Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan


Beranda >> Tutorial Excel Compute Expert >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari secara lengkap mengenai rumus SUMIFS excel. Kita akan mendiskusikan mengenai fungsi, contoh, langkah penulisan, dan beberapa kasus penggunaan rumus tersebut di sini.

Jika kamu mempunyai sejumlah kriteria untuk entri data yang angkanya ingin kamu jumlahkan, maka SUMIFSlah rumus paling tepat untuk kamu gunakan. SUMIFS dapat melakukan proses penjumlahan seperti itu dalam sekejap, dengan asumsi kamu sudah menguasai penggunaan rumus ini tentunya.

Mau memahami cara menggunakan rumus ini sehingga kamu dapat mengoptimalkannya dalam pekerjaan excelmu sehari-hari? Ikuti tutorial ini sampai akhir!







SUMIFS Adalah...

SUMIFS adalah sebuah rumus yang dapat membantu kita menjumlahkan semua angka dari entri-entri data terpilih. Pemilihan entri data tersebut tergantung dari kriteria yang kita berikan sebagai input kepada SUMIFS.



Fungsi SUMIFS di Excel

Fungsi SUMIFS di excel adalah untuk menjumlahkan angka-angka dari semua entri data yang memenuhi kriteria kita.



Hasil SUMIFS

Hasil SUMIFS adalah sebuah angka yang melambangkan hasil penjumlahan angka dari entri data yang memenuhi kriteria kita.



Versi Excel di Mana Kita Mulai Bisa Menggunakan SUMIFS

Kita mulai bisa menggunakan SUMIFS sejak excel 2007.



Cara Penulisan dan Input

Kita dapat menuliskan SUMIFS pada sebuah cell di excel dengan bentuk seperti ini.

= SUMIFS ( range_angka , range_data1 , kriteria1 , … )


Dan inilah penjelasan input yang perlu kita berikan dalam penulisan SUMIFS.
  • range_angka = cell range di mana angka-angka yang ingin kita jumlahkan dari semua entri data terpilih berada
  • range_data1 = cell range berisi data yang akan dievaluasi dengan kriteria pertamamu
  • criterion1 = kriteria pertamamu
  • = pasangan cell range dan kriteria lainnya

Kita biasanya memasukkan input cell range ke SUMIFS dalam bentuk baris-baris atau kolom-kolom yang sejajar. Semua input cell range tersebut haruslah sama besar (mempunyai jumlah baris dan kolom yang sama) dan sebaiknya sejajar.



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut contoh implementasi SUMIFS di excel beserta hasilnya.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi SUMIFS di Excel

Dalam contoh tersebut, kita ingin menjumlahkan kuantitas penjualan dari wilayah B pada minggu ke-2 sampai 4. Dalam hal memproses penjumlahan ini, SUMIFS dapat membantu kita secara signifikan untuk mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Kita hanya perlu memberikan input range angka dan juga pasangan range data dan kriteria yang benar ke SUMIFS kita. Dalam kasus di contoh tersebut, angka yang ingin kita jumlahkan adalah kuantitas penjualan. Untuk itu, kita memasukkan kolom kuantitas penjualan sebagai input range angkanya.

Kita mempunyai kriteria wilayah B dan minggu ke-2 sampai 4 untuk proses penjumlahan ini. Untuk itu, kita memberikan input kolom wilayah dan kolom minggu sebagai range datanya. Untuk kriteria yang mengikuti mereka, kita memasukkan input kriteria “B” untuk wilayah dan “>=2” untuk minggu (melambangkan lebih dari 2 dalam hal kriteria di excel).

Hasil penulisan SUMIFS dengan input-input tersebut adalah seperti yang dapat kamu lihat pada contohnya. Tulis rumusnya dengan benar dan kamu akan mendapatkan hasil penjumlahan yang kamu inginkan dari SUMIFSmu!



Penulisan Kriteria di SUMIFS

Ada banyak jenis kriteria yang bisa kita ingin masukkan ke SUMIFS tergantung dari kondisi hasil penjumlahan yang kita inginkan. Masing-masing kriteria tersebut membutuhkan bentuk penulisan yang berbeda juga. Kamu perlu memberikan penulisan yang benar untuk kriteriamu sehingga kamu akan mendapatkan hasil yang benar dari SUMIFSmu.



Bagaimana kita dapat menuliskan kriteria yang kita inginkan dalam SUMIFS? Kami sudah mengumpulkan daftar bentuk penulisan kriteria di excel beserta arti dari mereka yang dapat kamu lihat secara lengkap di bawah. Temukan penulisan yang sesuai dengan kebutuhan SUMIFSmu dalam daftar ini!

Teks (tidak memperdulikan besar kecilnya huruf)
Contoh KriteriaPenjelasan
"Jim"Sama dengan “Jim”
“<>Jim”Tidak sama dengan “Jim”
“Jim*”Dengan awalan “Jim”
“*jim”Dengan akhiran “jim”
“J*m”Awalan “J” dan akhiran “m”
“Jim?”Awalan “Jim” dengan akhiran satu karakter apa saja
“?jim”Awalan satu karakter apa saja dengan akhiran “jim”
“J?m”Awalan “J”, satu karakter apa saja, dan akhiran “m”
“Jim~*”Sama dengan “Jim*”
“Jim~?”Sama dengan “Jim?”


Sedikit penjelasan mengenai tanda yang digunakan pada beberapa contoh kriteria teks di atas:
  • * = karakter bebas dengan jumlah tidak terbatas
  • ? = karakter bebas dengan jumlah 1
  • ~ = dipakai jika ingin menambahkan karakter * atau ? untuk kriterianya


Angka
Contoh KriteriaPenjelasan
70Sama dengan 70
“>70”Lebih dari 70
“<70”Kurang dari 70
“>=70”Lebih dari atau sama dengan 70
“<=70”Kurang dari atau sama dengan 70


Tanggal
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&DATE(2019,12,3)Lebih dari tanggal 3 Desember 2019


Tidak disarankan memasukkan kriteria tanggal melalui penulisan langsung (mis: “>3-12-2019”). Penulisan langsung tersebut dapat membuat hasilnya salah dan tidak sesuai ekspektasi

Koordinat cell
Contoh KriteriaPenjelasan
“>”&B1Lebih dari nilai pada B1


Cell kosong/tidak kosong
Contoh KriteriaPenjelasan
“"Kosong
“<>"Tidak kosong



Langkah Penulisan

Setelah mendiskusikan contoh implementasi SUMIFS dan penulisan kriterianya, sekarang mari mendiskusikan langkah penulisannya. Setelah membaca bagian tutorial yang satu ini, kamu seharusnya memahami bagaimana cara menuliskan SUMIFS dengan benar di excel.

Kita mendiskusikan setiap langkah di sini dengan screenshot contohnya untuk membuatmu memahami langkah-langkah tersebut dengan lebih mudah!

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil SUMIFSnya

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik SUMIFS (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan cell range angkamu, yang berisi angka-angka yang ingin kamu jumlahkan dari entri datamu. Lalu, ketikkan tanda koma ( , )

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan cell range data pertamamu, yang berisi data yang ingin kamu evaluasi dengan kriteria pertamamu. Cell range ini harus mempunyai ukuran yang sama dan sejajar dengan cell range angka yang kamu masukkan sebelumnya. Lalu, ketik tanda koma

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan kriteria pertamamu yang akan kamu gunakan untuk mengevaluasi data-data pada cell range yang kamu masukkan sebelumnya

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 5

  6. Opsional: jika kamu masih memiliki kriteria lainnya, maka lakukan hal ini. Ketik tanda koma dan ulangi langkah 4-5. Lakukan terus sampai kamu sudah memasukkan semua pasangan range data dan kriteria yang kamu butuhkan

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 6

  7. Ketik tanda tutup kurung setelah kamu sudah memasukkan semua pasangan cell range dan kriteriamu

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 7

  8. Tekan tombol Enter
  9. Proses selesai!

    Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Langkah 9






Alasan Mengapa SUMIFSmu Tidak Bekerja dengan Benar

Mendapatkan hasil yang salah atau error dari SUMIFSmu? Itu berarti kemungkinan besar kamu telah menuliskan SUMIFSmu secara salah!

Ada banyak faktor yang dapat membuat penulisan SUMIFSmu memberikan hasil yang salah atau error. Namun, tiga faktor di bawah ini sepertinya adalah penyebab paling seringnya.
  • Kamu telah memasukkan pasangan cell range dan kriteria yang salah. Ingat bahwa kriteria yang kamu masukkan hanya akan mengevaluasi data dari cell range yang kamu masukkan tepat sebelumnya. Cek urutan input cell range data dan kriteriamu dan pastikan kamu tidak memberikan input pasangan cell range dan kriteria yang salah!
  • Kamu salah melakukan penulisan kriteriamu. Cek penulisan mereka dengan mengacu ke contoh penulisan kriteria yang sudah kita diskusikan sebelumnya. Pastikan SUMIFSmu bisa memproses penulisan kriteriamu sesuai seperti yang kamu harapkan
  • Kamu tidak memasukkan cell range yang sejajar dan sama besar dalam SUMIFSmu. Ini seringkali menyebabkan SUMIFS memberikan hasil yang salah/error


Cek lagi SUMIFSmu dan pastikan kamu tidak melakukan kesalahan-kesalahan tersebut di atas!



SUMIFS dengan Beberapa Kriteria dalam Kolom yang Sama

SUMIFS memampukanmu mengevaluasi kolom yang berbeda dengan kriteria yang berbeda juga untuk menjumlahkan angka-angka tertentu yang kamu inginkan. Namun, bagaimana jika kita mempunyai lebih dari satu kriteria untuk sebuah kolom? Bagaimana kita harus memberikan input ke SUMIFS dalam situasi seperti ini?

Jika kriteria-kriteria untuk suatu kolom/baris tersebut mempunyai sifat AND (data pada kolom tersebut harus memenuhi semua kriterianya), maka masukkan kriterianya dengan pasangan cell range data yang sama. Namun, jika kriterianya mempunyai sifat OR (data-data pada kolomnya hanya perlu memenuhi salah satu dari kriteria-kriteria tersebut), maka kamu harus membuat beberapa SUMIFS sesuai banyak kriterianya untuk nantinya dijumlahkan hasilnya.

Untuk membuatmu memahami konsepnya dengan lebih mudah, berikut contoh untuk masing-masing sifat AND dan OR tersebut.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi SUMIFS Dengan Beberapa Kriteria di Kolom yang Sama di Excel

Seperti dapat kamu lihat di screenshotnya, kita mempunyai dua kondisi untuk proses penjumlahan kita. Kondisi pertama adalah jumlah kuantitas penjualan minggu ke-2 sampai 3 di wilayah C. Kondisi kedua adalah jumlah kuantitas penjualan minggu ke-3 di wilayah A & C.

Untuk kondisi pertama, kita tidak bisa memasukkan hanya satu kriteria karena tidak ada cara penulisan kriteria range secara langsung. Cara menuliskan kriteria range tersebut adalah dengan membaginya menjadi dua kriteria, “lebih dari” dan “kurang dari”.

Jadi, hal seperti inilah yang kita lakukan. Kita membagi range minggu ke-2 sampai 3 menjadi lebih dari 1 (“>1”) dan kurang dari 4 (“<4”).

Dan karena kriterianya adalah range, data angka minggu kita harus memenuhi semua kriteria hasil pembagiannya tersebut. Ini adalah contoh sifat AND dari beberapa kriteria untuk satu kolom di SUMIFS. Karena sifatnya tersebut, kita memasukkan cell range minggunya dua kali dengan kriteria “lebih dari” dan “kurang dari” untuk masing-masing.

Pada kondisi kedua, kita menggunakan beberapa SUMIFS untuk menjalankan proses penjumlahannya. Ini karena sifat beberapa kriteria untuk satu kolom di sini adalah OR. Kriteria-kriteria tersebut adalah untuk data wilayahnya dan wilayahnya bisa B atau C untuk proses penjumlahan ini.

Untuk itu, kita menuliskan SUMIFS untuk masing-masing kriteria wilayahnya. Satu untuk kriteria wilayah “B” dan satu untuk kriteria wilayah “C”.

Input lainnya pada kedua SUMIFS tersebut sama selain untuk input kriteria wilayah tersebut.

Tuliskan rumusnya dengan benar seperti itu dan kitapun akan mendapatkan hasil penjumlahan yang kita inginkan!



SUMIFS untuk Beberapa Sheet

Dalam excel, kita mungkin membagi data-data kita ke dalam beberapa sheet. Sebagai contoh, kita mungkin membagi data pengeluaran perusahaan per bulan dan data setiap bulannya ditaruh di sheet yang berbeda. Pembagian tersebut membuat kita menjadi lebih mudah dalam bernavigasi di file excel kita dan menemukan data yang kita butuhkan.

Namun, kita mungkin mendapatkan masalah ketika kita ingin mengaplikasikan SUMIFS ke angka-angka di semua sheet yang berbeda tersebut. Kita tidak tahu bagaimana cara menarik angka-angka dari semua sheet tersebut untuk mendapatkan hasil penjumlahan yang kita inginkan.

Untuk itu, kita perlu menggunakan suatu cara untuk menjumlahkan angka-angka dari beberapa sheet tersebut.

Kita akan menggunakan rumus INDIRECT dan SUMPRODUCT untuk membantu kita dalam proses penjumlahan SUMIFS ini. Berikut adalah bentuk penulisan umum dari ketiga rumus tersebut untuk tujuan ini.

= SUMPRODUCT ( SUMIFS ( INDIRECT ( “‘“& range_nama_sheet &”’” range_angka ) , INDIRECT ( “‘“& range_nama_sheet &”’” range_data_1 ) , kriteria_1 , … ) )


Untuk penulisan tersebut, kita sebaiknya membuat daftar nama sheet dari mana kita ingin menarik angka-angka kita dalam sebuah cell range. Ini akan menjadikannya lebih mudah bagi kita dalam menjumlahkan mereka daripada kita harus menuliskan semua nama sheet tersebut satu per satu.

Kita memasukkan cell range nama-nama sheet tersebut ke dalam INDIRECT, bersama dengan cell range angka dari semua sheet tersebut. INDIRECT akan merubah inputmu menjadi sebuah referensi yang bisa kita gunakan untuk SUMIFS dan SUMPRODUCT kita.

Satu hal penting untuk diingat juga adalah cell range angkanya harus sama posisinya di semua sheetnya. Kesamaan posisi tersebut sebenarnya umum ditemui karena kita biasanya menggunakan template yang sama untuk jenis pembagian sheet seperti ini.

Lalu, dalam penulisan rumusnya, kita menggunakan SUMIFS untuk mendapatkan angka-angka dari semua sheet tersebut menggunakan kriteria kita. Untuk input range data, kita juga menggunakan INDIRECT untuk mendapatkan data-data yang ingin kita evaluasi dengan kriteria kita. Pola penulisan INDIRECT untuk cell range data tersebut sama dengan pola penulisan INDIRECT untuk cell range angkanya.



Dan akhirnya, SUMPRODUCT di sana membantu INDIRECT memproses input cell range karena biasanya INDIRECT hanya menerima input data secara individual.

Jangan lupa memasukkan kriteriamu dengan benar dalam SUMIFS sehingga kamu akan mendapatkan hasil penjumlahan yang kamu inginkan!

Untuk membantumu memahami konsep aplikasi SUMIFS yang satu ini, berikut contoh implementasinya di excel.

Misalnya kita mempunyai sebuah sheet di mana kita ingin menaruh hasil SUMIFS untuk beberapa sheet lainnya seperti ini.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Sheet Hasil Untuk Contoh Implementasi SUMIFS Untuk Beberapa Sheet di Excel

Untuk data dari masing-masing sumber sheet SUMIFSnya, bentuknya adalah seperti ini.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Sheet Data Untuk Contoh Implementasi SUMIFS Untuk Beberapa Sheet di Excel

Bagaimana cara kita mendapatkan hasil penjumlahan dengan kriteria yang kita punyai pada sheet hasilnya? Berikut penulisan rumus SUMPRODUCT, INDIRECT, dan SUMIFS untuk menjawabnya.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Sheet Contoh Implementasi SUMIFS Untuk Beberapa Sheet di Excel

Kita menggunakan INDIRECT untuk menarik input cell range angka dan datanya ke dalam SUMIFS pada contohnya tersebut. Kita bisa melakukannya dengan lebih mudah karena kita mempunyai kolom wilayah di sana yang menspesifikkan nama-nama sheet wilayah kita.

Kita masukkan cell range dari kolom wilayahnya dan lalu memasukkan cell range angka beserta data di sheet wilayahnya. Kita juga memasukkan kriteria minggu di sana (“>=2”) untuk mendapatkan hasil penjumlahan yang kita inginkan dari SUMIFS.

Terakhir, kita menuliskan rumus SUMPRODUCT untuk melingkupi SUMIFS dan INDIRECTnya.

Tuliskan semua rumusnya dengan benar dalam kasus pengolahan datamu dan kamupun akan dapat melakukan SUMIFS dari data beberapa sheet!



SUMIFS dengan Kriteria Range Tanggal

Tanggal terkadang menjadi kriteria yang ingin kita gunakan dalam proses penjumlahan kita di excel. Mungkin kita ingin menjumlahkan keuntungan dari Januari sampai Maret atau kita ingin menjumlahkan kuantitas produk yang terjual selama 2 tahun terakhir.

Kita bisa melakukan proses penjumlahan tersebut menggunakan SUMIFS. Namun, untuk itu, kita perlu memahami cara SUMIFS menggunakan metode penulisan kriteria range tanggal dengan benar.

Secara umum, cara menuliskan SUMIFS dengan kriteria range tanggal mirip dengan cara menuliskan SUMIFS dengan kriteria range angka. Berikut adalah ilustrasi bentuk penulisannya.

= SUMIFS ( range_angka , range_tanggal , “>”DATE ( tahun , bulan , hari ) , date_range , “<“DATE ( tahun , bulan , hari ) , … )


Seperti kriteria range angka, kita juga membagi kriteria range tanggalnya menjadi kriteria “lebih dari” dan “kurang dari” di sini. Jika kamu membutuhkannya, maka kamu juga bisa menambahkan kriteria “sama dengan” dengan menambahkan “=“ di belakang “>” atau “<“.

Kita menggunakan rumus DATE untuk membantu kita memasukkan kriteria tanggalnya. Penggunaan rumus ini mempermudah kita karena menuliskan tanggalnya secara langsung bisa menyebabkan hasilnya menjadi error/salah.

Jika kamu mempunyai kriteria lainnya selain range tanggal, maka kamu bisa memasukkannya sebelum atau sesudah kriteria tanggalnya.

Untuk contoh implementasi penulisan rumusnya tersebut, kamu bisa melihatnya di bawah ini.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi SUMIFS Dengan Kriteria Range Tanggal di Excel

Pada contoh tersebut, kita ingin menjumlahkan kuantitas penjualan dari 25 Maret 2021 sampai 30 Maret 2021. Untuk mendapatkan hasilnya, kita menggunakan SUMIFS.

Kamu dapat melihat di contohnya bagaimana kita menuliskan kriteria range tanggal dalam rumus SUMIFS. Kita menggunakan kriteria “lebih dari sama dengan” dan “kurang dari sama dengan” untuk membagi kriteria range tanggalnya.

Untuk kriteria “lebih dari sama dengan”, kita menuliskan “>=“&DATE( 2021, 3, 25). Untuk kriteria “kurang dari sama dengan”, kita menuliskan “<=“&DATE( 2021, 3, 30). Kita memasukkan range tanggal yang sama untuk kedua kriterianya karena mereka memang seharusnya mengevaluasi tanggal-tanggal yang sama.

Dari penulisan rumus ini, kamu bisa lihat kita mendapatkan hasil penjumlahan yang kita inginkan pada contohnya (559 untuk kuantitas penjualan antara tanggal 25 Maret 2021 dan 30 Maret 2021)!



SUMIFS VLOOKUP/SUMIFS INDEX MATCH: Pencarian Data dengan Beberapa Kriteria

Jika kita membicarakan rumus pencarian data di excel, maka mungkin kita langsung terpikir tentang VLOOKUP atau INDEX MATCH. Hanya saja, rumus-rumus tersebut hanya dapat menerima satu kriteria sebagai referensi pencariannya. Normalnya, kedua rumus ini tidak bisa membantu kita jika kita mempunyai beberapa referensi nilai pencarian yang harus kita pertimbangkan.

Dalam kondisi seperti ini, SUMIFS dapat membantu kita melakukan pencarian tersebut karena ia dapat menerima input beberapa kriteria. Terlebih jika data yang ingin kamu cari adalah angka karena SUMIFS memang menghasilkan tipe data tersebut. Namun, jika kamu ingin menemukan data non-angka, maka kamu bisa mengkombinasikan SUMIFS dengan VLOOKUP/INDEX MATCH.



Untuk menggunakan SUMIFS, entri datamu haruslah unik satu sama lain karena duplikasi penuh akan membuat SUMIFS menjumlahkan dan bukan menemukan. Karena tujuan kita adalah menemukan data di sini, kita harus menghindari proses penjumlahan dari SUMIFS.

Cara penulisan SUMIFS untuk tujuan pencarian data mirip dengan cara penulisan SUMIFS pada umumnya. Kita hanya perlu mengganti input range data dan kriterianya dengan range pencarian data dan referensi nilai pencariannya.

= SUMIFS ( range_pencarian , range_referensi , referensi_nilai_pencarian , … )


Kita merubah cell range di mana SUMIFS biasanya mendapatkan angka-angkanya menjadi tempat penemuan datanya. Untuk referensi pencariannya, kita menjadikannya sebagai input kriteria di SUMIFS. Kita juga menspesifikkan cell range di mana SUMIFS seharusnya menemukan referensi nilai pencariannya.

Seperti dijelaskan sebelumnya, penulisan rumus tersebut mengasumsikan data yang kamu ingin temukan adalah sebuah angka. Jika bukan angka, maka kamu bisa menggunakan SUMIFS sebagai media VLOOKUP/INDEX MATCH untuk menemukan datamu. Selama ada cell range berisi angka dalam tabel datamu, kamu bisa menggunakan SUMIFS untuk mencari data yang kamu inginkan.

Jika kamu menggunakan VLOOKUP dengan SUMIFS, maka pastikan range angkanya berada di kolom pertama dari input cell range VLOOKUPmu. Ini karena VLOOKUP hanya bisa mencari referensi nilai pencariannya pada kolom paling kiri dari input cell rangenya.

Kita bisa mengilustrasikan cara penulisan kombinasi SUMIFS dan VLOOKUPnya seperti ini.

= VLOOKUP ( SUMIFS ( range_angka , range_referensi , referensi_nilai_pencarian , … ) , range_tabel_pencarian , indeks_kolom_hasil , mode_pencarian )


Kita menuliskan SUMIFS sebagai input referensi pencarian bagi VLOOKUPnya. Setelah SUMIFS mendapatkan hasil, ia akan memberikan VLOOKUP input yang dibutuhkannya untuk mendapatkan data yang kamu inginkan.

Kita memasukkan beberapa kriteria yang kita punya untuk pencarian datanya dalam SUMIFS kita.

Hal tersebut juga berlaku jika kita menggunakan INDEX MATCH dengan SUMIFS, bukan VLOOKUP.

= INDEX ( range_pencarian , MATCH ( SUMIFS ( range_angka , range_referensi , referensi_nilai_pencarian , … ) , range_referensi , tipe_pencarian ) , indeks_kolom_hasil )


Penulisan tersebut berasumsi kita ingin menemukan datanya secara vertikal karena kita memasukkan MATCH sebagai input baris dari INDEX. Namun, kamu juga bisa menuliskan MATCH di bagian input kolom INDEX jika kamu membutuhkannya. Kita memasukkan SUMIFS sebagai referensi pencarian MATCH karena kita perlu menemukan beberapa referensi pencarian dalam proses pencarian data kita.

INDEX MATCH lebih fleksibel daripada VLOOKUP karena kamu tidak perlu membuat range angkanya sebagai kolom pertama tabel datamu. Jadi, jika kamu memahami cara menggunakan INDEX MATCH, maka sebaiknya kamu menggunakannya dalam kombinasi rumus dengan SUMIFS ini!

Untuk memahami lebih jelas mengenai pencarian data dengan beberapa kriteria menggunakan SUMIFS, berikut contoh implementasinya di excel.

Cara Menggunakan Rumus SUMIFS Excel: Fungsi, Contoh, dan Langkah Penulisan - Screenshot Contoh Implementasi SUMIFS Untuk Mencari Data Dengan Beberapa Kriteria di Excel

Dalam contoh tersebut, kamu bisa melihat praktek ketiga cara pencarian data menggunakan SUMIFS yang sudah kita diskusikan sebelumnya. Mereka adalah cara yang menggunakan SUMIFS saja, SUMIFS dengan VLOOKUP, dan SUMIFS dengan INDEX MATCH.

Kita mempunyai sebuah tabel data berisi umur, nama awal, nama akhir, dan pekerjaan di sana. Dengan menggunakan SUMIFS saja, kita bisa menemukan data umur dari seseorang yang berada di sana. Hanya perlu memasukkan range kolom umur, range data yang kita gunakan sebagai kriterianya, dan kriterianya sendiri. Seperti dapat kamu lihat di screenshotnya, kita bisa menemukan umur dari Thorley Drew menggunakan cara ini!

Bagaimana dengan yang menggunakan VLOOKUP/INDEX MATCH juga? Kita menggunakannya jika kita ingin mendapatkan data non-angka dengan menggunakan beberapa kriteria pencarian.

Seperti yang kita lihat pada contohnya, kita juga perlu menemukan data pekerjaan menggunakan referensi nama awal dan nama akhir. Untuk kebutuhan tersebut, kita bisa menggunakan SUMIFS VLOOKUP atau SUMIFS INDEX MATCH. Kita bisa menggunakan SUMIFS VLOOKUP karena kolom umur di sana adalah kolom pertama dari tabel datanya.

Kita ketikkan SUMIFS kita dalam tempat di mana kita biasanya memasukkan referensi pencarian kita ke dalam VLOOKUP/INDEX MATCH. Kita juga menggunakan range angka dari SUMIFS sebagai tempat di mana kita menemukan referensi pencariannya.

Ini membuat kita mampu menemukan baris dari data yang ingin kita temukan di kolom tabel datanya. Sebagai hasilnya, kita mendapatkan data pekerjaan dari rumus SUMIFS VLOOKUP dan SUMIFS INDEX MATCH kita!

Setelah kamu memahami cara ini, kamu seharusnya dapat melakukan pencarian data dengan beberapa kriteria pencarian di excel dengan jauh lebih mudah!



Perbedaan SUMIF dan SUMIFS

Sebelum kamu mengunjungi tutorial ini untuk belajar mengenai SUMIFS, kamu mungkin sudah mengetahui mengenai rumus saudaranya, SUMIF. Kamu juga dapat menggunakan SUMIF untuk menjumlahkan angka-angka dari entri data yang memenuhi kriteriamu.

Lantas, apa yang membedakan kedua rumus ini? Perbedaan mereka terletak pada banyak kriteria yang bisa kita gunakan. Kita hanya bisa menggunakan satu kriteria dalam kriteria penjumlahan kita jika kita menggunakan SUMIF. Di lain pihak, kita bisa menggunakan satu atau lebih dari satu kriteria jika kita menggunakan SUMIFS.

Bisakah kita menggunakan SUMIFS dan bukan SUMIF jika kita hanya menggunakan satu kriteria dalam proses penjumlahan kita? Tentunya bisa! Namun, jika kamu menggunakan excel 2003, maka kamu hanya bisa menggunakan SUMIF karena SUMIFS baru bisa digunakan sejak excel 2007.



Latihan

Setelah kamu mempelajari secara lengkap bagaimana cara menggunakan SUMIFS, praktekkan pemahamanmu menggunakan rumus ini melalui latihan berikut!

Unduh file latihannya dari link berikut dan jawab semua pertanyaan di bawah ini. Silahkan unduh file kunci jawabannya jika kamu sudah menyelesaikan latihannya dan yakin atas hasilnya!

Link unduh file untuk melatih pemahamanmu:
Unduh di sini

Pertanyaan

  1. Berapa jumlah angkanya jika kita memiliki kriteria huruf A pada kolom kedua dan keempat?
  2. Berapa jumlah angkanya jika kita memiliki kriteria huruf A pada kolom pertama, B pada kolom ketiga, dan C pada kolom kelima?
  3. Berapa jumlah angkanya jika kriterianya adalah huruf A, B, C, C, B pada kolom pertama sampai kelima?

Link unduh jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

Kamu bisa memasukkan pasangan cell range dan kriteria di SUMIFS sampai 127 pasangan.



Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di




Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert