Rumus IFNA Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari mengenai rumus IFNA excel. Fungsi rumus IFNA pada excel adalah memberikan suatu nilai alternatif bagi error #N/A atau Not Available yang dihasilkan dari suatu fungsi lainnya pada perangkat spreadsheet ini.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula IFNA Excel?


Dalam melakukan pengolahan data pada spreadsheet, terkadang ditemukan error saat terdapat kesalahan dalam pemakaian formulanya. Salah satu error paling sering muncul adalah #N/A atau Not Available. Ia muncul bila spreadsheet tidak menemukan suatu data yang kita cari. Hal tersebut seringnya terjadi ketika kita sedang menggunakan suatu rumus pencarian seperti MATCH atau VLOOKUP untuk mencari suatu data tapi tidak menemukannya. Error ini tentunya bisa menjadikan penampilan dari hasil pengolahan menjadi tidak bagus karena banyaknya tanda error tersebut dalam spreadsheet kita. Selain itu, proses analisis lanjutan yang ingin kita lakukan bisa jadi terhambat dan salah karena munculnya error tersebut dari pengolahan sebelumnya.

Sebagai ilustrasi dari masalah ini dalam pekerjaan, misalkan kita sedang menganalisis kebijakan promosi terbaik untuk beberapa produk perusahaan menggunakan spreadsheet dan prosesnya perlu dibantu dengan formula pencarian untuk mendapatkan detail dari semua produk tersebut demi keperluan pengolahan analisis. Jika terdapat detail yang tidak dapat ditemukan oleh formulanya, maka formula tersebut akan mengembalikan error #N/A. Ketika kita ingin menggunakan hasil pencarian tersebut pada formula lainnya dalam rangka membantu analisis demi mendapatkan kebijakan terbaik untuk semua produk tersebut, maka #N/A dapat membuat formula lain yang digunakan menjadi error juga. Hal tersebut tentunya berdampak terhadap salahnya hasil akhir dari proses analisis kebijakan promosi tersebut di pekerjaan kita.

Jika kita ingin mengantisipasi hal tersebut dan memberikan hasil alternatif agar bukan #N/A yang muncul, maka kita dapat menggunakan solusi berupa rumus IFNA excel. Ia dapat membantumu memberikan nilai alternatif ketika didapatkan #N/A pada spreadsheet. Sangat berguna untuk dipahami dan dipakai terutama jika kamu sering menggunakan rumus pencarian untuk membantu proses pengolahanmu dalam spreadsheet.


Apa Itu Fungsi IFNA Excel?


Fungsi IFNA pada excel adalah fungsi dengan tujuan penggunaan memberikan nilai alternatif bila ditemukan error jenis Not Available. Formula ini khusus untuk mengantisipasi error dengan jenis ini dan ia tidak akan memberikan nilai alternatif bila ditemukan error jenis lainnya.

Secara umum, input rumus ini dapat dijelaskan secara singkat sebagai berikut:


=IFNA(value, value_if_na)


Keterangan:
  • value = nilai untuk diantisipasi hasil #N/A nya
  • value_if_na = alternatif yang dihasilkan bila benar nilai aslinya menghasilkan #N/A



Bagaimana Cara Menggunakan Rumus IFNA di Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai langkah per langkah penulisan rumus IFNA excel. Rumus IFNA excel membutuhkan dua input yaitu nilai atau formula yang kemungkinan menghasilkan error #N/A dan nilai alternatif yang diberikan bila benar menghasilkan #N/A.


Cara Menggunakan Fungsi IFNA Dalam Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 1

  2. Ketik IFNA (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 2

  3. Ketik data atau formula atau koordinat cell di mana data atau formula yang ingin kamu antisipasi berada, lalu ketik tanda koma ( , )

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 3

  4. Ketik nilai alternatif atau koordinat cell di mana nilai yang akan dihasilkan bila input data atau formulamu tadi menghasilkan #N/A berada

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 4

  5. Ketik tanda tutup kurung

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 5

  6. Tekan tombol Enter
  7. Proses selesai!

    Rumus IFNA Excel- Screenshot Langkah 7



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menuliskan rumus IFNA dalam excel, sekarang saatnya kamu memperdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut.

Unduh file latihannya dan lakukan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya untuk mengecek jawabanmu jika sudah selesai mengerjakan latihannya atau kamu bingung bagaimana cara mengerjakannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

  1. Kopi semua data pada kolom NA 1 di kolom No. 1 dan ganti semua data Not Availablenya dengan “Tidak Ditemukan”!
  2. Tambahkan semua data pada kolom NA 2 dengan angka 1000 pada kolom No. 2. Anggap data #N/A adalah 0
  3. Tambahkan semua data pada kolom NA 3 dengan data pada kolom NA 2 dengan hasilnya ditaruh di kolom No. 3. Anggap data #N/A pada NA 2 adalah 0 dan pada NA 3 adalah 1000

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin mengantisipasi error jenis lainnya juga, tidak hanya #N/A saja, maka kamu dapat menggunakan rumus IFERROR untuk keperluanmu tersebut.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert