Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel



Pada tutorial ini, kita akan mendiskusikan secara lengkap mengenai ribbon adalah apa, fungsi, serta cara menggunakannya di excel.

Jika kamu sering menggunakan excel, maka ribbon adalah komponen penting yang bisa sangat mempermudah pekerjaanmu di perangkat lunak satu ini. Untuk itu, mari mengenalnya lebih dalam agar kamu bisa makin mengoptimalkan penggunaannya!







Pengertian Ribbon Adalah…

Apa yang dimaksud dengan ribbon?

Secara umum, definisi ribbon adalah sekelompok tombol perintah yang bisa digunakan untuk menjalankan fungsi tertentu sesuai kebutuhanmu.

Ribbon sendiri terletak di bagian atas dari file excelmu. Lokasi persis dan tampilannya pada excel dapat dilihat pada screenshot di bawah ini (yang di dalam kotak merah).

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Ribbon di Excel



Fungsi Ribbon

Apa saja kegunaan dari fitur ribbon pada excel?

Terdapat beberapa fungsi dari ribbon yang membuatnya dapat membantu pekerjaan kita di excel. Mereka adalah:
  • Mempermudah akses dari suatu perintah yang ingin kita aktifkan dalam excel
  • Mengelompokkan tombol-tombol perintah excel secara logis dan mudah dimengerti
  • Menampilkan tombol-tombol perintah excel secara intuitif sehingga lebih mudah digunakan

Kamu mungkin sudah sering menggunakan beberapa tombol perintah yang disediakan oleh ribbon selama kamu bekerja di excel. Dengan adanya ribbon, maka kita bisa mengerjakan pekerjaan kita di excel dengan jauh lebih cepat dan mudah.



Bagian-bagian Dalam Ribbon Excel

Apa saja bagian yang terdapat dalam ribbon di excel? Berikut screenshot yang menunjukkan bagian-bagian tersebut beserta sedikit penjelasan dari masing-masing bagiannya.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Bagian Ribbon di Excel

  • Tab: Pembagian dari tombol-tombol perintah pada ribbon berdasarkan fungsinya secara garis besarnya
  • Grup: Pengelompokkan tombol-tombol perintah dalam tab berdasarkan fungsi lebih spesifiknya
  • Tombol Perintah: Bagian yang bisa diklik pada ribbon untuk menjalankan fungsi tertentu. Terkadang, ia juga memiliki dropdown untuk menjalankan fungsi lainnya yang berhubungan erat dengan fungsi utama dari tombolnya



Tab Pada Ribbon Excel

Terdapat 8 tab utama yang biasanya sering dipakai dan dimunculkan dalam ribbon dari sebuah file excel. Mereka adalah tab Home, Insert, Page Layout, Formulas, Data, Review, View, dan Developer.



Sedikit penjelasan dari masing-masing tab tersebut dapat dilihat di bawah ini.
  • Home: Tab default excel, berisikan tombol-tombol perintah yang biasanya sering digunakan oleh kita. Beberapa fungsi dari tombol di tab ini adalah menyalin data, memodifikasi bentuk tulisan, memformat cell, dan menambahkan/menghilangkan kolom/baris/cell
  • Insert: Tab berisikan tombol-tombol perintah yang berfungsi memasukkan suatu objek ke dalam lembar kerja excelmu. Contoh objek yang bisa dimasukkan adalah tabel, grafik, gambar, link, dan komentar cell
  • Page Layout: Tab berisikan tombol-tombol perintah yang berfungsi mengatur tampilan excel ketika dicetak ke kertas. Menggunakan tab ini, kamu bisa mengatur margin, ukuran kertas, area cetak, dan lain sebagainya dengan fungsi seperti itu
  • Formulas: Tab berisikan tombol-tombol perintah dengan fungsi yang berkaitan erat dengan rumus excel. Di sini, kamu bisa memasukkan rumus, mendefinisikan nama untuk dipakai dalam rumus excel, mengkalkulasikan ulang hasil rumus, dsb
  • Data: Tab berisikan tombol-tombol perintah untuk mendapatkan, menyaring, mengurutkan, dan mengelompokkan data kita dalam excel
  • Review: Tab berisikan tombol-tombol perintah untuk mengevaluasi ulang dan mengatur proteksi data-data dalam lembar kerja kita. Di sini, kamu bisa mengevaluasi ejaan teks dari data, melihat komentar cell, menerjemahkan, serta memproteksi/membuka proteksi data
  • View: Tab yang berisikan tombol-tombol perintah untuk mengatur tampilan luar dari lembar kerjamu
  • Developer: Tab yang awalnya disembunyikan excel (harus dimunculkan sendiri) dan diperuntukkan bagi pengguna yang mengerti mengenai pemrogramman macro/VBA. Ia berisikan tombol-tombol perintah yang bisa digunakan untuk mengatur pemrogramman dari file excelmu



Cara Menyembunyikan Ribbon di Excel

Merasa terganggu atau tidak butuh terhadap fitur ribbon di excel dan ingin menyembunyikan tampilannya? Kamu bisa mengklik tanda panah ke atas di sebelah kanan atas file excelmu untuk menyembunyikan ribbonmu.

Kesulitan menemukan tanda panahnya? Lokasi persis dari tanda panah tersebut bisa kamu lihat di screenshot berikut.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Panah ke Atas Untuk Menyembunyikan Ribbon di Excel

Hasilnya setelah mengklik tanda panah ke atas tersebut.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Hasil Menyembunyikan Ribbon di Excel

Sebagai alternatif, kamu juga bisa menekan tombol Ctrl + F1 (Command + Option + R di Mac) untuk menyembunyikan ribbon yang muncul di file excelmu.



Cara Memunculkan Ribbon di Excel

Jika sebelumnya ribbon excelmu disembunyikan dan kamu ingin memunculkannya lagi, maka caranya hampir sama dengan cara menyembunyikannya tadi.

Klik tanda panah ke bawah yang menggantikan tanda panah ke atas ketika ribbonmu disembunyikan. Letak dari tanda panah ke bawah tersebut sama persis, yaitu ada di bagian kanan atas dari file excelmu.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Panah ke Bawah Untuk Memunculkan Ribbon di Excel

Hasilnya setelah mengklik tanda panah ke bawah tersebut.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Hasil Memunculkan Ribbon di Excel

Sebagai alternatif, kamu bisa menekan tombol shortcut Ctrl + F1 (Command + Option + R di Mac) untuk memunculkan kembali ribbonmu yang sebelumnya disembunyikan.



Cara Memodifikasi Ribbon Excel

Mungkin kamu ingin memunculkan suatu tombol perintah yang belum ada di ribbon excelmu saat ini. Bagaimana cara mengatur hal seperti itu?

Di excel, kamu bisa memodifikasi tampilan ribbonmu untuk melakukan hal tersebut melalui dialog box Customize Ribbon.



Cara mengakses dialog box tersebut adalah dengan klik File lalu pilih Options. Kemudian, pilih Customize Ribbon di dialog box yang muncul. Kamu juga bisa mengklik kanan dalam ribbon excelmu dan pilih Customize the Ribbon (Untuk Mac, klik tulisan Excel di kiri atas layar Macmu dan pilih Preferences…. Setelah itu, klik Ribbon & Toolbar pada dialog box yang muncul).

Pada dialog box Customize Ribbon, kamu bisa membuat atau menghilangkan tab, grup, dan tombol perintah tertentu dari ribbon excelmu. Pilih tombol perintah yang ingin kamu tambahkan dari kotak sebelah kiri dialog boxnya dan pindahkan ke kotak sebelah kanan.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Dialog Box Customize Ribbon Excel

Ingin mengembalikan tampilan awal dari ribbonmu? Kamu bisa mengklik pilihan Reset All Customizations.... yang disediakan dalam dialog boxnya.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Pilihan Reset All Customizations... di Dialog Box Customize Ribbon Excel



Cara Memunculkan Tab Developer

Kamu memahami mengenai macro excel/bahasa pemrograman VBA? Jika iya, mungkin kamu ingin memunculkan tab developer di file excelmu untuk memanfaatkan fitur macro dan VBA tersebut di dalamnya.

Cara memunculkan tab developer di excel cukup mudah. Kamu tinggal ke dialog box Customize Ribbon dengan cara yang sudah diajarkan tadi. Kemudian, pastikan boks centang dari tab Developer di kotak sebelah kanan sudah tercentang.

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Lokasi Boks Centang Tab Developer di Dialog Box Customize Ribbon Excel

Klik Save/OK pada dialog boxnya dan tab Developerpun akan langsung dimunculkan dalam ribbonmu!

Ribbon Adalah; Pengertian, Fungsi, dan Cara Menggunakannya di Excel - Screenshot Kemunculan Tab Developer di Ribbon Excel



Shortcut Akses Ribbon

Jika kamu adalah pengguna Windows, maka kamu bisa menggunakan shortcut untuk mengakses tab dan tombol perintah dari ribbon di file excelmu. Cukup tekan Alt pada keyboardmu dan akan muncul huruf-huruf petunjuk di bawah tab-tab ribbonmu. Huruf tersebut adalah tombol yang harus kamu tekan untuk mengakses masing-masing tabnya.

Ketika kamu menekan huruf sesuai dengan tabnya, maka akan muncul huruf-huruf lagi untuk masing-masing tombol perintah di tab tersebut. Kamu tinggal menekan tombol huruf dari tombol perintah yang ingin kamu gunakan fungsinya!



Catatan Tambahan

Fitur ribbon pertama kali muncul pada excel versi 2007. Ia mulai bisa dimodifikasi tampilannya oleh pengguna excel sejak versi 2010 dari perangkat lunak ini.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert