Penggunaan Kombinasi Rumus IFERROR VLOOKUP di Excel


Beranda >> Blog Tutorial Excel >> Kumpulan Rumus Excel Lengkap dan Fungsinya >> Penggunaan Kombinasi Rumus IFERROR VLOOKUP di Excel



Pada tutorial ini, kamu akan mempelajari bagaimana cara mengkombinasikan rumus IFERROR dan VLOOKUP di excel. Penggunaan IFERROR bersamaan dengan VLOOKUP terkadang diperlukan untuk mengantisipasi error dari proses pencarian data yang dilakukan oleh VLOOKUP.

XLTools Banner Ads





Kegunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP

IFERROR dan VLOOKUP dikombinasikan dengan maksud agar kita bisa mengantisipasi error yang dihasilkan VLOOKUP dan mengganti nilai errornya dengan nilai lainnya.

VLOOKUP adalah rumus pencarian data dan salah satu penyebab utama ia bisa menghasilkan error adalah tidak ditemukannya data yang kita cari. IFERROR membantu kita memastikan error yang dihasilkan tersebut digantikan dengan data yang lebih mendukung proses pengolahan data kita.



Hasil yang Diberikan Kombinasi IFERROR VLOOKUP

Hasil dari penggunaan kombinasi ini adalah hasil pencarian data biasa dari VLOOKUP jika VLOOKUPnya tidak menghasilkan error. Namun, jika ia menghasilkan error, maka nilai alternatif yang kita berikan dalam penulisan IFERRORlah yang akan menjadi hasil kombinasi rumusnya.



Versi Excel di Mana Kombinasi Rumus Ini Mulai Bisa Digunakan

VLOOKUP mulai bisa digunakan sejak excel 2003 sedangkan IFERROR mulai bisa digunakan sejak excel 2007. Oleh karena itu, kombinasi IFERROR VLOOKUP mulai bisa digunakan sejak excel 2007 (versi paling awal di mana kedua rumusnya sudah tersedia untuk digunakan olehmu di excel)



Penjelasan Singkat IFERROR dan VLOOKUP Secara Terpisah

IFERROR merupakan suatu rumus yang dapat digunakan untuk mengantisipasi nilai error dari suatu data/proses. Biasanya, ia digunakan dalam satu penulisan dengan rumus lainnya. Salah satu penggunaannya yang paling sering adalah dengan rumus VLOOKUP ini.

Secara singkat, penulisan dari IFERROR secara tersendiri dapat digambarkan sebagai berikut:


=IFERROR(value, value_if_error)


Keterangan:
  • value = suatu data atau proses yang ingin dites error atau tidaknya
  • value_if_error = nilai alternatif yang dihasilkan IFERROR jika ternyata benar input data atau prosesnya tadi adalah error

Penggunaan IFERROR sebenarnya cukup mudah karena cukup jelas apa yang perlu dimasukkan ke dalam kedua bagian inputnya. Jika kamu ingin mempelajari lebih dalam mengenai IFERROR, maka silahkan lihat tutorial dari Compute Expert ini yang membahas khusus tentangnya.

Satu bagian lagi dari kombinasi ini adalah rumus VLOOKUP. VLOOKUP adalah rumus pencarian data secara vertikal yang disediakan oleh excel. Mengenai penulisan rumus ini sendiri, secara singkatnya dapat diilustrasikan sebagai berikut:


=VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup)


Keterangan:
  • lookup_value = nilai patokan pencarian datamu untuk dicari di kolom pertama tabel referensimu
  • table_array = cell range tabel referensimu
  • col_index_num = urutan kolom tabel referensi tempat hasil dari rumus ini nantinya akan diambil
  • range_lookup = bersifat opsional. Menentukan apakah pencarian nilai patokanmu bersifat sama persis atau kisaran saja. Masukkan TRUE untuk kisaran dan FALSE untuk sama persis.

Jika mau mempelajari lebih lanjut mengenai penggunaan rumus VLOOKUP, silahkan kunjungi tutorial Compute Expert yang membahas khusus mengenainya!



Penyebab VLOOKUP Bisa Menghasilkan Error

Berikut faktor-faktor yang biasanya menyebabkan VLOOKUP menghasilkan error dan membutuhkan kombinasi penulisan dengan IFERROR.
  • Nilai patokan pencarian yang perlu dicari oleh rumus ini tidak bisa ditemukan
  • Penggunaan TRUE sebagai input sifat pencarian data VLOOKUP, namun kolom pertama input cell rangenya belum diurutkan datanya dari kecil ke besar
  • Penentuan input cell range dan/atau kolom pengambilan data yang salah

Karena sifatnya yang merupakan rumus pencarian data, maka jenis error yang sering dihasilkan VLOOKUP adalah #N/A (Not Available). Error #N/A merupakan bentuk pemberitahuan excel bahwa data yang ingin kita jadikan hasil dari suatu proses tidak ada/tidak tersedia.

XLTools Banner Ads



Cara Penulisan dan Input

Secara umum, kombinasi IFERROR dan VLOOKUP dapat diilustrasikan cara penulisannya sebagai berikut.


=IFERROR(VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, range_lookup), value_if_error)


Input dari penulisan ini sama seperti yang sudah dijelaskan di bagian sebelumnya mengenai input rumus IFERROR dan VLOOKUP secara terpisah. Nilai alternatif yang biasanya diberikan untuk error dari VLOOKUP sendiri adalah kalimat seperti “Tidak ditemukan” atau data kosong saja (“”).



Contoh Penggunaan dan Hasil

Berikut akan diberikan dan dijelaskan contoh penggunaan serta hasil dari kombinasi rumus IFERROR dan VLOOKUP di excel.

Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Contoh

Pada contoh di atas, terlihat salah satu kasus di mana VLOOKUP menghasilkan error karena ia tidak menemukan data yang dicari. Kita dapat lihat bagaimana penulisan IFERROR dan VLOOKUP di formula barnya untuk memberikan teks “Tidak Ditemukan” ketika error dihasilkan oleh VLOOKUP.

Jika tidak menggunakan IFERROR dalam penulisan VLOOKUPnya, maka hasilnya akan menjadi error #N/A. Kalau kita ingin menggunakan hasil dari VLOOKUP sebagai bahan pengolahan data lanjutan, error tersebut bisa menjadi penyebab error lainnya. Oleh karena itu, penggabungan penulisan rumus VLOOKUP dengan IFERROR bisa jadi cukup penting untuk dilakukan dalam pengolahan data kita.



Langkah-langkah Penulisan


Setelah membahas contoh penggunaannya, berikut akan diberikan langkah per langkah penulisan rumus IFERROR VLOOKUP secara detail. Setiap langkahnya akan dijelaskan dengan dilengkapi screenshot untuk membantu mempermudah pemahamanmu.

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasil kombinasi rumusnya

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik IFERROR (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Ketik VLOOKUP (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan nilai patokan pencarian atau koordinat cell tempat nilai patokan pencariannya berada. Lalu, masukkan tanda koma ( , )

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Masukkan keseluruhan cell range tempat pencarian datamu akan dilakukan lalu masukkan tanda koma. Nantinya, nilai patokan pencarianmu akan dicari di kolom pertama dari cell range ini

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 5

  6. Masukkan urutan kolom tempat hasil dari VLOOKUP akan didapatkan dari cell range tadi. Data yang diambil untuk hasilnya dari kolom tersebut akan ditentukan posisi barisnya dari baris tempat nilai pencarianmu ditemukan di kolom pertama. Jika terdapat lebih dari satu baris di mana nilai pencarianmu ditemukan di kolom pertama, maka baris paling ataslah yang akan diambil

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 6

  7. Opsional: Untuk menentukan apakah nilai pencarian harus dicari sama persis atau kisarannya saja, masukkan tanda koma dan ketikkan TRUE/FALSE (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil). TRUE untuk pencariankisaran dan FALSE untuk pencarian sama persis.

    Kisaran berarti jika tidak ada data sama persis dengan nilai pencarianmu, VLOOKUP akan mengambil data lebih kecil terdekat dengan nilai pencariannya. Jika kamu menggunakan TRUE dalam bagian input ini, maka pastikan kolom pertama cell rangemu sudah diurutkan dari kecil ke besar. Jika tidak, maka VLOOKUP bisa salah dalam memberikan hasilnya!

    Jika kamu tidak memberikan input di bagian ini, maka inputnya akan dianggap TRUE

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 7

  8. Ketik tanda tutup kurung dan tanda koma

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 8

  9. Ketik nilai alternatif error atau koordinat cell di mana nilai yang akan dihasilkan bila VLOOKUPmu menghasilkan error berada

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 9

  10. Ketik tanda tutup kurung

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 10

  11. Tekan tombol Enter
  12. Proses selesai!

    Hasil dengan IFERROR

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 12-1

    Hasil tanpa IFERROR

    Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Langkah 12-2




IFERROR VLOOKUP Bertingkat

Jika kamu ingin mengantisipasi errormu dengan cara mencari datanya di tabel referensi lain, maka kamu bisa menggunakan IFERROR VLOOKUP bertingkat. Dengan menggunakannya, maka kamu bisa mencari datamu di lebih dari satu tempat sesuai kebutuhanmu.

Caranya adalah dengan memasukkan kombinasi IFERROR VLOOKUP lagi pada bagian input nilai alternatif error dari IFERRORmu. Lakukan terus hal tersebut sampai semua tempat pencarian datamu sudah selesai dimasukkan.

XLTools Banner Ads

Pemahaman lebih jelas mengenai penulisan ini bisa didapatkan dengan melihat screenshot di bawah ini.

Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Contoh IFERROR VLOOKUP Bertingkat

Pada screenshot tersebut, kamu bisa lihat bahwa ketika VLOOKUP tidak menemukan stroberi di tabel pertama, ia berpindah mencarinya di tabel kedua. Di sana, ia menemukan kuantitas penjualan stroberinya (651).

Pastikan penulisan IFERROR VLOOKUP bertingkatmu benar agar kamu tidak menghasilkan hasil yang salah dari proses pencarian datamu!



Alternatif IFERROR VLOOKUP 1: IFNA VLOOKUP

Selain menggunakan IFERROR, kamu juga bisa mengantisipasi error berjenis #N/A yang terkadang muncul dari VLOOKUP dengan IFNA. Cara menggabungkan IFNA dan VLOOKUP sendiri sama persis dengan IFERROR VLOOKUP yang sudah dijelaskan tadi.

Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Contoh IFNA VLOOKUP

Patut diingat bahwa IFNA hanya akan mengantisipasi error berjenis #N/A dan tidak akan mengantisipasi error dengan jenis lainnya. Jika kamu butuh mengantisipasi semua jenis error yang mungkin bisa dihasilkan VLOOKUP, maka gunakan kombinasi IFERROR VLOOKUP.



Alternatif IFERROR VLOOKUP 2: IF ISERROR/ISNA VLOOKUP

Jika kamu masih menggunakan excel versi 2003, maka IFERROR atau IFNA belum bisa digunakan di excelmu. Untuk itu, kamu bisa memakai kombinasi rumus IF, ISERROR/ISNA, dan VLOOKUP.

Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Contoh IF ISERROR VLOOKUP

Penggunaan Kombinasi IFERROR VLOOKUP di Excel - Screenshot Contoh IF ISNA VLOOKUP

Kombinasi IF, ISERROR/ISNA, dan VLOOKUP juga bisa digunakan jika kamu ingin menghasilkan data selain hasil proses pencarianmu. Data tersebut akan dihasilkan bila VLOOKUP memang bisa menemukan data yang kamu cari.

Alternatif kombinasi IF, ISERROR/ISNA, dan VLOOKUP ini sendiri agak sedikit panjang penulisannya seperti dapat dilihat di formula bar contoh-contohnya. Kamu harus menuliskan VLOOKUPnya sebanyak dua kali di bagian input pertama dan kedua IFmu untuk mendapatkan hasil sama dengan IFERROR/IFNA.

Pada bagian input pertama IFnya, masukkan penulisan VLOOKUPnya dalam ISERROR/ISNA agar bisa dievaluasi apakah hasil dari VLOOKUPmu error atau tidak.

Sama seperti sifat IFERROR dan IFNA, ISERROR akan memberikan TRUE untuk semua jenis error sedangkan ISNA hanya error #N/A saja. Pastikan kamu menggunakan rumus yang sesuai dengan kebutuhanmu jika kamu memakai cara alternatif ini!



Latihan

Setelah kamu mempelajari bagaimana menggunakan kombinasi rumus IFERROR VLOOKUP di excel, sekarang kamu dapat mempraktekkan pemahamanmu dengan mengerjakan latihan di bawah!

Unduh file latihannya dan jawab semua pertanyaaannya. Jika kamu sudah selesai mengerjakan atau bingung bagaimana cara menjawab pertanyaannya, silahkan unduh file kunci jawabannya!

Link file latihan:
Unduh di sini

Pertanyaan

Gunakan 0 sebagai nilai alternatif untuk menjawab setiap pertanyaan jika tidak ditemukan datanya.
  1. Berapa harga setiap produk berdasarkan referensi tabel sebelah kiri?
  2. Berapa stok setiap produk berdasarkan referensi tabel sebelah kiri?
  3. Berapa penjualan minggu ini dari setiap produk berdasarkan referensi tabel sebelah kiri?

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini



Catatan Tambahan

  • Ingat, IFERROR juga bisa dikombinasikan dengan rumus lainnya untuk mengantisipasi error pada hasil dari rumus tersebut. Jadi, gunakan rumus ini untuk keperluan antisipasi error lainnya selain dari VLOOKUP!
  • Terdapat alternatif dari formula VLOOKUP untuk proses pencarian datamu yaitu kombinasi INDEX MATCH. Kami sendiri lebih merekomendasikan INDEX MATCH daripada VLOOKUP karena fleksibilitasnya dalam mencari data. Kamu dapat mempelajari cara penggunaan INDEX MATCH di bagian lain tutorial Compute Expert!


XLTools Banner Ads

Tutorial terkait untuk kamu pelajari juga:



Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


Tutorial Pilihan CE

Cara Menghitung di Excel

Cara Menjumlahkan di Excel

Cara Pengurangan di Excel

Cara Mengalikan di Excel

Cara Membagi di Excel

Cara Menghitung Rata-rata di Excel



Rumus Excel

Rumus VLOOKUP

Rumus IF Excel

Rumus SUM Excel

Rumus COUNTIF Excel

Rumus COUNT



Tips dan Trik Excel

Cara Print Excel

Rumus Terbilang Excel

Worksheet Adalah

Range Adalah

Cara Menambah Kolom di Excel



Konsultasi Excel

Kontak Kami

Kebijakan Privasi

Kebijakan Afiliasi

Syarat & Ketentuan



© 2021 Compute Expert