Rumus ISNA Excel




Pada bagian tutorial ini, kamu akan mempelajari penggunaan rumus ISNA excel. Rumus ini berguna untuk mengetahui apakah suatu proses formula atau data memiliki nilai akhir error #N/A atau tidak.


Mengapa Perlu Mempelajari Formula ISNA Excel?


Dalam proses pengolahan pada spreadsheet, terutama pada proses pencarian suatu data yang kita lakukan menggunakan formula INDEX MATCH atau VLOOKUP, terkadang kita mendapatkan nilai error #N/A karena suatu hal yang ingin kita cari dalam spreadsheet tidak ditemukan. Seringkali ketika kita mendapatkan nilai error tersebut dalam pengolahan, kita ingin menandainya atau menggantinya dengan suatu nilai tertentu sesuai kebutuhan kita agar ia tidak mengganggu dan bisa sesuai dengan keperluan analisis yang sedang dilakukan dalam spreadsheet.

Sebagai contoh kasus mengenai kebutuhan tersebut dalam pekerjaan, bayangkan jika kita sedang ingin mengecek apakah suatu data dalam database perusahaan ada atau tidak dengan tujuan untuk melakukan pelaporan agar databasenya nanti bisa dilengkapi. Ketika melakukan pencarian data tersebut menggunakan formula spreadsheet, mungkin kita ingin menandai error #N/A yang dihasilkan jika datanya tidak ada dengan suatu nilai tertentu agar bisa dianalisis atau dihitung lebih lanjut. Jika kita perlu menandainya secara manual tanpa menggunakan bantuan fungsi spreadsheet, tentu akan lebih lama dalam melakukannya terutama jika terdapat banyak data untuk dicek ada atau tidaknya dia di dalam database perusahaan.

Untuk menandai error tidak ditemukannya sesuatu tersebut ketika ia didapatkan dalam spreadsheet, maka kamu bisa menggunakan formula ISNA di excel. Formula ini akan membantumu memberitahu apakah suatu data atau proses formula bernilai error #N/A atau tidak. Akan sangat berguna kalau kita sering berurusan dengan proses pencarian data dalam spreadsheet.


Apa Itu Fungsi ISNA Excel?


Fungsi ISNA pada excel adalah suatu fungsi dengan tujuan penggunaan menandai suatu data atau proses formula apakah bernilai error #N/A. Ia akan memberikan nilai logika/boolean TRUE jika iya dan FALSE jika tidak. Karena hasilnya adalah nilai logika, ia sering digunakan sebagai bagian dari formula IF untuk membantu proses evaluasi logika di dalamnya.

Fungsi ISNA di excel merupakan salah satu varian rumus IS selain yang lainnya seperti ISTEXT dan ISNUMBER.

Secara umum, input pada fungsi ini dapat dijelaskan sebagai berikut:


=ISNA(value)


Keterangan:
value = data atau proses formula yang ingin dilihat apakah ia bernilai error #N/A


Bagaimana Cara Menggunakan Rumus ISNA Pada Excel?


Berikut akan dijelaskan mengenai penulisan rumus ISNA excel. Rumus ini membutuhkan satu input wajib yaitu data atau proses formula yang ingin dicek dicek nilainya.


Cara Menggunakan Rumus ISNA di Excel

  1. Ketik tanda sama dengan ( = ) di cell tempat kamu ingin menaruh hasilnya

    Rumus ISNA Excel - Screenshot Langkah 1

  2. Ketik ISNA (boleh dengan huruf besar atau huruf kecil) dan tanda buka kurung setelah =

    Rumus ISNA Excel - Screenshot Langkah 2

  3. Masukkan data atau proses yang menghasilkan data tersebut / koordinat cell di mana ia berada setelah buka kurung

    Rumus ISNA Excel - Screenshot Langkah 3

  4. Masukkan tanda tutup kurung

    Rumus ISNA Excel - Screenshot Langkah 4

  5. Tekan tombol Enter
  6. Proses selesai!

    Rumus ISNA Excel - Screenshot Langkah 6



Latihan


Setelah kamu memahami cara menggunakan rumusnya dengan mempelajari langkah-langkah di atas, sekarang saatnya kamu memperdalam pemahamanmu dengan mengerjakan latihan berikut ini!

Unduh file latihannya dan kerjakan semua soalnya. Unduh file kunci jawabannya untuk mengecek jawabanmu ketika kamu sudah selesai atau ketika kamu bingung bagaimana cara menyelesaikan latihannya.

Link file latihan:
Unduh di sini

Instruksi

Gunakan rumus ISNA excel untuk menjawab semua pertanyaannya
  1. Hasilkan TRUE jika isi cell sejajar pada kolom 1 adalah angka dan FALSE jika ia bernilai error #N/A!
  2. Hasilkan V jika isi cell sejajar pada kolom 2 adalah angka dan X jika ia bernilai error #N/A! Gunakan formula IF untuk membantu melakukannya!
  3. Jumlahkan isi cell sejajar pada kolom 1, 2, dan 3. Jika ada isi cellnya yang bernilai error #N/A, maka anggap ia adalah 0 dalam proses penjumlahannya! Gunakan IF juga di sini untuk membantumu

Link file kunci jawaban:
Unduh di sini


Catatan Tambahan

  • Jika kamu ingin mengkombinasikan rumus ini dengan IF, maka mungkin akan lebih cepat untuk melakukannya dengan memakai formula lainnya yaitu IFNA. Hal ini bisa dipertimbangkan jika kamu ingin langsung menggunakan hal yang dicek oleh formula ISNA excel sebagai hasil TRUE dari formula IFmu
  • Rumus ISNA dalam excel tidak bisa digunakan untuk mengecek jenis error lainnya. Jika kamu ingin mengecek untuk error yang lainnya juga tidak hanya jenis #N/A saja, maka kamu bisa menggunakan rumus ISERROR untuk membantu melakukannya




Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!


Ingin Belajar Lebih Banyak Tentang Excel?


Dapatkan info excel terbaru dari Compute Expert dengan mendaftarkan emailmu. Gratis!



Ikuti konten tutorial kami juga di


KONTAK KAMI KEBIJAKAN PRIVASI SYARAT DAN KETENTUAN KEBIJAKAN AFILIASI @Compute Expert