Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Cara Menghitung di Excel >> Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya



Pada tutorial ini, kita akan mempelajari bagaimana cara menjumlahkan di excel secara lengkap.

Terdapat berbagai metode yang tersedia di excel untuk menjumlahkan sesuai dengan kebutuhan kita. Excel juga menyediakan beberapa rumus khusus untuk proses penjumlahan seperti SUM, SUMIF, dan SUMIFS.

Setelah membaca dan memahami semua yang diberikan di tutorial ini, kamu mestinya akan lancar melakukan proses penjumlahan di excel. Kamu juga akan mengetahui apa saja rumus-rumus penjumlahan excel yang bisa kamu pakai untuk mengolah datamu. Oleh karena itu, ayo ikuti semua bagian tutorialnya sampai akhir!







Cara Menjumlahkan di Excel Dengan Penulisan Rumus Manual

Cara menjumlahkan di excel paling pertama yang akan didiskusikan di sini adalah dengan menggunakan penulisan rumus penjumlahan manual. Untuk melakukan penulisan tersebut, kita menggunakan tanda tambah ( + ).

Bagaimana cara penulisan rumus penjumlahan secara manual di excel? Berikut adalah contoh bentuk umum penulisannya.

=angka_1 + angka_2 + …


Cukup simpel, bukan? Bentuk penulisannya seperti kamu sedang menuliskan rumus penjumlahan biasa di mana saja, tidak hanya di excel.

Masukkan semua angka/koordinat cell berisi angka yang ingin kamu tambahkan diselingin dengan tanda + di antara mereka. Jangan lupa menuliskan tanda sama dengan ( = ) di depan penulisannya sebagai lambang penulisan rumus di excel.

Sebagai contoh implementasi bentuk penulisan ini untuk proses penjumlahan di excel, silahkan lihat di bawah ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Menjumlahkan di Excel Dengan Penulisan Rumus Manual

Angka-angka yang ingin dijumlahkan pada contoh tersebut tersebar dalam beberapa cell. Kita memasukkan koordinat cell dari angka-angka yang ingin kita jumlahkan beserta tanda + untuk mendapatkan hasil penjumlahannya.

Setelah selesai menuliskan rumusnya, tekan enter. Hasil penjumlahan angkamupun akan langsung kamu dapatkan!



Cara Menjumlahkan di Excel Menggunakan Rumus SUM

Jika kamu ingin menggunakan rumus excel untuk membantu proses penjumlahan angkamu, maka kamu bisa menggunakan rumus SUM. Penggunaan dari rumus ini sendiri cukup mudah karena kamu hanya perlu memasukkan semua angka yang ingin kamu jumlahkan ke dalamnya.

Secara umum, bentuk penulisan dari SUM di excel adalah sebagai berikut.

=SUM(number1, [number2], …)


Kamu dapat memasukkan semua angka yang ingin dijumlahkan sesuai kebutuhanmu di SUM. Biasanya, bentuk input dari SUM sendiri adalah cell range, di mana dalam cell range tersebut terdapat semua angka yang ingin dijumlahkan.



Jika kamu memasukkan lebih dari satu angka/koordinat cell/cell range ke dalam SUM, jangan lupa menambahkan tanda koma ( , ) di antara inputmu.

Untuk memperjelas perihal SUM ini, berikut contoh implementasi dari rumusnya di excel.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Menjumlahkan di Excel Dengan SUM

Di contoh tersebut, kita menggunakan angka-angka yang sama dengan yang digunakan di contoh penulisan rumus penjumlahan secara manual sebelumnya. Hasil penjumlahan yang kita dapatkanpun sama antara penulisan rumus penjumlahan secara manual dan penggunaan rumus SUMnya.

Terlihat untuk kasus ini, penggunaan SUM mungkin lebih mudah karena kita hanya perlu memasukkan cell range tempat angka-angkanya berada. Hal ini karena angka-angka yang ingin kita jumlahkan tersebut letaknya berdekatan satu sama lain.

Tinggal masukkan semua angka yang ingin kamu jumlahkan ke dalam SUM dan enter. Hasil penjumlahan angkamupun akan langsung kamu dapatkan!



Cara Menjumlahkan di Excel Dengan Klik + Drag

Jika kamu tidak memerlukan hasil penjumlahanmu dalam suatu cell (hanya ingin tahu berapa hasil penjumlahannya saja), maka ada cara sangat cepat mendapatkan hasil penjumlahannya tersebut.

Kamu tinggal menyorot semua cell berisi angka yang ingin kamu jumlahkan. Klik dan drag ke seluruh cell tersebut lalu perhatikan pojok kanan bawah dari file excelmu.

Di sana, akan muncul hasil penjumlahan angkamu seperti ini (yang di kotak merah).

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Menjumlahkan di Excel Dengan Klik dan Drag

Dengan menggunakan cara ini, kamupun akan mendapatkan hasil penjumlahan angkamu dengan sangat cepat!



Cara Menjumlahkan Kolom di Excel/ke Samping

Ingin melakukan penjumlahan ke samping, per kolom terhadap beberapa kolom yang kamu punya dalam tabel data excelmu? Jika kolomnya sejajar, berdekatan, dan sama besarnya (seperti kebanyakan kolom dalam suatu tabel data), maka kita bisa melakukan penjumlahannya dengan cepat menggunakan SUM dan proses penyalinan rumus.

Sebagai contoh, perhatikan tabel data berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Tabel Data Untuk Contoh Proses Penjumlahan Kolom di Excel

Kita ingin mendapatkan total kuantitas penjualan per bulan untuk semua tokonya. Bagaimana cara melakukan penjumlahan tersebut dengan cepat dan tepat di excel?



Pertama, kamu jumlahkan angka-angka di kolom paling kiri menggunakan rumus. Kamu bisa menuliskan rumusnya secara manual dengan tanda + ataupun dengan menggunakan rumus SUM.

Karena angka-angka yang ingin dijumlahkan terletak dalam satu cell range, mungkin akan lebih mudah jika kita menggunakan SUM seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan SUM Untuk Penjumlahan Kolom di Excel

Jangan lupa memasukkan angkanya dalam bentuk koordinat cell, bukan dengan menuliskannya secara langsung. Hal ini agar kita dapat dengan mudah menyalin rumusnya nanti ke samping untuk mendapatkan hasil penjumlahan kolomnya yang lain.

Setelah selesai menuliskan rumus penjumlahan untuk satu kolom, kita salin rumusnya ke kanan. Cara menyalinnya adalah dengan pertama menyorot cell tempat rumus penjumlahanmu tadi berada. Kemudian, arahkan pointermu ke sebelah kanan bawah kursor cellnya (ke kotak kecil pada kursor cellnya tersebut) sampai ia berbentuk tanda + seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Tanda + Untuk Penyalinan Rumus di Excel

Setelah pointermu berbentuk tanda +, klik dan drag ke kanan sampai ke kolom terakhir yang ingin kamu jumlahkan angkanya. Setelah sampai di kolom terakhir, lepas dragmu. Kamupun akan mendapatkan semua hasil penjumlahan per kolom dari tabel datamu tersebut!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Cara Menjumlahkan Kolom di Excel/ke Samping

Demikian cara menjumlahkan kolom/ke samping dalam excel. Jika kamu menguasai cara menyalin rumus di excel, maka mestinya hasil penjumlahan per kolommu akan cepat kamu dapatkan.



Cara Menjumlahkan ke Bawah di Excel

Bagaimana jika yang kita ingin jumlahkan adalah angka-angka per baris atau ke bawah dilihat dari arahnya? Sebenarnya caranya agak mirip dengan penjumlahan per kolom/ke samping tadi.

Untuk memperjelas pernyataan tadi, perhatikan tabel data yang kita pakai untuk contoh penjumlahan per kolom tadi.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Tabel Data Untuk Contoh Proses Penjumlahan ke Bawah di Excel

Sekarang, kita ingin mendapatkan total kuantitas penjualan per cabang tokonya. Bagaimana cara mendapatkannya?

Seperti penjumlahan per kolom tadi, kita tuliskan rumus penjumlahan untuk baris angka paling pertama terlebih dahulu.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan SUM Untuk Penjumlahan ke Bawah di Excel

Setelah mendapatkan hasil penjumlahan baris pertamanya, kita sorot cell dengan hasil penjumlahannya tersebut. Arahkan pointer kita ke kanan bawah dari kursor cellnya hingga berbentuk tanda + seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Tanda + Untuk Penyalinan Rumus di Excel

Klik dan drag pointer kita sampai ke baris paling bawah yang kita ingin dapatkan hasil penjumlahan angkanya. Lepaskan dragnya setelah kita mencapai baris paling bawah tersebut. Kitapun akan mendapatkan semua hasil penjumlahan baris yang kita inginkan!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Cara Menjumlahkan ke Bawah di Excel

Mirip dengan proses penjumlahan per kolom/ke samping tadi, bukan? Kamu harus mengetahui cara menyalin rumus di excel agar kamu bisa mendapatkan hasil penjumlahannya dengan cepat dan tepat.



Cara Menjumlahkan Antar Sheet di Excel

Terkadang, mungkin angka yang ingin kita jumlahkan berada di sheet yang berbeda dengan tempat kita ingin menaruh hasil penjumlahannya. Apa yang harus kita lakukan dalam situasi seperti itu?

Untungnya, excel menjadikannya sangat mudah untuk mereferensikan angka dari sheet-sheet yang berbeda. Cukup masukkan nama sheetnya sebelum kita memasukkan koordinat cell tempat angkanya tersebut berada dalam penulisan rumus penjumlahan kita. Penjumlahannyapun akan bisa kita lakukan dengan cara seperti itu.



Kita bisa menggunakan rumus penjumlahan yang kita tulis secara manual ataupun SUM untuk ini. Secara umum, bentuk penulisan dari masing-masing cara tersebut untuk proses penjumlahan antar sheet ini adalah sebagai berikut.

Penulisan rumus penjumlahan manual:

=‘nama_sheet’cell_angka_1 + ‘nama_sheet’cell_angka_2 + …


SUM:

=SUM(‘nama_sheet’cell_angka_1 , [‘nama_sheet’cell_angka_2] , …)


Ketika memasukkan cell-cell berisi angkanya, kamupun bisa pergi ke sheet tempat cellnya berada dan klik cellnya. Dengan begitu, nama sheet dan cell dari angkanya otomatis dimasukkan dalam rumusmu sehingga kamu tidak perlu repot-repot mengetikkannya sendiri.

Agar lebih mudah memahami proses penjumlahan antar sheet ini, perhatikan contoh berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot File Excel Untuk Contoh Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel

Di sini, kita ingin menjumlahkan angka-angka dari sheet Juni dan Juli yang isinya sebagai berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Data Juni Untuk Contoh Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Data Juli Untuk Contoh Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel

Bagaimana cara melakukan penjumlahannya di sheet “Total” dari file excel contoh tersebut?

Pertama, kita ketik tanda = di tempat kita ingin menaruh hasil penjumlahannya nanti seperti penulisan rumus penjumlahan excel yang biasa.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan = Untuk Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel Secara Manual

Untuk penulisan rumus penjumlahan secara manual, kita bisa langsung mengambil angkanya di sheet lainnya untuk dijumlahkan. Caranya adalah dengan pergi ke sheet tempat angkanya tersebut berada dan klik cell berisi angkanya di sana seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Klik Cell Sheet Lain Untuk Contoh Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel Secara Manual

Lakukan itu untuk semua angka yang ingin kita jumlahkan selagi kita mengetikkan rumus penjumlahannya. Setelah masuk semua angkanya, tekan enter. Hasil penjumlahannyapun akan langsung kamu dapatkan!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel Dengan Penulisan Rumus Manual

Bagaimana jika kita ingin menggunakan SUM untuk mendapatkan hasil penjumlahan antar sheetnya? Caranya hampir sama.

Pertama, kita ketik SUMnya terlebih dahulu sampai ke bagian kita mau memasukkan input angkanya seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penulisan SUM Untuk Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel

Lalu, kita pergi ke sheet lainnya dan masukkan semua angka yang mau dijumlahkan dengan mengklik cell/mendrag cell rangenya. Karena semua angka yang ingin dijumlahkan pada contohnya ini ada dalam satu cell range, maka kita masukkan cell range di sini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Input Cell Range Untuk Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel Dengan SUM

Setelah memasukkan semua angka yang ingin dijumlahkan ke SUM, tekan enter. Hasil penjumlahannyapun akan langsung kamu dapatkan!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel Menggunakan SUM

Kita lakukan semua itu ke semua hasil penjumlahan yang kita butuhkan di sheet “Total” tadi. Hasilnyapun akan menjadi seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Proses Penjumlahan Antar Sheet di Excel

Tidak terlalu sulit, bukan?



Cara Menjumlahkan Jam di Excel

Dalam mengolah data di excel, terkadang kita memiliki data bertipe waktu dan perlu melakukan penjumlahan terhadapnya. Mungkin kita ingin menambahkan 30 menit atau 2 jam terhadap waktu tersebut.

Jika kamu menjumlahkan data waktumu dengan angka biasa di excel, maka kamu bisa tidak mendapatkan hasil yang kamu inginkan. Untuk menjumlahkan data waktu, maka kamu harus menggunakan data waktu juga sebagai penjumlahnya.

Sebagai ilustrasi untuk memperjelasnya, perhatikan screenshot berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Cara Menjumlahkan Jam di Excel yang Salah

Kita lihat di sana bagaimana kita ingin melakukan penjumlahan terhadap data jam yang kita punyai.

Kita ingin menambahkan 30 menit, 2 jam, dan 600 detik pada masing-masing baris dari data jam tersebut. Namun, karena kita menggunakan angka biasa untuk menambahkan mereka ke data jam kita, maka kita tidak mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Bandingkan dengan jika kita menggunakan satuan waktu untuk melakukan penjumlahan terhadap data jam yang kita punya.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Cara Menjumlahkan Jam di Excel yang Benar

Pada screenshot yang kedua ini, penjumlahannya berhasil dilakukan. Hal ini karena kita menjumlahkan data jam kita dengan angka berjenis data waktu. Masing-masing jam, menit, dan detik yang ingin kita tambahkan kita tulis ulang dengan bentuk waktu seperti yang terlihat di atas.

Jadi, jika ingin menjumlahkan data waktu yang kamu punya, jangan lupa mengubah semua angkanya menjadi bertipe data waktu!



Cara Menjumlahkan di Excel Dengan 1 Kriteria: Rumus SUMIF

Mempunyai suatu kriteria untuk entri data yang angkanya ingin kamu jumlahkan? Kamu bisa menggunakan SUMIF untuk membantumu mendapatkan hasil penjumlahannya dengan lebih mudah.



Secara umum, berikut bentuk penulisan dari rumus SUMIF ini di excel:

=SUMIF(range_data, kriteria_data, range_angka)


Dalam SUMIF, ada 3 input yang harus kamu masukkan. Mereka adalah cell range kolom/baris data yang ingin dievaluasi dengan kriteriamu, kriterianya, dan cell range kolom/baris angka untuk dijumlahkan.

Dalam prosesnya, SUMIF akan mengevaluasi setiap data dari cell range pertama yang kamu masukkan sebagai inputnya berdasarkan kriterianya. Jika cocok, maka SUMIF akan mengambil angka yang sejajar dengan data tersebut di cell range angkanya untuk diikutkan dalam proses penjumlahan. Dengan proses seperti itu, maka SUMIF akan bisa menjumlahkan angkamu jika entri datanya sesuai dengan kriteria yang kamu punyai.

Mengenai input kriteria di SUMIF sendiri, kamu harus menuliskannya dengan benar agar bisa mendapatkan hasil sesuai yang kamu harapkan. Contoh cara penulisan dari kriteria SUMIF beserta arti penulisannya dapat kamu lihat secara lengkap di bawah ini.

Teks (tidak memperdulikan besar kecilnya huruf)
Contoh KriteriaPenjelasan
"Jim"Sama dengan “Jim”
“<>Jim”Tidak sama dengan “Jim”
“Jim*”Dengan awalan “Jim”
“*jim”Dengan akhiran “jim”
“J*m”Awalan “J” dan akhiran “m”
“Jim?”Awalan “Jim” dengan akhiran satu karakter apa saja
“?jim”Awalan satu karakter apa saja dengan akhiran “jim”
“J?m”Awalan “J”, satu karakter apa saja, dan akhiran “m”
“Jim~*”Sama dengan “Jim*”
“Jim~?”Sama dengan “Jim?”


Sedikit penjelasan mengenai simbol yang digunakan pada kriteria teks:
  • * = melambangkan karakter bebas dengan jumlah tidak terbatas
  • ? = melambangkan karakter bebas dengan jumlah 1
  • ~ = dipakai jika ingin menambahkan karakter * atau ? untuk kriterianya


Angka
Contoh KriteriaPenjelasan
70Sama dengan 70
“>70”Lebih dari 70
“<70”Kurang dari 70
“>=70”Lebih dari atau sama dengan 70
“<=70”Kurang dari atau sama dengan 70


Tanggal
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&DATE(2019,12,3)Lebih dari tanggal 3 Desember 2019


Tidak disarankan memasukkan kriteria tanggal melalui penulisan secara langsung (mis: “>3-12-2019”). Penulisan tanggal secara langsung untuk kriterianya bisa membuat hasilnya salah dan tidak sesuai ekspektasi.

Koordinat cell
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&B1Lebih dari nilai pada B1


Cell kosong/tidak kosong
Contoh KriteriaPenjelasan
“"Kosong
“<>"Tidak kosong


Gunakan penulisan kriteria yang sesuai dengan kebutuhan penjumlahan angkamu ketika menggunakan SUMIF!

Untuk lebih jelasnya mengenai SUMIF ini, perhatikan contoh implementasinya di excel berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus SUMIF di Excel

Dalam contohnya tersebut, kita ingin mengetahui total kuantitas penjualan per kategori produknya, yaitu buah dan sayur. Untuk mendapatkan totalnya tersebut, kita menggunakan SUMIF.

Seperti dijelaskan sebelumnya, input dari SUMIF dimulai dengan cell range data yang ingin kita evaluasi berdasarkan kriterianya. Karena di sini kriterianya adalah kategori produknya (sayur/buah), maka kita memasukkan cell range di mana keterangan kategori produknya berada. Ini berarti cell range yang kita masukkan adalah kolom data kategori produknya tersebut.

Input kriterianya sendiri kita masukkan sesuai dengan kategori produk yang ingin kita jumlahkan kuantitas penjualannya (buah atau sayur). Dan pada input cell range angkanya, kita masukkan cell range kolom kuantitas penjualannya.

SUMIF akan menjumlahkan semua angka yang sejajar dengan kategori produk yang kita inginkan. Dengan begitu, kita akan mendapatkan hasil penjumlahan yang sesuai dengan keinginan kita!



Cara Menjumlahkan di Excel Dengan Lebih dari 1 Kriteria: Rumus SUMIFS

SUMIF hanya dapat digunakan jika kriteria yang kamu miliki untuk proses penjumlahanmu berjumlah satu. Bagaimana jika kriteria yang kamu miliki ada lebih dari satu?

Jawabannya adalah kamu harus menggunakan rumus saudara dari SUMIF di excel, yaitu SUMIFS.

Secara umum, berikut bentuk penulisan dari SUMIFS di excel.

=SUMIFS(range_angka, range_data_1, kriteria_1, …)


Dalam SUMIFS, cell range data yang ingin dievaluasi berdasarkan kriteria beserta dengan kriterianya dibuat berpasangan. Kriteria yang dimasukkan setelah suatu cell range data hanya akan mengevaluasi data-data pada cell range tersebut.

Untuk itu, kamu harus memasukkan cell range dan kriterianya sejumlah dengan kriteria yang kamu inginkan untuk proses penjumlahannya. SUMIFS akan menjumlahkan angka yang sejajar dengan data-data yang memenuhi semua kriteria yang kamu punyai. Satu saja data sejajar yang tidak lolos kriterianya, maka SUMIFS tidak akan menjumlahkan angka tersebut.



Bentuk penulisan kriteria dari SUMIFS sendiri sama dengan bentuk penulisan kriteria SUMIF yang sudah dijelaskan sebelumnya.

Untuk lebih jelasnya mengenai implementasi SUMIFS di excel, berikut contohnya.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus SUMIFS di Excel

Dalam contohnya tersebut, kita mempunyai 2 kriteria untuk proses penjumlahannya, kategori dan kelas barang. Oleh karena itu, kita menggunakan SUMIFS untuk membantu menjumlahkan angka-angka yang sesuai kedua kriterianya.

Kita memasukkan cell range angka kuantitas penjualan yang ingin kita jumlahkan dulu, diikuti dengan cell range data dan pasangan kriterianya. Input cell range data dengan kriterianya tersebut dimulai dengan cell range kategori disertai dengan kriteria kategorinya. Lalu, kita masukkan juga cell range kelas barang dan kriteria kelas barangnya.

Jangan sampai salah memasangkan cell range data dan kriterianya karena hal ini akan mempengaruhi hasil penjumlahan yang akan kamu dapatkan. Jangan lupa juga memasukkan input cell range angka dan data yang sejajar dan sama besarnya dalam SUMIFS. Hal ini agar kamu dapat lebih mudah memperkirakan hasilnya nanti.

Masukkan inputmu dengan benar dalam rumus SUMIFS yang kamu gunakan. Kamupun akan mendapatkan hasil penjumlahan yang kamu inginkan seperti terlihat pada contoh di atas.



Cara Menjumlahkan di Excel Untuk Data Terfilter: Rumus SUBTOTAL

Bagaimana jika angka dalam tabel datamu sudah kamu filter dan kamu ingin mendapatkan total dari angka yang terfilter tersebut?

Excel menyediakan rumus khusus untuk memproses data terfilter seperti itu, yaitu SUBTOTAL. Ia juga bisa dipakai untuk menjumlahkan angka terfilter yang kamu punyai!

Bentuk penulisan umum dari SUBTOTAL untuk menjumlahkan angka terfilter adalah sebagai berikut.

=SUBTOTAL(9/109, cell_range_terfilter_1, …)


Input 9/109 di SUBTOTAL tersebut adalah kode agar SUBTOTAL menjumlahkan angka dari cell range yang kamu masukkan ke dalamnya. Masukkan 9 jika kamu ingin menjumlahkan juga angka dari cell yang kamu sembunyikan secara manual (bukan disembunyikan oleh proses filter). Jika kamu ingin mengabaikan cell yang disembunyikan secara manual tersebut, masukkan 109.

Dalam SUBTOTAL, input cell range terfilter berisi angka yang ingin kamu jumlahkan sendiri bisa dimasukkan lebih dari 1. SUBTOTAL akan menjumlahkan semua angka dari cell range yang kamu masukkan ke dalamnya untuk memberikan hasil akhirnya.

Untuk memperjelas mengenai penggunaan SUBTOTAL dalam menjumlahkan angka terfilter di excel, perhatikan contoh berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus SUBTOTAL di Excel Pada Data Tidak Terfilter

Pada contoh tersebut, kita ingin mendapatkan hasil penjumlahan angka pada kolom kuantitas penjualan dengan SUBTOTAL. Karena pada screenshot di atas tabel datanya belum terfilter, maka hasil dari SUBTOTAL sama seperti jika kita menjumlahkan angka secara biasa.

Namun, jika misalnya kita filter tabel datanya dengan kategori buah, maka hasil SUBTOTAL akan berubah menjadi seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus SUBTOTAL di Excel Pada Data Terfilter

Berbeda bukan dari hasil penjumlahan yang pertama? Karena kita menggunakan SUBTOTAL, maka kita akan mendapatkan hasil penjumlahan dari data yang lolos filter saja. Dalam contohnya ini, maka kita akan mendapatkan hasil penjumlahan kuantitas penjualan dari kategori buah saja, yaitu 292.

Input 9 atau 109 pada input pertama SUBTOTAL pada contoh tersebut akan memberikan hasil yang sama. Hal ini karena tidak ada baris yang kita sembunyikan secara manual dalam tabel datanya (semua yang tersembunyi disembunyikan oleh proses filter excel).



Cara Menjumlahkan di Excel Dengan Mengabaikan Error: Rumus SUM IFERROR

Terkadang, dalam deretan angka yang ingin kita jumlahkan di excel, terdapat beberapa data error. Hal ini biasanya terjadi jika deretan angka tersebut adalah hasil dari proses pengolahan data tertentu.

Jika kita ingin menggunakan SUM untuk menjumlahkan deretan angka tersebut, maka hasilnya akan menjadi error. Ini dikarenakan SUM tidak bisa menjumlahkan error dalam proses penjumlahan yang ia lakukan.

Kita bisa saja membersihkan data kita terlebih dahulu sebelum menjumlahkannya namun proses tersebut bisa jadi memakan waktu. Apalagi jika terdapat banyak data yang harus kita cek dan bersihkan satu per satu.



Apakah ada cara cepat untuk menjumlahkan angka dalam satu cell range yang mungkin memiliki error di dalamnya? Salah satu cara yang bisa kita lakukan adalah dengan mengkombinasikan rumus SUM kita dengan IFERROR.

Secara umum, berikut bentuk penulisan kombinasi kedua rumus ini untuk menjumlahkan angka-angka dengan adanya error tersebut.

{=SUM(IFERROR(range_angka, 0))}


Cell range berisi angka dengan error tersebut kita masukkan ke dalam IFERROR sebelum kita proses dengan SUM. Dengan menggunakan IFERROR melalui penulisan seperti di atas, maka setiap data error akan digantikan dengan angka 0. SUMpun jadi bisa memproses cell range berisi error tersebut.

Dalam kombinasi rumus ini, kita menggunakan bentuk rumus array (ditandai dengan adanya tanda kurung keriting di sekitar SUM dan IFERRORnya). Kita memerlukan bentuk rumus tersebut karena kita menggunakan input cell range untuk IFERROR yang biasanya memproses data secara individual.

Untuk mengubah bentuk penulisan rumus kita menjadi array sendiri, kita menekan tombol Ctrl + Shift + Enter ketika selesai menuliskan rumusnya (bukan menekan Enter seperti rumus biasa).

Agar lebih mudah memahami mengenai implementasi SUM IFERROR ini, perhatikan contoh berikut.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan Rumus SUM IFERROR di Excel

Pada kolom kuantitas stok dari contoh tersebut, terdapat dua error di antara angka-angka yang ingin kita jumlahkan. Jika menggunakan SUM biasa untuk mendapatkan total kuantitas persediaannya, maka kita pasti akan mendapatkan hasil error.

Untuk itu, kita menggunakan IFERROR di dalam penuisan rumus SUMnya. Dengan mengganti setiap error dalam cell range yang ingin kita jumlahkan dengan 0, maka kita bisa mendapatkan hasil penjumlahannya dengan mudah!



Cara Menjumlahkan di Excel Dengan Sangat Cepat: AutoSum

Jika kamu ingin menjumlahkan satu deret angka di kolom/baris excel, maka sebenarnya ada cara cepat melakukannya. Cara cepat itu adalah dengan memanfaatkan fitur AutoSum dari excel. Dengan AutoSum, maka kamu bisa langsung menghasilkan penulisan SUM yang berisi input cell range deret angka tersebut.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan AutoSum di excel, perhatikan langkah-langkah berikut.

Pertama, sorot deret angkamu atau letakkan kursor cellmu di satu cell di luar deret angka yang ingin kamu jumlahkan.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penyorotan Deret Angka Untuk AutoSum

Kemudian, aktifkan fitur AutoSum. Caranya? Kamu bisa mengaktifkannya dengan pergi ke tab Home atau Formulas dan klik tombol AutoSum di sana. Kamu juga bisa menggunakan shortcut dengan menekan tombol Alt dan = (Windows) / Command, Shift, serta T (Mac) secara bersamaan.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Lokasi AutoSum di Tab Home

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Lokasi AutoSum di Tab Formulas

Excelpun akan otomatis menghasilkan rumus SUM yang menjumlahkan deret angkamu. SUM tersebut akan ditaruh di satu cell di luar deret angkamu!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Penggunaan AutoSum di Excel



Latihan

Setelah kamu memahami cara menjumlahkan di excel secara lengkap dari tutorial di atas, pertajam pemahaman implementasinya dengan mengerjakan latihan berikut!

Unduh file latihannya dari link berikut dan jawab pertanyaannya. Silahkan unduh jawabannya jika kamu sudah selesai mengerjakan latihannya dan yakin atas jawabanmu!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa total siswa dari keseluruhan kelas?
  2. Berapa total siswa dengan kode kelas A? Gunakan SUMIF untuk menjawab soal ini!
  3. Berapa total siswa di kelas 2 dan 3 dengan kode kelas B? Gunakan SUMIFS untuk menjawab soal ini!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Pastikan angka-angka yang ingin kamu jumlahkan tidak memiliki bentuk teks!

Permasalahan angka teks ini terkadang muncul, terutama jika angka-angka tersebut didapatkan dari hasil salin sumber data eksternal. Bentuk teks pada angkamu membuatnya tidak akan dijumlahkan ketika kamu ingin menjumlahkannya dengan angka lain!

Bentuk teks pada data angkamu biasanya ditandai excel dengan segitiga hijau di ujung kiri atas cellnya seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Segitiga Hijau Dalam Cell Berisi Angka Teks di Excel

Bagaimana cara mengubah angka-angka berbentuk teks tersebut menjadi angka biasa? Kamu bisa mulai mengubahnya dengan menaruh kursor cellmu di cell berisi angka teks tersebut. Biasanya akan muncul kotak dengan segitiga tanda seru seperti ini.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Kotak Segitiga Tanda Seru di Excel

Kamu tinggal mengklik kotak tersebut dan memilih Convert to Number dari pilihan yang muncul.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Lokasi Convert to Number di Pilihan Kotak Segitiga Tanda Seru di Excel

Angka teks pada cell tersebutpun akan langsung diubah menjadi angka biasa!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Convert to Number di Excel

Jika terdapat banyak angka teks dalam cell range yang ingin kamu jumlahkan, kamu juga bisa memakai cara satu ini untuk mengubahnya. Sorot cell range tersebut dan kemudian pergi ke tab Data dan pilih Text to Columns.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Lokasi Tombol Text to Columns di Excel

Kemudian, langsung saja klik Finish pada dialog box yang muncul.

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Tombol Finish di Dialog Box Text to Column di Excel

Angka-angka teks pada cell range yang kamu sorotpun akan langsung diubah oleh excel menjadi angka biasa!

Cara Menjumlahkan di Excel Beserta Berbagai Rumus/Fungsinya - Screenshot Contoh Hasil Text to Columns Untuk Merubah Angka Teks Menjadi Angka Normal



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert