat
    Bisa menjadi melelahkan dan membosankan jika kita harus memasukkan data kita dalam jumlah yang besar. Sejak versi 2013nya, excel dapat membantu kita mengotomatisasi proses tersebut jika proses pemasukkan data kita mempunyai pola. Dengan menggunakan fiturnya yang relevan, proses pemasukkan data kita dapat menghabiskan waktu yang jauh lebih sedikit dari yang biasanya!

  16. Mencetak data kita
    Ketika kita perlu melaporkan/memperlihatkan hasil pengolahan data kita, kita mungkin perlu menunjukkannya dalam bentuk cetakan. Kita bisa mengatur hasil pencetakannya sesuai dengan keinginan kita jika kita menggunakan excel untuk mengolah data kita.

  17. Navigasi data kita dan hal-hal yang terkait dengannya dengan mudah
    Ketika kita mengolah data kita, kita mungkin terkadang perlu bernavigasi di antara tabel-tabel data atau ke data online. Terdapat fitur hyperlink dan freeze panes yang dapat membantu kita melakukannya dengan mudah di excel. Dengan mengoptimalkan mereka, proses navigasi kita bisa menjadi jauh lebih mudah dilakukan.

  18. Mengontrol input ke database kita
    Terdapat sejumlah fitur pembatasan input di excel yang dapat digunakan jika kita membutuhkannya. Jika kita membuat sebuah file excel dan perlu membagikannya ke orang lain untuk diinput, maka fitur-fitur ini bisa berguna. Kita bisa mencegah orang lain memberikan suatu input yang dapat menghasilkan error atau membuat proses pengolahan data kita menjadi salah.

  19. Mendapatkan solusi optimal untuk permasalahan data kita
    Jika kita sudah mempunyai hasil ideal dalam bayangan kita, maka terkadang kita perlu mengatur nilai input kita untuk menghasilkan itu. Kita bisa jadi kesulitan menganalisis nilai input optimalnya secara manual terutama jika kita mempunyai banyak variabel input. Excel dapat membantu kita melakukannya dengan jauh lebih mudah melalui penggunaan fitur-fitur seperti goal seek atau what if analysis.

  20. Melihat data kita dengan cara yang kita inginkan
    Ada banyak cara yang dapat menjadi preferensi kita dalam melihat tabel-tabel data yang kita punya di database kita. Kita mungkin ingin melihat mereka dalam bentuk tampilan terpisah, pratinjau cetakannya, atau dengan sudut pandang lainnya. Excel bisa memfasilitasi hal tersebut dengan menggunakan berbagai tombol perintah View di dalam programnya.

  21. Mendapatkan hasil dari input data kita secara logis
    Kita mungkin perlu mendapatkan hasil berdasarkan kondisi logika tertentu atau memproses angka berdasarkan kriteria tertentu. Jika kita menggunakan excel, maka kita dapat melakukan hal-hal tersebut dengan mudah menggunakan beberapa koleksi rumusnya. Sebagai hasilnya, kita akan mendapatkan hasil pengolahan data kita seperti yang kita inginkan secara logisnya!

  22. Mengotomatisasi pengolahan data kita
    Jika kamu adalah pengguna excel tingkat lanjut, maka kamu kemungkinan tahu mengenai fitur VBA dan macro excel. Jika kita mengkombinasikan penggunaan mereka dengan rumus, kita bisa membuat program yang dapat menjalankan proses pengolahan data kita secara otomatis. Ini bisa jadi sangat berguna terutama jika kamu biasanya melakukan pengolahan data yang bersifat repetitif dan memiliki pola tertentu.


Terdapat banyak hal yang excel bisa lakukan untuk membantu pekerjaanmu, bukan? Ini terutama jika pekerjaan tersebut berkaitan dengan proses pengolahan dan manajemen data.

Kamu sebaiknya menguasai penggunaan fitur-fitur excel yang relevan dengan pekerjaanmu agar kamu bisa mengoptimalkan potensi excel untukmu. Siapa tahu kamu bisa mendapatkan hasil jauh lebih baik dalam waktu yang lebih singkat dari pekerjaanmu jika kamu melakukan hal tersebut!



Catatan Tambahan

Jumlah lembar kerja yang bisa kamu buat di excel tergantung dari memori komputermu. Selama kamu tidak kehabisan memori, kamu bisa membuat sheet sebanyak yang kamu perlukan untuk melakukan pekerjaanmu di excel!

XLTools Banner Ads

Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert