Rumus ISERROR Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan memahami mengenai penggunaan rumus ISERROR excel. Rumus ini berguna untuk mengevaluasi apakah suatu data memiliki nilai error atau tidak.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula ISERROR Excel?


Dalam melakukan proses pengolahan pada spreadsheet, terutama jika kita sering menggunakan formula dan kalkulasi, terkadang kita menemukan nilai error dalam data yang kita punyai. Nilai error tersebut bisa sangat mengganggu karena dapat menyebabkan proses pengolahan menjadi salah hasilnya atau tidak akurat. Untuk itu, mungkin kita perlu menandai nilai error yang didapatkan dalam spreadsheet agar bisa diidentifikasi untuk diimplementasikan solusinya yang sesuai.

Nilai error tersebut bisa ditemui pada berbagai contoh proses pengolahan dalam pekerjaan kita. Sebagai contoh, misalkan kita sedang melakukan pengolahan pada spreadsheet untuk melihat penyebab mengapa suatu produk perusahaan tidak menghasilkan nilai penjualan sesuai ekspektasi. Ketika melakukan proses pengolahan dalam spreadsheet untuk menemukan berbagai kemungkinan faktor yang berpengaruh signifikan terhadap performa tersebut, kita bisa saja menjumpai error dari beberapa kalkulasi dan formula yang kita gunakan karena kesalahan dalam format ataupun ketidaksesuaian data dalam pengolahannya. Hal ini tentunya perlu diantisipasi dan diketahui agar tidak menyebabkan kita menjadi salah mengambil kesimpulan mengenai faktor paling berpengaruh terhadap jeleknya performa produk tersebut hanya dikarenakan terdapatnya error dalam proses pengolahan kita.

Demi membantumu mengidentifikasi dan mengantisipasi error dalam spreadsheet, maka kamu bisa menggunakan formula ISERROR excel. Formula ini akan membantu mengevaluasi datamu dan memberikan hasil TRUE jika memang nilainya error. Berguna untuk dipahami dalam proses pengolahanmu di spreadsheet terutama jika pengolahannya memiliki unsur proses pengevaluasian kriteria di dalamnya.


Apa Itu Fungsi ISERROR Excel?


Fungsi ISERROR pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan mengevaluasi suatu data apakah ia bernilai error atau tidak. Jika error, maka formula ini akan memberikan nilai logika TRUE dan jika tidak, maka akan memberikan nilai logika FALSE. Fungsi ini merupakan salah satu fungsi identifikasi jenis data pada spreadsheet selain fungsi berawalan IS lainnya (ISNUMBER, ISTEXT, dsb).

Secara umum, input dari formula ini dapat dijelaskan sebagai berikut:

=ISERROR(value)


Keterangan:
value = data untuk dievaluasi nilainya apakah merupakan error atau tidak


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus ISERROR Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai cara menuliskan rumus ISERROR excel. Rumus ini cukup mudah digunakan karena hanya membutuhkan data atau proses yang menghasilkan data untuk dievaluasi oleh rumusnya apakah bernilai error atau tidak.


Cara Menggunakan Rumus ISERROR di Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus ISERROR Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ISERROR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus ISERROR Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data atau proses yang menghasilkan data tersebut / koordinat cell di mana ia berada setelah buka kurung

    Rumus ISERROR Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus ISERROR Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus ISERROR Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu mempelajari bagaimana cara menggunakan fungsi ISERROR di excel, sekarang saatnya kamu mengerjakan latihan untuk memperdalam pemahamanmu mengenai formula ini!

Unduh file latihannya dan kerjakan semua instruksinya. Unduh file kunci jawabannya untuk mengecek hasil pengerjaan instruksimu jika sudah selesai atau jika kamu bingung bagaimana cara mengerjakannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Gunakan ISERROR dan formula IF untuk mengerjakan semua instruksi di bawah
  1. Tandai isi cell pada kolom A dengan “Harus Diperbaiki A” atau “Bagus” dengan penandaannya dituliskan pada kolom no. 1!
  2. Tandai isi cell pada kolom B dengan “Harus Diperbaiki B” atau “Bagus” dengan penandaannya dituliskan pada kolom no. 2!
  3. Tandai isi cell pada kolom C dengan “Harus Diperbaiki C” atau “Bagus” dengan penandaannya dituliskan pada kolom no. 3!

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan


Jika kamu ingin menggunakan formula ini dengan IF dan kondisi yang kamu ingin evaluasi adalah hasilnya jika TRUE, maka kamu bisa menggunakan IFERROR untuk mempersingkat penulisanmu.



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert