Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Tips dan Trik >> Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari cara membuat tanda ceklis/tanda centang di excel.

Terkadang, kita mungkin perlu memasukkan tanda centang dalam pekerjaan yang kita kerjakan di excel. Kita mungkin terkadang ingin memasukkan tanda silang juga walaupun kita biasanya menggunakan tanda silang untuk menandai suatu kesalahan.

Terdapat beberapa cara yang bisa kamu gunakan untuk memasukkan tanda ceklis tersebut seperti yang nanti dapat kamu lihat di tutorial ini. Dari pilihan cara tersebut, silahkan tentukan cara mana yang kamu pikir paling cocok digunakan untuk kebutuhan pengolahan datamu saat ini.

Mau tahu lebih banyak tentang cara-cara tersebut dan ingin menguasai cara implementasi mereka? Pelajari tutorial ini sampai ke bagian terakhirnya!







Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 1: Menu Symbol

Ada delapan cara memasukkan tanda ceklis/tanda centang yang akan kita diskusikan dalam tutorial ini. Cara pertama mungkin adalah cara yang paling banyak diketahui orang yaitu memasukkannya dengan menu symbol.

Excel menyediakan menu symbol ini untuk memasukkan berbagai macam simbol ke dalam cell kita, termasuk simbol ceklis. Untuk mengakses menu ini, pergi ke tab Insert di file excelmu dan klik tombol Symbol di sana.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tab Insert dan Tombol Menu Symbol di Excel

Akan ada dialog box yang muncul. Jika kamu menggunakan excel dalam OS Windows, maka pilih Wingdings pada dropdown font di dialog boxnya terlebih dahulu. Lalu, temukan simbol tanda centang yang ingin kamu masukkan ke cellmu (font default dialog boxnya, Calibri, tidak memiliki tanda centang dalam koleksi simbolnya. Jika kamu menggunakan Mac, maka kamu tinggal menemukan dan mengklik tanda centang yang ingin kamu masukkan tanpa perlu merubah font).

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Dialog Box Menu Symbol untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Pilih simbolnya dengan mengkliknya dan kemudian klik Insert. Kamu akan secara otomatis memasukkan tanda centang atau tanda silang ke dalam cell aktifmu!

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Menu Symbol untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 2: Alt + Kode Karakter

Cara lainnya untuk membuat tanda ceklis di excel adalah dengan menekan tombol Alt + kode karakter. Kode karakter di sini adalah beberapa tombol angka yang kamu tekan dari keypad numerikmu jika kamu memiliki keypad tersebut di keyboardmu.

Keypad numerik adalah tombol-tombol angka yang biasanya berada di sebelah kanan beberapa tipe keyboard, bukan tombol angka keyboard yang biasa. Jika kamu memilikinya, maka tinggal tekan tombol-tombol berikut untuk membuat simbolnya ketika NUM LOCKmu aktif.

TombolHasil
Alt + 0252Tanda centang
Alt + 0254Tanda centang dengan kotak
Alt + 0251Tanda silang
Alt + 0253Tanda silang dengan kotak


Patut dicatat bahwa kamu hanya bisa menggunakan kombinasi tombol-tombol tersebut di OS Windows. Untuk Mac, kamu bisa menekan tombol Option/Alt + V untuk mendapatkan bentuk tanda ceklis (kamu tidak memerlukan keypad numerik untuk ini).



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 3: Rumus CHAR

Kamu juga bisa menggunakan rumus CHAR untuk membuat tanda centang atau tanda silang dalam cellmu.

Cara CHAR ini bisa sangat berguna jika kamu menginginkan tanda centang tersebut menjadi hasil dari sebuah rumus yang kamu tuliskan. Tinggal masukkan rumus CHARnya sebagai bagian input hasil dari rumusmu yang lain jika memang itu yang kamu butuhkan.



Ketik rumus CHAR dengan input seperti ini untuk mendapatkan hasil yang kamu butuhkan.

Penulisan Rumus CHARHasil
=CHAR(252)Tanda centang
=CHAR(254)Tanda centang dengan kotak
=CHAR(251)Tanda silang
=CHAR(253)Tanda silang dengan kotak


252 dan 254 adalah input kode untuk tanda centang sedangkan 251 dan 253 untuk tanda silang. Jangan lupa mengganti font cellmu ke Wingdings agar kamu bisa mendapatkan tanda yang kamu inginkan dengan benar.

Kamu bisa menggunakan kode-kode tersebut untuk CHARmu jika OSmu adalah Windows. Jika OSmu Mac, maka input kodemu adalah 159 untuk tanda centang dan 158 untuk tanda silang.



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 4: Tombol Shortcut

Agar cara ini dapat diimplementasikan dengan baik, kamu harus merubah font di cellmu menjadi Wingdings 2 atau Webdings. Font-font tersebut akan merubah huruf yang kamu tuliskan menjadi suatu simbol.

Untuk membuat simbol tanda centang atau tanda silang dari kedua font tersebut, berikut huruf yang harus kamu ketikkan.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Daftar Tombol Shortcut untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Pilih bentuk simbol yang kamu ingin masukkan dari beragam pilihan yang ada di sana!



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 5: Copy-Paste

Jika kamu sudah membuat tanda centang/tanda ceklis di cell lain sebelumnya, maka kamu tinggal menyalinnya saja. Cara ini mungkin adalah cara yang paling mudah dan cepat untuk memasukkan tandanya tersebut di cell yang kamu inginkan.

Tinggal pindahkan kursor cellmu ke cell yang berisi simbol centang/ceklisnya dan tekan Ctrl + C (atau klik kanan cellnya dan pilih Copy). Lalu, pindahkan kursor cellmu ke cell di mana kamu ingin memasukkan simbolnya dan tekan Ctrl + V (atau klik kanan cellnya dan pilih Paste). Dengan melakukan itu, kamu sudah memasukkan simbol ceklis/centang yang kamu inginkan ke cellmu!



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 6: AutoCorrect

Kamu juga bisa memanfaatkan fitur AutoCorrect excel untuk memasukkan tanda ceklistmu. Jika kamu sering perlu memasukkan tanda tersebut dalam pekerjaanmu, maka mungkin cara inilah yang sebaiknya kamu gunakan.

Untuk menggunakan cara ini, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut. Pertama, masukkan simbol ceklis yang kamu inginkan di cellmu yang mana saja menggunakan cara manapun yang sudah kita diskusikan sebelumnya. Lalu, salin penulisan dari simbol tersebut ke clipboardmu.

Lalu, klik File dan klik Options (klik Excel dan klik Preferences untuk Mac).

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tombol File dan Options di Excel

Di dialog box yang muncul, klik Proofing di bagian sebelah kiri dialog boxnya. Setelah itu, klik tombol AutoCorrect Options di dalam menu Proofingnya di sebelah kanan dialog boxnya tersebut (klik AutoCorrect di Mac).

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tombol Proofing dan AutoCorrect Options di Excel

Di dialog box lainnya yang muncul, lakukan ini. Ketikkan teks yang kamu ingin jadikan pemicu untuk memasukkan simbol ceklismu di boks teks Replace. Di boks teks With:, tempelkan simbol ceklis yang kamu salin tadi ke clipboardmu. Klik Add setelah itu.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Input Boks Teks Replace dan With: untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Klik OK. Sekarang, setiap kali kamu mengetikkan teks pemicumu, excel akan langsung merubahnya menjadi tanda ceklismu tadi! Jangan lupa mengganti jenis font menjadi Wingdings ketika kamu menggunakan teks pemicumu tersebut untuk mendapatkan tanda ceklisnya dengan benar.




Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 7: Insert Image

Cara lainnya yang bisa kamu gunakan untuk memasukkan tanda ceklis/tanda centang di excel adalah dengan memasukkan gambar dari tandanya tersebut.

Simpan file gambar tanda ceklis/centang di komputermu (Kamu bisa menemukan banyak pilihan gambarnya yang bisa kamu simpan di internet). Lalu, pergi ke tab Insert dan klik tombol Picture.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tab Insert dan Tombol Picture di Excel

Temukan di mana file gambar tanda ceklis/centang tersebut berada di komputermu. Lalu, double klik filenya atau pilih filenya dan klik Insert.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Penemuan File Image Tanda Ceklis/Centang di Excel

Melakukan itu akan memasukkan gambar tanda ceklis/centangnya di worksheetmu.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Insert Image untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Atur tampilan gambarnya sesuai dengan preferensimu agar bentuknya menjadi seperti yang kamu butuhkan.



Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel 8: Conditional Formatting

Cara terakhir yang akan kita diskusikan di sini adalah dengan menggunakan conditional formatting. Jika kamu memiliki kriteria untuk pemasangan tanda centang pada datamu, maka cara ini adalah cara yang tepat untuk kamu gunakan.

Untuk memahami bagaimana mengimplementasikan cara ini, lihat contoh berikut. Katakanlah kita mempunyai data seperti ini di worksheet kita di mana kita ingin memberikan tanda centang kita.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Data untuk Contoh Implementasi Cara Conditional Formatting untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Kita ingin menandai semua kuantitas penjualan di atas 35000 dengan tanda centang. Kita dapat melakukan itu dengan mudah jika kita menggunakan conditional formatting.

Pertama, sorot cell range di mana kamu ingin menaruh tanda centangmu. Kemudian, klik dropdown Conditional Formatting di tab Home dan pilih New Rule….

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home dan Dropdown Conditional Formatting dengan Pilihan New Rule...nya di Excel

Di dialog box yang muncul, pilih tipe peraturan Format all cells based on their values. Lalu, pada dropdown Format Style, pilih Icon Sets.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Pilihan Tipe Peraturan dan Format Style di Dialog Box Conditional Formatting untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Pada dropdown Icon Style, pilih tipe simbol yang memiliki bentuk tanda centang yang kamu inginkan. Setelah itu, kamu bisa menentukan pengaturan pada cell-cell seperti apa tanda centangmu akan dimunculkan.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Pilihan Icon Style di Dialog Box Conditional Formatting untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Untuk contoh ini, kita tentukan tanda centangnya akan muncul jika nilai cell di atas 35000. Kita tidak memberikan simbol apapun jika cellnya mempunyai nilai selain itu.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Peraturan Conditional Formatting untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel

Setelah kamu selesai menentukan peraturannya, klik OK. Tanda centangnya akan muncul di cell-cell dengan nilai yang sesuai dengan peraturanmu!

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Hasil Cara Conditional Formatting untuk Memasukkan Tanda Ceklis/Centang di Excel



Merubah Format Tanda Ceklis/Tanda Centang di dalam Cell Excel

Jika simbol ceklismu ada di dalam cellmu (kamu menggunakan cara 1-6 untuk memasukkannya), maka kamu bisa memformatnya seperti teks biasa di excel. Kamu bisa merubah warnanya, ukurannya, gaya tulisannya, dan hal-hal lainnya yang seperti itu.

Ini seperti yang dapat kamu lihat pada contoh berikut. Kami menjadikan tanda centang kami berwarna biru, berukuran tulisan 32, dan bergaya tulisan tebal di sini.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Hasil Format Tanda Ceklis/Centang dalam Cell di Excel

Jika simbol ceklismu adalah sebuah gambar, maka kamu bisa memformatnya seperti gambar lainnya di excel. Namun, jika simbol ceklismu berasal dari conditional formatting, maka kamu tidak dapat merubah formatnya (kamu harus mengikuti format yang diberikan oleh conditional formatting).




Mengaplikasikan Conditional Formating ke Cell-Cel dengan Dasar Tanda Ceklis/Tanda Centang

Jika simbol ceklismu terbuat dari rumus CHAR atau jenis tulisan Wingdings 2/Webdings, maka kamu bisa mengaplikasikan peraturan conditional formatting berdasarkannya. Tinggal buat peraturan berbentuk rumus yang membandingkan nilai cellmu dengan apa yang kamu gunakan untuk membuat simbol ceklismu tersebut. Cell-cellmu sebaiknya hanya berisi simbol centang tersebut agar conditional formattingnya dapat berjalan secara optimal.

Untuk memahami konsep cara conditional formattingnya dengan lebih mudah, mari kita lihat sebuah contoh implementasi dari konsepnya tersebut. Kita mempunyai data seperti ini dan kita ingin menandai nama yang lulus dengan warna cell hijau.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Data untuk Contoh Implementasi Conditional Formatting dengan Dasar Tanda Ceklis/Centang di Excel

Bagaimana cara melakukannya? Karena kita membuat tanda centang yang mengindikasikan kelulusannya tersebut dengan rumus CHAR, kita bisa menggunakan conditional formatting untuk ini.

Sorot cell-cell di mana kamu ingin mengaplikasikan conditional formattingnya dan pilih New Rule… di dropdown Conditional Formatting di tab Home.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Tab Home dan Dropdown Conditional Formatting dengan Pilihan New Rule...nya di Excel

Di dialog box yang muncul, pilih tipe peraturan Use a formula to determine which cells to format. Kemudian, tuliskan rumus yang membandingkan kesamaan isi cell yang mungkin berisi tanda centangnya dengan caramu membuat tanda centangmu.

Karena kita menggunakan CHAR untuk membuat tanda centang kita di contohnya, kita tuliskan =$C3=CHAR(252) di boks teksnya (jika kamu menggunakan Wingdings 2/Webdings, maka tuliskan huruf shortcut yang kamu gunakan untuk membuat tanda centangmu sebagai nilai pembandingnya). Jangan lupa untuk menghapus simbol dolar di depan koordinat baris/kolomnya jika dibutuhkan.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Penulisan Rumus untuk Conditional Formatting dengan Dasar Tanda Ceklis/Centang di Excel

Jangan lupa mengatur format cell jika cellnya memang berisi tanda centang dengan mengklik tombol Format di sana. Untuk contoh ini, kita ingin cell namanya menjadi hijau jika tanda centangnya ada.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Format Cell untuk Conditional Formatting dengan Dasar Tanda Ceklis/Centang di Excel

Klik OK dan kamu telah mengaplikasikan conditional formatting di cell-cellmu berdasarkan tanda centang!

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Hasil Conditional Formatting dengan Dasar Tanda Ceklis/Centang di Excel



Menghitung Banyak Tanda Ceklis/Tanda Centang dalam Suatu Cell Range di Excel

Untuk menghitung banyak tanda ceklis dalam sebuah cell range, kamu juga harus membuat tanda ceklisnya menggunakan CHAR atau Wingdings 2/Webdings. Ini karena kita ingin menggunakan CHAR dan shortcut Wingdings 2/Webdingsnya sebagai kriteria proses perhitungan banyak tandanya.

Kita gunakan COUNTIF sebagai rumus untuk menghitung banyak tanda ceklis kita. Jika kamu menggunakan tanda ceklis sebagai salah satu dari beberapa kriteria perhitungan, maka kamu bisa gunakan rumus COUNTIFS.

Berikut bentuk penulisan COUNTIF untuk menghitung banyak tanda ceklis dalam sebuah cell range (untuk COUNTIFS, kamu tinggal memasukkan input-input dalam penulisan COUNTIF ini sebagai salah satu pasangan input COUNTIFSmu).

= COUNTIF ( cell_range , kriteria_CHAR / kriteria_shortcut )


Masukkan kriteria CHAR atau shortcut tanda ceklisnya ke dalam COUNTIFmu, tergantung dari yang mana yang kamu gunakan untuk membuat tanda ceklismu.

Berikut contoh implementasi COUNTIF untuk melakukan proses perhitungan ini di excel. Kita gunakan data yang sama dengan yang kita gunakan sebelumnya.

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Contoh Implementasi Perhitungan Banyak Tanda Centang/Ceklis dengan COUNTIF di Excel

Kita masukkan kriteria CHAR(252) karena kita menggunakan rumus CHAR tersebut untuk membuat tanda-tanda ceklis kita. Seperti dapat kamu lihat, hal ini membuat COUNTIF memberikan hasil banyak tanda ceklis kita dengan benar, yaitu 5.



Catatan Tambahan

Jika kamu menggunakan Windows, maka kamu bisa melihat kode simbol untuk input CHARmu di dialog box menu Symbol. Kamu bisa melihat lokasi kode simbol tersebut di screenshot berikut (dalam boks merah).

Cara Membuat Tanda Ceklis/Tanda Centang di Excel - Screenshot Lokasi Kode Simbol di Dialog Box Menu Symbol Excel

Pilih simbolnya pada dialog box tersebut dan kamu dapat melihat kode simbolnya di sana. Hal ini berguna jika kamu lupa apa yang seharusnya kamu input ketika kamu mau menggunakan rumus CHAR untuk membuat tanda ceklismu.



Tutorial terkait yang sebaiknya kamu pelajari juga:





Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert