Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP



Pada bagian tutorial ini, kami menggabungkan pembelajaran cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP pada excel. Kami menggabungkannya karena rumus HLOOKUP dan VLOOKUP ini mungkin terkadang kamu butuhkan sekaligus dalam proses pencarian datamu. Agar lebih ringkas mempelajarinya untuk keperluanmu tersebut, maka kami satukan juga tutorialnya dalam sini.


Mengapa Perlu Mempelajari Fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP?


Dalam proses pengolahan data pada file spreadsheet, proses pencarian data merupakan salah satu hal krusial untuk dilakukan. Seringkali terdapat tabel-tabel referensi dalam file spreadsheet yang nilainya diperlukan pada berbagai bagian pengolahan data kita. Untuk menemukan nilai sesuai kebutuhan, maka diperlukan proses pencarian data tersebut.

Untuk membantu keakuratan serta kecepatan proses pencariannya secara signifikan, maka kita sebaiknya mengetahui cara melakukan prosesnya secara otomatis. Tentunya bisa dilakukan secara manual tetapi ini akan sangat memakan waktu serta beresiko hasilnya menjadi tidak akurat.

Contoh kebutuhan proses ini dalam pekerjaan adalah ketika kita ingin mengisi data harga jual dari produk tertentu berdasarkan kode atau namanya. Mungkin kita membutuhkannya ketika ingin mengirimkan suatu invoice bagi seorang pelanggan perusahaan. Ketika invoice tersebut dibuat dalam spreadsheet, maka pengisian harga jual bisa langsung merujuk ke tabel referensi informasi produk dalam file spreadsheetnya.

Tentunya proses pencarian data dibutuhkan dalam kasus ini. Jika kita dapat melakukannya secara otomatis, maka dokumen invoice tersebut akan menjadi jauh lebih cepat dibuat serta dikirimkan.

Oleh karena itu, ada baiknya kamu memahami cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP excel. Pengetahuanmu mengenai cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP akan membuat proses pencarian data di excel jadi jauh lebih mudah dilakukan. Hal itu menjadi sangat penting jika kamu sering menggunakan file spreadsheet dalam keseharian pekerjaanmu.


Apakah Perbedaan VLOOKUP dan HLOOKUP?


Pengertian VLOOKUP dan HLOOKUP adalah dua rumus yang disediakan excel untuk membantu mencari data sesuai kebutuhanmu. Perbedaannya terletak pada perspektif cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP tersebut. VLOOKUP digunakan untuk pencarian secara vertikal atau dalam perspektif baris. HLOOKUP digunakan untuk pencarian secara horizontal atau dalam perspektif kolom.

Penjelasan singkat mengenai kebutuhan input rumus excel VLOOKUP dan HLOOKUP akan diberikan sebagai berikut:


=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)


Keterangan:
  • lookup_value = nilai patokan untuk dicari di kolom pertama dari tabel referensimu
  • table_array = koordinat cell range tabel referensimu
  • col_index_num = urutan kolom tabel referensi tempat hasil dari rumus ini akan diambil (dihitung dari sebelah kiri)
  • range_lookup = bersifat opsional. Menentukan apakah nilai patokannya akan dicari sama persis atau kisaran saja. Input TRUE untuk kisaran dan FALSE untuk sama persis



=HLOOKUP(lookup_value, table_array, row_index_num, range_lookup)


Keterangan:
  • lookup_value = nilai patokan untuk dicari pada baris pertama tabel referensimu
  • table_array = cell range tabel referensimu
  • row_index_num = urutan baris tabel referensi tempat hasil dari rumus ini akan diambil (dihitung dari paling atas)
  • range_lookup = bersifat opsional. Menentukan apakah nilai patokan akan dicari sama persis atau kisaran saja. TRUE untuk kisaran dan FALSE untuk sama persis



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP?


Berikut akan dipaparkan secara detail mengenai cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP. Belajar VLOOKUP dan HLOOKUP sendiri sebetulnya cukup sulit jika kamu belum pernah mempelajarinya sebelumnya. Untuk itu, silahkan lihat contoh VLOOKUP dan HLOOKUP pada screenshot di masing-masing langkah untuk memperjelas pembelajaranmu.


VLOOKUP

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-1

  2. Ketik VLOOKUP (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-2

  3. Masukkan nilai pencarian atau koordinat cell tempat nilai pencarian berada untuk nanti dicari dalam tabel referensi. Lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-3

  4. Drag kursor cell pada cell range tabel referensimu berada lalu masukkan tanda koma. Nantinya nilai pencarian akan dicari di kolom pertama dari tabel referensimu

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-4

  5. Masukkan urutan kolom tempat di mana hasil pencarianmu akan didapatkan dalam tabel referensimu. Hasil yang diambil dicocokkan dari baris di mana nilai pencarianmu ditemukan dengan kolommu ini. Jika terdapat lebih dari satu data ditemukan cocok dengan nilai pencariannya pada kolom pertama, maka data paling atas yang akan diambil

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-5

  6. Opsional: Untuk menentukan apakah nilai pencarian harus dicari sama persis atau kisarannya saja pada kolom pertamanya, lakukan ini. Masukkan tanda koma dan ketikkan TRUE/FALSE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil). TRUE untuk kisaran dan FALSE untuk sama persis. Maksudnya kisaran adalah jika tidak ada kesamaan antara semua data pada kolom pertama tabel referensi dengan nilai pencarian, maka dilakukan ini. Fungsi rumus VLOOKUP akan menjadikan nilai lebih kecil terbesar dari nilai pencarian yang ditemukan pada kolom pertama sebagai referensi. Sebagai catatan penting, kamu harus mengurutkan nilai kolom pertamanya dari kecil ke besar agar TRUEnya berfungsi dengan benar. Jika tidak ada input dalam bagian ini, maka akan dianggap inputnya adalah TRUE.

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-6

  7. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Prosesnya selesai!

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 1-9




HLOOKUP

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-1

  2. Ketik HLOOKUP (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-2

  3. Masukkan nilai pencarian atau koordinat cell tempat nilai pencarian berada untuk nanti dicari dalam tabel referensi. Lalu masukkan tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-3

  4. Drag kursor pada cell range tabel referensimu berada lalu masukkan tanda koma. Nantinya nilai pencarian akan dicari di baris pertama dari tabel referensimu

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-4

  5. Masukkan urutan baris tempat di mana hasil pencarianmu akan didapatkan dalam tabel referensimu. Hasil yang diambil dicocokkan dari kolom di mana nilai pencarianmu ditemukan dengan barismu ini. Jika terdapat lebih dari satu data ditemukan cocok dengan nilai pencariannya pada baris pertama, maka data paling kiri yang akan diambil.

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-5

  6. Opsional: Untuk menentukan apakah nilai pencarian harus dicari sama persis atau kisarannya saja pada kolom pertamanya, lakukan ini. Masukkan tanda koma dan ketikkan TRUE/FALSE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil). TRUE untuk kisaran dan FALSE untuk sama persis. Maksudnya kisaran adalah jika tidak ada kesamaan antara semua data pada baris pertama tabel referensi dengan nilai pencarian, maka dilakukan ini. Rumus ini akan menjadikan nilai lebih kecil terbesar dari nilai pencarian yang ditemukan pada baris pertama sebagai referensi. Sebagai catatan penting, kamu harus mengurutkan nilai baris pertamanya dari kecil ke besar agar TRUEnya berfungsi dengan benar. Jika tidak ada input dalam bagian ini, maka akan dianggap inputnya adalah TRUE.

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-6

  7. Ketik tanda tutup kurung

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Prosesnya selesai!

    Cara Menggunakan Rumus VLOOKUP dan HLOOKUP - Screenshot Langkah 2-9



Latihan


Setelah mempelajari bagaimana cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP excel tadi, sekarang saatnya mengerjakan latihan. Latihan ini agar kamu dapat menjadi semakin paham mengenai penggunaan kedua rumus tersebut

Unduh file latihan cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP di bawah ini kemudian jawab semua soal VLOOKUP dan HLOOKUP berikut. Implementasikan cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP excel pada latihannya!

Kemudian silahkan unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah selesai dan ingin mengecek jawabanmu. Atau mungkin ketika kamu bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Praktekkan cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan berikut!
  1. Berapa target produksi mesin C pada bulan Oktober? Pakai rumus VLOOKUP excel dalam jawabanmu!
  2. Berapa target produksi pada bulan Juni untuk mesin D? Pakai rumus HLOOKUP dalam jawabanmu!
  3. Berapa estimasi shift harus dijalankan untuk mengejar keseluruhan target bulan Januari?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Ingin lebih fleksibel dalam proses pencarian data excel baik secara vertikal maupun horizontal dibandingkan dengan cara menggunakan rumus VLOOKUP dan HLOOKUP? Pelajari penggunaan kombinasi rumus INDEX MATCH di sini!



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert